stk1Avatar border
TS
stk1
1 Januari 2014, Perubahan Rp 1.000 Jadi Rp 1 Bakal Dimulai


Jakarta - Pemerintah bersama DPR siap membahas mengenai Rancangan Undang-undang (RUU) Redenominasi. RUU yang bernama Perubahan Harga Rupiah tersebut bakal diselesaikan di tahun 2013 ini.

Dalam RUU Perubahan Harga Rupiah tersebut, tertuang waktu pelaksanaan proses penyederhanaan rupiah akan dimulai 1 Januari 2014.

"Jadi nanti jika telah disahkan menjadi Undang-undang redenominasi akan dimulai pada 1 Januari 2014," ungkap anggota Pansus Redenominasi Arif Budimanta kepada detikFinance, Senin (15/7/2013).

Namun Arif bakal menelisik lebih jauh RUU yang menurutnya tidak jelas tersebut. "Jadi lebih banyak isinya mengenai pelaksanaan, tata cara, tata waktu mengenai redenominasi. Menurut kami secara substansi dan momentum saja masih banyak rakyat yang belum paham," ungkapnya.

"Apalagi ini kita dihadapkan dengan suasana inflasi yang menjulang," imbuh Politisi PDIP ini.

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sendiri optimistis kebijakan redenominasi tidak akan sulit dipahami masyarakat awam termasuk yang berada di pedesaan. Pasalnya, banyak masyarakat yang sudah mengenal mata uang asing.

Redenominasi merupakan penyederhanaan rupiah tanpa mengurangi nilainya. Intinya rupiah akan dihilangkan angka nol-nya. BI sendiri mengungkapkan 3 angka nol lebih tepat dihilangkan, jadi Rp 1.000 akan menjadi Rp 1 nantinya.

[URL="http://finance.detik..com/read/2013/07/15/120209/2302757/5/1-januari-2014-perubahan-rp-1000-jadi-rp-1-bakal-dimulai?991104topnews"]SUMBER[/URL]

ane sih dah siap siap dari sekarang beliin dollar
soalnya takut duit indo makin gak laku karena redenominasi ini kalo gak dipersiapkan dengan baik akan memicu inflasi berkelanjutan.. apalagi mau pemilu lagi.. ngurus harga daging & cabe aja gak becus, apalagi ini trial error redenominasi, gak tau akibatnya bakal baik atau nggak...

Ane gak minta yang laen nurutin ane beli dollar, tiap orang punya cara masing masing untuk LINDUNG NILAI HARTANYA.. ada yang ke dollar, emas, properti dll..
kalo pemerintah sini becus ngurus negara, gak akan inflasi tinggi, nilai dollar terhadap rupiah gak akan naek, sekarang aja dah Rp 10000 akhirnya dibiarkan tanpa diintervensi... malah bilang tuh bukan angka psikologis. terus coba2 redenominasi, yang kita gak tau dengan cara kerja pemerintah gimana, kalo berhasil sih oke, kalo nggak???
kemaren2 ane beli dollar di harga 9700 an, buat bayar agen importir ane, kalo nggak beli kemaren sekarang ane bayar pake harga 10000 lebih.. nyesek dong
situ kere sih, gak pernah bayar pake dollar, (BEGO DIPIARA!! BELAJAR EKONOMI DIKIT DONG, PANTAS KERE...) - maaf lagi emosi berat
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
ahhh, baru nyadar jadi HT, HT yang pertama kali lagi selama ngaskus, dah ngomong kasar lagi di HT pertama, maaf ya agan, mimin, momod, sama ane sengaja gak dihapus deh kata-katanya (cewe dilihat dari bodynya, cowo dilihat dari kata-katanya) tapi ane minta maaf dah tulis kata-kata kasar, maklum emosi berat nih

setuju gan
itu juga yang ane kwatirkan gan
ane gak setuju, tapi ane hargai gan

ane gak setuju gan, tapi ane hargai gan, dan ane gak percaya garansi dari agan, gak laku...
iye gan, mending emas gan, tapi ane tetep harus punya persediaan dollar buat bayar utang.

ane tetep ngerasa tinggi gan, gak peduli orang laen bikin kategori berbeda, soalnya dari Januari 2012 (3.65 %) sekarang jadi Juni 2013 (5.90 %).
lah kalo pemerintah / profesor ekonomi bilang 100% masih inflasi sedang-sedang aja, lalu ane harus ngangguk-ngangguk aja dengan kategori setuju...
yang ngerasain kan tetep ane... tapi ane hargai pendapat agan
oh gitu ya gan
iya, begitulah gan yang ane pikirin
wah agan nanya ke ane, terus ane harus tanya kemana....
Quote:

dah tuh
Quote:

emas kayanya masih bakalan turun setelah denger pidato Om Bernake tadi malam
Quote:

teori chaos ya gan
Quote:


jadi meriah nih
akhirnya ijo lagi, terimakasih banyak terutama yang kasih +1,+2,+3

, buat yang dah ngasih bata, cendol, maupun abu gosok ane ucapkan terimakasih buanyak... ane juga gak nyangka jadi HT, dah emosi, eh nonggol di HT, ane juga gak nyangka nih thread jadi perdebatan panjang buanget, belon pernah ane sampe kaya gini... tapi yang jelas sih, kita bisa belajar sama sama, merenungkan sama sama permasalahan bangsa ini, senang bisa mengumpulkan EKONOM EKONOM KASKUS dengan pendapat berkualitas dlm satu diskusi ini.
Diubah oleh stk1 19-07-2013 00:07
maroonia
viniest
viniest dan maroonia memberi reputasi
0
98.9K
1.7K
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.8KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.