News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
1041
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/51e414723dcb173b1c000001/masa-depan-jepang-di-bidang-pertanian-dan-peluang-tenaga-kerja-indonesia
Masa Depan Jepang di Bidang Pertanian dan Peluang TKI Melon surga, jenis melon termahal di dunia dengan harga Rp 2,4 juta per buah. Oleh Richard Susilo *) TRIBUNNEWS.COM - Nougyou atau pertanian menjadi masa depan Jepang? Seribu pertanyaan mengenai hal ini. Mungkinkan tanah pertanian yang kurang subur, tidak seperti Indonesia, belum lagi empat musim yang sangat menyulitkan pertumbuhan tanaman dan
Lapor Hansip
15-07-2013 22:25

Masa Depan Jepang di Bidang Pertanian dan Peluang Tenaga Kerja Indonesia

Masa Depan Jepang di Bidang Pertanian dan Peluang Tenaga Kerja Indonesia
Masa Depan Jepang di Bidang Pertanian dan Peluang TKI

Melon surga, jenis melon termahal di dunia dengan harga Rp 2,4 juta per buah.
Masa Depan Jepang di Bidang Pertanian dan Peluang Tenaga Kerja Indonesia
Oleh Richard Susilo *)

TRIBUNNEWS.COM - Nougyou atau pertanian menjadi masa depan Jepang? Seribu pertanyaan mengenai hal ini. Mungkinkan tanah pertanian yang kurang subur, tidak seperti Indonesia, belum lagi empat musim yang sangat menyulitkan pertumbuhan tanaman dan padi dan perubahan cuaca tidak keruan saat ini, apakah bisa ditangani Jepang di masa depan?
Masa Depan Jepang di Bidang Pertanian dan Peluang Tenaga Kerja Indonesia
Satu hal kecil yang pasti, Jepang saat ini menjadi korban kemacetan kredit properti Amerika Serikat (subprime loan) dengan kerugian sedikitnya 1,5 triliun yen atau sekitar 15 miliar dollar AS di kalangan perbankan dan asuransi. Sedangkan utang pemerintah Jepang kepada masyarakat karena penerbitan obligasi Jepang (JGB) mencapai sekitar 1.200 triliun yen.

Hal lain, jumlah populasi di Jepang sudah sangat berkekurangan saat ini. Tingkat usia manusia Jepang saat ini rata-rata sekitar 45 tahun. Bahkan di beberapa pabrik besar usia rata-rata karyawannya sekitar 50 tahun sehingga membutuhkan banyak tenaga kerja muda. Dari mana mereka meminta tenaga muda ini? Dari negara luar Jepang termasuk dari Indonesia.
Masa Depan Jepang di Bidang Pertanian dan Peluang Tenaga Kerja Indonesia
Dengan berkekurangan tenaga kerja tersebut mungkinkah pertanian Jepang dikelola dengan baik karena tentu tanah pertanian yang luas membutuhkan tenaga yang tidak sedikit dan bukan juga orang lanjut usia.

Melihat kelemahan Jepang tersebut, Indonesia sendiri memiliki dua keuntungan. Pertama dari segi sumber daya manusia atau tenaga kerja Indonesia (TKI) dapat disalurkan ke Jepang. Namun tidak semudah itu pergi dan bekerja di Jepang. Keuntungan kedua, TKI kita dapat belajar banyak dari Jepang sekembali ke Indonesia. Selain dapat menabung di Jepang dan kembali membawa pulang modal usaha sendiri, sekembali dari Jepang, mereka dapat membawa ilmu pertanian yang dipraktekkan di Negeri Sakura tersebut.

Mengapa begitu ingin Indonesia memperoleh ilmu pertanian tersebut? Karena semua hasil produk pertanian, perkebunan dan sebagainya dari Jepang memiliki hasil yang sangat baik, bukan sekedar baik saja.

Pengembangan bioteknologi misalnya, mungkin terbaik di dunia, ada di Jepang. Ilmu tersebut bagi TKI dapat mempelajari dengan tekun dan baik lalu diterapkan di Indonesia yang telah memiliki tanah dengan unsure yang lebih baik ketimbang tanah di Jepang.

Jangan heran apabila hasil panen Jepang, beras legit dengan nama Koshihikari, menjadi buruan orang China saat ini. Mereka membeli dari Jepang dijual di China. Mahal sekali pun pasti dibeli orang Cina yang saat ini memiliki perkembangan ekonomi 11 persen tertinggi di dunia. Sebagai catatan, 5 kilogram beras Koshihikari Jepang sekitar Rp.500.000,- atau berarti 1 kilogram beras tersebut sekitar Rp.100.000,-.

Jangan heran pula banyak orang Indonesia kalau pulang ke negeri Nusantara ini membawa oleh-oleh beras Jepang dan disambut sangat bahagia oleh keluarganya. Mengapa? Beras Jepang adalah yang terbaik di dunia, sangat legit, seperti makan ketan saja. Semua itu berkat pengembangan ilmu bioteknologi mereka, akhirnya dapat mengubah tanahnya lebih baik dan menghasilkan padi yang terbaik di dunia.

Produk lain misalnya buat juag sangat bagus di Jepang. Satu contoh buah melon. Selama hampir 50 tahun usia penulis, setelah keliling ke berbagai negara, sekali pun belum pernah makan buah melon seenak buatan Jepang. Tidak heran satu buah melon Jepang ada yang berharga Rp.2,000,000 (dua juta rupiah).

Seorang ahli buah melon di Bali, penulis tantang untuk memperlihatkan buah melon terbaiknya. Setelah mencicipi yang dia sebut sebagai yang terbaik, tetap saja kalah dengan buah melon Jepang. Bukan hanya soal kadar manis, tetapi buah melon Jepang dimakan terasa seorang memiliki daging, kekenyalan yang enak untuk dimakan, wangi, harum, serta manis yang baik, rasa manis yang baik.

Melihat kemampuan teknologi yang luar biasa baik di Jepang, memang hasil pertanian, perkebunan (buah) dan sebagainya dapat dipasarkan ke luar Jepang dengan harga baik (tidak mahal tidak murah). Kalau demikian negara lain mencoba mencuri ilmu dan teknologi Jepang? Silakan coba saja. Yang jelas Jepang tidak akan dengan mudah memberikan penemuan atau ilmunya ke orang bukan Jepang karena mereka melakukan penelitian bertahun bahkan puluhan tahun dengan biaya yang tidak kecil.

Jangan heran apabila biaya riset dan pengembangan (R&D) Jepang bisa mencapai 30 persen dari sales yang dihasilkan sebuah perusahaan. Cukup besar memang biaya atau anggaran untuk sebuah penelitian dan pengembangan produk Perusahaan.

Dengan demikian, melihat kemampuan tersebut, apalagi Jepang telah sanggup memperbaiki tanahnya yang kurang subur menjadi tanah subur, rasanya bukan tidak mungkin di masa depan Jepang akan menekankan ke sector pertanian, perkebunan, buah-buahan, sayur dan sebagainya.

Namun demikian ada sedikitnya dua kelemahan yang pasti tidak dapat dipenuhi Jepang yaitu perubahan cuaca alam yang di luar kuasa manusia. Jepang memiliki empat musim. Kalau perubahan kacau maka tumbuhan, buah, sayur dan sebagainya akan kacau pula pertumbuhan dan perkembangannya.

Hal lain yang pasti tak bisa dipenuhi Jepang adalah tenaga kerja, karena jumlah manusia Jepang sudah sangat sedikit saat ini dan terus semakin sedikit. Berarti orang asing harus dimasukan ke Jepang.

Kesempatan itu terbuka luas apabila orang asing bisa berbahasa Jepang seperti diungkapkan mantan Menlu Jepang Toshihiko Komura Kamis, 1 Mei 2008, bahwa ada kemungkinan visa ke Jepang jangka waktunya menjadi lebih panjang terutama bagi yang pintar berbahasa Jepang. Karena itu para TKI, silakan belajar bahasa Jepang dengan baik mulai sekarang. Hati-hatilah, kita bersaing dengan tenaga kerja negara lain. Gambatte kudasai. Faitou!kata orang Jepang.


Masa Depan Jepang di Bidang Pertanian dan Peluang Tenaga Kerja Indonesia
*) Penulis adalah CEO Office Promosi Ltd, Tokyo Japan, berdomisili dan berpengalaman lebih dari 20 tahun di Jepang

http://m.tribunnews.com/bisnis/2013/...an-peluang-tki

minat......kuasailah bahasa jepang...............

Kunci Untuk Masuk Ke Dalam Dunia Kerja Di Jepang Yang Super Keras & Super Disiplin..........

1.Kuasai bahasa inggris & bahasa jepang secara sempurna
2.Pelajari adat istiadat, budaya & tata krama rakyat jepang
3.Tempa fisik,mental & spriritual dengan latihan ohlaraga & seni beladiri seperti karate,taekwondo & pencak silat
4.Pelajari disiplin militer ala TNI
5.jangan manja,malas & jangan cengeng........

saran gua untuk para kaskuser yg menjadi pengusaha yg memiliki karyawan/buruh yg malas & tidak produktif

Setiap penerimaan karyawan baru......wajibkan bagi mereka untuk mengikuti program wabelsar(wajib bela negara & sar) bekerjasama dgn TNI...

seperti program menwa di universitas....................

pelatihan pertama selama sebulan dan selanjutnya tiap 2 kali setahun selama seminggu di adakan pelatihan berkelanjutan sehingga dapat membentuk karyawan yg disiplin,produktif & rajin/ulet

Dalam program wabelsar karyawan akan mempelajari Kemampuan SAR dalam menghadapi bencana, beladiri militer, kemampuan survival di hutan/alam bebas & yg paling penting mereka akan mempelajari loyalitas & kedisiplinan militer serta menjadi lebih menghargai waktu
Diubah oleh MuslimAirForce
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 24 dari 54
Masa Depan Jepang di Bidang Pertanian dan Peluang Tenaga Kerja Indonesia
16-07-2013 23:56
kalo jepang butuh kaskuser ane bersedia deh daftar di pjtki
0 0
0
Masa Depan Jepang di Bidang Pertanian dan Peluang Tenaga Kerja Indonesia
16-07-2013 23:56
Quote:Original Posted By tole_90
jepang yang tanahnya seuprit, iklim cuaca 4 musim, bisa maju dibidang agraris.

Indonesia, lahan luas, iklim tropis, banyak macem buah buahan, sayuran, tapi krisis pangan. Solusi gobloknya import, import import melulu. generasi mudanya pingin jadi eksekutip muda semua.


makin gila nih indonesia
0 0
0
Masa Depan Jepang di Bidang Pertanian dan Peluang Tenaga Kerja Indonesia
16-07-2013 23:56
wah,, ini ni beneran nice info gan.. futuristik banget emoticon-2 Jempol
0 0
0
Masa Depan Jepang di Bidang Pertanian dan Peluang Tenaga Kerja Indonesia
16-07-2013 23:57
Di negeri ini petani seperti dilahirkan dengan menanggung nasib malang dan selalu dirugikan dengan kebijakan yang tidak kontekstual dengan kondisi riil rakyat. Anehnya keganjilan-keganjilan semacam itu terus berkembang dan merambat kepada semua komponen kebangsaan dan kenegaraan kita.emoticon-Hammer
0 0
0
Masa Depan Jepang di Bidang Pertanian dan Peluang Tenaga Kerja Indonesia
16-07-2013 23:57
Quote:Original Posted By KingOfDuel
Bagus juga sih pemikiran nya.
Dengan mempekerjakan pekerja Indonesia di jepang bisa dapat ilmu pertanian nya.
Mereka udah masuk negara maju sih, makanya jadi sedikit orangnya.
Cuma nanti apakah pekerja kita bakal disiksa lagi pas disana? Seperti kejadian TKI di malaysia, dll.

Cuma lucu juga ya Indonesia, Indonesia kan terkenal dengan mata pencarian nya pertanian. Tapi koq masih perlu belajar? emoticon-Bingung



kalu kata ane sih gan cuman itu tuh orang2'a yg pada malas membaca... emoticon-Big Grin

0 0
0
Masa Depan Jepang di Bidang Pertanian dan Peluang Tenaga Kerja Indonesia
16-07-2013 23:58
Quote:Original Posted By nebos


miyabi dah punah gan,ganti sm sora aoi emoticon-Ngakak


woi sora aoi sudah pensiun, makanya sering nonton eh baca artikel online gan, jadi tau dunia perJAVan, emoticon-Ngakak
0 0
0
Masa Depan Jepang di Bidang Pertanian dan Peluang Tenaga Kerja Indonesia
16-07-2013 23:58
Diluar negri emg petani tuh org makmur gan,bhkn ada yg lbh makmur dr eksmud
Slaen d jepang,negara eropa kyk itali bgitu petani ga bsa dianggap remeh...aplg d ameriki emoticon-Big Grin

Hanya d indo petani tuh ga dihargai, klo d LN dh selevel ama karyawan lulusan S1
Bayangin aja udah punya kebon segede gajah gini,msh mau impor
Biar lebih sehat katanya,aslinya sih sehat ke kantong pemerintah emoticon-Busa:

Ane siap dh disuruh wiraswasta k jepang jd petani jg..... emoticon-Big Grin
Asal dikasi modal tanah ama gubuk buat bobo emoticon-Embarrassment
Ntar ujung"nya dapet istri petani jepang kek d pejwan deh emoticon-Genit:
0 0
0
Masa Depan Jepang di Bidang Pertanian dan Peluang Tenaga Kerja Indonesia
16-07-2013 23:58
Sarjana pertanian dibutuhkan bgt disana emoticon-Embarrassment
Keren klo bisa ke negeri sakura
0 0
0
Masa Depan Jepang di Bidang Pertanian dan Peluang Tenaga Kerja Indonesia
16-07-2013 23:59
nice info gan...wah ganjinya menggiurkan tu...ane mau donk...
0 0
0
Masa Depan Jepang di Bidang Pertanian dan Peluang Tenaga Kerja Indonesia
16-07-2013 23:59
Minimal harus pasif bahasa jepang ya kayaknyaemoticon-Smilie
0 0
0
Masa Depan Jepang di Bidang Pertanian dan Peluang Tenaga Kerja Indonesia
16-07-2013 23:59
setuju ama TS, biar TKI dapet pelajaran dan praktekin di indonesia emoticon-Malu (S)
0 0
0
Masa Depan Jepang di Bidang Pertanian dan Peluang Tenaga Kerja Indonesia
17-07-2013 00:00
Quote:Original Posted By pratamahid
Di negeri ini petani seperti dilahirkan dengan menanggung nasib malang dan selalu dirugikan dengan kebijakan yang tidak kontekstual dengan kondisi riil rakyat. Anehnya keganjilan-keganjilan semacam itu terus berkembang dan merambat kepada semua komponen kebangsaan dan kenegaraan kita.emoticon-Hammer



bener banget gan...
harus'a para petani itu d semangati or d suport oleh pemerintahan kita...
padahal tampa jasa dia kita tidak akan bisa makan nasih,sayur2 dan sebagai'a... emoticon-Smilie
0 0
0
Masa Depan Jepang di Bidang Pertanian dan Peluang Tenaga Kerja Indonesia
17-07-2013 00:01
Ini fakta gan emoticon-I Love Kaskus (S) true story dari ane.

temen ane di kantor awalnya kita kerja bareng di bagian IT, tapi anehnya dia lulusan pertanian yang hobby komputeran. emoticon-Ngakak
akhirnya tahun 2010, dia resign gan, pamitan ke ane, katanya mau jadi petani di Jepang. Ane awalnya heran gan, kok bisa jadi petani di jepang.

dia cerita kalau di jepang itu anak2 petani/remaja2 sana suka ke kota dan ga ada keinginan jadi petani. Disamping itu juga populasi remaja berkurang disana gan, katanya hidup disana mahal. Jangankan hidup, ngurus kematian aja mahal emoticon-Bingung (S) dan juga harakiri di jepang susah dibatasi. emoticon-Matabelo

Miriss lihat akhir2 ini lulusan pertanian indonesia malah kerja di bank. emoticon-Cape d... (S)
iya ga?
walaupun emang rejeki udah diatur sih....

maksih banget kalo bisa mejeng di pejwan buat sharing agan2 emoticon-Kiss (S)
0 0
0
Masa Depan Jepang di Bidang Pertanian dan Peluang Tenaga Kerja Indonesia
17-07-2013 00:01
Quote:Original Posted By sobek.robek
Jepang mah gaji gede pengeluaran jg gede..




betul itu gan.... jadi sama ajje bohong yeee... emoticon-Ngakak

0 0
0
Masa Depan Jepang di Bidang Pertanian dan Peluang Tenaga Kerja Indonesia
17-07-2013 00:04
Quote:Original Posted By ped4g4ngb4ju
wih itu melon rasanya kaya apa gan , harganya sampe 2,4 jeti emoticon-Matabelo



iyea, yea gan jadi ngiler ane...
penasaran lagi pingin ngobain tuh melon jepang yg harga'a 2jt... emoticon-Big Grin

0 0
0
Masa Depan Jepang di Bidang Pertanian dan Peluang Tenaga Kerja Indonesia
17-07-2013 00:04
ya buru dah pada ke jepang sono biar indonesia kaga penuh2 amat emoticon-Ngakak
0 0
0
Masa Depan Jepang di Bidang Pertanian dan Peluang Tenaga Kerja Indonesia
17-07-2013 00:05
gile mayan menarik tuh emoticon-Big Grin
hahaha
0 0
0
Masa Depan Jepang di Bidang Pertanian dan Peluang Tenaga Kerja Indonesia
17-07-2013 00:05
wah keren tuh gan semoga bnyak indonesia yg pd di sana
0 0
0
Masa Depan Jepang di Bidang Pertanian dan Peluang Tenaga Kerja Indonesia
17-07-2013 00:06
ane mw ke jepang jadi petani petani dah..
0 0
0
Masa Depan Jepang di Bidang Pertanian dan Peluang Tenaga Kerja Indonesia
17-07-2013 00:07
di suntik pake apa ya sampe enak katanya emoticon-Ngakak
0 0
0
Halaman 24 dari 54
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia