Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1262
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/51deb4897c1243444b000007/update-ratusan-tahanan-kabur-dari-lapas-tanjung-gusta-medan
Ratusan Tahanan Kabur Dari Lapas Tanjung Gusta Medan
Lapor Hansip
11-07-2013 20:35

(UPDATE) Ratusan Tahanan Kabur Dari Lapas Tanjung Gusta Medan

Past Hot Thread
Quote:
(UPDATE) Ratusan Tahanan Kabur Dari Lapas Tanjung Gusta Medan


Quote:Polisi Segera Sebar Foto Napi Tanjung Gusta yang Kabur

KOMPAS.com — Polisi akan menyebar foto para narapidana (napi) yang melarikan diri dari Lembaga Pemasyarakatan Tanjung Gusta, Medan, Sumatera Utara. Hingga kini, masih ada 119 napi yang belum kembali ke lapas pasca-kericuhan yang terjadi pada Kamis (11/7/2013).

"Kita terus berupaya, nantinya akan kita umumkan disertai foto para napi untuk memudahkan pengenalan untuk napi yang masih di luar," ujar Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal (Pol) Ronny Franky Sompie di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (15/7/2013).

Dari data kepolisian, sebanyak 218 napi melarikan diri saat itu, kemudian 78 orang berhasil ditangkap kembali dan 21 napi menyerahkan diri. Kepolisian juga terus mengimbau para napi untuk menyerahkan diri. Selain itu, pendataan identitas para napi yang melarikan diri terus dilakukan. Polisi akan bekerja sama dengan keluarga para napi.

"Napi Lapas Tanjung Gusta akan kita data alamat yang bisa kita lakukan kerja sama keluarga, warga setempat untuk napi di luar," terang Ronny.

Polisi telah membentuk tim khusus untuk mencari 119 napi tersebut. Adapun untuk napi kasus terorisme dibantu oleh Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri. Masih ada empat napi teroris yang belum berhasil ditangkap kembali.


Quote:94 Napi Tj Gusta Diringkus, 118 Orang Masih Buron

KOMPAS.com - Sebanyak 118 orang narapidana dari Lembaga Pemasyarakatan Tanjung Gusta, Medan, Sumatera Utara, belum tertangkap kembali. Empat orang di antaranya adalah narapidana kasus terorisme.

Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan HAM Djoko Suyanto menjelaskan Lapas Tanjung Gusta dihuni 2.599 narapidana padahal kapasitas lapas itu hanya 1.054 narapidana. Dari sebanyak itu, narapidana yang melarikan diri mencapai 212 orang.

"Tertangkap kembali ada 94 orang narapidana, dan 118 orang dalam pengejaran. Di antara yang lari lima orang napi teroris tertangkap dan empat orang masih dalam pengejaran," ucap Djoko dalam jumpa pers usai rapat terbatas di Landasan Udara Halim Perdanakusuma, Sabtu (13/7/2013).


Quote:Presiden "Semprot" Menteri Terkait Lapas Tanjung Gusta

KOMPAS.com — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyampaikan kekecewaannya atas kinerja para menteri dalam mengatasi kerusuhan dan pembakaran di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tanjung Gusta, Medan.

SBY pun "menyemprot" para menteri yang hadir dalam rapat terbatas di Landasan Udara Halim Perdanakusuma, Sabtu (13/7/2013). "Saya harus menyatakan permintaan maaf, hari Sabtu harus rapat. Terpaksa saya harus menyampaikan ketidaksenangan saya atas sejumlah isu dan saya sudah meminta maaf karena ini bulan puasa," ujar Presiden.

Terkait persoalan di Tanjun Gusta, Presiden mengkritik lamanya pemerintah dalam memberikan pernyataan resmi kepada publik. Presiden mengaku memantau pemberitaan sejumlah media massa, utamanya media internasional yang sudah mengangkat kasus ini.

"Saya tunggu respons dan reaction time itu kurang cepat, daerah-pusat, Medan, dan kita. Sepuluh jam tanpa official statement itu tidak bagus," ucap Presiden.


Quote:128 Napi Tanjung Gusta yang Kabur belum Ditemukan

Metrotvnews.com, Jakarta: Aparat terus mengejar narapidana yang kabur saat Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas I Tanjung Gusta, Medan, Sumatra Utara, rusuh disertai pembakaran, Kamis (11/7) petang. Sampai pukul 09.00 WIB, Sabtu (13/7), 84 dari 212 orang narapidana yang kabur telah diamankan kembali oleh petugas.

Hal tersebut disampaikan Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal Polisi Ronny F. Sompie melalui pernyataan tertulis yang diterima Metrotvnews.com, Sabtu (13/7). Ronny menjelaskan, mereka diamankan aparat kepolisian di sekitar Sumatra Utara.

Polresta Medan mengamankan 24 orang, Polresta Belawan 40 orang, Polres Langkat 5 orang, Polres Siantar 1 orang, dan Polres Aceh Timur 1 orang. Diluar itu ada 9 orang yang menyerahkan diri dan 4 orang lagi ditangkap petugas LP. Baik yang menyerahkan diri maupun yang ditangkap itu kini diamankan di LP Anak.


Quote:131 Orang Napi LP Tanjung Gusta Masih Buron

Detiknews - 81 narapidana yang kabur dari LP Tanjung Gusta, Medan saat kerusuhan, berhasil ditangkap. Masih ada 131 napi yang dalam pengejaran aparat gabungan.

Pendataan jumlah napi yang kabur dilakukan kemarin (12/7) pukul 19.00 WIB. Dari 2.559 napi penghuni LP, 212 di antaranya melarikan diri.

"Yang tertangkap sampai dengan pukul 21.00 WIB, Jumat (21/7) sebanyak 81 orang," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigjen Boy Rafli Amar kepada wartawan, Sabtu (13/7/2013).

Sementara itu, ada 4 tahanan teroris yang masih menjadi buron dari 9 tahanan yang kabur. "Sudah tertangkap 5 tahanan, 4 orang masih DPO," imbuh Boy.


Quote:Densus 88 Kejar 4 Napi Kasus Terorisme

Lima dari sembilan orang narapidana kasus terorisme yang kabur dari LP Tanjung Gusta, Medan, sudah berhasil diamankan. Masih ada empat orang lagi yang kini masih dalam pengejaran Densus 88 dengan melibatkan kepolisian setempat.

"Sementara yang sudah diamankan lima orang dan empat masih diburu," kata Kabag Prodok Divisi Humas Polri, Kombes Hilman Thayib, di Gedung Humas Polri, Jl Senjaya, Jakarta Selatan, Jumat (12/7/2013).

Lima yang telah kembali ditangkap adalah Anton Sujarwo alias Supriyadi,Abu Azam alias Zumirin alias Sobirin, Jaja Miharja alias Ashim alias Syafrizal, Gema Awal Ramadhan, dan Beben Khairul Rizal alias Samson. Sedangkan jumlah terpidana kasus terorisme yang dipenjara di LP Tanjug Gusta berjumlah 22 orang.

"Kita melakukan penyekatan di wilayah polsek dan antar wilayah," kata Hilman tentang upaya pengejaran yang sedang dilakukan.


Quote:
Request dari Kaskuser

Quote:Original Posted By hantupenjara
Selamat Jalan Kawan..
Dharma Bhaktimu Untuk Pemasyarakatan

(UPDATE) Ratusan Tahanan Kabur Dari Lapas Tanjung Gusta Medan
Hendra Naibaho




Quote:Fadli Sadama Diburu Tim Khusus BNPT

Terpidana kasus terorisme Fadli Sadama kabur saat terjadi rusuh di LP Tanjung Gusta, Medan. Dia masuk kategori teroris berbahaya. Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) pun menggeber pencarian terpidana 11 tahun itu.

"Ya otomatis (dikejar-red). Dicari kemungkinan di mana dia berada," kata Kepala BNPT Ansyaad Mbai di Kantor Menko Polhukam, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta, Jumat (12/7/2013).


Quote:176 Napi yang Kabur dari Lapas Tanjung Gusta Masih Diburu

KOMPAS.com - Sekitar 176 narapidana diperkirakan kabur dari Lembaga Permasyarakatan Klas I, Tanjung Gusta, Medan, Sumatera Utara, saat kerusuhan, Kamis (11/7/2013) petang. Hal itu diketahui berdasarkan apel para napi Jumat (12/7/2013) pagi.

Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan Djoko Suyanto mengatakan, berdasarkan data yang dimiliki Kementerian Hukum dan HAM per 1 Juli, lapas tersebut dihuni 2.600 narapidana. Setelah situasi lapas bisa dikuasai, kata Djoko, dilakukan apel pukul 4.00 WIB.

"Laporan yang diterima, yang ada di lapas 2.360 napi. Yang tidak ada 240 orang," kata Djoko seusai rapat koordinasi di Kantor Kemenkopolhukam di Jakarta, Jumat siang.

Rapat tersebut diikuti Kepala Polri Jenderal (Pol) Timur Pradopo, Wakil Menteri Hukum dan HAM Denny Indrayana, dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Ansyaad Mbai.

Djoko menambahkan, laporan terakhir, dari 240 napi yang tidak ikut apel, sebanyak 64 napi sudah kembali atau ditangkap. Sisanya, 176 napi masih dilakukan pengejaran oleh Kepolisian. Namun, jumlah itu valid jika data Kemenkumham per 1 Juli tidak berubah.


Quote:Saat Kericuhan, Hanya 15 Petugas Lapas Tanjung Gusta yang Berjaga

Saat terjadi kericuhan di Lembaga Pemasyarakatan Klas I, Tanjung Gusta, Medan, Sumatera Utara, Kamis (11/7/2013) petang, hanya ada 15 petugas lapas yang berjaga. Sementara, narapidana yang mendekam di Lapas tersebut jumlahnya sekitar 2.600 orang.

“Petugas saat itu sekitar 15 orang yang berjaga. Kalau dibandingkan dengan penghuninya memang tidak sebandinglah dengan petugas kami,” kata Humas Direktorat Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Akbar Hadi saat dihubungi wartawan, Jumat (12/7/2013).


Quote:TNI Merangsek Masuk, Ini Situasi Terakhir di Dalam LP Tanjung Gusta

Aparat akhirnya bisa menembus LP Tanjung Gusta. Napi langsung riuh. Tapi tak ada lagi aksi anarkis seperti sebelumnya.

Sekitar pukul 10.00 WIB, Jumat (12/7/2013), ratusan personel TNI menerobos LP melalui pintu utama yang terbakar. Mereka membawa tongkat dan tameng demi mengawal petugas LP membersihkan sisa-sisa kerusuhan.

Sejumlah napi tampak berkerumun. Sebagian di antaranya bertelanjang dada. Ada sebuah poster yang bertuliskan protes terhadap PP 99 tahun 2012 tentang pembebasan bersyarat bagi para napi. Dalam PP ini disebutkan napi korupsi, narkoba dan terorisme dan illegal logging tidak diberi remisi.

Tak ada teriakan dari napi. Juga dari aparat. Para napi hanya mengawasi aktivitas aparat. Sebagian di antaranya berbincang dengan temannya.

Kondisi di dalam LP tidak rusak. Kayu dan batu tampak di beberapa titik. Dengan menggunakan gerobak, petugas membawa barang-barang yang digunakan napi melawan petugas semalaman itu ke dekat parkiran LP.


Quote:Total 950 Personel yang Amankan LP Tanjung Gusta

Petugas keamanan sudah menyekat kawasan di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Tanjung Gusta, Medan, untuk mencegah napi lain yang melarikan diri. Total ada 950 personel yang kini berjaga-jaga di sekitar LP.

Kapolresta Medan Kombes Pol Nico Afinta menyatakan, para personel itu masing-masing 500 orang dari TNI, kemudian 400 dari Polri dan 50 personel dari pihak LP.

"Ada prosedur dan tahapan dalam penanganan. Semua personel bersiaga," kata Nico kepada wartawan di LP Tanjung Gusta, Jalan Pemasyarakatan, Medan. Jumat (12/7/2013) pagi.

LP yang menampung lebih dari 2.000 napi tersebut di bagian depannya tampak hangus terbakar. Petugas gabungan tersebut masih berjaga-jaga di areal komplek dan belum masuk ke dalam LP.


Quote:Daftar Napi Teroris di Tanjung Gusta

Berdasarkan data kepolisian, terdapat 22 narapidana kasus terorisme yang mendekam di Lembaga Pemasyarakatan Klas I Tanjung Gusta, Medan, Sumatera Utara. Sebanyak 15 orang di antaranya diduga ikut kabur bersama ratusan penghuni lapas, Kamis (11/7/2013) malam.

"Ada 22 napi kasus terorisme di Lapas Klas 1 Medan. Diperkirakan sekitar 200 orang melarikan diri, termasuk kemungkinan tahanan teroris 15 orang," tulis Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigadir Jenderal (Pol) Boy Rafli Amar melalui pesan singkat.

Di antara mereka merupakan pelaku perampokan atau fai di Bank CIMB Niaga dan kasus di Polsek Hamparan Perak.

Berdasarkan data yang dihimpun, berikut ini adalah 22 teroris tersebut.
1. Pamriyanto alias Suryo Putra
2. Zumirin alias Sobirin
3. Anton Sujarwo alias Supriyadi
4. Marwan alias Nanong
5. Abdul Ghani Siregar
6. Pautan alias Robi
7. Fadli Sadama
8. M. Chair
9. Agus Sunyoto
10. Jajah Miharja Fadila
11. Beben Khairul Rizal
12. Nibras
13. Suriyadi
14. Hasbuddin
15. Munir alias Abu Rimba
16. Gema Awal Ramadhan
17. Ismarwan
18. Muktar alias Muktar
19.Andri aMrlan
20. Chairul Fuadi
21. Muksin Kamal
22. Khairul Gazali


Quote:Kronologi Sementara Kerusuhan di LP Tanjung Gusta

Kerusuhan yang berujung kebakaran terjadi di LP Tanjung Gusta, Medan, Sumatera Utara. Sekitar 200 napi diperkirakan kabur.

Pemicu kerusuhan diduga padamnya aliran listrik dan air di LP klas I itu. Napi protes, melawan petugas, dan akhirnya membakar LP.

Berikut urutan peristiwa kerusuhan dan kebakaran itu secara kronologis berdasarkan keterangan Kabid Humas Polda Sumatera Utara Kombes Heru Prakosa dan pengamatan detikcom di lokasi, Kamis (11/7/2013):

Pukul 05.00 WIB
Air dan listrik mati di LP Tanjung Gusta.

Pukul 17.30 WIB
Terjadi keributan yang dipicu belum pulihnya listrik dan air. Para napi melawan petugas dan menjebol pintu utama serta membakar ruangan kantor LP Tanjung Gusta. Diperkirakan sekitar 200 tahanan melarian diri, termasuk kemungkinan tahanan teroris sebanyak 15 orang.

Pukul 20.50 WIB
Ledakan cukup keras terdengar dari dalam LP. Belum diketahui asal muasal ledakan itu, namun saat ledakan terjadi letupan api terlihat cukup besar.

Pukul 20.42 WIB
Narapidana menimpuki aparat dari dalam lapas dengan batu-batu dan barang lainnya.

Pukul 21.42 WIB
Petugas gabungan Polri dan TNI yang jumlahnya mencapai 500 orang berjaga di sekitar LP. Selain itu, terdapat 15 mobil pemadam kebakaran yang berusaha memadamkan api.

Pukul 22.00 WIB
Api membesar di LP Tanjung Gusta.

Hingga saat ini LP Tanjung Gusta masih belum bisa dikuasai oleh aparat.


Quote:Komisi III DPR Desak Napi Kabur Tembak di Tempat

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Komisi III DPR I Gede Pasek Suardika menilai kerusuhan di LP Tanjung Gusta Medan, Sumut itu merupakan masalah serius.

Polisi dan aparat terkait harus segera membantu menangkap kembali napi yang kabur tersebut. Lokasi tersebut harus diblokade.

Blokade tersebut, khususnya tempat-tempat untuk ke luar daerah. Semua penanggung jawab harus diperiksa secara intensif. Selain itu umumkan agar mereka segera menyerah kalau tidak ya ancam tembak di tempat saja.


Video


Foto


LP Tanjung Gusta

Komen Kaskuser


Cendol
Diubah oleh nagabatak
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 30 dari 64
(UPDATE) Ratusan Tahanan Kabur Dari Lapas Tanjung Gusta Medan
12-07-2013 11:45
wah masalah serius ini.
kalo ga ditindak lanjutin, bisa memicu LP lain untuk bertindak hal yang sama.

perintah tembak ditempat menurut ane pas. biar ngurangin populasi orang jahat juga
0 0
0
(UPDATE) Ratusan Tahanan Kabur Dari Lapas Tanjung Gusta Medan
12-07-2013 11:46
semoga yang kabur segera bertobat ya gan.. Jangan sampe berbuat salah lagi.. emoticon-I Love Indonesia
0 0
0
(UPDATE) Ratusan Tahanan Kabur Dari Lapas Tanjung Gusta Medan
12-07-2013 11:46
mencekam pasti kondisi disana emoticon-Sorry
0 0
0
(UPDATE) Ratusan Tahanan Kabur Dari Lapas Tanjung Gusta Medan
12-07-2013 11:46
Sipirnya dikit banget, 15 sipir harus jaga 2600 napi, jelas kalang kabut. Ada sipir yg dikabarkan tewas jg
0 0
0
(UPDATE) Ratusan Tahanan Kabur Dari Lapas Tanjung Gusta Medan
12-07-2013 11:47
Bahaya nih warga Medan emoticon-Takut (S)
0 0
0
(UPDATE) Ratusan Tahanan Kabur Dari Lapas Tanjung Gusta Medan
12-07-2013 11:47
wahaha kocak liat foto before afternya emoticon-Ngakak
0 0
0
(UPDATE) Ratusan Tahanan Kabur Dari Lapas Tanjung Gusta Medan
12-07-2013 11:47
waduh ngeri banget ya gan , ada napi teroris yang kabur pula , wah bahaya emoticon-Berduka (S)
0 0
0
(UPDATE) Ratusan Tahanan Kabur Dari Lapas Tanjung Gusta Medan
12-07-2013 11:48
parah ni berkeliaran lagi semua penjahat dan data2 nya gimana tuh apa kebakar juga kalo sampe kebakar emoticon-Cape d... (S)
0 0
0
(UPDATE) Ratusan Tahanan Kabur Dari Lapas Tanjung Gusta Medan
12-07-2013 11:48
semoga cepat teratasi gan kasusnya..di tunggu update" selanjutnya...
0 0
0
(UPDATE) Ratusan Tahanan Kabur Dari Lapas Tanjung Gusta Medan
12-07-2013 11:48
untung ane gak tinggal di medan gan emoticon-Takut
0 0
0
(UPDATE) Ratusan Tahanan Kabur Dari Lapas Tanjung Gusta Medan
12-07-2013 11:48
napi korupsi, narkoba dan terorisme dan illegal logging

Ngapain dikasih remisi, hukum mati aja kalau ga tembak di tempat,
biasanya mereka yang merasa berkuasa karena punya duit buat nyogok dan paling rusuh.
0 0
0
(UPDATE) Ratusan Tahanan Kabur Dari Lapas Tanjung Gusta Medan
12-07-2013 11:49
Quote:Original Posted By diftadoank01
semoga cepat teratasi gan kasusnya..di tunggu update" selanjutnya...


pasti ane update gan...
emoticon-Cool
0 0
0
(UPDATE) Ratusan Tahanan Kabur Dari Lapas Tanjung Gusta Medan
12-07-2013 11:49
waduh bahaya nih kalau penjahat berkeliaran
0 0
0
(UPDATE) Ratusan Tahanan Kabur Dari Lapas Tanjung Gusta Medan
12-07-2013 11:49
wahhh... ada teroris nya jg yg kabur ...
cepat ditegakan lg ndan..
0 0
0
(UPDATE) Ratusan Tahanan Kabur Dari Lapas Tanjung Gusta Medan
12-07-2013 11:49
dekat rumah ane tuh gan emoticon-Ngakak
dijalan polisi ada dimana2 klo muka kita mencurigakan kita di stop gitu gan emoticon-Ngakak
mending dirumah ngaskus aj deh
0 0
0
(UPDATE) Ratusan Tahanan Kabur Dari Lapas Tanjung Gusta Medan
12-07-2013 11:49
semoga semua baik baik ssaja ya emoticon-Big Grin
0 0
0
(UPDATE) Ratusan Tahanan Kabur Dari Lapas Tanjung Gusta Medan
12-07-2013 11:51
hadoh kasian baget tuh yang wafat turut berduka cita emoticon-Berduka (S)
0 0
0
(UPDATE) Ratusan Tahanan Kabur Dari Lapas Tanjung Gusta Medan
12-07-2013 11:51
Amazing napi teror koq ga di salurin ke nusakambangan trus udah over limit koq didiamkan ...... Ada apa ini
0 0
0
(UPDATE) Ratusan Tahanan Kabur Dari Lapas Tanjung Gusta Medan
12-07-2013 11:52
Medan Arkham City emoticon-Matabelo emoticon-Ngakak
0 0
0
(UPDATE) Ratusan Tahanan Kabur Dari Lapas Tanjung Gusta Medan
12-07-2013 11:53
Quote:Original Posted By O*o*N
Amazing napi teror koq ga di salurin ke nusakambangan trus udah over limit koq didiamkan ...... Ada apa ini


kalo ane gak salah,
mereka masih dalam tahap persidangan gan...
CMIIW
0 0
0
Halaman 30 dari 64
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia