Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1114
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/51dc2471532acf2957000000/suka-duka-ane-sebagai-umat-non-muslim-saat-bulan-puasa
Sebelumnya ane pengen bilang terima kasih atas kesediaan agan" mampir di trit yg polos dan sederhana ini (wajar gan, bikin ny di hp).. Ini trit kedua ane yg berkaitan dgn bulan ramadhan (trit pertama yg ane meramal kapan 1 ramadhan tp ternyata prediksi ane salah :P).. Oke langsung aja cekidot Bulan suci yg dinanti nanti oleh saudara" yang muslim sudah tiba.. Seperti yg sudah kita tahu, b
Lapor Hansip
09-07-2013 21:55

Suka duka ane sebagai umat non-muslim saat bulan puasa

Sebelumnya ane pengen bilang terima kasih atas kesediaan agan" mampir di trit yg polos dan sederhana ini (wajar gan, bikin ny di hp).. Ini trit kedua ane yg berkaitan dgn bulan ramadhan (trit pertama yg ane meramal kapan 1 ramadhan tp ternyata prediksi ane salah :P).. Oke langsung aja cekidot

Bulan suci yg dinanti nanti oleh saudara" yang muslim sudah tiba.. Seperti yg sudah kita tahu, biasanya umat muslim akan berpuasa menahan lapar haus dan godaan lainnya selama 30 hari.. Nah, di saat bulan puasa ini, ane sebagai umat non-muslim merasa tidak nyaman.. Kenapa?? Cekidot gan

Quote:
1. Minum atau makan mesti diem" atau sembunyi"
Ini nih salah satu ketidaknyamanan yg sering bngt ane rasakan. Emang sih gk ada aturan ny kalo di bulan puasa umat non-muslim mesti gk boleh makan minum jg di dpn umum.. Yaa tapi kesadaran diri aja. Sekarang gini aja deh, misalnya ada tetangga agan meninggal, trus ente main petasan.. Gk ada aturan yang ngelarang kan? Tp biasanya bnyk temen" non-muslim yg mengabaikan hal ini, salah satunya temen ane.. Waktu itu ane ama temen ane lg di jalanan dan temen ane itu dgn santainya minum.. Emang sih ane akui cuacanya lg panas. Lalu ane tegor temen ane itu
A : ane
B : temen ane
A : "cuy, kalo bisa jgn minum. Gk enak ama yg puasa.
B : "ya elah santai aj kali. Lagian katanya kalo org puasa gk liat godaan gk afdol (ane gk tau dpt kata2 dari mana nih anak)
A : "ooh gt.. Berarti kalo gt lu menggoda org puasa dong? Cuy, org puasa itu menahan hawa napsu dan godaan dari setan.. Lu mau disamain ama setan?"
B : "......." (diem) (langsung udahan minum ny)

2. Jalanan jadi rame kalo menjelang buka puasa
Kalo ini mah jgn ditanya lg.. Org" pada berenti di pinggir jalan beli makanan atau minuman buat buka puasa kyk kolak gorengan dan teman teman ny.. Dan tidak menutup kemungkinan jalanan yg biasanya kgk macet malah jd macet (atau minimal jadi rame)

3. Kadang kebangun kalo hansip" atau org yg ngomong di toa mesjid (ane gk tau namanya) ngebangunin orang" buat sahur
Ini nih, ane lg terlelap tidur tiba" lengkingan merdu si pak hansip bilang "BANGUUUUNNN!!? SAHUUUURRR SAHUUURRR!!" sambil ketok2 tongkat ke tiang listrik yang terkadang membangunkan ane.. Kadang kesel sendiri jg sih, yaa tp mau diapain lg. Daripada tetangga2 ane (tetangga ane kebanyakan muslim) kgk kebangun trus batal puasa

4. (ini khusus di tempat ane) kalo orang" lg pada tarawih, di dpn rumah ane anak" alay pada tawuran

Ini nih, mumpung bapak emaknya ama orang tua - orang tua ny lg pada tarawih (sehingga situasi ny jd sepi dan tanpa pengawasan), anak-anak ny pada tawuran. Sumpah ini ngeselin bngt gan..


Itulah ketidaknyamanan yg ane rasakan saat bulan puasa.. Tapi, sesudah hujan badai, pasti ada pelangi. Begitu jg dgn kasus ini. Ketidaknyamanan yg ane rasakan pastu ada sisi enaknya. Apa itu? Cekidot lg gan
Quote:
1. Kiriman ketupat dan pasukan ny mulai mendatangi meja makan ane
Berhubung tetangga ane kebanyakan muslim (mayoritas dari madura dan profesi ny tukang masak), biasanya saat lebaran mereka bakal masak ketupat plus opor ayam, semur dan lainnya dalam jumlah besar"an.. Dan yg bikin ane seneng, pasti tiap lebaran ane dianterin ketupat dkk.. Dan yg ngirim bukan satu dua keluarga doang, pasti tiap tahun minimal 4 keluarga yg ngirimin keluarga ane ketupat. Makanya gk heran kalo ane biasanya nambah berat badan ny kalo lebaran

2. Banyak jajanan kalo pas lg bulan puasa
Pas bulan puasa, biasanya bnyk bermunculan penjual dadakan. Biasanya sih pada jualan buat menu buka puasa. Jadi bnyk pilihan ny deh mau jajan di mana

3. Tempat makan pada sepi kalo siang2
Ini nih.. Ane kalo pulang sekolah sering makan di suatu tempat makan.. Berhubung sekolah ane deket kantor, jd kalo misalnya ane pengen mampir makan di tempat itu pada hari biasa lauknya kebanyakan pada abis diborong ama orang" kantor.. Kalo misalnya sekolah ane lg pulang cepet, biasanya kebentur jem makan siang kantor jadi penuh ny udah kyk org ngantri BLSM.. Nah kalo lagi bulan puasa, melompong gan emoticon-Big Grin jadi bisa pilihan lauk lebih tersedia dan gak usah ngantri" lagi

4. Orang2 jd pada lebih sabar
Paling keliatan perbedannya di jalanan.. Biasanya org" pada klakson2 dan tak jarang diselingi kata2 "mutiara".. Kalo pas bulan puasa, beda bgt dah.. Ane pernah lg nyebrang, tiba2 dari belakang mobil ada motor kenceng hampir nabrak ane.. Lalu tuh bapak ngerem mendadak.. Dari mukanya ane bisa liat kalo dia udah pengen marah (udah ketekuk cemberut gt), tp dia langsung senyum aja gan hehehhe.. Andaikan tiap hari kyk gini orang-orang


Begitulah suka dan duka ane sebagai umat non-muslim di saat bulan puasa. Sudah seharusnya kita semua hidup berdampingan dgn kawan" kita meskipun kita berbeda, entah itu dalam hal agama, suku dan lainnya.. Ingat, perbedaan itu indah.. Kalo misalnya di dunia ini sama semua hidup kita bakal monoton. Sekian gan selamat berpuasa bagi yg muslim. Semoga puasanya gk bolong dan dpt pahala yg melimpah

NB : kalo ada yg mau ngasih cendol, ane akan menerima dgn senang hati

*UPDATE*
Setelah ane liat komen" ny, ane jd gk enak hati ama yg muslim emoticon-Sorry pada minta maaf ama ketidaknyamanan yg ane rasakan sebagai umat non-muslim.. Trit ini tujuan ny bukan agar para umat muslim minta maaf.. Buat apa kalian minta maaf? Kalian kan menjalankan ibadah dan itu tidak melanggar aturan emoticon-Big Grin.. Ane udah terbiasa kok kalo ada org yg lagi ngejalanin ajaran agama ny meskipun agama ny beda ama ane.. Gimana kgk kebiasa? Ane agama budha, tetangga 80% muslim, ane tk di tk berbasis kristen, sekolah sd sampe sma berbasis katolik, cuma hindu doang nih yg blm

Ada pertanyaan yg bagus dari komen kaskuser
Quote:Original Posted By ijudinbie
yang pengen ane tanyain dari dulu ama orang non-muslim kayak TS tuh
gimana sih perasaan agan kalo liat tv tapi lagi banyak2nya acara dakwah islam
pertanyaan absurd emang, gak usa dijawab juga gpp emoticon-No Hope
ane tak bermaksud apa-apa loh
suer V._.

Hmm sebener ny jujur aja emang rada absurd emoticon-Big Grin mau nntn apa aj pasti tema ny islami. tapi ya ane sih siasatin aj jam nntn ny. paling kalo jam 2an sampe jam 4an nntn berita. abis itu kalo udah mau buka puasa kan isi ny dakwah semua, ya ane ngaskus aja emoticon-Big Grin baru nyalain tv lg pas malem. toh saluran tv gak cuma satu doang. tp kadang kalo ane bosen ane tonton jg yg acara islami gt, tp lebih ke arah pengetahuan umum kyk misal ny makanan khas arab, tempat" suci di timur tengah dll


Btw thx yaa cendol" ny yg udah masuk ke kulkas ane.. Ane doain yg ngasih cendol ke ane yg muslim di bulan ramadhan ini pahala ny dilipat gandakan oleh Yang Di Atas
Diubah oleh PanciBoyzz
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 30 dari 56
Suka duka ane sebagai umat non-muslim saat bulan puasa
11-07-2013 00:12
For umat muslim emoticon-Big Grin
agama lain aja ikut puasa wlaupun bda jalan..masa yg islam ska bolong2 puasa y..
Semoga kaskuser nggalah yah,ane doain smoga full puasa ya..amiin ya rabb..
0 0
0
Suka duka ane sebagai umat non-muslim saat bulan puasa
11-07-2013 00:53
Quote:Original Posted By 1juli
orang muslim puasa gak bisa nahan liat orang lain makan
kata anak gamer= COPO!! CCD!!
contoh= f.p.i

Suka duka ane sebagai umat non-muslim saat bulan puasa
Copyright 1juli


emoticon-Cape d... (S) sara nih orang emoticon-Cape d... (S) emoticon-No Sara Please
0 0
0
Suka duka ane sebagai umat non-muslim saat bulan puasa
11-07-2013 01:03
yang penting saling menghargai san toleransi antar umat beragama aja d..
(ilmu PPKn nya keluar)

numpang blog ane
kumpulan barang antik kunojadoel
0 0
0
Suka duka ane sebagai umat non-muslim saat bulan puasa
11-07-2013 01:10
Quote:Original Posted By PanciBoyzz
Sebelumnya ane pengen bilang terima kasih atas kesediaan agan" mampir di trit yg polos dan sederhana ini (wajar gan, bikin ny di hp).. Ini trit kedua ane yg berkaitan dgn bulan ramadhan (trit pertama yg ane meramal kapan 1 ramadhan tp ternyata prediksi ane salah :P).. Oke langsung aja cekidot

Bulan suci yg dinanti nanti oleh saudara" yang muslim sudah tiba.. Seperti yg sudah kita tahu, biasanya umat muslim akan berpuasa menahan lapar haus dan godaan lainnya selama 30 hari.. Nah, di saat bulan puasa ini, ane sebagai umat non-muslim merasa tidak nyaman.. Kenapa?? Cekidot gan



Itulah ketidaknyamanan yg ane rasakan saat bulan puasa.. Tapi, sesudah hujan badai, pasti ada pelangi. Begitu jg dgn kasus ini. Ketidaknyamanan yg ane rasakan pastu ada sisi enaknya. Apa itu? Cekidot lg gan


Begitulah suka dan duka ane sebagai umat non-muslim di saat bulan puasa. Sudah seharusnya kita semua hidup berdampingan dgn kawan" kita meskipun kita berbeda, entah itu dalam hal agama, suku dan lainnya.. Ingat, perbedaan itu indah.. Kalo misalnya di dunia ini sama semua hidup kita bakal monoton. Sekian gan selamat berpuasa bagi yg muslim. Semoga puasanya gk bolong dan dpt pahala yg melimpah

NB : kalo ada yg mau ngasih cendol, ane akan menerima dgn senang hati

*UPDATE*
Setelah ane liat komen" ny, ane jd gk enak hati ama yg muslim, pada minta maaf ama ketidaknyamanan yg ane rasakan sebagai umat non-muslim.. Trit ini tujuan ny bukan agar para umat muslim minta maaf.. Buat apa kalian minta maaf? Kalian kan menjalankan ibadah dan itu tidak melanggar aturan emoticon-Big Grin.. Ane udah terbiasa kok kalo ada org yg lagi ngejalanin ajaran agama ny meskipun agama ny beda ama ane.. Gimana kgk kebiasa? Ane agama budha, tetangga 80% muslim, ane tk di tk berbasis kristen, sekolah sd sampe sma berbasis katolik, cuma hindu doang nih yg blm

Btw thx yaa cendol" ny yg udah masuk ke kulkas ane.. Ane doain yg ngasih cendol ke ane yg muslim di bulan ramadhan ini pahala ny dilipat gandakan oleh Yang Di Atas


ya tambahan dari ane,..ini sori kalau salah kata,...sebenernya soal bangun2in sahur gak usah berlebihan,.apalagi ampe pake petasan + nyewa speaker nya anak2 dangdut koplo ( ini yang ane alami gan,.ampe gak bisa tidur dah ane )...,kasian yang non muslim gak bisa tidur nyenyak,.ini bukan soal mayoritas dan minoritas,.ini soal menghargai eksistensi kaum non muslim
0 0
0
Suka duka ane sebagai umat non-muslim saat bulan puasa
11-07-2013 01:11
ane sebagai muslim tersanjung sama sikap agan yang menghormati umat muslim yang sedang berpuasa
tapi kalau agan mau makan ya gak usah sembunyi - sembunyi kali gan kan itu hak ente mau makan atau gak
0 0
0
Suka duka ane sebagai umat non-muslim saat bulan puasa
11-07-2013 01:36
Perbedaan itu sebenarnya indah gan, cuma sebagian oknum aja yang gagal faham dan salah mengartikan itu. emoticon-Smilie
Respect buat TS. emoticon-Smilie
0 0
0
Suka duka ane sebagai umat non-muslim saat bulan puasa
11-07-2013 02:23
ambil hikmahnya aja ganemoticon-Stick Out Tongue
ane jg non-muslim kokemoticon-Stick Out Tongue
0 0
0
Suka duka ane sebagai umat non-muslim saat bulan puasa
11-07-2013 02:25
Kalo anak alay tawuran, itumah salah anak anaknya emoticon-Cape d... (S)
Di tempat ane juga ada soalnya
0 0
0
Suka duka ane sebagai umat non-muslim saat bulan puasa
11-07-2013 02:27
perbedaan itu emg indah kan Ganemoticon-Smilie
0 0
0
Suka duka ane sebagai umat non-muslim saat bulan puasa
11-07-2013 02:27
trit bagus ! Open Minded ! emoticon-2 Jempol ini yg ane maksudkan..mindset seperti ini yg harusnya dimiliki semua umat beragama emoticon-Big Grin

TS Cek kulkas deh...ada
Penghijauan
Diubah oleh Third.Reich
0 0
0
Suka duka ane sebagai umat non-muslim saat bulan puasa
11-07-2013 02:33
emoticon-Shakehand2 emoticon-Salaman
0 0
0
Suka duka ane sebagai umat non-muslim saat bulan puasa
11-07-2013 02:41
dimana tuh gan trawih malah tawuran. emoticon-Cape d...
0 0
0
Suka duka ane sebagai umat non-muslim saat bulan puasa
11-07-2013 02:44
tradisi twuran tmpt ente kocak bgt dh emoticon-Ngakak
0 0
0
Suka duka ane sebagai umat non-muslim saat bulan puasa
11-07-2013 02:52
ane bukan muslim gan, tapi ane juga menghargai yang puasa.. kami yg non muslim sebagai minoritas juga berharap di hargai ganemoticon-Matabelo.. jadi toleransi antar umat beragamaemoticon-I Love Indonesia (S)
0 0
0
Suka duka ane sebagai umat non-muslim saat bulan puasa
11-07-2013 02:53
Iya sih...

Bertoleransi sebulan penuh....
Ma kasih gan udah mau ngerti dan bertoleransi..

emoticon-shakehand
0 0
0
Suka duka ane sebagai umat non-muslim saat bulan puasa
11-07-2013 02:58
yg sebar aja gan.. nikmati bulan puasa meskipun ente non muslim
0 0
0
Suka duka ane sebagai umat non-muslim saat bulan puasa
11-07-2013 03:02
wah salut ane sama TS,udah menghargai orang yg puasa emoticon-Big Grin emoticon-2 Jempol emoticon-Shakehand2
Diubah oleh sehrgut
0 0
0
Suka duka ane sebagai umat non-muslim saat bulan puasa
11-07-2013 03:15
menurut ane kalo bulan puasa di daerah jakarta sama aja emoticon-Ngakak
rumah makan pada buka spt biasa, tapi ditutup doang..

dan kalo menjelang buka banyak jajanan ,, enak tuh emoticon-Big Grin

dan juga kalo siang jadi rada sepi emoticon-Big Grin

ramenya pas mau buka gileee , banyak yg bubar, atau ngabuburit , kliatannya seru emoticon-Big Grin
0 0
0
Suka duka ane sebagai umat non-muslim saat bulan puasa
11-07-2013 03:17
yg no4 kan bisa jadi tontonan gratis gan mayan daripada liat sinetron emoticon-Hammer2

terimakasih telah menghargai kaum ane yg sedang menjalankan puasa
0 0
0
Suka duka ane sebagai umat non-muslim saat bulan puasa
11-07-2013 03:22
Quote:Original Posted By PanciBoyzz
Udah 17 gan hehehe



weh agan di atas 1 thun di atas ane... mantap bang, pikiran nya dah dewasa emoticon-2 Jempol
yang tauran agan tabokin aja sekalian, atau suruh banci pada cipokin alay2 itu emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Diubah oleh amsyyongg
0 0
0
Halaman 30 dari 56
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia