Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1552
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/51dad208e574b4e17a000001/cara-membangunkan-sahur-yang-benar
Makasih gan, Akhirnya thread ane HT juga :shakehand2 HT#8 Isyarat tentang makan sahur terdapat dalam al-Quran dan Hadits. “Dan makan serta minumlah kamu sehingga jelas bagimu benang pu
Lapor Hansip
08-07-2013 21:51

Cara Membangunkan Sahur yang Benar

Past Hot Thread
Quote:
Quote:
Cara Membangunkan Sahur yang Benar

Quote:Cara Membangunkan Sahur yang Benar


SEGEL NO REPOST



Quote:
Makasih gan, Akhirnya thread ane HT juga emoticon-Shakehand2
HT#8

BUKA



Quote:
Quote:
BUKA

Isyarat tentang makan sahur terdapat dalam al-Quran dan Hadits.
Quote:
“Dan makan serta minumlah kamu sehingga jelas bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar.” (Al-Baqarah: 187).

Quote:
“Bersahurlah, karena dalam sahur itu ada berkah!” (Muttafaq alaihi dari Anas).

Pada ayat dan hadist tersebut secara jelas menunjukkan perintah untuk makan sahur. Tapi berdasarkan praktek yang dilakukan Nabi dan para sahabatnya para ulama mujtahid (yang berijtihad menentukan hukum) sepakat bahwa perintah tersebut hukumnya sunnah, bukan wajib.
Faktanya, bagi beberapa orang untuk sekedar bangun makan sahur terasa sulit, oleh karena itu dilakuakan berbagai macam cara untuk membantu membangunkan orang sahur. Lalu bagiamana cara membangunkan orang untuk sahur yang benar?

Cara membangunkan orang untuk sahur yang dilakukan di zaman Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bukanlah dengan cara teriak-teriak mengundang orang: Sahuuuurr!!!, sahuuuurrr!!, menabuh kentongan, menyalakan murattal di masjid, atau memutar lagu ‘religi’ yang penuh musik dengan pengeras suara yang justru mengotori masjid. Cara-cara demikian justru akan mengganggu orang yang shalat malam atau orang yang sedang istirahat.


Quote:
Quote:
Membangunkan orang sahur dengan bacaan Alquran

BUKA

Lalu bagaimana dengan membangunkan orang sahur dengan bacaan Alquran? Bacaan Alquran adalah satu hal yang baik, namun ketika Alquran diperdengarkan kita disyariatkan untuk mendengarkannya, Allah berfirman:
Quote:
“Apabila dibacakan Alquran, perhatikanlah dan diamlah, agar kalian diberi rahmat.” (QS. Al-A’raf: 204).

Sedangkan apabila ketika diperdengarkan Alquran kemudian malah ditinggal tidur, tentu saja bukankah hal yang bijak.

Quote:
Quote:
Cara yang benar membangunkan orang sahur

BUKA

Cara yang benar untuk membangunkan orang untuk sahur adalah dengan adzan awal. Adzan di masa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam di waktu pagi ada dua yaitu:
Quote:
a. Adzan awal, dilakukan sebelum terbit fajar shodiq oleh Bilal bin Rabah.
b. Adzan subuh, dilakukan setelah terbit fajar subuh oleh sahabat Abdullah bin Ummi Maktum.


Jarak antara adzan Bilal dan Ibnu Ummi Maktum tidak terlalu jauh. Itulah yang sesuai sunah, Adzan dua kali menjelang subuh dan ketika subuh dengan dua orang yang berbeda. Agar orang bisa perhatian dengan sahur atau shalat malam.


[CENTER] SUMBER [/CENTER]

Quote:
Quote:
emoticon-I Love Kaskus (S) Semoga Informasi yg Disampaikan Bermanfaat emoticon-I Love Kaskus (S)


Quote:
TS Berharap dikasih
emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star
Dan
emoticon-thumbsup Komen Yg Bermutu
emoticon-thumbsup


Cara Membangunkan Sahur yang Benar



Quote:
Terima KasihTerlah Berkunjung
emoticon-Shakehand2



Quote:
[CENTER]emoticon-Sundul Gan (S) KUMPULAN THREAD ANE emoticon-Sundul Gan (S)[/CENTER]



Cara Membangunkan Sahur yang Benar

THREAD INI DIDUKUNG OLEH
Cara Membangunkan Sahur yang Benar
klick banner untuk mampir ke markas STK

Cara Membangunkan Sahur yang Benar

Diubah oleh Click12
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 66 dari 78
Cara Membangunkan Sahur yang Benar
10-07-2013 08:33
semangat bangun sahur kalau ada bola gan emoticon-Malu
0 0
0
Cara Membangunkan Sahur yang Benar
10-07-2013 08:33
Kalau d tmpt ane,kadang di masjid Marbot nya suka pakai mic bangunin saur gan... emoticon-Cool
0 0
0
Cara Membangunkan Sahur yang Benar
10-07-2013 08:33
info yang bermanfaat gan, emang kita harus mengikuti sunnah dalam beramal.
0 0
0
Cara Membangunkan Sahur yang Benar
10-07-2013 08:34
Nice info gan... Yg penting terbangun dah saur.. Jgn sampai ngk.. Gawat kalau ngk.
0 0
0
Cara Membangunkan Sahur yang Benar
10-07-2013 08:35
selamat puasa buat yang mengikuti y gan
0 0
0
Cara Membangunkan Sahur yang Benar
10-07-2013 08:35
Iya gan, kalau di daerah ane biasanya maen pukul gentong, panci, wajan gitu gan, malah berisik emoticon-Cape d... (S)
0 0
0
Cara Membangunkan Sahur yang Benar
10-07-2013 08:36
numpang nyimak dulu gan
0 0
0
Cara Membangunkan Sahur yang Benar
10-07-2013 08:37
emoticon-Ngakak di sms aja gannn.... biar kgak brisik gnggu tettangga lain yg msih tidoorr...
0 0
0
Cara Membangunkan Sahur yang Benar
10-07-2013 08:37
baru tau emoticon-Matabelo
0 0
0
Cara Membangunkan Sahur yang Benar
10-07-2013 08:38
nice share gan

klo dtmpt sya plng skrng dh jrang anak" bngunin sahur (tong tong lek) emoticon-Big Grin marbot mushola plng yg bngunin emoticon-Smilie
0 0
0
Cara Membangunkan Sahur yang Benar
10-07-2013 08:38
dtmpt ane ada yg keliling gan bangunin sahuuuur...sahuuuurrr
0 0
0
Cara Membangunkan Sahur yang Benar
10-07-2013 08:40
subhanallah.. baru tau emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo
0 0
0
Cara Membangunkan Sahur yang Benar
10-07-2013 08:40
Kalo Ditempetku ada anak anak yang keliling gan emoticon-Smilie kalo pas pintu ditutup dibangunin, kadang ane yang bangunin sekeluarga emoticon-Big Grin ...

jadi inget pas kecil sempet diraupin pakai air sama Bapak Ane emoticon-Ngakak ..

thanks postnya gan
0 0
0
Cara Membangunkan Sahur yang Benar
10-07-2013 08:41
di tempat ane malah ada yg nyetel musik dangdutan keras malahan emoticon-Nohope
0 0
0
Cara Membangunkan Sahur yang Benar
10-07-2013 08:42
di kampung ane udah gk pake tabuhan bedug n teriakan anak2 lgi gan,, soalnya lg musim hujan
jadi pake speaker mushola aja tp ane ttep gak bangun gan,, ttep paling ampuh saat dibangunin ama orang rumah dengan ketok2 pintu kamar..
emoticon-Ngakak
emoticon-Matabelo
thanks infonya gan

semoga puasa pertama pada lancar
kaya tol angkutan udara
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
0 0
0
Cara Membangunkan Sahur yang Benar
10-07-2013 08:43
biasa sih rame2 keliling kampung...sambil bunyikan alat musik
0 0
0
Cara Membangunkan Sahur yang Benar
10-07-2013 08:43
yah, ga greget gan... di rumah ane cara bagunin sahurnya pake bom atom gan emoticon-Ngakak belinya di sini nih bom atomnya BOM ATOM

ane beli 2 kali pertama buat kondangan kedua diminta warga buat bagunin sahur emoticon-Ngakak
0 0
0
Cara Membangunkan Sahur yang Benar
10-07-2013 08:44
pakai sirine pemadam kebakaran aja gan...hehehehe emoticon-Ngakak
0 0
0
Cara Membangunkan Sahur yang Benar
10-07-2013 08:45
ane baru tau gan emoticon-Matabelo
0 0
0
Cara Membangunkan Sahur yang Benar
10-07-2013 08:45
kayak di jogja ya..tapi sebagian tempat

dipersetiga malam ada azan.. dulu ane kira itu azan subuh..

eh ternyata bukan emoticon-Big Grin
0 0
0
Halaman 66 dari 78
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia