Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1590
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/511ff29de874b4ae42000002/sepeda-motor-pertama-di-indonesia
alhamdulillah Hot Thread gan... Sepeda Motor Pertama di Indonesia Probolinggo yang seringkali dipandang biasa saja ternyata menyimpan sejuta sejarah yang luar biasa. Salah satunya adalah sebagai t
Lapor Hansip
17-02-2013 03:57

Sepeda Motor Pertama di Indonesia

Past Hot Thread
Sepeda Motor Pertama di Indonesia


alhamdulillah Hot Thread gan...
Sepeda Motor Pertama di Indonesia

Sepeda Motor Pertama di Indonesia

Probolinggo yang seringkali dipandang biasa saja ternyata menyimpan sejuta sejarah yang luar biasa. Salah satunya adalah sebagai tempat hadirnya sepeda motor pertama di Indonesia. Sebagaimana disebutkan dalam sejarah, sepeda motor rupanya sudah hadir di Indonesia sejak jaman pendudukan Belanda yang saat itu masih bernama Hindia Timur (Oost Indee).

Sebuah cacatan sejarah menyebutkan, sepeda motor telah hadir di Indonesia sejak tahun 1893 –atau 117 tahun yang lalu. Uniknya, walaupun pada saat itu Indonesia masih dibawah pendudukan Belanda, orang pertama yang memiliki sepeda motor di Indonesia bukanlah orang Belanda, melainkan orang Inggris.

Adalah John C. Potter yang sehari-hari bekerja sebagai masinis pertama di Pabrik Gula Oemboel (baca: Umbul) Probolinggo, Jawa Timur-lah yang memiliki sepeda motor pertama itu.

De Duivelswagen



Pada awal tahun 1960-an, skuter Vespa masuk Indonesia disusul dengan skuter Lambretta pada akhir tahun 1960-an. Pada masa itu, masuk pula sepeda motor asal Jepang, Honda, Suzuki, Yamaha, dan belakangan juga Kawasaki.
Spesifikasi

Sumber


Sepeda Motor Pertama di IndonesiaSepeda Motor Pertama di Indonesia Sepeda Motor Pertama di Indonesia

Quote:
emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)
emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)
emoticon-I Love Indonesia (S)


Silahkan


Sepeda Motor Pertama di Indonesia
Diubah oleh SmiLeardEE
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 55 dari 81
Sepeda Motor Pertama di Indonesia
09-07-2013 07:04
top speed 45 km/ jam kenceng juga gan untuk di zamannya... emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
0 0
0
Sepeda Motor Pertama di Indonesia
09-07-2013 07:05
kalah cepet ama odong2
emoticon-Ngakak
0 0
0
Sepeda Motor Pertama di Indonesia
09-07-2013 07:05
emoticon-Matabelo keren keren ya
0 0
0
Sepeda Motor Pertama di Indonesia
09-07-2013 07:06
desainnya masih ramping kayak sepeda ontel ya ?
kecepatan maks 45 km/jam ? emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh hansip
Sepeda Motor Pertama di Indonesia
09-07-2013 07:09
Wow Bakalan Jadi Barang Mahal nan Antik Gan emoticon-Smilie
0 0
0
Sepeda Motor Pertama di Indonesia
09-07-2013 07:09
unik gan motornya, hehehe
0 0
0
Sepeda Motor Pertama di Indonesia
09-07-2013 07:10
No Pic ..

HT emoticon-Bingung
0 0
0
Sepeda Motor Pertama di Indonesia
09-07-2013 07:11
keren gan desain tempo doeloe emoticon-Ngakak (S) tapi ngga jauh beda ya sama motor harley davidson emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Sepeda Motor Pertama di Indonesia
09-07-2013 07:12
dah lambat di tambahi berat sampe 50 Kg itu cuman motornya aja
0 0
0
Sepeda Motor Pertama di Indonesia
09-07-2013 07:13

antik

motor antik banget, design awal spt harley gan cuma memang masih fisik sepeda
0 0
0
Sepeda Motor Pertama di Indonesia
09-07-2013 07:15
yang make pasti orang belanda pertama kali dateng kesini... emoticon-Matabelo
0 0
0
Sepeda Motor Pertama di Indonesia
09-07-2013 07:17
modelnya mirip ama sepeda ontel gan emoticon-Matabelo
0 0
0
Sepeda Motor Pertama di Indonesia
09-07-2013 07:17
Wah asli jadul bgt bentuknya.. tapi kl ada yg masih kaya baru sekarang bisa mahal bgt tuh harganya emoticon-Matabelo
0 0
0
Sepeda Motor Pertama di Indonesia
09-07-2013 07:21
Kalo jaman dulu, sepeda motor itu barang mewah...
Sekarang sepeda motor udah ada hampir di setiap rumah, dan bukan jd barang mewah...
0 0
0
Sepeda Motor Pertama di Indonesia
09-07-2013 07:21
bisa jadi bahan koleksi tuh
0 0
0
Sepeda Motor Pertama di Indonesia
09-07-2013 07:21
gilak
model nya ga nyangka ane sekeren itu emoticon-Matabelo
0 0
0
Sepeda Motor Pertama di Indonesia
09-07-2013 07:22
Quote:Original Posted By nagabatak
Kalo jaman dulu, sepeda motor itu barang mewah...
Sekarang sepeda motor udah ada hampir di setiap rumah, dan bukan jd barang mewah...


suatu saat pesawat bukan jd barang mewah
tiap orang bakal punya emoticon-Ngakak
0 0
0
Sepeda Motor Pertama di Indonesia
09-07-2013 07:23
Quote:Original Posted By screpzio
modelnya mirip ama sepeda ontel gan emoticon-Matabelo


iya gan
kayak sepeda ontel ada mesin nya :matanelo
0 0
0
Sepeda Motor Pertama di Indonesia
09-07-2013 07:25
jadul pisan gan itu mtr klo skrng msh di pake wkwk emoticon-Ngakak
0 0
0
Halaman 55 dari 81
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia