News
Batal
KATEGORI
link has been copied
470
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/51d66e540975b4a55400000d/dalam-penetapan-awal-ramadhan-nu-mengikuti-sabda-kanjeng-rosul-saw
Penentuan Awal Ramadan, NU Tetap Berpegang Hasil Rukyat Jakarta, ON : Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) belum menentukan awal puasa Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri tahun 2013. NU akan tetap mempertahankan metode rukyat atau melihat hilal sebagai penanda awal bulan untuk penentuannya. - "Sesuai dengan sabda Nabi Salallahu Alaihi Wassalam, puasalah kamu dengan melihat bulan, dan berlebaran
Lapor Hansip
05-07-2013 13:57

Dalam Penetapan Awal Ramadhan, NU Mengikuti Sabda Kanjeng Rosul SAW

Penentuan Awal Ramadan, NU Tetap Berpegang Hasil Rukyat

Jakarta, ON : Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) belum menentukan awal puasa Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri tahun 2013. NU akan tetap mempertahankan metode rukyat atau melihat hilal sebagai penanda awal bulan untuk penentuannya.
-
"Sesuai dengan sabda Nabi Salallahu Alaihi Wassalam, puasalah kamu dengan melihat bulan, dan berlebaranlah dengan melihat bulan. Untuk itu NU akan tetap berpegang pada metode rukyat untuk penentuan awal Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri," ungkap Ketua Umum PBNU, KH Said Aqil Siroj di Jakarta, Selasa (2/7/2013).

Kiai Said menambahkan, pihaknya menolak anggapan pilihan penentuan awal bulan melalui metode rukyat adalah bentuk ketertinggalan dari kemajuan teknologi.

"Lajnah Falakiyah kami juga canggih, mau menentukan tanggal sampai tiga ribu tahun ke depan juga bisa. Ini bukan soal canggih atau tidak canggih, tapi ini mengikuti seperti apa yang dijalankan Rasulullah," tegasnya.

Terkait seringnya muncul mendung dalam metode rukyat yang mengakibatkan penentuan awal bulan terkendala, Kiai Said mengatakan, ada petunjuk lain dari Rasulullah untuk penggenapan bulan menjadi 30 hari.

Mengenai perbedaan tanggal pelaksanaan puasa dan Hari Raya Idul Fitri yang sering terjadi di Indonesia, Kiai Said dengan tegas menyampaikan penyesalan. Dia mencontohkan, perbedaan menjadi hal yang wajar terjadi di Timur Tengah, tapi bukan dalam satu negara melainkan di negara-negara yang berbeda.

"Mesir itu menggunakan rukyat, Jordan menggunakan hisab. Di Timur Tengah penentuan puasa juga sering berbeda, tapi antar negara, bukan di satu negara ada kelompok-kelompok yang saling berbeda. Quran dengan tegas memerintah kita taat kepada Allah dan Rasul-Nya, dan taat kepada pemimpin," pungkas Kiai Said.

Sekretaris Lajnah Falakiyah Nahdlatul Ulama Nahari Ilyas, mengatakan pihaknya mulai melaksanaan motode rukyat pada tanggal 28 Sya'ban 1434 H atau bertepatan tanggal 8 Juli 2013 mendatang. 90 titik untuk melihat hilal sudah disiapkan, dengan semua tim siap menjalankan tugasnya.

"Semua hasil-hasil yang sudah dilihat di sembilan puluh titik itu akan dilaporkan ke Lajnah Falakiyah pusat, ke kami. Selanjutnya di sini akan dibahas bagaimana keputusan akhirnya," kata Nahari.

http://obornews.com/26510-berita-pen...il_rukyat.html

Dalam Penetapan Awal Ramadhan, NU Mengikuti Sabda Kanjeng Rosul SAWDalam Penetapan Awal Ramadhan, NU Mengikuti Sabda Kanjeng Rosul SAWDalam Penetapan Awal Ramadhan, NU Mengikuti Sabda Kanjeng Rosul SAWDalam Penetapan Awal Ramadhan, NU Mengikuti Sabda Kanjeng Rosul SAWDalam Penetapan Awal Ramadhan, NU Mengikuti Sabda Kanjeng Rosul SAWDalam Penetapan Awal Ramadhan, NU Mengikuti Sabda Kanjeng Rosul SAW


emoticon-I Love Kaskus (S)
emoticon-I Love Kaskus (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Kaskus (S)
emoticon-I Love Kaskus (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Kaskus (S)
emoticon-I Love Kaskus (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Kaskus (S)
emoticon-I Love Kaskus (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Kaskus (S)
emoticon-I Love Kaskus (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Kaskus (S)
emoticon-I Love Kaskus (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Kaskus (S)
emoticon-I Love Kaskus (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Kaskus (S)
emoticon-I Love Kaskus (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Kaskus (S)
emoticon-I Love Kaskus (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Kaskus (S)
emoticon-I Love Kaskus (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Kaskus (S)
emoticon-I Love Kaskus (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Kaskus (S)


Ya akhi/ukthi yang dicintai Don Hilmy.

Bersandarlah kalian kepada sunnah Kanjeng Rosul SAW, insya Allah anta nggak akan menyesal di dunia maupun kelak di akherat.

Ana setuju sama pendapat Kyai Said diatas, itu tetangga sebelah usul pake "teknologi canggih" katanya emoticon-Malu . Ini bukan soal teknologi canggih atau bukan, ini perkara mengikuti tuntunan Kanjeng Rosul SAW yang sudah terang-benderang.

Banyak sekali 'standar janda' dipake' tetangga sebelah.. Mereka bilang mau pake "teknologi canggih" untuk menghitung kapan waktu mulai dan berakhirnya bulan suci Romadhon. Pada kesempatan yang lain, mereka teriak-teriak anti si onis, anti mama rika dan anti wahyudi.. Eh badalah, padahal itu "teknologi canggih"nya ciptaan para komprador wahyudi itu emoticon-Big Grin , itu teknologi padahal ciptaan anteknya mama rika, eh malah dipake' juga sama mereka emoticon-Malu

NU sendiri sebagai bagian dari Islam Sunni jelas menghindari "bughot" (pembangkangan) terhadap pemerintahan yang sah. Olehkarenanya penentuan awal/akhir puasa oleh NU selalu selaras dengan apa yang ditetapkan oleh pemerintah (ulil amri).

Semua kebenaran adalah milik Gusti Allah SWT. Semua kesalahan dan kekhilafan adalah milik ana. Demikian dari ana.

Ana sekalian mau ngucapin mohon maaf ya' kepada seluruh Kaskuser, soalnya ana bentar lagi mau puasa.... Met puasa ya akhi/ukthi sekalian emoticon-I Love Kaskus (S)


===

UPDATE BERITA


Ya akhi/ukthi saudara satu iman.

Ana hanya mau update berita aja ini emoticon-shakehand


Quote:
Jakarta - Dalam wawancara di TV, Wakil Menteri Agama Nassarudin Umar sempat menyebut pihak yang tidak taat terhadap keputusan pemerintah dalam penentuan awal puasa dianggap tidak mengakui Ulil Amri. Hal ini rupanya dipersoalkan oleh salah satu tokoh pemuda Muhammadiyah.

Muhhamad Izzul Muslimin, mantan ketua umum pemuda PP Muhammadiyah tidak terima terhadap pernyataan itu dan merasa terintimidasi.

"Pernyataan Wamenag yang mengatakan mereka yang tidak mematuhi keputusan pemerintah berarti tidak taat pada Ulil Amri itu sangat provokatif. Saya sebagai warga Muhammadiyah merasa terintimidasi dalam menjalankan puasa," ujar Izzul saat dihubungi detikcom, Senin (8/7/2013).

Wamenag menyatakan hal itu dalam Talk Show di TVOne semalam. Saat itu memang dibahas topik perbedaan penentuan awal puasa.

"Rakyat butuh kebebasan untuk menjalankan ibadah sesuai keyakinannya, maka dari itu saya sebagai pribadi akan melaporkan hal ini ke Komnas HAM," tambah Izzul.

Saat dikonfirmasi perihal pernyataan tersebut, Wamenag Nassarudin Umar menyampaikan permohonan maaf. Menurutnya pernyataan semalam tidak ada maksud untuk memojokkan salah satu Ormas.

"Saya minta maaf jika saya keliru dalam membahasakan maksud, sama sekali tidak ada maksud untuk memojokkan salah satu Ormas," kata Nassarudin.

Wamenang juga menjelaskan posisi Kementrian Agama bukanlah penentu awal puasa, penentuan itu berdasarkan sidang Isbat yang dihadiri semua Ormas Islam. Kemenag hanya memfasilitasi penyampaian pandangan dari berbagai Ormas dan membuat keputusan bersama dalam menentukan awal Ramadhan.

"Semalam saya hanya menyatakan, jika ada pihak yang tidak mengikuti peraturan pemerintah, sama saja tidak mematuhi Ulil Amri. Boleh kita tidak bersama menjalankan puasa, tapi jangan ada embel-embel tidak mengakui Ulil Amri, itu nanti bisa terkesan mendelegitimasi pemerintah," tambah Nassarudin.

[url]http://news.detik..com/read/2013/07/08/073928/2295097/10/pernyataan-di-tv-soal-awal-puasa-dipermasalahkan-wamenag-minta-maaf?991104topnews[/url]


Quote:
Sidang Isbat Ramadan Digelar Sore, Kemenag Berharap Muhammadiyah Hadir

Jakarta - Sidang isbat untuk menentukan awal Ramadan digelar sore ini di kantor Kementerian Agama. Seluruh ormas diharapkan datang, termasuk Muhammadiyah yang sempat menyatakan tak akan hadir.

"Insya Allah sidang dimulai pukul 16.00 WIB," ujar wakil menteri Agama, Nasaruddin Umar saat dihubungi detikcom, Minggu (7/7/2013) malam.

Kementerian Agama telah menyebar undangan kepada seluruh ormas islam. Hanya saja, jumlahnya dia belum mengetahui.

"Ya yang diundang yang biasanya ikut sidang, saya kurang tahu itu jumlahnya," tambah Wamenag.

Mengenai kabar tak akan hadirnya Muhammadiyah dalam sidang besok, Nasaruddin mengaku belum tahu. Tapi dirinya berharap agar ormas pimpinan Din Syamsuddin itu bisa ikut serta dalam sidang Isbat, walaupun mereka telah menentukan awal Ramadan.

"Saya pastikan undangan sudah disampaikan, tetapi akan datang atau tidak saya tidak tahu. Saya berharap Muhammadiyah bisa datang, walaupun nanti awal puasa berbeda ya yang penting kan kita bisa silaturahmi," tutup Nazaruddin.

Sebelumnya, pimpinan Muhammadiyah Yunahar Ilyas, memastikan 1 Ramadan jatuh pada Selasa, 9 Juli 2013. Karena itu, Muhammadiyah tidak akan menghadiri sidang isbat yang digelar Kementrian Agama RI.

Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah bernomor 04/MLM/I.0/E/2013 tentang penetapan hasil hisab Ramadan, Syawwal dan Dzulhijjah 1434 H itu ditandatangani oleh Ketua Umum Prof Dr H M Din Syamsuddin, MA dan Sekretaris Umum Dr H Agung Danarto. Maklumat tersebut telah diberikan kepada semua pengurus DPW dan DPD Muhammadiyah seluruh Indonesia.

"Muhammadiyah tidak akan ikut. Itu lebih aman dan tidak ikut. Lebih baik menonton saja, kasihan perasaan warga Muhammadiyah kalau mereka melihat saat sidang," ungkapnya.

[url]http://news.detik..com/read/2013/07/08/062459/2295075/10/sidang-isbat-ramadan-digelar-sore-kemenag-berharap-muhammadiyah-hadir?991104topnews[/url]




===

BEBERAPA COMMENT MENARIK DARI KASKUSER


Quote:Original Posted By cyber-shot


Syukron Akhi. Kali ini kader sapi beneran sama dengan NU. Ane percaya. Karena dulu ane juga ikut pengajian mereka (sebelum jadi sapi).
Yang ziarah kubur itu cuma pencitraan kan Akhi?

Untuk soal ini awal puasa, ane masih ga ngerti, kenapa sodara yang satu ntu selalu merasa paling pinter dan katanya ngikutin teknologi. Padahal perbedaan itu biasa, yang benar dapet 2 pahala yang salah dapet 1 pahala, dan pemerintah lah yang jadi penengah. Seharusnya diikuti keputusan pemerintah. Ane sih, kalopun pemerintah ngikutin sodara yang sok tahu itu, demi persatuan Umat, ane tetap ikut pemerintah.


Quote:Original Posted By cyber-shot


Ane akan ikut kata pemerintah. Ane percaya kedua pendapat itu bisa dipertanggungjawabkan, sekalipun ane lebih cenderung ke pendapat NU. Bagi ane lebih penting adalah nilai puasa dan hari rayanya, dibanding tanggal masehinya dimana.
Dan yang juga lebih penting, persatuan Islam. Makanya, kalau kemenag dipegang Muhammadiyah dan penetapan lebaran sesuai dengan selera Muhammadiyah, ane ikut yang diputuskan Menag.

Ane haqqul yakin, pahala yang dinilai Allah bukan "kapan" puasa dan bukanya, tapi "bagaimana" puasa dan bukanya.

Ane menyalahkan Muhammadiyah saat ini, bukan karena metodanya. Itu ane bisa terima. Tapi ketidaktaatan mereka pada keputusan pemerintah yang harus dijadikan hakim dalam masalah ini.


Quote:Original Posted By rainmaster


gak bisa apple to apple gitu juragan

yang DIBEBANKAN OLEH SYARIAT dalam penentuan waktu2 sholat adalah MENYESUAIKAN posisi aktual (waqi’ al haal), Perhitungan hisab sekedar memberi info posisi aktual bahwa pada jam sekian menit sekian matahari terbit.. matahari tergelincir.. matahari terbenam..

Berbeda dengan masalah menentukan awal/akhir bulan puasa
yang DIBEBANKAN OLEH SYARIAT adalah MELIHAT hilalnya bukan mengetahui posisi aktual hilal

jadi gak heran kalo mau sholat dhuhur misalnya tapi matahari tertutup awan teteup harus sholat dhuhur gak bisa ditunda besok sampai liat matahari tergelincir
beda klo mau nentukan puasa/lebaran kalo hilal tertutup awan ya ditunda besok



===

Quote:Original Posted By zaqi98
FREQUENTLY ASKED QUESTIONS


1. Kenapa rukyat hanya dilakukan untuk menentukan masuknya bulan Ramadhan, Syawal, dan Dzulhijjah?
http://www.kaskus.co.id/show_post/51...34700000d/194/
http://www.kaskus.co.id/show_post/51...f5500000c/165/
http://www.kaskus.co.id/show_post/51...c28000009/315/

2. Kalau penentuan waktu sholat boleh pakai hisab, kenapa penentuan masuknya bulan-bulan ibadah harus pakai rukyat?
http://www.kaskus.co.id/show_post/51...db25000002/79/
http://www.kaskus.co.id/show_post/51...0c28000006/80/

3. Pemerintah RI pakai metode apa dalam penentuan masuknya bulan-bulan ibadah?
http://www.kaskus.co.id/show_post/51...4722000002/98/

4. Apa dasarnya diadakan Sidang Isbat?
http://www.kaskus.co.id/show_post/51...amp-dzulhijjah

5. Kenapa kalau sudah ada yang mengaku melihat hilal bisa ditolak pengakuannya?
http://www.kaskus.co.id/show_post/51...b13000003/194/
Khusus mengenai Cakung:
http://www.kaskus.co.id/show_post/51...92100000b/419/
http://edukasi.kompasiana.com/2012/0...-1-472661.html

6. Hukum puasa di hari raya / ketika terdengar takbir kan haram, mending ikut Muhammadiyah cuman batal 1 hari puasa jika salah.
http://www.kaskus.co.id/show_post/51...b32500000e/76/
http://www.kaskus.co.id/show_post/51...f826000000/99/
http://www.kaskus.co.id/show_post/51...0749000005/93/

7. Arab Saudi pakai metode apa dalam penentuan masuknya bulan-bulan ibadah?
http://www.kaskus.co.id/show_post/51...fe31000004/94/

8. Makkah dan Jakarta kan cuma 4 jam bedanya, kenapa gak ikut Makkah aja?
http://www.kaskus.co.id/show_post/51...44d000013/184/

9. Kalau sudah tahu hilal akan di bawah sekian derajat (bahkan di bawah ufuk), kenapa masih dirukyat?
http://www.kaskus.co.id/show_post/51...225000004/312/
http://www.kaskus.co.id/show_post/51...65400000d/382/
http://www.kaskus.co.id/show_post/51...57500000e/332/

10. Angka 2 derajat itu sumbernya dalilnya dari mana?
http://www.kaskus.co.id/show_post/51...74d00000d/335/

11. Apakah bulan purnama selalu jatuh pada tanggal 15 pada kalender hijriyah?
http://edukasi.kompasiana.com/2011/0...am-394254.html

12. Apakah dengan menggunakan HISAB bisa diseragamkan awal puasa - idul fitri - idul adha di seluruh dunia?
http://www.kaskus.co.id/show_post/51...620e000005/13/

Mohon maaf yang saya masukkan disini memang bukan mengenai dalil hisab versus rukyat dan sejenisnya. Hanya berusaha meluruskan kesalahpahaman yang sering terjadi, sekalipun saya pribadi tidak lepas dari kesalahan, dan karena itu mohon koreksi emoticon-Smilie
Silahkan jika ada yang ingin menambahi emoticon-Smilie

Diubah oleh mr.righthand
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 24
Dalam Penetapan Awal Ramadhan, NU Mengikuti Sabda Kanjeng Rosul SAW
05-07-2013 18:32
jangan diperdebatkan, semua ada dalilnya,,,

metode Rukyat (NU) dan Metode Hisab (Muhammadiyah) dua-duanya ada dalil yang kuat, toh ini masalah interpretasi bukan pembangkangan terhadap hadits. Toh hisab juga berdasarkan Al-quran

Quote:Dia-lah yang menjadikan matahari bersinar dan bulan bercahaya dan ditetapkan-Nya manzilah-manzilah (tempat-tempat) bagi perjalanan bulan itu, supaya kamu mengetahui bilangan tahun dan perhitungan (waktu). Allah tidak menciptakan yang demikian itu melainkan dengan hak. Dia menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya) kepada orang-orang yang mengetahui.QS. Yunus (10):5

Dan Kami jadikan malam dan siang sebagai dua tanda, lalu Kami hapuskan tanda malam dan Kami jadikan tanda siang itu terang, agar kamu mencari karunia dari Tuhanmu dan supaya kamu mengetahui bilangan tahun-tahun dan perhitungan. QS. Al-Israa' (17):12

Dia menyingsingkan pagi dan menjadikan malam untuk beristirahat, dan (menjadikan) matahari dan bulan untuk perhitungan. Itulah ketentuan Allah yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui. QS. Al-An'am (6):96

Matahari dan bulan (beredar) menurut perhitungan. QS. Ar-Rahmaan (55):5


ngapain dipermasalahkan?????
ikuti aja keyakinan masing2 tanpa harus merendahkan keyakinan dan pendapat orang lain,,, CMIIW

yang bilang Standar Ganda, coba tolong kalo buka puasa dan sahur jangan lihat Jam yang telah dihisab. tapi lihat matahari dan Bulan...

hadits rosul mengenai perintah Shalat :
1. shalat magrib ketika matahari tergelincir
2. shalat dzuhur ketika bayangan tegak lurus... dst

Nah.... sekarang jadwal shalat itu hasil dari HISAB. termasuk JADWAL IMSAKIYAH yang beredar adalah hasil HISAB.

kalo meyakini tunduk dan patuh terhadap hadits Nabi tanpa reserve, maka jangan lihat jam (jaman nabi gak ada jam...!!!) kalo mau buka. Tapi lihat Matahari. toh haditsnya seperti itu.

masa pas waktu shalat, buka puasa, sahur ikut hisab, tgl 1 ramadhan dan 1 syawal ikut rukyat...

-bukan sombong, naudzubillah himin dzalik, ane banyak dalil mengenai kebenaran hisab (dari Al-Quran) dan rukyat (dari Hadits Nabi) yang bukan tempatnya dibahas disini....!!!!

intinya 2 metode tersebut adalah Benar dan sesuai syariat,

yang salah itu yang gak puasa...!!!!!!
Diubah oleh tc_print
0 0
0
Dalam Penetapan Awal Ramadhan, NU Mengikuti Sabda Kanjeng Rosul SAW
05-07-2013 18:39
Quote:Original Posted By tc_print
jangan diperdebatkan, semua ada dalilnya,,,

metode Rukyat (NU) dan Metode Hisab (Muhammadiyah) dua-duanya ada dalil yang kuat, toh ini masalah interpretasi bukan pembangkangan terhadap hadits. Toh hisab juga berdasarkan Al-quran.

......

-bukan sombong, naudzubillah himin dzalik, ane banyak dalil mengenai kebenaran hisab (dari Al-Quran) dan rukyat (dari Hadits Nabi) yang bukan tempatnya dibahas disini....!!!!

intinya 2 metode tersebut adalah Benar dan sesuai syariat,

yang salah itu yang gak puasa...!!!!!!


mantap gan! meski koment agan singkat, tp ane bisa belajar dikit dari agan
emoticon-2 Jempol
Diubah oleh h4nd
0 0
0
Dalam Penetapan Awal Ramadhan, NU Mengikuti Sabda Kanjeng Rosul SAW
05-07-2013 18:42
Quote:Original Posted By mr.righthand


Ya akhi Johand.

Kita ikuti aja sunnah Rosul SAW. Para ulama di NU sudah memikirkan hal tersebut, Bismillah aja akhi.., kita ikuti apa yang menjadi tuntunan Rosul SAW. Simple khan akhi?

BTW mhn maaf lahir batin ya akhi, selamat berpuasa untuk anta emoticon-Cool

selamat menjalani bulan penuh berkah ini ya akhi.
semoga selalu mendapat keridhaan Allah S.W.T disetiap perjalanan kita ya akhi
mohon maaf lahir dan bathin ya emoticon-Maaf Agan

0 0
0
Dalam Penetapan Awal Ramadhan, NU Mengikuti Sabda Kanjeng Rosul SAW
05-07-2013 18:44

akur ama agan ini

Quote:Original Posted By tc_print
jangan diperdebatkan, semua ada dalilnya,,,

metode Rukyat (NU) dan Metode Hisab (Muhammadiyah) dua-duanya ada dalil yang kuat, toh ini masalah interpretasi bukan pembangkangan terhadap hadits. Toh hisab juga berdasarkan Al-quran.

ngapain dipermasalahkan?????
ikuti aja keyakinan masing2 tanpa harus merendahkan keyakinan dan pendapat orang lain,,, CMIIW

yang bilang Standar Ganda, coba tolong kalo buka puasa dan sahur jangan lihat Jam yang telah dihisab. tapi lihat matahari dan Bulan...

hadits rosul mengenai perintah Shalat :
1. shalat magrib ketika matahari tergelincir
2. shalat dzuhur ketika bayangan tegak lurus... dst

Nah.... sekarang jadwal shalat itu hasil dari HISAB. termasuk JADWAL IMSAKIYAH yang beredar adalah hasil HISAB.

kalo meyakini tunduk dan patuh terhadap hadits Nabi tanpa reserve, maka jangan lihat jam kalo mau buka. Tapi lihat Matahari. toh haditsnya seperti itu.

masa pas waktu shalat, buka puasa, sahur ikut hisab, tgl 1 ramadhan dan 1 syawal ikut rukyat...

-bukan sombong, naudzubillah himin dzalik, ane banyak dalil mengenai kebenaran hisab (dari Al-Quran) dan rukyat (dari Hadits Nabi) yang bukan tempatnya dibahas disini....!!!!

intinya 2 metode tersebut adalah Benar dan sesuai syariat,

yang salah itu yang gak puasa...!!!!!!



masa pas waktu shalat, buka puasa, sahur ikut hisab, tgl 1 ramadhan dan 1 syawal ikut rukyat...

dah nggak usah di perpanjang jawab ini aja dengan jelas ya
0 0
0
Dalam Penetapan Awal Ramadhan, NU Mengikuti Sabda Kanjeng Rosul SAW
05-07-2013 18:57
Marhaban ya Ramadhan kaskuser smua emoticon-Wowcantik
mau berbeda ato barengan yg penting rukun2 aj ya gan emoticon-Thinking







emoticon-Pawemoticon-Paw
Original Post By Mr.RaselLo
0 0
0
Dalam Penetapan Awal Ramadhan, NU Mengikuti Sabda Kanjeng Rosul SAW
05-07-2013 19:00
Quote:Original Posted By mr.rasello
Marhaban ya Ramadhan kaskuser smua emoticon-Wowcantik
mau berbeda ato barengan yg penting rukun2 aj ya gan emoticon-Thinking







emoticon-Pawemoticon-Paw
Original Post By Mr.RaselLo



Itulah yang kita harapkan bersama... toh inti dari shaum adalah toleransi... emoticon-Smilie Mari menebar senyuman dan barokah bersama di bulan suci
0 0
0
Dalam Penetapan Awal Ramadhan, NU Mengikuti Sabda Kanjeng Rosul SAW
05-07-2013 19:00
nunggu pengumuman dari pemerintah aja....
0 0
0
Dalam Penetapan Awal Ramadhan, NU Mengikuti Sabda Kanjeng Rosul SAW
05-07-2013 19:11
Ya akhi TS,
dan agan2 lainnya,
ane mohon maaf sebesar2nya atas segala kesalahan ane.
baik kesalahan yg Disengaja maupun yg isengaja
emoticon-shakehand
selamat menunaikan ibadah puasa.emoticon-Toast
0 0
0
Dalam Penetapan Awal Ramadhan, NU Mengikuti Sabda Kanjeng Rosul SAW
05-07-2013 19:15
[QUOTE=tc_print;51d6aec71e0bc3f36b000000]jangan diperdebatkan, semua ada dalilnya,,,

metode Rukyat (NU) dan Metode Hisab (Muhammadiyah) dua-duanya ada dalil yang kuat, toh ini masalah interpretasi bukan pembangkangan terhadap hadits. Toh hisab juga berdasarkan Al-quran



ngapain dipermasalahkan?????
ikuti aja keyakinan masing2 tanpa harus merendahkan keyakinan dan pendapat orang lain,,, CMIIW

yang bilang Standar Ganda, coba tolong kalo buka puasa dan sahur jangan lihat Jam yang telah dihisab. tapi lihat matahari dan Bulan...

hadits rosul mengenai perintah Shalat :
1. shalat magrib ketika matahari tergelincir
2. shalat dzuhur ketika bayangan tegak lurus... dst

Nah.... sekarang jadwal shalat itu hasil dari HISAB. termasuk JADWAL IMSAKIYAH yang beredar adalah hasil HISAB.

kalo meyakini tunduk dan patuh terhadap hadits Nabi tanpa reserve, maka jangan lihat jam (jaman nabi gak ada jam...!!!) kalo mau buka. Tapi lihat Matahari. toh haditsnya seperti itu.

masa pas waktu shalat, buka puasa, sahur ikut hisab, tgl 1 ramadhan dan 1 syawal ikut rukyat...

-bukan sombong, naudzubillah himin dzalik, ane banyak dalil mengenai kebenaran hisab (dari Al-Quran) dan rukyat (dari Hadits Nabi) yang bukan tempatnya dibahas disini....!!!!

intinya 2 metode tersebut adalah Benar dan sesuai syariat,

yang salah itu yang gak puasa...!!!!!![/QUOTE]

Tuh kan semua ada dalilnya....

yang gak ada dalilnyah nyang gak puase....
0 0
0
Dalam Penetapan Awal Ramadhan, NU Mengikuti Sabda Kanjeng Rosul SAW
05-07-2013 19:17
jelas cuman ada 1 yang benar krn haram puasa di hari raya
misalkan muhamadiyah yg salah cuman batal 1 hari puasa krn hari rayanya lbh awal
0 0
0
Dalam Penetapan Awal Ramadhan, NU Mengikuti Sabda Kanjeng Rosul SAW
05-07-2013 19:31
Pertanyaan saya ke TS sama dengan agan ini:

Quote:Original Posted By skandin


btw, misal kalau pemerintah ikut cara hisab, apakah kaskuser2 masih ikut pemerintah??


Seandainya saat ini Pemerintah Indonesia menggunakan metode Hisab Wujudul Hilal, apakah TS masih mau ikut pemerintah?
0 0
0
Dalam Penetapan Awal Ramadhan, NU Mengikuti Sabda Kanjeng Rosul SAW
05-07-2013 19:33
Quote:Original Posted By tc_print
jangan diperdebatkan, semua ada dalilnya,,,

metode Rukyat (NU) dan Metode Hisab (Muhammadiyah) dua-duanya ada dalil yang kuat, toh ini masalah interpretasi bukan pembangkangan terhadap hadits. Toh hisab juga berdasarkan Al-quran



ngapain dipermasalahkan?????
ikuti aja keyakinan masing2 tanpa harus merendahkan keyakinan dan pendapat orang lain,,, CMIIW

yang bilang Standar Ganda, coba tolong kalo buka puasa dan sahur jangan lihat Jam yang telah dihisab. tapi lihat matahari dan Bulan...

hadits rosul mengenai perintah Shalat :
1. shalat magrib ketika matahari tergelincir
2. shalat dzuhur ketika bayangan tegak lurus... dst

Nah.... sekarang jadwal shalat itu hasil dari HISAB. termasuk JADWAL IMSAKIYAH yang beredar adalah hasil HISAB.

kalo meyakini tunduk dan patuh terhadap hadits Nabi tanpa reserve, maka jangan lihat jam (jaman nabi gak ada jam...!!!) kalo mau buka. Tapi lihat Matahari. toh haditsnya seperti itu.

masa pas waktu shalat, buka puasa, sahur ikut hisab, tgl 1 ramadhan dan 1 syawal ikut rukyat...

-bukan sombong, naudzubillah himin dzalik, ane banyak dalil mengenai kebenaran hisab (dari Al-Quran) dan rukyat (dari Hadits Nabi) yang bukan tempatnya dibahas disini....!!!!

intinya 2 metode tersebut adalah Benar dan sesuai syariat,

yang salah itu yang gak puasa...!!!!!!


adalah setuju emoticon-thumbsup

sesama muslim gk usah tuduh menuduh, masing2 ada dalilnya, gk ada yg salah, toh sama2 puasa emoticon-Big Grin

yg salah ya yg gk puasa, setuju emoticon-Ngakak (S)

moon maap lahir batin semuanya emoticon-Malu (S)
0 0
0
Dalam Penetapan Awal Ramadhan, NU Mengikuti Sabda Kanjeng Rosul SAW
05-07-2013 19:35
Kalo udah dipastikan itu hilal ga kan bisa diliat tanggal sekian, ngpaen juga ditungguin pd tanggal itu? Bahkan 2 hari sblumnya? Buang2 waktu ma anggaran aja.
emoticon-Cool
*ane bkn MD atw NU
0 0
0
Dalam Penetapan Awal Ramadhan, NU Mengikuti Sabda Kanjeng Rosul SAW
05-07-2013 19:41
Quote:Original Posted By kolorsapi


adalah setuju emoticon-thumbsup

sesama muslim gk usah tuduh menuduh, masing2 ada dalilnya, gk ada yg salah, toh sama2 puasa emoticon-Big Grin

yg salah ya yg gk puasa, setuju emoticon-Ngakak (S)

moon maap lahir batin semuanya emoticon-Malu (S)

hukum puasa di hari rayakan HARAM trus bagaimana seandainya sudah hari raya tp msh puasa ?
mending ikut muhamadiyah cuman batal 1 hari puasa jika slh
0 0
0
Dalam Penetapan Awal Ramadhan, NU Mengikuti Sabda Kanjeng Rosul SAW
05-07-2013 20:22
Quote:Original Posted By xu.v.ux

hukum puasa di hari rayakan HARAM trus bagaimana seandainya sudah hari raya tp msh puasa ?
mending ikut muhamadiyah cuman batal 1 hari puasa jika slh


Gan, di Indonesia ini ada macem2 aliran, bukan cuma Muhammadiyah dan NU. Ada yg lebarannya lebih awal lagi dari Muhammadiyah. Jadi puasa terakhirnya pengikut Muhammadiyah juga bisa jadi haram kalo pake prinsip seperti itu.

Kalau agan yakin hari ini sudah masuk 1 Syawal tapi tetep puasa, itu jelas berdosa. Kalau agan yakin hari ini masih 30 Ramadhan tapi sengaja meninggalkan puasa, itu jelas berdosa.
Diubah oleh zaqi98
0 0
0
Dalam Penetapan Awal Ramadhan, NU Mengikuti Sabda Kanjeng Rosul SAW
05-07-2013 20:28
Quote:Original Posted By tc_print
jangan diperdebatkan, semua ada dalilnya,,,

metode Rukyat (NU) dan Metode Hisab (Muhammadiyah) dua-duanya ada dalil yang kuat, toh ini masalah interpretasi bukan pembangkangan terhadap hadits. Toh hisab juga berdasarkan Al-quran



ngapain dipermasalahkan?????
ikuti aja keyakinan masing2 tanpa harus merendahkan keyakinan dan pendapat orang lain,,, CMIIW

yang bilang Standar Ganda, coba tolong kalo buka puasa dan sahur jangan lihat Jam yang telah dihisab. tapi lihat matahari dan Bulan...

hadits rosul mengenai perintah Shalat :
1. shalat magrib ketika matahari tergelincir
2. shalat dzuhur ketika bayangan tegak lurus... dst

Nah.... sekarang jadwal shalat itu hasil dari HISAB. termasuk JADWAL IMSAKIYAH yang beredar adalah hasil HISAB.

kalo meyakini tunduk dan patuh terhadap hadits Nabi tanpa reserve, maka jangan lihat jam (jaman nabi gak ada jam...!!!) kalo mau buka. Tapi lihat Matahari. toh haditsnya seperti itu.

masa pas waktu shalat, buka puasa, sahur ikut hisab, tgl 1 ramadhan dan 1 syawal ikut rukyat...

-bukan sombong, naudzubillah himin dzalik, ane banyak dalil mengenai kebenaran hisab (dari Al-Quran) dan rukyat (dari Hadits Nabi) yang bukan tempatnya dibahas disini....!!!!

intinya 2 metode tersebut adalah Benar dan sesuai syariat,

yang salah itu yang gak puasa...!!!!!!


Mantap gan..TS kacruutt,tukang adu domba..

0 0
0
Dalam Penetapan Awal Ramadhan, NU Mengikuti Sabda Kanjeng Rosul SAW
05-07-2013 20:50
Quote:Original Posted By tc_print
jangan diperdebatkan, semua ada dalilnya,,,

metode Rukyat (NU) dan Metode Hisab (Muhammadiyah) dua-duanya ada dalil yang kuat, toh ini masalah interpretasi bukan pembangkangan terhadap hadits. Toh hisab juga berdasarkan Al-quran



ngapain dipermasalahkan?????
ikuti aja keyakinan masing2 tanpa harus merendahkan keyakinan dan pendapat orang lain,,, CMIIW

yang bilang Standar Ganda, coba tolong kalo buka puasa dan sahur jangan lihat Jam yang telah dihisab. tapi lihat matahari dan Bulan...

hadits rosul mengenai perintah Shalat :
1. shalat magrib ketika matahari tergelincir
2. shalat dzuhur ketika bayangan tegak lurus... dst

Nah.... sekarang jadwal shalat itu hasil dari HISAB. termasuk JADWAL IMSAKIYAH yang beredar adalah hasil HISAB.

kalo meyakini tunduk dan patuh terhadap hadits Nabi tanpa reserve, maka jangan lihat jam (jaman nabi gak ada jam...!!!) kalo mau buka. Tapi lihat Matahari. toh haditsnya seperti itu.

masa pas waktu shalat, buka puasa, sahur ikut hisab, tgl 1 ramadhan dan 1 syawal ikut rukyat...

-bukan sombong, naudzubillah himin dzalik, ane banyak dalil mengenai kebenaran hisab (dari Al-Quran) dan rukyat (dari Hadits Nabi) yang bukan tempatnya dibahas disini....!!!!

intinya 2 metode tersebut adalah Benar dan sesuai syariat,

yang salah itu yang gak puasa...!!!!!!


waw.. mantap nih penjelasannya..
Sepakat sama ente gan.. yg penting puasanya.. hisab sama rukyat emang ada dalilnya. Jadi ikutin aja apa yg diyakini.. emoticon-shakehand
0 0
0
Dalam Penetapan Awal Ramadhan, NU Mengikuti Sabda Kanjeng Rosul SAW
05-07-2013 20:55
Quote:Original Posted By tc_print

hadits rosul mengenai perintah Shalat :
1. shalat magrib ketika matahari tergelincir
2. shalat dzuhur ketika bayangan tegak lurus... dst

Nah.... sekarang jadwal shalat itu hasil dari HISAB. termasuk JADWAL IMSAKIYAH yang beredar adalah hasil HISAB.

kalo meyakini tunduk dan patuh terhadap hadits Nabi tanpa reserve, maka jangan lihat jam (jaman nabi gak ada jam...!!!) kalo mau buka. Tapi lihat Matahari. toh haditsnya seperti itu.


gak bisa apple to apple gitu juragan emoticon-Stick Out Tongue

yang DIBEBANKAN OLEH SYARIAT dalam penentuan waktu2 sholat adalah MENYESUAIKAN posisi aktual (waqi’ al haal), Perhitungan hisab sekedar memberi info posisi aktual bahwa pada jam sekian menit sekian matahari terbit.. matahari tergelincir.. matahari terbenam..

Berbeda dengan masalah menentukan awal/akhir bulan puasa
yang DIBEBANKAN OLEH SYARIAT adalah MELIHAT hilalnya bukan mengetahui posisi aktual hilal

jadi gak heran kalo mau sholat dhuhur misalnya tapi matahari tertutup awan teteup harus sholat dhuhur gak bisa ditunda besok sampai liat matahari tergelincir
beda klo mau nentukan puasa/lebaran kalo hilal tertutup awan ya ditunda besok
0 0
0
Dalam Penetapan Awal Ramadhan, NU Mengikuti Sabda Kanjeng Rosul SAW
05-07-2013 21:23
Quote:Original Posted By rainmaster.


gak bisa apple to apple gitu juragan emoticon-Stick Out Tongue

yang DIBEBANKAN OLEH SYARIAT dalam penentuan waktu2 sholat adalah MENYESUAIKAN posisi aktual (waqi’ al haal), Perhitungan hisab sekedar memberi info posisi aktual bahwa pada jam sekian menit sekian matahari terbit.. matahari tergelincir.. matahari terbenam..

Berbeda dengan masalah menentukan awal/akhir bulan puasa
yang DIBEBANKAN OLEH SYARIAT adalah MELIHAT hilalnya bukan mengetahui posisi aktual hilal

jadi gak heran kalo mau sholat dhuhur misalnya tapi matahari tertutup awan teteup harus sholat dhuhur gak bisa ditunda besok sampai liat matahari tergelincir
beda klo mau nentukan puasa/lebaran kalo hilal tertutup awan ya ditunda besok


Bagus neh penjelasannya.
Dengan kata lain, bagi penganut rukyat, TERLIHATNYA HILAL itulah SEBAB masuknya waktu bulan baru. Sedangkan tergelincirnya matahari dll itu adalah PERTANDA masuknya waktu sholat. CMIIW.

Lanjut yuk diskusinya emoticon-Smilie

Diubah oleh zaqi98
0 0
0
Dalam Penetapan Awal Ramadhan, NU Mengikuti Sabda Kanjeng Rosul SAW
05-07-2013 21:25
Quote:Original Posted By tc_print
jangan diperdebatkan, semua ada dalilnya,,,

metode Rukyat (NU) dan Metode Hisab (Muhammadiyah) dua-duanya ada dalil yang kuat, toh ini masalah interpretasi bukan pembangkangan terhadap hadits. Toh hisab juga berdasarkan Al-quran



ngapain dipermasalahkan?????
ikuti aja keyakinan masing2 tanpa harus merendahkan keyakinan dan pendapat orang lain,,, CMIIW

yang bilang Standar Ganda, coba tolong kalo buka puasa dan sahur jangan lihat Jam yang telah dihisab. tapi lihat matahari dan Bulan...

hadits rosul mengenai perintah Shalat :
1. shalat magrib ketika matahari tergelincir
2. shalat dzuhur ketika bayangan tegak lurus... dst

Nah.... sekarang jadwal shalat itu hasil dari HISAB. termasuk JADWAL IMSAKIYAH yang beredar adalah hasil HISAB.

kalo meyakini tunduk dan patuh terhadap hadits Nabi tanpa reserve, maka jangan lihat jam (jaman nabi gak ada jam...!!!) kalo mau buka. Tapi lihat Matahari. toh haditsnya seperti itu.

masa pas waktu shalat, buka puasa, sahur ikut hisab, tgl 1 ramadhan dan 1 syawal ikut rukyat...

-bukan sombong, naudzubillah himin dzalik, ane banyak dalil mengenai kebenaran hisab (dari Al-Quran) dan rukyat (dari Hadits Nabi) yang bukan tempatnya dibahas disini....!!!!

intinya 2 metode tersebut adalah Benar dan sesuai syariat,

yang salah itu yang gak puasa...!!!!!!


nahhhh ini dia ... mantabh

oi TS BANCI, pajang ni komen di page one .... emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin


0 0
0
Halaman 4 dari 24
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia