Kaskus

Entertainment

Pengaturan

Mode Malambeta
Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

suparman.kocakAvatar border
TS
suparman.kocak
Diskusi : Mengapa Manusia Harus Beragama
Sebelumnya, ane mau info Gan jika tulisan ini ane sunting dari Kakak kelas ane yang sedang berdiskusi dengan salah satu temannya yang menanyakan mengapa manusia harus beragama. Jika agan / aganwati berminat, monggo baca kata-per-kata-nya dan jangan lupa kasih comment ya.


(Ada 4 part yang beliau tulis, akan ane update hingga part 4 jika memang pembaca dan yang kasih testi cukup tertarik).


Part II udah ada di page 3, monggo disimak emoticon-Smilie


Berikut diskusinya:


Sang penanya (Temennya Kakak kelas ane):


Sebelumnya mari kita fokus pada pertanyaan pertama, yaitu: KENAPA SAYA HARUS BERAGAMA, bukan KENAPA HARUS ISLAM MENJADI AGAMA SAYA. Dengan ente menyakini TUHAN ITU ADA, itu tidak secara langsung merujuk kepada KENAPA SAYA HARUS BERAGAMA. Memangnya jika Tuhan ada, lalu KENAPA ???


Sang penjawab (Kakak kelas ane):


Part I

bismillah son, gw coba jawab pertanyaan lo. bakal rada panjang

kalau ditanya alasan kenapa gw pilih Islam, maka jawaban gw, gw meyakini Islam adalah satu - satunya jalan kebenaran yang ada. itu yg gw yakini, dan insya Allah gw siap akan konsekuensinya.

gw memang, alhamdulillah, dilahirkan dalam keadaan Islam dan bersyukur bapak dan ibu gw mengajari gw Islam.

tetapi gw tentu gak mau berhenti di situ. alhamdulillah gw dapet sma yang ngasih gw sebuah channel kesadaran atas segala pertanyaan gw, untuk apa gw hidup, (harus) ke arah mana gw hidup dan seterusnnya. gw menemukan Islam ada sebuah pedoman hidup yang sempurna dan menyeluruh.

gw agak sedikit muter - muter, kombinasi pake sisi logika, ttapi domain utamanya ttp Quran dan Sunnah. alasan gw milih Islam:

1. Gw meyakini keberadaan Tuhan
semenjak jadi anak teknik Industri dan belajar definisi TI, maka kita tahu fungsi TI -> design, improve, installation of integrated system.

merancang sistem adalah hal yg sulit, menginstallnya jauh lebih sulit, apalagi memantain dan meng-improve, pasti jauh lebih sulit. bahkan sebuah sistem (yang disangka) sempurna sekalipun, maka kita bisa menemukan kecacatannya, bahkan bencana bisa terjadi akibat kita gagal menjalankan fungsi design, instal, mantain, dan improve.

maka ketika gw lihat alam semesta ini, gw sadar, alam semesta adalah sebuah sistem yang begitu sempurna. siapa yg design, siapa yang install, siapa yg improve? mengapa sistemnya bergerak pada proporsi dan sumbu yg tepat? apakah mungkin ini semua terjadi secara kebetulan tanpa ada yang merekaya (engineered)? ada zat Yang Maha Pencipta dan Agung di balik semua ini ->

"Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal, (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka." [QS Ali 'Imran 3:190-191]

"Yang telah menciptakan tujuh langit berlapis-lapis. Kamu sekali-kali tidak melihat pada ciptaan Tuhan Yang Maha Pemurah sesuatu yang tidak seimbang. Maka lihatlah berulang-ulang, adakah kamu lihat sesuatu yang tidak seimbang? Kemudian pandanglah sekali lagi niscaya penglihatanmu akan kembali kepadamu dengan tidak menemukan sesuatu cacat dan penglihatanmu itupun dalam keadaan payah." (QS 67:5)
Diubah oleh suparman.kocak 03-07-2013 13:11
0
7.6K
61
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
KASKUS Official
924.4KThread88.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.