- Beranda
- The Lounge
[HOT]Fungsi Matematika di Kehidupan Sehari-hari
...
TS
PCobalt
[HOT]Fungsi Matematika di Kehidupan Sehari-hari
Spoiler for bukti gak repost:
Quote:
alhamdulillah gan ini HT pertama ane
Spoiler for HT:
Quote:
makasih buat agan2 kaskuser yang udah menghargai trit ane dengan ngasih cendol dan abu gosok
Spoiler for cendol:
Quote:
BANTUIN RATE 5 YA AGAN YANG GANTENG
Spoiler for awas BWK:
Pada umumnya, belajar matematika identik dengan menghafalkan rumus-rumus tertentu. Dengan buku yang sangat tebal dan banyak. Itulah yang menyebabkan para pelajar merasa bosan untuk belajar matematika. Seringkali mereka bertanya, "Apa sih manfaat belajar matematika dalam kehidupan sehari-hari? Apa manfaat Aljabar? Apa manfaat Persamaan garis? Apa manfaat trigonometri?".
Pertanyaan-pertanyaan seperti itu sudah sering kita lontarkan kepada guru-guru pembimbing kita. Pertanyaan itu kita lontarkan karena kita sudah kesal terhadap pelajaran mereka yang terasa membosankan dan tidak perlu. Tetapi sebenarnya, matematika sangat berfungsi dalam kehidupan sehari-hari, baik yang paling mudah sampai yang tersulit sekalipun.
berikut ini adalah beberapa fungsi dari matematika dalam kehidupan sehari, cekidot :
Quote:
1. Manfaat Similarity
Quote:
Mungkin kalian berpikir similar itu tidak penting, Ups kalian salah... similarity itu sangatlah penting bagi kita. Manfaat similar adalah misalnya :
Ada seorang siswa dari SMP XXX misalnya, ia merasa bahwa SMP-nya itu paling bagus dan pintar di kabupatennya. Tetapi kenyataannya SMP kalianlah yang nomor 1. Ia tidak terima dan langsung pergi ke SMP kalian, menantang salah satu siswa, misalnya kamu yang ditantang. Ia memberi pertanyaan begini. "Kalau kalian pintar, seharusnya kalian bisa mengukur tinggi dari pohon cemara ini." Jika kalian orang yang "maaf" bodoh, atau tidak peduli bahwa ketidak tahuan kalian karena kebodohan kalian dapat mempermalukan sekolah kalian, kalian pasti akan menjawab, "Emang gua pikirin, ngapain lu tanya tinggi pohon tuh, ape manfaatnye!" Tetapi kalau kalian orang yang peduli bahwa kebodohan kalian akan mengancam nama baik SMP kalian, tetapi kalian itu kurang tahu (tidak tahu cara mengerjakannya) kalian pasti akan bilang begini, "Emmm... Gimana, ya caranya. Emang Bisa to ngukur tinggi pohon itu". Tetapi kalau kalian pintar, kalian tentu dapat menjawabnya.
Caranya: Ambillah sebuah meteran dan sebatang tongkat. Ukur bayangan pohon, dan setelah diukur panjang bayangan pohon 2m. Ukur panjang tongkat, kemudian tegakkan tongkat tersebut. Lalu ukur bayangan tongkat. Dan kalian mengetahui bahwa panjang tongkat 60 cm dan panjang bayangannya 40 cm. lalu kalian bisa membuat perbandingan, 60 cm/40 cm = x/2m. Setelah itu kalian mengetahui bahwa tinggi pohon tersebut adalah 3m. Dengan matemantika dan sistem similar, mudah kan???
Ada seorang siswa dari SMP XXX misalnya, ia merasa bahwa SMP-nya itu paling bagus dan pintar di kabupatennya. Tetapi kenyataannya SMP kalianlah yang nomor 1. Ia tidak terima dan langsung pergi ke SMP kalian, menantang salah satu siswa, misalnya kamu yang ditantang. Ia memberi pertanyaan begini. "Kalau kalian pintar, seharusnya kalian bisa mengukur tinggi dari pohon cemara ini." Jika kalian orang yang "maaf" bodoh, atau tidak peduli bahwa ketidak tahuan kalian karena kebodohan kalian dapat mempermalukan sekolah kalian, kalian pasti akan menjawab, "Emang gua pikirin, ngapain lu tanya tinggi pohon tuh, ape manfaatnye!" Tetapi kalau kalian orang yang peduli bahwa kebodohan kalian akan mengancam nama baik SMP kalian, tetapi kalian itu kurang tahu (tidak tahu cara mengerjakannya) kalian pasti akan bilang begini, "Emmm... Gimana, ya caranya. Emang Bisa to ngukur tinggi pohon itu". Tetapi kalau kalian pintar, kalian tentu dapat menjawabnya.
Caranya: Ambillah sebuah meteran dan sebatang tongkat. Ukur bayangan pohon, dan setelah diukur panjang bayangan pohon 2m. Ukur panjang tongkat, kemudian tegakkan tongkat tersebut. Lalu ukur bayangan tongkat. Dan kalian mengetahui bahwa panjang tongkat 60 cm dan panjang bayangannya 40 cm. lalu kalian bisa membuat perbandingan, 60 cm/40 cm = x/2m. Setelah itu kalian mengetahui bahwa tinggi pohon tersebut adalah 3m. Dengan matemantika dan sistem similar, mudah kan???
Quote:
2. Manfaat Aljabar
Quote:
Mungkin para guru sudah stress jika ada murid yang menanyakan "Apa sih fungsi Aljabar dalam kehidupan kita sehari-hari?". Mereka tidak tahu betapa pentingnya aljabar itu. Padahal Aljabar adalah dasar dari segala ilmu matematika. Mungkin di SD kelas 1 atau 2 kita akan diberi soal begini, 1 + Berapa? = 2, bukankah itu sama saja dengan 1 + x = 2, berapa nilai x? Setelah kita hitung maka akan ketemu jawabannya, yaitu 1. Nah, mnegenai manfaatnya, kita akan ulas dibawah:
Tentu saja, manfaat Aljabar bagi para pelajar adalah supaya nilai ulangan matematika kita tidak njeblok saat diberi soal Aljabar. Dan untuk tambahan nilai untuk nilai kelulusan nanti.
Quote:
Tentu saja, manfaat Aljabar bagi para pelajar adalah supaya nilai ulangan matematika kita tidak njeblok saat diberi soal Aljabar. Dan untuk tambahan nilai untuk nilai kelulusan nanti.
Quote:
Manfaat Aljabar bagi Ibu Rumah Tangga adalah untuk memanajemen uang gaji, uang saku anak, uang sekolah anak, dll. Contoh memanajemen uang bla bla bla bagi Ibu Rumah Tangga:
Seorang Ibu setiap bulan mendapat gaji sebesar Rp 1.500.000,00. Ia diberi uang tambahan dari suaminya sebesar Rp 500.000,00 per bulan. Dibutuhkan Rp 200.000,00 untuk uang belanja per bulan. Uang sekolah total dari ke-2 anaknya sebesar Rp 1.000.000,00. Sang Ibu bingung, berapa uang saku perorangan yang harus ia berikan untuk kedua anaknya per minggu tetapi uang per bulannya masih tersisa Rp 200.000,00 untuk ditabung. Jika Ibu itu pintar Aljabar, maka Ibu itu dapat menentukan uang saku tersebut secara tepat, kalau tidak????
Cara mengerjakan menggunakan Aljabar:
Kita anggap uang saku setiap anak per minggu sebagai x
(1.500.000 + 500.000) - 200.000 = 1.000.000 + 200.000 + (4 X 2x)
2.000.000 - 200.000 = 1.200.000 + (8x)
1.800.000 = 1.200.000 + 8x
1.800.000 - 1.200.000 = 8x
600.000 = 8x
x = 600.000/8
x = 75.000
{Mengapa (4 X 2x) karena 1 bulan = 4 minggu dan 2x itu adalah uang saku 2 orang anak}.
Jadi, uang saku setiap anak dalam waktu seminggu adalah Rp 75.000,00. Dengan matematika dan sistem aljabar, mudah kan???
Seorang Ibu setiap bulan mendapat gaji sebesar Rp 1.500.000,00. Ia diberi uang tambahan dari suaminya sebesar Rp 500.000,00 per bulan. Dibutuhkan Rp 200.000,00 untuk uang belanja per bulan. Uang sekolah total dari ke-2 anaknya sebesar Rp 1.000.000,00. Sang Ibu bingung, berapa uang saku perorangan yang harus ia berikan untuk kedua anaknya per minggu tetapi uang per bulannya masih tersisa Rp 200.000,00 untuk ditabung. Jika Ibu itu pintar Aljabar, maka Ibu itu dapat menentukan uang saku tersebut secara tepat, kalau tidak????
Cara mengerjakan menggunakan Aljabar:
Kita anggap uang saku setiap anak per minggu sebagai x
(1.500.000 + 500.000) - 200.000 = 1.000.000 + 200.000 + (4 X 2x)
2.000.000 - 200.000 = 1.200.000 + (8x)
1.800.000 = 1.200.000 + 8x
1.800.000 - 1.200.000 = 8x
600.000 = 8x
x = 600.000/8
x = 75.000
{Mengapa (4 X 2x) karena 1 bulan = 4 minggu dan 2x itu adalah uang saku 2 orang anak}.
Jadi, uang saku setiap anak dalam waktu seminggu adalah Rp 75.000,00. Dengan matematika dan sistem aljabar, mudah kan???
Quote:
Aljabar dapat membantu pedagang untuk menghitung besar kecil keuntungan atau kerugian yang dapat diperolehnya, dan dapat menentukan besar modal yang harus dipakainya. Contoh penerapan Aljabar dalam kehidupan pedagang:
Seorang pedagang bakso membeli 10 kg daging sapi dengan harga Rp 20.000,00. Dengan 10 kg daging sapi tersebut dapat dibuat menjadi 20 mangkuk bakso. Pedagang itu ingin laba per mangkuk dari bakso tersebut sebesar Rp 2.000,00. Lalu berapa harga jualnya??! Kalau pedagang itu pintar matematika, pasti akan mudah mengetahuinya, tapi kalau nggak???
Cara mengerjakan menggunakan sistem aljabar:
Kita anggap harga jual bakso itu sebagai x.
Maka,
x = (20.000/20) + 2.000
x = 1.000 + 2.000
x = 3.000
Jadi, harga jual yang bisa diterapkan agar laba satu mangkuk bakso 2.000 rupiah adalah sebesar Rp 3.000,00. Dengan matematika dan sistem Aljabar, mudah kan???
Seorang pedagang bakso membeli 10 kg daging sapi dengan harga Rp 20.000,00. Dengan 10 kg daging sapi tersebut dapat dibuat menjadi 20 mangkuk bakso. Pedagang itu ingin laba per mangkuk dari bakso tersebut sebesar Rp 2.000,00. Lalu berapa harga jualnya??! Kalau pedagang itu pintar matematika, pasti akan mudah mengetahuinya, tapi kalau nggak???
Cara mengerjakan menggunakan sistem aljabar:
Kita anggap harga jual bakso itu sebagai x.
Maka,
x = (20.000/20) + 2.000
x = 1.000 + 2.000
x = 3.000
Jadi, harga jual yang bisa diterapkan agar laba satu mangkuk bakso 2.000 rupiah adalah sebesar Rp 3.000,00. Dengan matematika dan sistem Aljabar, mudah kan???
Quote:
3. Manfaat Persamaan Garis
Quote:
Mungkin memang tidak ada alasan spesifik tentang manfaat persamaan garis dari sumbu x dan sumbu y, tetapi untuk beberapa profesi persamaan garis sangatlah penting. berikut ini contoh manfaat persamaan garis beserta profesinya
Quote:
Progammer
Untuk menjadi seorang progammer yang handal, mereka juga membutuhkan pelajaran dasar matematika tentang persamaan garis. bagi progammer, persamaan garis itu sangatlah penting. Contoh aplikasi yang membutuhkan persamaan garis untuk progammer adalah turbo pascal.
Untuk menjadi seorang progammer yang handal, mereka juga membutuhkan pelajaran dasar matematika tentang persamaan garis. bagi progammer, persamaan garis itu sangatlah penting. Contoh aplikasi yang membutuhkan persamaan garis untuk progammer adalah turbo pascal.
Quote:
Contoh penerapannya di kehidupan sehari-hari:
Kalian pasti pernah memasuki bank, RS, atau stasiun pemberhentian kendaraan bukan? Nah disana terdapat sebuah mesin pengambil antrian atau nomor pelanggan yang setiap kali ditekan tombol kendalinya maka akan keluar secarik kertas bertuliskan nomor antrian tersebut. Nah program yang digunakan untuk menjalankan mesin tersebut menggunakan persamaan garis dan bisa diprogram menggunakan turbo pascal.
Kalian pasti pernah memasuki bank, RS, atau stasiun pemberhentian kendaraan bukan? Nah disana terdapat sebuah mesin pengambil antrian atau nomor pelanggan yang setiap kali ditekan tombol kendalinya maka akan keluar secarik kertas bertuliskan nomor antrian tersebut. Nah program yang digunakan untuk menjalankan mesin tersebut menggunakan persamaan garis dan bisa diprogram menggunakan turbo pascal.
Quote:
Game Maker (Pembuat game)
Perlu kita ketahui bahwa game-game yang sering kita mainkan itu (maksud saya game-game berkelas yang biasanya berkapasitas lebih dari 100 Mb) membutuhkan proses pembuatan yang cukup lama, kejelian yang tinggi, kreativitas yang oke, dan penerapan ilmu matematika "persamaan garis". Salah satu aplikasi pembuat game yang erkenal adalah GAME MAKER. Patut kita ketahui, persamaan garis disini dibutuhkan untuk penempatan letak karakter, penempatan obyek-obyek tertentu yang berada di game tersebut.
Perlu kita ketahui bahwa game-game yang sering kita mainkan itu (maksud saya game-game berkelas yang biasanya berkapasitas lebih dari 100 Mb) membutuhkan proses pembuatan yang cukup lama, kejelian yang tinggi, kreativitas yang oke, dan penerapan ilmu matematika "persamaan garis". Salah satu aplikasi pembuat game yang erkenal adalah GAME MAKER. Patut kita ketahui, persamaan garis disini dibutuhkan untuk penempatan letak karakter, penempatan obyek-obyek tertentu yang berada di game tersebut.
Spoiler for tambahan dari agan kaskuser:
Quote:
Original Posted By mesincucisiemen►emang matematika tuh kadang suka nyebelin, gan. cuma manfaatnya banyak banget di kehidupan, secara, math itu kan disebut sbg queen of science. di segala bidang, matematika tu hadir
tapi, lebih dasar lagi, matematika itu utk mengasah logika agar dapat berfikir secara objective dan efisien. serta mengasah kreatifitas dalam menyelesaikan masalah. dan satu lagi, ada bidang geometri yang memperluas imajinasi gan, karena melibatkan kecerdasan spasial kita
IMHO ya gan
eniwei, nice info gan
tapi, lebih dasar lagi, matematika itu utk mengasah logika agar dapat berfikir secara objective dan efisien. serta mengasah kreatifitas dalam menyelesaikan masalah. dan satu lagi, ada bidang geometri yang memperluas imajinasi gan, karena melibatkan kecerdasan spasial kita
IMHO ya gan
eniwei, nice info gan
Quote:
Original Posted By njiko►
yawdah ane tambahin deh gan sepengetahuan ane aja yah
1. statistik + probabilitas
yang simple2: biasa kepake kalau ane lagi maen capsah (kaya poker gitu)..
pake statistik buat nentuin cara maen pemain lain,, pake probabilitas buat nentuin ane kudu ngeluarin kartu apaan
yang elit2 : jelas kepake di dunia industri,, buat analisis data, jual-beli skala besar + efek2nya dll deh...
2. Kalkulus beserta cacing2 integral, turunan, limit
kalau yang ini, untuk 'kehidupan sehari2', ane belum tau fungsinya dmn gan, soalnya jaman sekarang fungsi2 kalkulus udah ditanem di device...
kalkulus (sepengetahuan ane) merupakan ilmu dasar buat transmisi... ga ada kalkulus, ga bakal berkembang yg namanya 'telekomunikasi' ... agan2 masang antena receiver di rumah2 juga sebenernya ada teknik kalkulusnya
Kalau bahasanny cuma sekedar 'kehidupan sehari-hari' ,, jelas emang susah, karena sebagian besar ilmu matematika, jaman sekarang udah ditanem di device kaya ponsel, komputer dll.. kalau orang2 yang suka matematika terlebih anak teknik, mikirnya "kenapa device ini bisa kerja kaya begini?" ,, sementara orang2 yang ga suka matematika, ya tinggal mikir "gimana cara make device tsb"
yawdah ane tambahin deh gan sepengetahuan ane aja yah
1. statistik + probabilitas
yang simple2: biasa kepake kalau ane lagi maen capsah (kaya poker gitu)..
pake statistik buat nentuin cara maen pemain lain,, pake probabilitas buat nentuin ane kudu ngeluarin kartu apaan
yang elit2 : jelas kepake di dunia industri,, buat analisis data, jual-beli skala besar + efek2nya dll deh...
2. Kalkulus beserta cacing2 integral, turunan, limit
kalau yang ini, untuk 'kehidupan sehari2', ane belum tau fungsinya dmn gan, soalnya jaman sekarang fungsi2 kalkulus udah ditanem di device...
kalkulus (sepengetahuan ane) merupakan ilmu dasar buat transmisi... ga ada kalkulus, ga bakal berkembang yg namanya 'telekomunikasi' ... agan2 masang antena receiver di rumah2 juga sebenernya ada teknik kalkulusnya
Kalau bahasanny cuma sekedar 'kehidupan sehari-hari' ,, jelas emang susah, karena sebagian besar ilmu matematika, jaman sekarang udah ditanem di device kaya ponsel, komputer dll.. kalau orang2 yang suka matematika terlebih anak teknik, mikirnya "kenapa device ini bisa kerja kaya begini?" ,, sementara orang2 yang ga suka matematika, ya tinggal mikir "gimana cara make device tsb"
Quote:
Original Posted By Wahidun24►Yg ngukur tinggi pohon itu kurang lebih sama ama ngukur tinggi gunung gan !
dulu waktu sma ane pernah di ajarin guru ane caranya, pake trigonometri ama perbandingan gan,. Tapi ane lupa caranya gan
dulu waktu sma ane pernah di ajarin guru ane caranya, pake trigonometri ama perbandingan gan,. Tapi ane lupa caranya gan
Quote:
Original Posted By mizaki►skrg mau taruhan bola juga pake matematika gan
contoh :
poor 1/2 kalo kalah kita mesti bayar berapa, kalo menang bayar berapa
poor 1 lain lagi perhitungannya, apalagi poor 2
hasil dari leg pertama, kondisi di liga, kebugaran pemain jg menentukan taruhan anda
pasar taruhan dalam menentukan siapa juara jg pake matematika
ini contoh soalnya gan
sisa tinggal 4 matchday lagi, selisih point antara peringkat satu (tim a) dan peringkat dua (tim b) dan peringkat 3 (tim c) masing" cuma 1 point
untuk memprediksi itu semua jg pake matematika, apalagi kalo penentuan juara pake sistem head-to-head, ditambah kalo di matchday final nilai ketiga tim sama, makin diasah kemampuan matematika kita
kalo kalah taruhan apalagi kalo kalah besar
kemampuan berhitung buat bertahan hidup dgn berhemat jg diuji
contoh :
poor 1/2 kalo kalah kita mesti bayar berapa, kalo menang bayar berapa
poor 1 lain lagi perhitungannya, apalagi poor 2
hasil dari leg pertama, kondisi di liga, kebugaran pemain jg menentukan taruhan anda
pasar taruhan dalam menentukan siapa juara jg pake matematika
ini contoh soalnya gan
sisa tinggal 4 matchday lagi, selisih point antara peringkat satu (tim a) dan peringkat dua (tim b) dan peringkat 3 (tim c) masing" cuma 1 point
untuk memprediksi itu semua jg pake matematika, apalagi kalo penentuan juara pake sistem head-to-head, ditambah kalo di matchday final nilai ketiga tim sama, makin diasah kemampuan matematika kita
kalo kalah taruhan apalagi kalo kalah besar
kemampuan berhitung buat bertahan hidup dgn berhemat jg diuji
Quote:
Original Posted By Igawa►Wiih ane kuliah jurusan matematika nih, kalo dari pengalaman ane sih matematika di kuliah itu lebih absurd lagi dari yg agan2 sebutin dari tadi. Tapi tetep aja dosen ane nyebutin manfaatnya buat dunia kerja dan emang kepake sih di dunia kerja bagi orang2 matematika.
Sama aja gan misalnya ane pelajarin sosiologi atau sejarah, ane juga bilang "pelajaran macam apa ini, gk ada gunanya", ya apa yg agan pelajari bakal bermanfaat kok semuanya
Matematika banyak digunain di dunia statistika, komputasi, riset operasi, dan yg lagi hits sekarang sih di dunia aktuaria aka probability kehidupan. Jadi ya banyak kok manfaatnya yang agan2 disini mungkin blm tau
Sama aja gan misalnya ane pelajarin sosiologi atau sejarah, ane juga bilang "pelajaran macam apa ini, gk ada gunanya", ya apa yg agan pelajari bakal bermanfaat kok semuanya
Matematika banyak digunain di dunia statistika, komputasi, riset operasi, dan yg lagi hits sekarang sih di dunia aktuaria aka probability kehidupan. Jadi ya banyak kok manfaatnya yang agan2 disini mungkin blm tau
Quote:
Original Posted By S.R.F.Art►tambahan gan:
Ilmu matematika saling berhubungan sama fisika, di fisika sendiri banyak penjabaran teori-teori tertentu dan juga rumus2 matematika tertentu (turunan misalkan (intergral-deferensial)).
klo ane, ilmu matematika dan fisika itu penting banget buat programmer, dan game maker, sama seperti penjelasan agan diatas.
contoh buat fisika.
dalam pembuatan game kelas studio besar hal kecil sangat diperhatikan, meskipun banyak yg ga nyadar/ga ngerti, misalnya Fall Off. Di game RPG pemandangan ada yg jelas jika di sekitar karakter pemain, dan berkabut/kurang jelas di bagian belakang/depan (agak jauh dari pemain), dan hilang, tpi klo si karakter itu maju, yg tadinya berkabut jadi jelas, dan yg tadinya jelas jadi berkabut.
contoh lain itu game angry bird, game angry bird memanfaatkan rumus fisika GLBB (u Lurus Berubah Beraturan), melingkar dkk. sin cos tan, kepake semua buat bikin game itu
banyak banget gan guna matematika di kehidupan sehari2, dan ane bukan math-nerd, tpi ane ngerasain klo ane make software2 juga game.
Ilmu matematika saling berhubungan sama fisika, di fisika sendiri banyak penjabaran teori-teori tertentu dan juga rumus2 matematika tertentu (turunan misalkan (intergral-deferensial)).
klo ane, ilmu matematika dan fisika itu penting banget buat programmer, dan game maker, sama seperti penjelasan agan diatas.
contoh buat fisika.
dalam pembuatan game kelas studio besar hal kecil sangat diperhatikan, meskipun banyak yg ga nyadar/ga ngerti, misalnya Fall Off. Di game RPG pemandangan ada yg jelas jika di sekitar karakter pemain, dan berkabut/kurang jelas di bagian belakang/depan (agak jauh dari pemain), dan hilang, tpi klo si karakter itu maju, yg tadinya berkabut jadi jelas, dan yg tadinya jelas jadi berkabut.
contoh lain itu game angry bird, game angry bird memanfaatkan rumus fisika GLBB (u Lurus Berubah Beraturan), melingkar dkk. sin cos tan, kepake semua buat bikin game itu
banyak banget gan guna matematika di kehidupan sehari2, dan ane bukan math-nerd, tpi ane ngerasain klo ane make software2 juga game.
Quote:
Original Posted By nyamuknak4l►Klo byat sehari2 bnyak manfaat
Buat perhitungan pengeluaran selama sebulan dibandingkan dengan pemasukan..trus klo di retail buat analisa sales,growth,scr,upt,aur dll(ane orang retail gan)..nah yg terpenting sih buat perhitungan kita bawa kendaraan gan..misal dengan kecepatan 50kpj brapa meter kendaraan kita baru bsa bner2 stop..dan ketikan speed 120kpj lebih brapa meter kendaraan kita bisa bner2 stop pas di rem..trus klo mau iseng balapan brapa lama estimasi waktu yg digunakan sampai kita harus melakukan perpindahan gigi(yg balapan pake matic mah ga ada skill drag race )..trus klo balapan sprint kita harus tau kecepatan brapa yg bsa agan pakai saat belokan..trus brapa derajat kemiringan posisi duduk agan ketika belokan berbanding dengan sudut belokan..
Klo.maen futsal atau bola juga dibutuhkan matematika gan..klo mau ngeshoot berapa besar tenaga yg digunakan berbanding dengan jarak gawang..dll..intinya sih hampir smuanya butuh matematika..
Nice info gan
.
Buat perhitungan pengeluaran selama sebulan dibandingkan dengan pemasukan..trus klo di retail buat analisa sales,growth,scr,upt,aur dll(ane orang retail gan)..nah yg terpenting sih buat perhitungan kita bawa kendaraan gan..misal dengan kecepatan 50kpj brapa meter kendaraan kita baru bsa bner2 stop..dan ketikan speed 120kpj lebih brapa meter kendaraan kita bisa bner2 stop pas di rem..trus klo mau iseng balapan brapa lama estimasi waktu yg digunakan sampai kita harus melakukan perpindahan gigi(yg balapan pake matic mah ga ada skill drag race )..trus klo balapan sprint kita harus tau kecepatan brapa yg bsa agan pakai saat belokan..trus brapa derajat kemiringan posisi duduk agan ketika belokan berbanding dengan sudut belokan..
Klo.maen futsal atau bola juga dibutuhkan matematika gan..klo mau ngeshoot berapa besar tenaga yg digunakan berbanding dengan jarak gawang..dll..intinya sih hampir smuanya butuh matematika..
Nice info gan
.
Quote:
Original Posted By RedWaySight►Ane mau nambahin gan, matematika juga penting dalam pembuatan desain mobil ataupun pesawat. karena dalam pembuatannya dibutuhkan kecerdasan mengenai transformasi geometri yang notabene merupakan ilmu matematika gan.. wah ane juga pernah dibilangin guru ane, katanya kalo mau buat kode atau sandi rahasia gitu juga pake matematika gan, lebih tepatnya pake teori matriks.. dan untuk dunia hukum dan politik, logika matematika itu berperan besar dalam menentukan kebijakan atau langkah yang diambil matabelo. emang ngga salah deh kalo matematika itu disebut sbg ibunya dari segala ilmu. ngga bisa dibayangin kalo ngga ada matematika bakalan jadi apa ini dunia.. Thanks for al khawarizmi, Carl F gauss, Isaac Newton dan semua pahlawan kehidupan di bidang matematika..
thanks buat TS nih. infonya membangun..
thanks buat TS nih. infonya membangun..
Spoiler for tambahan buat agan+sumber:
jangan lupa buat komen, kan sayang ane bikin trit panjang-panjang dan agan bacanya juga lama tapi gak komen
sumber
Spoiler for jangan di buka:
mampir juga ke trit ane yang lain
1. dibalik tokoh KING dalam kartu remi
2. 50 foto terbaik dari alam
3. Jenis Nyamuk Paling Berbahaya di DUNIA +FAKTA menarik
Quote:
HARGAILAH USAHA TS DENGAN CARA KOMEN YA GAN
pakisal212 memberi reputasi
1
82.8K
Kutip
1.1K
Balasan
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
925.4KThread•91.7KAnggota
Urutkan
Terlama
Komentar yang asik ya