• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Hewan yang dulunya termasuk kategori hewan Cryptid, kini sudah diakui keberadaannya..

bapaknya.suheriAvatar border
TS
bapaknya.suheri
Hewan yang dulunya termasuk kategori hewan Cryptid, kini sudah diakui keberadaannya..
Akhirnya trit ane jadi HT emoticon-Mewek terimakasih kepada para kaskuser yang telah bersedia membaca trit sederhana ane ini emoticon-Smilie dan juga terimakasih kepada moderator, admin, dan officer kaskus yang telah memilih trit sederhana ane ini menjadi HT emoticon-Smilie

Spoiler for :


Bantuan Screenshot dari agan kaskuser emoticon-Smilie
Quote:



Cryptids adalah spesies hewan/makhluk yang belum dikenal & diduga telah punah yang sedang diteliti keberadaannya oleh ahli cryptozoologists, ahli zoologi, antropolog, dan peneliti lain melalui penelitian di lapangan/alam bebas. Saat terlihat, makhluk ini sering kali disangka sebagai makhluk dari dunia lain/alien/iblis/atau semacamnya.

Cryptozoology adalah ilmu yang mempelajari tentang “binatang-binatang tersembunyi” yang keberadaan atau kebenaran tentang adanya binatang itupun belum diakui oleh sains modern. Binatang yang dikenal sebagai “cryptid” seringkali dikaitkan dengan legenda dan mitos yang pada akhirnya berakhir pada sebuah kesimpulan kalau mereka adalah sebuah HOAX. Beberapa cryptid yang terkenal antara lain adalah Bigfoot, Loch Ness, Chupachabra, dll

Semuanya masih terselubung misteri. Namun, ada pula hewan yang awalnya diakui sebagai sebuah cryptid, dongeng rakyat, imajinasi bahkan sebuah tipuan / hoax yang sekarang secara resmi bukan oleh satu atau dua saksi mata yang melihatnya namun oleh dunia mengakui mereka.

Inilah beberapa hewan cryptid yang sudah diakui

1.Devil Bird


Devil Bird atau Burung Iblis, merupakan burung bertanduk yang menakutkan dari Srilanka. Berawal dari cerita rakyat Srilanka. Makhluk ini sukar ditemui namun sering terdengar jeritannya yang bisa membuat merinding, jantung berdegup kencang, darah mengental, asma akut, pusing-pusing, hingga kaki kram (bercanda ^^). Jeritannya dikatakan menyerupai tangisan wanita dan diasumsikan oleh penduduk setempat sebagai pertanda kematian. Selama berabad-abad, hanya jeritan itulah yang menjadi bukti Devil Bird ada.
Kemudian, pada tahun 2001, Devil Bird itu diidentifikasi sebagai spesies baru burung hantu, spot-bellied eagle owl atau dalam bahasa latinnya Bubo nipalensis. Burung hantu terbesar dari semua burung hantu Srilanka. Bubo nipalensis cocok dengan deskripsi Devil Bird, mulai dari jeritannya hingga bulu kepala yang berumbai menyerupai tanduk.

2.Kangguru


Para Kaskuser pasti tidak percaya kalau kanguru sebenarnya adalah cryptid dahulunya (Saya pun tidak percaya awalnya, tapi mbah google berkata lain), begini ceritanya
Penjelajahan awal ke Australia memberikan sebuah laporan tentang makhluk aneh yang belum pernah dilihat oleh orang Eropa. Mereka menulis tentang makhluk ini dengan kepala seperti rusa yang bisa berdiri tegak, anehnya binatang ini melompat-lompat seperti katak dan terkadang dilihat memiliki dua kepala – satu dibahu dan satu diperut – namun laporan ini diabaikan dan diejek.
Semua pendapat ini berubah pada tahun 1770-an, ketika bangkai dari “binatang aneh” ini dipamerkan di Inggris. Yang akhirnya dikenal sebagai kangguru, marsupial lokal yang tersebar di Australia. Melompat-lompat dan memiliki kantong untuk membawa anaknya. Pada akhirnya sekarang kangguru menjadi ikon Australia

3.Platipus



Ketika peneliti Eropa pertama kali melihat “binatang aneh” ini, mereka dibuat bingung. Pendeskripsian awal platipus sebagai mamalia berbisa yang bertelur dengan fisik berparuh bebek dan bertubuh hingga ekor mirip berang-berang. Banyak ilmuwan terkemuka Inggris menganggap itu hanya tipuan ketika para peneliti itu memberikan sebuah sketsa dan sampel kulit pada tahun 1798. Bahkan ketika disodori mayat platipus asli, mereka masih belum percaya dan meyakini kalau itu adalah hoax.
Saat ini, “binatang aneh” ini akhirnya dikenal dunia sebagai seekor platipus, salah satu dari (hanya) lima monotremata (mamalia bertelur) yang masih ada. Pada jantan, dapat memberikan suntikan racun, meski tidak mematikan bagi manusia, racun ini luar biasa menyakitkan dan tidak menunjukkan respon meski terhadap penghilang rasa sakit yang paling kuat sekalipun.

4.Komodo Dragon



Nah, ini dia kebanggaan Nusantara. Pada awal abad 20, sains barat membuat suatu keputusan bahwa kadal raksasa tidak lebih hanya sebuah peninggalan masa prasejarah. Jadi ketika para nelayan mutiara yang kembali dari kepulauan Sunda kecil, Indonesia dengan membawa cerita-cerita mengenai “buaya darat”, maka apa yang terjadi? Mereka mendapatkan tanggapan yang luar biasa skeptis.
Sebuah ekspedisi dari Museum Bogor menghasilkan laporan dari makhluk ini namun memudar dalam ketidakjelasan akibat Perang Dunia 1.
Kemudian, pada tahun 1926 sebuah ekspedisi dari American Museum of Natural History membenarkan bahwa kisah kadal raksasa itu benar. W.Douglas Burden, pemimpin ekspedisi itu kembali dengan dua belas specimen yang diawetkan dan hidup. Dunia akhirnya diperkenalkan pada Naga Komodo, kadal besar yang dapat tumbuh hingga tiga meter yang menjadi kadal terbesar di dunia. Komodo Dragon memiliki cakar dan taring yang besar yang dapat membunuh manusia bahkan kerbau karena gigitannya sekaligus mengeluarkan air liur yang beracun.

5.Okapi


Suku Afrika dan Mesir kuno menggambarkan sebuah “makhluk aneh” ini selama berabad-abad, yang akrab disebut sebagai Unicorn Afrika oleh Eropa dan dipanggil Atti atau O’api oleh masyarakat lokal. Binatang ini menyerupai anakan hasil kimpoi silang oleh Zebra, keledai dan jerapah (mana yang bapak mana yang ibu nih emoticon-Big Grin). Meskipun deskripsi dari penjelajah bahkan sampel kulit, ilmu Barat menolak keberadaan makhluk semacam itu, melihatnya sebagai tidak lebih dari binatang fantasi Chimera. Hal ini bisa dimengerti, karena Chimera adalah makhluk campuran antara Singa, ular, kambing dan kalajengking, sedangkan deskripsi mengenai Okapi awalnya sebagai binatang campuran antara zebra, keledai dan jerapah (Kalau aku jadi orang baratnya ya pasti gak bakal bisa percaya selama tidak ada bukti konkrit), nasib Okapi pun dianggap sebagai mitos belaka.
Hal ini berubah pada tahun 1901 ketika Sir Harry Johnston, Gubernur Uganda, memperoleh potongan-potongan kulit bergaris dan bahkan tengkorak binatang legendaries ini. Melalui bukti ini dan tertangkapnya seekor spesimen hidup, binatang itu sekarang dikenal sebagai Okapi (Okapia johnstoni) telah diakui oleh ilmu pengetahuan modern.

6.Megamouth





Megamouth adalah hiu yang tinggal di perairan dalam, tidak seperti hiu ganas yang lebih dikenal secara umum, Megamouth ini tidak menyerang manusia. Ia hidup dengan memangsa ikan-ikan yang hidup di lingkungannya. Seperti namanya Megamouth yang berarti mulut yang sangat besar, ikan hiu jenis ini memiliki mulut yang lebar seperti ikan paus.
Megamouth akan membuka mulutnya dan berenang menuju mangsanya, sehingga cara makannya akan tampak seperti mesin penghisap debu alami. Megamouth tidak memiliki gigi-gigi tajam seperti halnya hiu putih atau hiu lembu, itu sebabnya jenis ini tidak berbahaya bagi manusia.

7.Ziphius/Cuviers’s beaked Whale



Dalam cerita rakyat Abad Pertengahan, Ziphius, atau "Burung hantu air", adalah makhluk laut yang mengerikan yg dikatakan menyerang kapal-kapal di laut utara. Hewan ini memiliki tubuh ikan dan kepala burung hantu, lengkap dengan mata besar dan paruh yang berbentuk baji. "Ziphius", yang berarti "seperti-pedang" dalam bahasa Latin, bisa merujuk ke sirip binatang itu, yang katanya dapat menembus lambung kapal seperti pedang.
Hari ini, inspirasi untuk Ziphius dikenal sebagai paus berparuh Cuvier, spesies ikan paus berparuh luas. Juga dikenal sebagai paus Goose Ekidna, makhluk ini ditemukan sejauh utara seperi Kepulauan Shetland dan selatan Tierra Del Fuego di ujung Amerika Selatan. Ini adalah satu-satunya anggota genus Ziphius, yang menyandang nama identitas yang legendaris. Beberapa tambahan atribut inspirasi Ziphius ke orca atau hiu putih besar, berdasarkan beberapa penggambaran binatang sebagai predator.


Sebenarnya ada banyak hewan cryptid yang kini menjadi nyata, seperti Coelacanth, Tsuchinoko, Gorila gunung, Cumi Kolosal, dll namun karena keterbatasan, hanya 7 hewan yang dipilih.

Nanti akan saya update bekas hewan cryptid lainnya emoticon-Angkat Beer


Kalo berkenan kasih emoticon-Rate 5 Star ya gan

Bagi yang sudah ISO, saya mengharapkan cendolnya lho emoticon-Big Grin
Diubah oleh bapaknya.suheri 27-06-2013 04:10
0
111.7K
1.4K
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.