ninjabojong
TS
ninjabojong
Sekilas Tentang MAPRES,, dan 4 Jurus Menjadi MAPRES
Sekilas tentang sebuah fenomena di dalam kampus yang bernama Mapres,, Apa itu Mapres?? dan bagaimana menjadi Mapres?? sekedar sharing dan berbagi ilmu,,

Buat ade-ade calon mahasiswa yang sedang mengikuti Ujian Masuk Perguruan Tinggi (semangat ya de...!!)

Buat teman-teman mahasiswa yang sedang berjuang dengan kuliahnya (Tetap semangat..!!)

Let's begin:

Setiap mahasiswa pasti mempunyai cita-cita dan impian untuk meraih prestasi. Semangat inilah yang sudah tertanam sejak pertama kali menjadi mahasiswa baru. Tentunya bukan hanya sekedar prestasi akademik semata, akan tetapi juga prestasi dalam bidang yang lainnya (softskill dan hardskill).

Kenapa harus berprestasi?
Setiap mahasiswa punya jawabannya masing-masing. Pastinya setiap orangtua kita menginginkan anaknya berprestasi. Semua civitas akademika pun akan merasa bangga jika ada salah satu mahasiswanya yang berprestasi. Selain itu, prestasi juga mampu mengangkat citra positif intistusi (kampus) menjadi daya tawar bagi masyarakat.
Lantas apakah kita sudah mempersiapkan diri untuk menjadi mahasiswa yang berprestasi?
Karena setiap mahasiswa mempunyai hak yang sama untuk menjadi mahasiswa berprestasi (baca: “mapres”). Karena dalam persyaratannya adalah terdaftar dan aktif sebagai mahasiswa maksimal semester VIII (untuk program Sarjana) dan maksimal semester VI (untuk program Diploma).

Mahasiswa Berprestasi adalah mahasiswa yang berhasil mencapai prestasi tinggi, baik kurikuler, kokurikuler, maupun ekstrakurikuler sesuai dengan kriteria yang ditentukan (pengertian menurut pedoman pemilihan mahasiswa berprestasi-DIKTI).

Wooww.. Pemilihan….!!!, owh ternyata ada pemilihannya juga toh?!
Kayak pemilu aja apa lomba Indonesian Idol neh...emoticon-Ngakak

Berarti ada syarat-syaratnya juga donk untuk bisa menjadi kandidat dalam pemilihan mahasiswa berprestasi? “Iya, ada”. Terus cara pemilihannya seperti apa? Terus apa yang harus disiapkan agar bisa menjadi mahasiswa berprestasi? Saya kan masih maba (mahasiswa baru), apakah bisa ikut? Tapi saya tidak punya prestasi apa-apa semenjak SMA dan belum pernah meraih prestasi apa pun, “Apakah saya masih bisa untuk menjadi mahasiswa berprestasi?” Jawabannya “BISA”. Asalkan ada kemauan yang kuat, niat mau berusaha, berani mencoba dan menghadapi setiap tantangan, pasti ada kemudahan untuk meraihnya.

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Mapres) adalah ajang rutin yang diselenggarakan setiap tahun (umumnya dimulai bulan Januari sampai Agustus) oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Pemilihan Mapres ini dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat Jurusan/ Departemen/ Bagian; tingkat Fakultas; baru kemudian tingkat Perguruan Tinggi (Universitas/ Institut/ Sekolah Tinggi). Kemudian satu orang mapres terbaik tiap Universitas akan masuk ke seleksi selanjutnya menuju seleksi mapres tingkat Nasional.

Terus bagaimana caranya untuk bisa menjadi mapres? Sepertinya berat sekali beban untuk menjadi mapres. Rasanya sudah pesimis duluan. Minder dan merasa tidak mampu. Eits, tunggu dulu, berat dan pesimis itu jika tidak mau mencobanya. Persiapkan dan pantaskan diri dulu agar bisa menjadi mapres. Banyak cara yang bisa kita lakukan. Persiapkan sejak semester pertama. Inga..!! Inga..!! Ting..!!

Coba simak 4 jurus ini jika ingin menjadi mapres. Secara umum kriteria pemilihan mapres ini, berdasarkan pada 4 penilaian berikut, yaitu: Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) (20%), Karya Tulis Ilmiah (30%), Prestasi/Kemampuan yang diunggulkan (Kegiatan ko- dan ekstra kurikuler) (25%), dan Kemampuan berbahasa Inggris / Asing (25%). Cermati setiap bobot penilaian ini dan siapkan strategi untuk meraih keempat point tersebut.

Spoiler for Jurus 1 (Indeks Prestasi Kumulatif / IPK):


Spoiler for Jurus 2 (Karya Tulis Ilmiah):


Spoiler for Jurus 3 (Prestasi/Kemampuan yang diunggulkan berupa Kegiatan ko-ekstra kurikuler):


Spoiler for Jurus 4 (Kemampuan berbahasa Asing (minimal bahasa Inggris):


Demikian 4 jurus yang harus dikuasai jika ingin menjadi mapres. Selain itu, masih ada penilaian lain yang dinilai dalam pemilihan mahasiswa berprestasi yaitu kepribadian. Dalam pemilihan mahasiswa berprestasi tingkat nasional kepribadian dinilai dengan Uji Psikotes. Jadi kalau mau ingin menjadi kandidat mapres harus bisa seimbang semuanya, yaitu Akademik OK, Aktivis OK, Prestasi OK, Kegiatan ko-ekstrakurikuler OK, dan kemampuan berbahasa inggris yang OK pula. Persiapkan sejak sekarang juga, sejak kamu menjadi mahasiswa semester pertama. jangan lupa selalu berdoa dalam setiap usaha.. Amin.

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia


Sekian
0
5.2K
28
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.