Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
96
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/51aa15668127cf6f11000004/ganukur-sendiri-mental-loe-ampe-di-mana
Mukadimah Gimana kabar Loe hari ini, gue tau,..jawaban diplomatis Loe paling bilang baek, walaupun kadang bukan yang sesungguhnya..tapi moga2 aja begitu. Pada kesempatan ini Gue mau cuap2 tentang mentalitas seseorang dalam mengarungi samudra kehidupan, atau yang disebut Adversity Quotient. Pernahkan liat temen Loe ketika mau menggapai tujuan hidupnya dalam perjalanannya dapat mengatasi kesulitan2
Lapor Hansip
01-06-2013 22:38

Gan......Ukur Sendiri, Mental Loe Nyampe Di Mana.......???

Mukadimah


Gimana kabar Loe hari ini, gue tau,..jawaban diplomatis Loe paling bilang baek, walaupun kadang bukan yang sesungguhnya..tapi moga2 aja begitu. Pada kesempatan ini Gue mau cuap2 tentang mentalitas seseorang dalam mengarungi samudra kehidupan, atau yang disebut Adversity Quotient. Pernahkan liat temen Loe ketika mau menggapai tujuan hidupnya dalam perjalanannya dapat mengatasi kesulitan2 rintangan, hambatan dan bertahan, tapi sebaliknya ada yang belom apa2 aja sudah “keok”menyerah dan putus asa. Ada yang berusaha mati2an agar berhasil dan akhirnya sukses, namun ada pula yang disuruh mencoba aja enggan, alasan karena ragu2, males, mustahil, takut, dan bla..bla..bla. Tidak dipungkiri, kita sekarang hidup di jaman yang serba sulit tidak menentu, jadi hidup diperlukan mental baja, jika Loe sudah memvonis diri Loe sudah punya mental baja, STOP, berhentilah, jangan lanjutin untuk membaca, namun jika masih ragu2 dengan keadaan mental loe, baiklah siapkan minuman dan duduk manis santai, hilangankan masalah2 loe untuk sementara waktu dan fokus pada cuap2 ini. Ok, disini akan dibagi dalam 3 kelompok Genk yang dihadapkan oleh sebuah tantangan untuk mendaki sebuah gunung(harapan). Mendaki disini bukan berarti Loe melayang menembus awan dalam posisi lotus sambil melantunkan mantra2, tapi menggunakan istilah mendaki dalam pengertian yang lebih luas, yaitu menggerakkan tujuan hidup Loe ke depan, apapun tujuan hidup itu……oke, gak usah banyak cing-cong langsung aja ayo samperin satu2….



Quote:

1.Genk Quitters


Gan......Ukur sendiri, Mental Loe Ampe Di mana.......???

Genk yang orang2nya memilih untuk keluar berhenti, menghindari kewajiban, tidak punya harapan apapun dalam kehidupan. Pokoknya paling parahlah mentalnya, menolak kesempatan yang diberikan oleh alam, mereka mengabaikan, menutupi ,atau meninggalkan dorongan inti manusiawi untuk mendaki. Liat gunung aja awang2en…Quitters menjalani kehidupan tidak terlalu menyenangkan, genk ini meninggalkan impian2nya dan memilih jalan yang mereka anggap lebih mudah dan datar. Ironisnya seiring berlalunya waktu Quitters mengalami penderitaan yang jauh lebih pedih daripada yang mereka elakkan dan memilih untuk berdiam diri dan tidak melakukan hal sekecil apapun, dengan demikian bisa berarti meninggalkan banyak hal yang ditawarkan oleh kehidupan. Dan saat yang paling memilukan dan menyedihkan adalah sewaktu mereka menoleh kebelakang dan melihat bahwa kehidupan yang telah dijalani ternyata ternyata tidak menyenangkan…penyesalan…”seandainya dulu”…sebagai akibatnya, genk ini orangnya sinis, pemurung dan mati perasannya. Atau mereka menjadi pemarah dan frustasi, menyalahkan orang yang berada disekelilingnya, membenci dan iri kepada orang2 yang terus mendaki. ..Loe harus hati2 jangan sampai ikut2an terjebak di genk ini, karena orang2nya sangat tidak efektif, boros waktu dan hidup dalam dunia yang tanpa makna. Loe tidak perlu menunggu sampai akhir hayatnya untuk mengetahui bahwa orang yang paling takut mati, karena Genk Quitter sesungguhnya tidak benar2 hidup.



Quote:
2. Genk Campers


Gan......Ukur sendiri, Mental Loe Ampe Di mana.......???


Gimana dengan genk Quitter tadi, moga2 Loe sudah tau gambaran dan contoh2 orangnya seperti apa,..ok, gak usah ba-bi-bu, sekarang giliran Genk yang kedua yaitu Campers atau orang2 yang berkemah. Berbeda dengan Genk Quitters, Campers sekurang-kurangnya sudah menanggapi tantangan pendakian. Mereka pergi tak seberapa jauh lalu berkata, “ sejauh ini sajalah aku mendaki”, karena bosan dan tak tidak punya semangat berlebih lalu mereka mengakhiri pendakiannya kemudian mencari tempat yang datar dan nyaman sebagai tempat bersembunyi dari situasi yang tidak bersahabat. Seperti Quitter, Genk Campers juga menjalani hidup tak lengkap. Perbedaannya terletak pada tingkatannya, tidak punya keberanian untuk keluar dari zona nyaman. Campers mungkin merasa cukup senang dengan ilusinya sendiri tentang “apa yang sudah ada”, dan mengorbankan kemungkinan untuk melihat atau mengalami “apa yang masih mungkin terjadi”. Campers mempunyai pekerjaan yang mapan, gaji yang cukup. Mereka berhasil mencukupi kebutuhan dasar, yaitu makanan, minum, tempat berteduh, rasa aman. Sambil mempercantik dan menghiasi tenda, campers memfokuskan energinya pada kegiatan mengisi tenda dengan barang2 yang sedapat mungkin untuk membuatnya nyaman. Banyak yang yakin bahwa kenyamanan itu sepertinya menjadi tujuan akhir. Gue berharap sampai disini Loe sudah paham apa itu Genk Campers, seperti itulah gambaran mereka. Campers menciptakan “penjara yang nyaman”.




Quote:
3. Genk Climbers



Gan......Ukur sendiri, Mental Loe Ampe Di mana.......???


Kini giliran genk yang terakhir, jika tadi Loe sudah tau “jeroan” Quitter dan Campers, sekarang ayo sama2 mengobok-obok apa itu Genk Climbers. Dari namanya aja sudah ketauan, Climbers atau pendaki, yaitu sebutan untuk orang yang seumur hidupnya membaktikan dirinya pada pendakian. Tanpa menghiraukan latar belakang, keuntungan atau kerugian, nasib baik atau buruk, Genk ini terus saja mendaki. Climbers adalah pemikir yang selalu memikirkan kemungkinan2, dan tidak pernah membiarkan umur, jenis kelamin, ras, cacat fisik atau mental atau hambatan2 yang menghalangi pendakian. Dari ketiga jenis Genk, hanya Climbers yang mempunyai kehidupan yang lengkap. Mereka mengetahui bagaimana perasaan gembira yang sesungguhnya, dan mengenalinya sebagai anugerah dan imbalan atas pendakian yang telah dilakukan. Genk climbers tahu bahwa banyak imbalan datang dalam bentuk manfaat2 jangka panjang, dan langkah2 kecil ini akan membawanya pada kemajuan2 lebih lanjut di kemudian hari. Climbers selalu menyambut tantangan2 yang disodorkan kepadanya. Oke, sebagai contoh, Loe masih ingetkan kisah Thomas Alfa Edison penemu bola lampu , dia membutuhkan puluhan tahun dengan 50.000 percobaan , Loe bisa bayangin 50.000 eksperimen , keuletan, pantang menyerah, kerja kerasnya. Loe memang tidak mudah jika menjalani hidup seperti Genk ini, banyak rintangan, kadang sampai jatuh sakit, melewati jalan buntu, bahkan sering dapat kalimat2 negatif atau ejek2an dari sekitar, tapi mereka tidak terus menyerahkan pada nasib, selalu ada jalan, terus bangkit, mendaki tanpa lelah. Baginya sebuah kegagalan merupakan bumbu. Kata berhenti tidak ada dalam kamus Climbers.




Penutup


Itulah ketiga Genk dengan mental2 yang berbeda, sekarang Loe tau ada digerbong Genk yang mana. Hidup ini pilihan, hanya diri loe sendiri yang tau bagaimana dan akan kemana, apa yang akan Loe lakukan untuk dimasa yang akan datang. Loe akan berhenti menjadi Genk Quitter, pengen naik kelas berlabel Campers, ataupun akan menjadi seorang berhasil seperti Climbers. Itu semua Loe sendiri yang akan menentukan. Tapi yang harus Loe inget, ingetlah baek2, jauh di dalam diri Loe sebenarnya terdapat kekuatan2 yang masih tertidur nyenyak, kekuatan yang akan membuat Loe takjub, tidak pernah Loe bayangin bahwa Loe selama ini memilikinya,kekuatan yang apabila digugah dan ditindak lanjuti akan mengubah kehidupan Loe dengan cepat, tentunya kearah yang positif.


Semoga bermanfaat gan


Sumber : Adversity Quotient, Paul G. Stoltz, Ph.D Gramedia 2000
Diubah oleh Mr.Brotowali
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 5
Gan......Ukur sendiri, Mental Loe Ampe Di mana.......???
02-06-2013 12:32
Quote:Original Posted By oz44ncox
ane nyimak dulu gan...


Quote:Original Posted By assikin
ijin kan daku membaca dolo emoticon-Ngakak


ok gan,,,,jgn lupaemoticon-Rate 5 Star

Quote:Original Posted By lunaire
semoga climbers lagi menuju kesana.. emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)


amin gan, semoga mental anak2 muda sekarang kearah climbers

Quote:Original Posted By princerio
Wah kayak materi sosiologi ane ni gan wkkw


materi kuliah ane malah kagak ada gan, padahal manajemenemoticon-Hammer (S)emoticon-Hammer (S)

Quote:Original Posted By wirawinarta
ane climbers gan, bner2 bakal give the best shot emoticon-I Love Indonesia (S)

JUAL KAOS K-POP, BOLA, DLL, CEKIDOT!!!


sipp gan,...bantu nyebarin virus climbersnya gan ke semua orang...emoticon-Cendol (S)
0 0
0
Gan......Ukur sendiri, Mental Loe Ampe Di mana.......???
02-06-2013 12:43
nyimak dulu gan emoticon-Big Grin
0 0
0
Gan......Ukur sendiri, Mental Loe Ampe Di mana.......???
02-06-2013 12:51
bener gan , ane pernah di ajarin sama dosen ane

ini ada di matkul character building gan emoticon-Matabelo
0 0
0
Gan......Ukur sendiri, Mental Loe Ampe Di mana.......???
02-06-2013 13:43
Ane masih bingung gan..
Ga mudeng ane emoticon-Bingung
0 0
0
Gan......Ukur sendiri, Mental Loe Ampe Di mana.......???
02-06-2013 13:45
ijin nyimak gaaan
0 0
0
Gan......Ukur sendiri, Mental Loe Ampe Di mana.......???
02-06-2013 13:48
ane keknya masuk genk campers deh gan
soalnya soalnya..
ane suka ngecamp.. emoticon-Big Grin
bukan,,mirip aja sama ane emoticon-Big Grin
0 0
0
Gan......Ukur sendiri, Mental Loe Ampe Di mana.......???
02-06-2013 13:56
wah ni bikin g bertanya2 gan g ini geng apa? hahahaha
0 0
0
Gan......Ukur sendiri, Mental Loe Ampe Di mana.......???
02-06-2013 13:58
oh jadi tentang kehidupan gan emoticon-2 Jempol
0 0
0
Gan......Ukur sendiri, Mental Loe Ampe Di mana.......???
02-06-2013 13:59
Quote:Original Posted By Fostgate
nyimak dulu gan emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By fernandaysp
ijin nyimak gaaan


ok gan emoticon-Rate 5 Star

Quote:Original Posted By ReviGranger13
bener gan , ane pernah di ajarin sama dosen ane

ini ada di matkul character building gan emoticon-Matabelo


iya gan,....emoticon-Cendol (S)

Quote:Original Posted By diemas.shiniga
Ane masih bingung gan..
Ga mudeng ane emoticon-Bingung


emoticon-Ngakak bingung gmn gan...emoticon-Hammer (S) baca ulang gan, pasti bisa

Quote:Original Posted By tunatu
ane keknya masuk genk campers deh gan
soalnya soalnya..
ane suka ngecamp.. emoticon-Big Grin
bukan,,mirip aja sama ane emoticon-Big Grin


ayo gan, migrasi ke climbers donk, biar byk tantangan baru...emoticon-Cendol (S)
0 0
0
Gan......Ukur sendiri, Mental Loe Ampe Di mana.......???
02-06-2013 14:01
Nice Thread gan emoticon-2 Jempol
0 0
0
Gan......Ukur sendiri, Mental Loe Ampe Di mana.......???
02-06-2013 14:05
campers aja deh gan ane
0 0
0
Gan......Ukur sendiri, Mental Loe Ampe Di mana.......???
02-06-2013 14:08
climber, tidak pernah melihat diri saya di hari kemarin, setiap langkah yg saya lakukan untuk menjadi diri saya yang lebih baik dari hari kemarin, dan setiap langkah yg saya lakukan untuk menjadi diri saya yang terbaik untuk hari ini.. dan selalu memakai seluruh cuil dari otak saya ketika saya melakukan semua aktifitas.. berfikir adalah bersyukur.. berdiam diri adalah pemalas/looser..
0 0
0
Gan......Ukur sendiri, Mental Loe Ampe Di mana.......???
02-06-2013 14:09
Nice Share gan,

Ane jadi tambah motivasi lagi nih buat ngedaki emoticon-Toast
0 0
0
Gan......Ukur sendiri, Mental Loe Ampe Di mana.......???
02-06-2013 14:11
Jalan jalan lebih asik emoticon-Cool
0 0
0
Gan......Ukur sendiri, Mental Loe Ampe Di mana.......???
02-06-2013 14:15
Kalau ane sm bapak ane sih Genk Climbers
0 0
0
Gan......Ukur sendiri, Mental Loe Ampe Di mana.......???
02-06-2013 14:16
Askum..
nuwun sewu..wah bagus cerita-ceritanya mirip yang sering dibahas di smart fm..

thaxsu..
0 0
0
Gan......Ukur sendiri, Mental Loe Ampe Di mana.......???
02-06-2013 14:20
Ane pernah terjerumus ke qitters ga, tp skrg udah campers kyknya,...
0 0
0
Gan......Ukur sendiri, Mental Loe Ampe Di mana.......???
02-06-2013 14:27
ane campers yg pengen mulai jadi climbers gan
0 0
0
Gan......Ukur sendiri, Mental Loe Ampe Di mana.......???
02-06-2013 14:31
ane mau jujur sejujur sejujurnya ane masih di menta quiters namun saat ini ane mau merintis agar ane bisa beradadi genk climbers kemauan ada namun kenyataannya praktek sangat jauh prihatin sama diri sendiri emoticon-Frown
0 0
0
Gan......Ukur sendiri, Mental Loe Ampe Di mana.......???
02-06-2013 14:54
emoticon-Takut
ngeri bener gan
0 0
0
Halaman 3 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia