thejogjaholicAvatar border
TS
thejogjaholic
alasan kita harus bangga jadi orang Indonesia
Halo agan-agan emoticon-Blue Guy Peace

Ane mau sedikit share nih. Kebetulan kerjaan ane sehari-hari adalah tour organizer & kadang2 merangkap jadi guide turis asing di Jogja. Hampir tiap hari ane ngurusin tour2 bule2 dari Jerman, Prancis, Italia, Spanyol, Yunani, dll. Berikut ane kutip kalimat2 mereka yang membuat ane bangga jadi orang Indonesia

"Wilayah negaramu sungguh besar sekali. Hampir sebesar eropa"

"Saya iri sekali melihat Indonesia ! Dimana - mana hijau dan banyak tempat2 menarik. Saya tidak pernah mengunjungi negara sebagus ini. Saya jatuh cinta pada Indonesia"

"Sebelum datang ke Indonesia, saya sempat khawatir dengan teroris & peperangan agama yang saya dengar di media-media negara saya. Ternyata setelah sampai di Indonesia, dalam beberapa hari saya sadar bahwa hanya di indonesialah hati saya merasa nyaman & damai

"Saya sangat menyukai tanaman. khususnya pohon yang unik & buah2an. Di Eropa banyak tanaman yang jenisnya juga ada di Indonesia. Tapi di eropa tanaman2 tersebut hanya tumbuh dalam bentuk yang lebih kecil dan jauh lebih pendek dibandingkan tanaman2 di Indonesia. Indonesia benar2 memiliki tanah yang subur"

"Bangsa ini memiliki toleransi beragama yang sangat besar sekali. Sepanjang perjalanan, beberapa kali saya melihat masjid yang letaknya tak jauh dari gereja. Bahkan di Candi Borobudur yang merupakan candi Buddha, juga menyediakan masjid untuk sholat orang2 muslim. Andai negara saya punya toleransi sebesar Indonesia. Saya merasa damai sekali disini. Semua orang menghargai lintas agama."

"Di Pantai Baron Jogja ombaknya sangat besar dan tidak bisa diprediksi. Saya bermain-main bersama ombak sampai lupa waktu. It was amazing. Di negara saya ada pantai, tapi tidak ada yang luar bisa seperti ini. Kami disana bermain ombak di kolam renang raksasa dengan mesin pembuat ombak besar" emoticon-Cape d... (S)

"Bangsa kamu adalah bangsa yang kuat. Setelah saya melihat video meletusnya merapi tahun 2010, lalu kamu ajak saya berkeliling gunung merapi, sempat terlintas di pikiran saya kalau tidak mungkin merapi benar2 meletus tahun 2010. Karena saya lihat dua tahun kemudian semua kembali hijau dan baik2 saja. Bahkan sebagian besar menganggap meletusnya merapi adalah berkah, dan ternyata benar dengan batu2an & pasir yang makin berlimpah itu sangat bermanfaat. Sungguh hebat & kuat sekali orang Indonesia itu"

"Saya sangat nyaman berada di Indonesia karena semua orang disini selalu menyapa turis2 asing dengan senyuman. Di negara lain jarang saya menemui hal seperti itu"

"Awalnya saya sempat heran kenapa orang2 indonesia bisa bertetangga dengan akrab padahal mereka berbeda agama. Dan setelah kamu ajak saya ke Candi Prambanan yang merupakan candi Hindu, saya melihat sendiri di satu area ada juga Candi Sewu yang merupakan candi Buddha. Sekarang saya percaya bahwa orang Indonesia memang dasarnya sudah saling mengerti dan memahami sejak 1500 tahun lalu. Menarik sekali"


TAPI ADA JUGA BEBERAPA KOMENTAR BULE-BULE YANG WAJIB KITA JADIKAN PELAJARAN GAN, SEPERTI:


"Saya terakhir mengunjungi Indonesia 15 tahun lalu. Sekarang saya lihat hampir di setiap kota besar banyak merk-merk fashion dari eropa masuk ke Indonesia dan membuat toko yang sangat besar. Logonya ada dimana - mana. Disisi lain sebagai orang eropa saya bangga dengan adanya merk-merk dari negara saya dikenali disini. Tapi disisi lain saya juga sedih karena anak muda Indonesia sekarang terlihat lebih bangga menggunakan merk-merk luar negeri daripada mengembangkan fashion dalam negeri mereka seperti batik"

"Saya baru saja mengikuti kursus gamelan & batik selama 2 minggu. Saya sangat menyukai gamelan & batik. Tapi saya heran, kenapa di tempat2 kursus tersebut 100% pesertanya orang eropa & amerika. Guru-gurunya juga sudah tua, umurnya sekitar 70 - 80 tahun. Apakah generasi muda Indonesia membenci budaya kesenian mereka sendiri?"

"Candi Borobudur & Prambanan sungguh luar biasa. Bahkan menurut saya kedua candi itu adalah candi terbaik dunia. Tapi sayangnya tiket masuknya mahal sekali. Sebagai turis asing kami harus membayar lebih dari Rp 150.000,-. Di candi2 lain seperti di Thailand tidak semahal ini. Padahal dengan tiket yang murah, saya yakin negara anda akan dikunjungi turis asing lebih banyak lagi & justru akan mendapatkan uang lebih banyak lagi"

"Saya merasa senang karena ada beberapa siswa dari rombongan tour sekolah ramai2 mengajak saya berfoto di candi borobudur & prambanan. Tapi bukankah candi - candi itu lebih cantik dari saya ? Apa sebenarnya tujuan sekolah membawa mereka tour kesini?"

"Pedagang-pedagang di kawasan wisata semuanya "cheater" / curang. Masa harga barang di pinggir jalan lebih mahal dari di toko?. Di negara2 lain di seluruh Asia semua memajang papan harga meskipun itu di kaki lima. Saya menemukan diskriminasi harga hanya di kawasan wisata Indonesia. Dan menurut saya itu tidak baik"

"Sebenarnya saya tertarik dengan barang2 yang dijual di beberapa toko suvenir di Borobudur & Prambanan. Tapi saya sungguh terganggu dengan pedagang2 yang terus mengikuti saya di pintu keluar & teriakan2 pedagang yang menawarkan dagangannya. Ini membuat saya mengurungkan niat untuk membeli"

"Saya menyesalkan adanya korupsi besar2an di Indonesia. Banyak saya dengar pejabat yang mencuri uang rakyat hingga miliaran rupiah. Mungkin mereka terburu-buru ingin dapat kekayaan. Padahal jika dia mau bersabar & bekerja jujur, Indonesia akan menjadi negara terkaya dan pejabat2 itupun menjadi kaya raya bersama ratusan juta orang di Indonesia"


BAGAIMANA MENURUT AGAN-AGAN ??

emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia
Diubah oleh thejogjaholic 20-11-2012 10:01
0
11.6K
198
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.