CoolXtiaNAvatar border
TS
CoolXtiaN
[KEREN GAN] INDONESIA DALAM VIDEO GAMES
emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia

Quote:


SUMBER

Selama ini, banyak gamers Indonesia yang merasa sedikit "malu" untuk mengakui negara asal mereka, yaitu Indonesia. Memang, tidak jarang gamers asal negara lain yang mengetahui mengenai negara tercinta kita ini. Dalam beberapa kasus, jika Kotakers bermain game online atau multiplayer online dan mengaku berasal dari Indonesia, tidak jarang gamers yang berasal dari negara lain tidak mengetahui mengenai Indonesia. Padahal, gamers asal Indonesia terhitung banyak dan telah memiliki berbagai prestasi internasional dalam dunia gaming.

Spoiler for Kisi-kisi Gan:




Leonard "Lion art" Y.H. (kanan bawah), Juara 3 Tekken Tag Tournament 2di ESWC 2012



Indonesia memang dapat dikatakan sebagai sebuah negara dengan industri game yang "baru berkembang". Namun ternyata Indonesia sendiri telah "mendunia" jauh sebelum industri game di negara kita ini berkembang seperti sekarang. Tidak sedikit game yang mengangkat unsur Indonesia di dalamnya, mulai dari cerita, karakter, ataupun budaya Indonesia.



Apa kesamaan dari games diatas?



Tidak percaya? Tenang saja, kru KotakGame telah berhasil menghimpun beberapa game terkenal yang mengandung unsur Indonesia, mulai dari game konsol hingga game online. Ini dia games tersebut:

  • King of Fighters '97
  • FIFA '98: Road to World Cup '98
  • Front Mission 3
  • Megami Tensei Series
  • Uncharted: Drake's Fortune
  • Splinter Cell: Pandora Tomorrow
  • Metal Gear Solid 4
  • FIFA World Cup 2010 South Africa
  • Tekken Tag Tournament 2
  • Far Cry 3
  • Ragnarok Online
  • Lost Saga
  • Battle Heroes Online


1. King of Fighters '97
Salah satu game terbaik dari seri game fighting King of Fighters '97ini menampilkan Bali sebagai salah satu stage background-nya. Stage ini menampilkan barong, penari pendet dan bahkan diiringi oleh teriakan para penari kecak. Bahkan untuk "menghormati", background music yang biasa mengiringi para petarung sesuai dengan tim yang bertarung pun ditiadakan.







2. FIFA '98: Road To World Cup

Penampilan pertama tim nasional Indonesia dalam sebuah game. Roster yang ditampilkan pun sesuai dengan roster timnas pada saat itu. Pemain-pemain timnas pada saat itu, seperti Kurniawan Dwi Yulianto, Rocky Putiray dan (alm.) Eri Iriyanto akan dapat dimainkan oleh pemain. Pemain akan dapat mengendalikan timnas Indonesia mulai dari babak kualifikasi hingga memenangkan Piala Dunia 1998 yang diadakan di Prancis. Tentunya dalam kehidupan nyata, hal ini belum terjadi, tetapi tidak ada salahnya berkhayal kan?



3. Front Mission 3

Mungkin merupakan game dengan referensi tentang Indonesia terbanyak. Pertama, dua karakter dari game ini berasal dari Indonesia. Linny Barilar merupakan seorang pengusaha asal Sulawesi yang mengepalai perusahaan yang bergerak di bidang agrikultur, Barilar Corporation. Linny Barilar berkeliling dunia untuk memperkenalkan wanzer terbaru dari perusahaannya, yaitu Methane Wanzer. Walaupun sebenarnya Methane Wanzer yang menggunakan pupuk sebagai bahan bakar ini diperuntukkan untuk kebutuhan agraris, namun ternyata Methane Wanzer ini dapat membuktikan diri sebagai wanzer perang.



Selain Linny Barilar, terdapat juga Hatta Mirza. Hatta Mirza merupakan seorang simpatisan Hua Lian Rebels, gerakan separatis dari Da Han Zhong. Hatta Mirza merupakan salah satu petinggi Hua Lian cabang Sumatera dan turut serta membantu karakter utama dalam pertarungan mereka.





Selain kedua karakter tersebut, Front Mission 3 juga banyak sekali menggunakan Indonesia sebagai "medan perang", khususnya di pulau Sumatera. Sayangnya, nama "Indonesia" sendiri tidak disebutkan. Maklum saja, di Front Mission 3, Indonesia telah menjadi satu kesatuan dengan Republic Rakyat Da Han Zhong (People's Republic of Da Han Zhong).


Lanjut ke post di bawah yah:


Quote:


Pendapat Kaskuser:
Quote:


Quote:


Quote:


Quote:



Quote:



Quote:


Quote:



SUMBER
Diubah oleh CoolXtiaN 21-03-2013 03:14
0
17.5K
196
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.