others
Pencarian Tidak Ditemukan
link has been copied
9906
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000013654212/holy-anda-bertanya-buddhist-menjawab---part-3
Inti dari seluruh ajaran Sang Buddha adalah Empat Kebenaran Mulia (cattari ariya sacca) Dengan mengerti Empat Kebenaran Mulia, dapat dikatakan seseorang telah mengerti agama Buddha. Ketika Buddha menjelaskan Empat Kebenaran Mulia, beliau mula-mula menguraikannya satu per satu, Empat Kebenaran Mulia ini yaitu: I. Kebenaran Mulia tentang Dukkha (dukkha ariya sacca) Hidup dalam bentuk dan kondisi apa
Lapor Hansip
22-03-2012 12:27

[CLEAN]Anda Bertanya, Buddhist Menjawab

Inti dari seluruh ajaran Sang Buddha adalah
Empat Kebenaran Mulia
(cattari ariya sacca)

Dengan mengerti Empat Kebenaran Mulia, dapat dikatakan seseorang telah mengerti agama Buddha.

Ketika Buddha menjelaskan Empat Kebenaran Mulia, beliau mula-mula menguraikannya satu per satu,
Empat Kebenaran Mulia ini yaitu:

I. Kebenaran Mulia tentang Dukkha (dukkha ariya sacca)
Hidup dalam bentuk dan kondisi apapun adalah Dukkha (penderitaan),
- Lahir, sakit, tua dan mati adalah Dukkha.
- Berhubungan dengan yang tidak kita sukai adalah Dukkha.
- Ditinggalkan oleh orang yang kita sayangi adalah Dukkha.
- Tidak mendapatkan yang kita inginkan juga merupakan Dukkha.
- Masih memiliki Lima khanda adalah Dukkha.

Dukkha dapat juga dibagi menjadi:
- dukkha-dukkha,
ialah penderitaan yang nyata, yang benar dirasakan sebagai penderitaan tubuh dan bathin, misalnya sakit kepala, sakit gigi, susah hati dll.

- viparinäma-dukkha
merupakan fakta bahwa semua perasaan senang dan bahagia --berdasarkan sifat ketidak-kekalan-- di dalamnya mengandung benih-benih kekecewaan, kekesalan dll.

- sankhärä-dukkha
lima khanda adalah penderitaan ; selama masih ada lima khanda tak mungkin terbebas dari sakit fisik.



II. Asal Mula Dukkha (dukkha samudaya ariya sacca)
Sumber dari penderitaan adalah tanhä, yaitu nafsu keinginan yang tidak ada habis-habisnya.
Semakin diumbar semakin keras ia mencengkeram.

Orang yang pasrah kepada tanhä sama saja dengan orang minum air asin untuk menghilangkan rasa hausnya.
Rasa haus itu bukannya hilang, bahkan menjadi bertambah, karena air asin itu yang mengandung garam.

Demikianlah, semakin orang pasrah kepada tanhä semakin keras tanhä itu mencengkeramnya.

Dikenal tiga macam tanhä, yaitu :
1. Kämatanhä : kehausan akan kesenangan indriya, ialah kehausan akan :
a. bentuk-bentuk (indah)
b. suara-suara (merdu)
c. wangi-wangian
d. rasa-rasa (nikmat)
e. sentuhan-sentuhan (lembut)
f. bentuk-bentuk pikiran


2. Bhavatanhä : kehausan untuk lahir kembali sebagai manusia berdasarkan kepercayaan tentang adanya "atma (roh) yang kekal dan terpisah" (attavada)

3. Vibhavatanhä : kehausan untuk memusnahkan diri, berdasarkan kepercayaan, bahwa setelah mati tamatlah riwayat tiap-tiap manusia (ucchedaväda).


III. Lenyapnya Dukkha (dukkha nirodha ariya sacca)
Kalau tanhä dapat disingkirkan, maka kita akan berada dalam keadaan yang bahagia sekali,
Sang Buddha dengan jelas dan tegas mengajar kita, bahwa kita dapat bebas dari penderitaan dan mencapai kebebasan dan kebahagiaan Nibbana.

Istilah Nibbana secara harfiah berarti ‘padam’,
serta mengacu ke pemadaman api keserakahan, kebencian dan kegelapan-batin.


IV. Jalan Menuju Lenyapnya Dukkha (dukkha nirodha gamini patipada)
Jalan-nya adalah Jalan Mulia Berunsur Delapan(Ariya Atthangika Magga)
Disebut ‘Mulia’ karena bila dilaksanakan, maka akan menuntun seseorang ke kehidupan yang mulia;
Disebut ‘Berunsur Delapan’, karena terdiri dari Delapan Unsur,
Disebut ‘Jalan’, karena seperti jalan pada umumnya, akan menuntun seseorang dari satu tempat ke tempat lain, dengan hal ini dari Samsara ke Nibbana.

Delapan Jalan Utama (Jalan Mulia Berunsur Delapan) yang akan membawa kita ke Jalan Menuju Lenyapnya Dukkha, yaitu :

Wisdom ( Pañña )
1. Pengertian Benar (sammä-ditthi) Right view
2. Pikiran Benar (sammä-sankappa) Right intention

Sila
3. Ucapan Benar (sammä-väcä) Right speech
4. Perbuatan Benar (sammä-kammanta) Right action
5. Pencaharian Benar (sammä-ajiva) Right livelihood

Samädhi
6. Daya-upaya Benar (sammä-väyäma) Right effort
7. Perhatian Benar (sammä-sati) Right mindfulness
8. Konsentrasi Benar (sammä-samädhi) Right concentration


Sutta-sutta:
Magga Vibhanga Sutta: Analisa Jalan
MN 109 PTS: iii M 15 Maha-puHHama Sutta: Kotbah Panjang Malam Purnama
Detail mengenai Kemelekatan [#1 #2]

[Pancasila Buddhist]
[DhammaCitta :: Tipitaka terjemahan Bahasa Indonesia]
Jika ada sutta yg kira-kira ingin di lampirkan di depan, mohon inform via PM

Quote:Original Posted By Rules and Regulation
BAB 4: Ketentuan khusus mengenai Thread AGAMA.
Thread Agama
Penjawab:
1. Pi-One - http://old.kaskus.co.id/member.php?u=156420
2. hollowmanz - http://old.kaskus.co.id/member.php?u=421038
3. dharo - http://old.kaskus.co.id/member.php?u=226722
4. need suggestion
need suggestion dari mereka yang aktif dan perduli untuk membantu di "Penjawab"

"..."
Diubah oleh Kemenyan
profile-picture
pakisal212 memberi reputasi
1
Tampilkan isi Thread
icon-close-thread
Thread sudah digembok
debate-club
Debate Club
2.9K Anggota • 8.3K Threads
Halaman 258 dari 517
[HOLY] Anda Bertanya, Buddhist Menjawab - Part 3
07-05-2013 19:49
Quote:Original Posted By localfutures


kapan dhamma mulai ada?
siapa yang memperkenalkan dhamma kepada buddhism? emoticon-Toast




dhamma ada bersamaan dengan adanya alam semesta atau merupakan hukum alam

yang memperkenalkanya para buddha
0 0
0
[HOLY] Anda Bertanya, Buddhist Menjawab - Part 3
07-05-2013 20:53
Quote:Original Posted By ddos12


dhamma dimulai setelah gautama mencapai ke buddhaan emoticon-Angkat Beer


siapa itu gautama?
apa itu ke buddhaan? emoticon-Angkat Beer

Quote:Original Posted By Pi-One

Dhamma ada sejak awal.
Buddha hanya menemukan dan mengungkapkannya (mengajarkannya)


Konsep Ketuhanan Buddhisme adalah Nibbana sebagai tujuan terakhir.


siapa itu Buddha? seperti apa profil Buddha?
apa itu Nibbana?

Quote:Original Posted By Choa


dhamma ada bersamaan dengan adanya alam semesta atau merupakan hukum alam

yang memperkenalkanya para buddha


siapa saja para buddha?
siapa buddha pertama?
0 0
0
[HOLY] Anda Bertanya, Buddhist Menjawab - Part 3
07-05-2013 21:03
Quote:Original Posted By jambul.returns

thailand menganut hukum sipil/civil law kek indonesia... padahal kalow melihat populasi umat maupun perkembangan budha disana gak ada kendala
untuk mereka mengadopsi hukum sutta...secara konon kabarnya ajaran budha mencakup hampir seluruh aspek kehidupan emoticon-Busa

wokeey @red...gw ambil contoh KUHP.....
silakan loe liad pasal 44 s/d 52 KUHP.... gak ada peniadaan pidana buad org cacad fisik joe.... yg ada buad org cacad mental emoticon-Angkat Beer




karena ajaran itu ajaran konyol joe emoticon-Angkat Beer
jelas gak akan ada negara yg bisa mengadopsi hukum budha...karena ujung2nya org bakal jdi biksu semua kalow nurutin tujuan agama budha....melepas samsara menggapai nibbana
selintas didepan udah disenggol ma si akatsuna kalow ga salah
gimana coba org mo menghilangkan kemelekatan...???
kagak boleh jadi pengusaha...??? karena masih terikat keinginan duniawi
kagak boleh jadi tentara lhaaa wong kaga boleh bunuh orang
kagak boleh ngbaik binik lhaa wong gak boleh kimpoi... habislah populasi emoticon-Gila

tapi si choa bengak malah petantang petenteng dg pede nya bilang ajaran budha meliputi hampir seluruh aspek kehidupan emoticon-Busa
jelas terlihat FAILED kan..???

ajaran loe cuman kompatibel pd tataran personal atau maksimal kelompok.... itu pun jadi kelompok dongok para biksu bejad balak enam emoticon-Busa
kaga bakalan kompatibel buad tataran masyarakat bernegara


setau g ga ada tu hukum buddha...buddha ga pernah menghukum siapapun

Quote:Original Posted By jambul.returns

waduuh dipanggil abang emoticon-Ngakak (S)

tanya disini aja gan.... soal lingustik yg berkaitan dg ajaran budha

gw mo tanya neeh.... tumimbal lahir tuh apaan seeh..???
bahasa serapan dr bhs pali atow sanskerta..??? atow cuman bisa2nya org budha indonesia aja yg bikin istilah itu gan...???

apa kata pembandingnya dlm bahasa inggris...???

ohya...ane juga agak kesulitan waktu buad ngaskus gan....
santai ae...dijawab kalow agan sempet aja emoticon-Big Grin


sori buat yg nanya dan yg bertanya ga bermaksud ngelangkahin....tp lucu aja pertanyaannya, ini g ga tau g yg salah baca n maksud ato bro yg salah tulis

setau g tumimbal lahir tu bahasa indonesia

utk pengertian dr tumimbal lahir bs di cr di google ato wiki kl utk sekedar pengen tau aja bro...kecuali bro ada maksud tertentu emoticon-Malu yg mengharuskan sipenjawab utk menjawab.....

utk apa kata pembandingnya dlm bhs inggris....yg g pengen tau knp bhs inggris????emoticon-Amazed
0 0
0
[HOLY] Anda Bertanya, Buddhist Menjawab - Part 3
07-05-2013 21:07
Quote:Original Posted By localfutures



siapa saja para buddha?
siapa buddha pertama?


para buddha banyak
buddha yang pertama tidak diketahui karena keterbatasan waktru yang tak terbatas di belakang (debatable)
0 0
0
[HOLY] Anda Bertanya, Buddhist Menjawab - Part 3
07-05-2013 21:09
Quote:Original Posted By localfutures


siapa itu gautama?
apa itu ke buddhaan? emoticon-Angkat Beer

bro jaman sekarang kl cm mau tau aja si cr aja di google, msk in aja kata kuncinya gautama - kebuddhaan dan pertanyaan ini ga perlu diperdebatkanemoticon-Angkat Beer

0 0
0
[HOLY] Anda Bertanya, Buddhist Menjawab - Part 3
07-05-2013 21:27
Quote:Original Posted By ddos12


setau g ga ada tu hukum buddha...buddha ga pernah menghukum siapapun


klontongan gwoblok otak loe buayar pala cuman isi tokai mencretan emoticon-Busa
gw kaga tanya apa yg ada dipikiran idiot eluh.... gw tanya ttu ngarepin jawaban dari opini yg berdasarkan sesuatu yg bisa diterima org normal emoticon-fuck
so...gak usah sok tau loe..!!emoticon-fuck

last.....loe pikir dg adanya hukum archimedes.... si archimedes mo ngehukum orang lain...!!!emoticon-fuck


Quote:
sori buat yg nanya dan yg bertanya ga bermaksud ngelangkahin....tp lucu aja pertanyaannya, ini g ga tau g yg salah baca n maksud ato bro yg salah tulis

setau g tumimbal lahir tu bahasa indonesia

utk pengertian dr tumimbal lahir bs di cr di google ato wiki kl utk sekedar pengen tau aja bro...kecuali bro ada maksud tertentu emoticon-Malu yg mengharuskan sipenjawab utk menjawab.....

utk apa kata pembandingnya dlm bhs inggris....yg g pengen tau knp bhs inggris????emoticon-Amazed


setau elu lagi emoticon-Busa
makanya gw pengen nanya ke org yg emang concern dg liguistik tod....
dan kalow jawabannya itu adalah bahasa indonesia.... maka yg menjadi dasar adalah KBBI....bukan otak cacad loe itu bangsaaad...!!!!emoticon-fuck

dan loe gak usah sok ngatur2 gw.... kenapa gw nanya apa padanannya dlm bhs inggris itu terserah gw...

mukak loe udah cem rambu lalulintas aja sok2 mo ngatur gw..!!!emoticon-fuck
0 0
0
[HOLY] Anda Bertanya, Buddhist Menjawab - Part 3
07-05-2013 21:55
Quote:Original Posted By jambul.returns


klontongan gwoblok otak loe buayar pala cuman isi tokai mencretan emoticon-Busa
gw kaga tanya apa yg ada dipikiran idiot eluh.... gw tanya ttu ngarepin jawaban dari opini yg berdasarkan sesuatu yg bisa diterima org normal emoticon-fuck
so...gak usah sok tau loe..!!emoticon-fuck

last.....loe pikir dg adanya hukum archimedes.... si archimedes mo ngehukum orang lain...!!!emoticon-fuck

ga..krn itu hukum archimedes juga ga ada negara bisa jg diadopsi emoticon-Cool



Quote:Original Posted By jambul.returns

setau elu lagi emoticon-Busa
makanya gw pengen nanya ke org yg emang concern dg liguistik tod....
dan kalow jawabannya itu adalah bahasa indonesia.... maka yg menjadi dasar adalah KBBI....bukan otak cacad loe itu bangsaaad...!!!!emoticon-fuck

dan loe gak usah sok ngatur2 gw.... kenapa gw nanya apa padanannya dlm bhs inggris itu terserah gw...

mukak loe udah cem rambu lalulintas aja sok2 mo ngatur gw..!!!emoticon-fuck

g yg awam aja nangkep tulisan u spt itu...apalagi yg concern...kl yg jawab sifatnya kyk bro...bs2 kt2 bro dibalikn sama diaemoticon-Ngakak

ga perlu emosi buat apa...itu yg di agama buddha di katakan hidup itu penderitaan...
0 0
0
[HOLY] Anda Bertanya, Buddhist Menjawab - Part 3
07-05-2013 21:58
Quote:Original Posted By jambul.returns


artinya apakah kamma dr makhluk alam dewa dapat muncul di bumi...???



no no no...ga ada yg ambigu...
coz fokus gw disini adalah si biksu botak bejad balak enam.....
silakan dikondisikan.... kalau org tua juga lalai krena gak dampingi anak nya... artinya org tua dpt dituntut krena lalai dg kewajiban yg menjadi tanggung jawabnya....
kalau org tuanya ada disampingnya memegang tangan atau menggendong... otomatis kesalahan ada di bhiksu... tapi teranulir karena si biksu tdk ber-cettana emoticon-Busa

loe mau kompare dg hukum samawi...??? udah loe baca belum clue yg gw kasih wkt itu...??? al-qatl al-khatha`



thailand menganut hukum sipil/civil law kek indonesia... padahal kalow melihat populasi umat maupun perkembangan budha disana gak ada kendala
untuk mereka mengadopsi hukum sutta...secara konon kabarnya ajaran budha mencakup hampir seluruh aspek kehidupan emoticon-Busa

wokeey @red...gw ambil contoh KUHP.....
silakan loe liad pasal 44 s/d 52 KUHP.... gak ada peniadaan pidana buad org cacad fisik joe.... yg ada buad org cacad mental emoticon-Angkat Beer




karena ajaran itu ajaran konyol joe emoticon-Angkat Beer
jelas gak akan ada negara yg bisa mengadopsi hukum budha...karena ujung2nya org bakal jdi biksu semua kalow nurutin tujuan agama budha....melepas samsara menggapai nibbana
selintas didepan udah disenggol ma si akatsuna kalow ga salah
gimana coba org mo menghilangkan kemelekatan...???
kagak boleh jadi pengusaha...??? karena masih terikat keinginan duniawi
kagak boleh jadi tentara lhaaa wong kaga boleh bunuh orang
kagak boleh ngbaik binik lhaa wong gak boleh kimpoi... habislah populasi emoticon-Gila

tapi si choa bengak malah petantang petenteng dg pede nya bilang ajaran budha meliputi hampir seluruh aspek kehidupan emoticon-Busa
jelas terlihat FAILED kan..???

ajaran loe cuman kompatibel pd tataran personal atau maksimal kelompok.... itu pun jadi kelompok dongok para biksu bejad balak enam emoticon-Busa
kaga bakalan kompatibel buad tataran masyarakat bernegara


waduuh dipanggil abang emoticon-Ngakak (S)

tanya disini aja gan.... soal lingustik yg berkaitan dg ajaran budha

gw mo tanya neeh.... tumimbal lahir tuh apaan seeh..???
bahasa serapan dr bhs pali atow sanskerta..??? atow cuman bisa2nya org budha indonesia aja yg bikin istilah itu gan...???

apa kata pembandingnya dlm bahasa inggris...???

ohya...ane juga agak kesulitan waktu buad ngaskus gan....
santai ae...dijawab kalow agan sempet aja emoticon-Big Grin



gua rasa dlm bbrp hal memang mencakup semuanya.hukum negara manapun melarang pembunuhan.hukum negara yang waras melarang perzinahan (buktinya orang amerika n eropa pun ga seneng anaknya dibaik sembarangan orang).Semua manusia ingin bahagia.semua manusia ingin melenyapkan sumber derita.dalam hal ini,bukannya mengajarkan untuk tidak boleh MEMILIKI materi.tapi tidak boleh TERIKAT pada materi.


kalau nurutin Buddha bakal jadi biksu semua?rasanya nggak.Buddha juga ga melarang orang berumahtangga.Ga boleh ** SENSOR **?kata siapa?kata elo?yang ga boleh ** SENSOR ** sembarangan (misal istri tetangga dibaik,maen pelacur,dan zina zina lainnya).ada peraturan untuk perumah tangga,ada peraturan untuk biksu/biksuni.jadi terserah lo mau ikutin aturan yang mana.

tumimbal lahir?mungkin aja itu istilah yang diciptakan orang indonesia kali ya.entah juga tumimbal itu apa.yang pasti di bahasa inggris,ya ga lain selain reincarnation.karena di sutra buddha bahasa inggris pengganti kata tumimbal lahir ya itu.

tumimbal lahir mungkin salah satu bahasa/istilah puitis aja.artinya ya sama2 aja.kaya contohnya.gua ambil dari kata2 lo.

** SENSOR **=baik=bersetubuh.makna sama,kata beda,belom tentu ada bahasa inggrisnya.itu menurut gua yang tolol dalam hal linguistik.

ajaran cuma kompatibel pada kelompok?itulah.betul.oleh karena itulah manusia menciptakan agama (kalo ga pcaya,coba jawab,Jesus Christ,Siddharta Gautama itu agama apa?yang nyiptain agama stau gua muridnya.sekali lagi,itu setau gua.).jadi gua setuju ama lo.ga akan ada ajaran yang kompatibel untuk setiap makhluk.jadi,drpd lo pusingin ajaran lain yang notabene ga kompatibel ama lo,mending lo anggap aja kaya angin lalu n cari yang kompatibel ama lo.selesai urusan.n lo singgung2 soal biksu bejad-ok-sekarang,cari 1 agama yang oknumnya 100% ga ada yg bejad n kasitau gua kalo ada.mau itu biksu,ustad,pastur,pendeta,rabbi,etc etc ada aja yg bejat!

dan ini setau gua.emang lo maunya gua ambil pengetahuan dari siapa?gua lbh baik pcaya pengetahuan gua sendiri drpd harus ngemis2 pengetahuan sama orang lain.jadi hargain lah yg ngmg "setau gua" karena dia cukup percaya diri.ehipassiko.cari tau sendiri,buktiin sendiri.cuma bisa menghakimi mah percuma punya otak juga.
Diubah oleh bloodsweatpuke
0 0
0
[HOLY] Anda Bertanya, Buddhist Menjawab - Part 3
07-05-2013 22:34
Quote:Original Posted By jambul.returns


artinya apakah kamma dr makhluk alam dewa dapat muncul di bumi...???

Dapat, tidak ada satu pun dewa yang kekal di alam surga, juga tidak ada satu pun "setan" yang kekal berdiam di alam neraka.
Dan sudah saya katakan, semunya memiliki keterkaitan.
Quote:no no no...ga ada yg ambigu...
coz fokus gw disini adalah si biksu botak bejad balak enam.....
silakan dikondisikan.... kalau org tua juga lalai krena gak dampingi anak nya... artinya org tua dpt dituntut krena lalai dg kewajiban yg menjadi tanggung jawabnya....
kalau org tuanya ada disampingnya memegang tangan atau menggendong... otomatis kesalahan ada di bhiksu... tapi teranulir karena si biksu tdk ber-cettana emoticon-Busa

Justru ambigu karena kamu menggunakan standar ganda bul, emoticon-Smilie
Pandangan yang kamu gunakan di sini berubah-ubah dan dikondisikan sesuai keinginan kamu, emoticon-Smilie bisa transendens bisa immanens, sehingga kamu dapat dengan bebas menciptakan argument atau sanggahan emoticon-Smilie.
Bila memang berniat untuk sama-sama menemukan "kebenaran" maka harus terdapat persamaan persepsi dahulu. Konyol yang kamu sematkan di sini terhadap buddha sasana konyol menurut pandangan immanens atau transendens ? emoticon-Smilie
Dan bila memang si orang tua dikondisikan menggendong si anak, apakah si orang tua sebegitu konyolnya atau tidak memiliki kemampuan preventif sehingga sampai seorang bikkhu yang memiliki keterbatasan fisik yang sangat jelas, yang buta, dapat sampai mendorong seorang anak yang digendong oleh orang tuanya sehingga terjatuh ke jurang.
Terdapat kecacatan logika, karena bila si anak digendong oleh orangtuanya yang biasanya digendong dengan erat maka apa yang dilakukan oleh bikkhu itu sudah pasti terdapat unsur pemaksaan, dan bila terdapat unsur pemaksaan maka unsur ketiadaan cettana atau ketidaksengajaan tidak lagi terdapat. emoticon-Smilie
Quote:loe mau kompare dg hukum samawi...??? udah loe baca belum clue yg gw kasih wkt itu...??? al-qatl al-khatha`
saya tidak terlalu tertarik untuk mengusik atau memeriksanya lebih dalam, makanya pertanyaan saya sederhana, terdapat perbedaan atau tidak pada ajaran samawi mengenai perbuatan yang berdasarkan kesengajaan atau ketidaksengajaan ?
Dan saya pun menanyakan pertanyaan sederhana ini ke kamu, bukan yang lain. emoticon-Smilie

Quote:thailand menganut hukum sipil/civil law kek indonesia... padahal kalow melihat populasi umat maupun perkembangan budha disana gak ada kendala
untuk mereka mengadopsi hukum sutta...secara konon kabarnya ajaran budha mencakup hampir seluruh aspek kehidupan emoticon-Busa

Memang mencakup seluruh aspek kehidupan untuk mencapai pelepasan "keduniawian", ingat, sudah saya katakan sebelumnya puncak dari tujuan buddhisme, sekarang apakah tujuan kehidupan "bernegara" selaras dengan tujuan Buddhisme?

Quote:wokeey @red...gw ambil contoh KUHP.....
silakan loe liad pasal 44 s/d 52 KUHP.... gak ada peniadaan pidana buad org cacad fisik joe.... yg ada buad org cacad mental emoticon-Angkat Beer

Kamu baca dahulu dengan baik tafsiran dari pasal-pasal yang kamu usung dan pahami dahulu makna "ontoe rekenings vat baar heid" - ketidakmampuan bertanggungjawab dan mengenai keterbatasan seseorang tentang mana yang dapat dipertanggungjawabkan.
Bila kita lanjutkan bahasan kita tentang hukum pidana, ingat terdapat beberapa unsur delik pidana yang mana suatu perbuatan dapat dikategorikan sebagai tindakan pidana atau bukan ; menyebabkan kerugian bagi seseorang dan kesengajaan.
Sekarang apakah yang dilakukan oleh bikkhu tersebut terdapat unsur kesengajaan atau tidak? emoticon-Smilie
Sesuatu yang dilakukan dengan niat dan perencanaan?
Bila tidak, maka secara simple kejadian tersebut unsur yang terkuat adalah "accidental", kecelakaan. Bila memang si bikkhu tersebut memiliki kemampuan untuk mengetahui bahwa yang berada di depannya adalah seorang anak kecil, baik melalui tongkat pemandu atau rabaan anggota tubuh bahwa di hadapannya adalah seseorang anak kecil tetapi ia tetap meneruskan langkahnya dan menabrak anak tersebut maka unsur ketidaksengajaan akan hilang, terdapat unsur kesengajaan di situ, maka terbersit "cettana" - "saya akan teruskan menabrak tidak perduli di depan saya terdapat anak kecil, mau mampus, mampus sana." Unsur ketidaksengajaan akan hilang, dan tentu ini akan dapat dikategorikan tindakan pidana dengan sengaja. emoticon-Smilie


Quote:karena ajaran itu ajaran konyol joe emoticon-Angkat Beer
jelas gak akan ada negara yg bisa mengadopsi hukum budha...karena ujung2nya org bakal jdi biksu semua kalow nurutin tujuan agama budha....melepas samsara menggapai nibbana
selintas didepan udah disenggol ma si akatsuna kalow ga salah
gimana coba org mo menghilangkan kemelekatan...???
kagak boleh jadi pengusaha...??? karena masih terikat keinginan duniawi
kagak boleh jadi tentara lhaaa wong kaga boleh bunuh orang
kagak boleh ngbaik binik lhaa wong gak boleh kimpoi... habislah populasi emoticon-Gila

tapi si choa bengak malah petantang petenteng dg pede nya bilang ajaran budha meliputi hampir seluruh aspek kehidupan emoticon-Busa
jelas terlihat FAILED kan..???
ajaran loe cuman kompatibel pd tataran personal atau maksimal kelompok.... itu pun jadi kelompok dongok para biksu bejad balak enam emoticon-Busa
kaga bakalan kompatibel buad tataran masyarakat bernegara


Makanya saya katakan sebelumnya, terdapat perbedaan tujuan dalam kehidupan dengan pandangan immanens dengan tujuan buddhisme yang memiliki pandangan transendens.
Tidak semua orang suka dengan kesunyian dan juga tidak semua orang suka dengan hiruk pikuk. Tawaran dari Buddhisme sangat sederhana, bila kamu tidak suka dengan hiruk pikuk capailah kesunyian. Dan bila kamu berniat meneruskan bahasan ini maka level bahasan ini akan meningkat ke level "tujuan yang membahagiakan" emoticon-Smilie.
By the way, apa yang dikatakan om Choa memang betul, ajaran Buddhisme adalah ajaran yang sangat kompatibel dengan. Seluruh umat manusia, apakah kamu sudah membaca sutta-sutta lain dari Buddhisme seperti kalama sutta, pharabhava sutta, karaniya metta sutta, mangala sutta, dhammapaddha dan lain2? Sehingga langsung menjudge bahwa suatu ajaran tidak kompatibel hanya berdasarkan satu sutta saja? emoticon-Smilie
Dan ucapan kamu sedikit ada betulnya juga, ajaran Buddhisme memang fokus pada pembangunan personal, inner-self development, bagaimana suatu kelompok, tatanan masyarakat, negara, akan maju bila pembangunan personalnya tidak baik? emoticon-Smilie
Ini bukankah sama saja mengharapkan orang lain menjadi baik tapi diri sendiri tidak baik dan mengabaikan pengembangan dan pembangunan diri sendiri?
0 0
0
[HOLY] Anda Bertanya, Buddhist Menjawab - Part 3
07-05-2013 23:28
numpang tanya ...

di tret ABBM ini yang dibicarakan/diskusikan meliputi semua aliran budhisme :
hinayana dan mahayana?

0 0
0
[HOLY] Anda Bertanya, Buddhist Menjawab - Part 3
07-05-2013 23:40
Quote:Original Posted By sambudi77
numpang tanya ...

di tret ABBM ini yang dibicarakan/diskusikan meliputi semua aliran budhisme :
hinayana dan mahayana?



semua aliran

0 0
0
[HOLY] Anda Bertanya, Buddhist Menjawab - Part 3
07-05-2013 23:48
Quote:Original Posted By Choa


semua aliran



budhisme mengenal istilah 'kemelekatan'
sesuatu yang harus dihindari para buddhis
kemelekatan itu sebenarnya apa?
0 0
0
[HOLY] Anda Bertanya, Buddhist Menjawab - Part 3
07-05-2013 23:51
Quote:Original Posted By sambudi77


budhisme mengenal istilah 'kemelekatan'
sesuatu yang harus dihindari para buddhis
kemelekatan itu sebenarnya apa?


terhadap 3 akar lobbha, dosa, moha
kemelekatan sesuai arti kaidah bahasa indonesia (sil;ahkan google)
0 0
0
[HOLY] Anda Bertanya, Buddhist Menjawab - Part 3
07-05-2013 23:57
Quote:Original Posted By jambul.returns

waduuh dipanggil abang emoticon-Ngakak (S)

tanya disini aja gan.... soal lingustik yg berkaitan dg ajaran budha

gw mo tanya neeh.... tumimbal lahir tuh apaan seeh..???
bahasa serapan dr bhs pali atow sanskerta..??? atow cuman bisa2nya org budha indonesia aja yg bikin istilah itu gan...???

apa kata pembandingnya dlm bahasa inggris...???

ohya...ane juga agak kesulitan waktu buad ngaskus gan....
santai ae...dijawab kalow agan sempet aja emoticon-Big Grin

Wah, menarik sekali Bang Jambul..

Sebetulnya ini Kak Choa atau Kak Joe yang lebih paham.
Saya ambil perspektif linguistik aja ya...

Jadi sebetulnya asal kata tumimbal lahir itu dari punabbhava yang merupakan kosakata bahasa Pali.
Gambaran dari punabbhava ini adalah kehidupan yang berkesinambungan dari kehidupan yang satu ke kehidupan lainnya. Jiwa belum tentu akan dilahirkan sebagai mahluk yang sama.

Penalaran Bang Jambul memang sangat tepat, karena istilah ini diserap dulu ke Bahasa Inggris sebelum masuk sebagai kosakata Bahasa Indonesia. Dalam literatur berbahasa Inggris, Punabbhava dilokalkan sebagai Rebirth atau secara sederhana bisa diartikan sebagai "kelahiran kembali".

Di Indonesia, ketika zaman orde baru, literatur pelajaran agama umum (bukan yang khusus Buddhis) kebanyakan menggunakan istilah Inkarnasi atau reinkarnasi sebagai padanan kata Rebirth, padahal menurut para ahli linguistik (terutama yang mengkaji Agama Buddha), istilah inkarnasi yang secara harfiah dapat dibayangkan sebagai 'masuknya jiwa' (in - karnasi) kurang tepat dalam memberikan gambaran tentang punabbhava.

Itulah sebabnya kemudian kalangan internal Buddhis kemudian menggunakan istilah tumimbal lahir untuk menggambarkan punabbhava. Dimana asal kata "tumimbal" (dari bahasa sansekerta Jawa Kuna yang berarti bolak-balik atau berulang) lebih tepat menggambarkan istilah punabbhava tersebut.

Btw, kata tumimbal lahir sendiri belum resmi masuk KBBI dan masih dianggap sebagai istilah khusus dari komunitas terkait meskipun sudah berterima secara luas. emoticon-Hammer Mungkin inilah yang menjadikan banyak literatur umum salah kaprah dan lebih suka menggunakan istilah reinkarnasi sebagai padanan kata punabbhava

Jadi ringkasnya, bahasa Indonesia modern 'melokalkan' istilah punabbhava dari Bahasa Inggris rebirth menjadi reinkarnasi. Padahal Buddhisme sudah ada di Indonesia ribuan tahun sejak era Sriwijaya. Ini juga yang menjadi alasan kenapa internal Buddhis justru memilih istilah yang berakar dari Sansekerta Jawa Kuna untuk menyebut punabbhava, tapi tidak pernah mempermasalahkan 'pembakuan' istilah sesuai dengan karakter penganut Buddhis sendiri yang mungkin 'kurang berminat' mempermasalahkan hal-hal semacam itu...

Demikianlah sepengetahuan saya... emoticon-Ngacir

Diubah oleh HokagoTiTaimu
0 0
0
[HOLY] Anda Bertanya, Buddhist Menjawab - Part 3
08-05-2013 00:02
Quote:Original Posted By Choa


terhadap 3 akar lobbha, dosa, moha
kemelekatan sesuai arti kaidah bahasa indonesia (sil;ahkan google)


maksudnya begini ...
tidak boleh melekat pada apapun artinya tidak boleh tergantung pada apapun
termasuk aturan/hukum?
atau bagaimana?

0 0
0
[HOLY] Anda Bertanya, Buddhist Menjawab - Part 3
08-05-2013 00:13
Quote:Original Posted By HokagoTiTaimu

Wah, menarik sekali Bang Jambul..

Sebetulnya ini Kak Choa atau Kak Joe yang lebih paham.
Saya ambil perspektif linguistik aja ya...

Jadi sebetulnya asal kata tumimbal lahir itu dari punabbhava yang merupakan kosakata bahasa Pali.
Gambaran dari punabbhava ini adalah kehidupan yang berkesinambungan dari kehidupan yang satu ke kehidupan lainnya. Jiwa belum tentu akan dilahirkan sebagai mahluk yang sama.

Penalaran Bang Jambul memang sangat tepat, karena istilah ini diserap dulu ke Bahasa Inggris sebelum masuk sebagai kosakata Bahasa Indonesia. Dalam literatur berbahasa Inggris, Punabbhava dilokalkan sebagai Rebirth atau secara sederhana bisa diartikan sebagai "kelahiran kembali".

Di Indonesia, ketika zaman orde baru, literatur pelajaran agama umum (bukan yang khusus Buddha) kebanyakan menggunakan istilah Inkarnasi atau reinkarnasi sebagai padanan kata Rebirth, padahal menurut para ahli linguistik (terutama yang mengkaji Agama Buddha), istilah inkarnasi yang secara harfiah dapat dibayangkan sebagai 'masuknya jiwa' (in - karnasi) kurang tepat dalam memberikan gambaran tentang punabbhava.

Itulah sebabnya kemudian kalangan internal Buddhis kemudian menggunakan istilah tumimbal lahir untuk menggambarkan punabbhava. Dimana asal kata "tumimbal" (dari bahasa sansekerta Jawa Kuna yang berarti bolak-balik atau berulang) lebih tepat menggambarkan istilah punabbhava tersebut.

Btw, kata tumimbal lahir sendiri belum resmi masuk KBBI dan masih dianggap sebagai istilah khusus dari komunitas terkait meskipun sudah berterima secara luas. emoticon-Hammer Mungkin inilah yang menjadikan banyak literatur umum salah kaprah dan lebih suka menggunakan istilah reinkarnasi sebagai padanan kata punabbhava

Demikianlah sepengetahuan saya... emoticon-Ngacir


keren emoticon-thumbsup
Quote:Original Posted By sambudi77


maksudnya begini ...
tidak boleh melekat pada apapun artinya tidak boleh tergantung pada apapun
termasuk aturan/hukum?
atau bagaimana?


maksudnya jika sudah masuk kategori melekat itu termasuk "belebihan"

contoh melekat akan makanan
secara ukuran umum makan 3 kali sehari, termasuk kemelekatan jika jumbahnya melebihi kaidah umum dan perbuatan tersebut tidak dapat di hindari oleh orang tersebut

atu kemelekatan akan makanan tertentu, soto ayam misalnya jika tidak makan soto ayam sehari orang tersebut menjadi gelisah atau menderita, sesuatu yg sulit dihindari dinamakan kemelekatan dan itu seharusnya di potong
0 0
0
[HOLY] Anda Bertanya, Buddhist Menjawab - Part 3
08-05-2013 08:05
Quote:Original Posted By Choa


terhadap 3 akar lobbha, dosa, moha
kemelekatan sesuai arti kaidah bahasa indonesia (sil;ahkan google)


Masih hidup lu bangsat ? emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
[HOLY] Anda Bertanya, Buddhist Menjawab - Part 3
08-05-2013 08:32
Quote:Original Posted By pareman1806


Masih hidup lu bangsat ? emoticon-Ngakak (S)


salam tempel bray

gimana rasanya nanti FR yakk

emoticon-Ngakak
0 0
0
[HOLY] Anda Bertanya, Buddhist Menjawab - Part 3
08-05-2013 08:39
Quote:Original Posted By Choa


salam tempel bray

gimana rasanya nanti FR yakk

emoticon-Ngakak


Salam batok kelapa juga bray

Mana gua tau emoticon-Ngakak
0 0
0
[HOLY] Anda Bertanya, Buddhist Menjawab - Part 3
08-05-2013 08:42
Quote:Original Posted By pareman1806


Salam batok kelapa juga bray
Mana gua tau emoticon-Ngakak


ikutan emoticon-Ngakak

selamat m,enikmati pagi hari brayy emoticon-thumbsup
0 0
0
Halaman 258 dari 517
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia