News
Batal
KATEGORI
link has been copied
41
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5177b3c48327cf6614000002/kri-teluk-semangka-512-akhiri-pengabdian-setelah-31-tahun
Setelah mengemban tugas dalam menjaga kedaulatan NKRI selama kurang lebih 31 tahun, Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Teluk Semangka bernomor lambung 512, hari ini resmi mengakhiri pengabdiannya. Akhir pengabdian tersebut ditandai dengan penurunan ular-ular perang yang merupakan tanda kapal ini merupakan kapal perang. Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Ag
Lapor Hansip
24-04-2013 17:28

KRI Teluk Semangka-512 Akhiri Pengabdian Setelah 31 tahun

KRI Teluk Semangka-512 Akhiri Pengabdian Setelah 31 tahun

Setelah mengemban tugas dalam menjaga kedaulatan NKRI selama kurang lebih 31 tahun, Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Teluk Semangka bernomor lambung 512, hari ini resmi mengakhiri pengabdiannya. Akhir pengabdian tersebut ditandai dengan penurunan ular-ular perang yang merupakan tanda kapal ini merupakan kapal perang.

Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Agung Pramono, SH, M. Hum bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam penurunan ular-ular Perang KRI Teluk Semangka-512 di Dermaga Penjelajah Koarmatim, Ujung, Surabaya, Rabu (24/4/2013).

Sekedar diketahui KRI Teluk Semangka-512 dibuat di galangan Tacoma Marine Industries Ltd (KTMI), Korea Selatan pada tahun 1980, kemudian diluncurkan pada 3 Mei 1980 dan diserahkan kepada pemerintah Republik Indonesia pada tanggal 28 Februari 1982.

Berdasarkan Keputusan Pangab No Skep/ 1716 / VIII/1982 tanggal 8 Agustus 1982 KRI Teluk Semangka -512 resmi bergabung dalam jajaran TNI Angkatan Laut dengan komandan pertama kalinya Letkol Laut (P) Poedjiono. Nama KRI Teluk Semangka-512 diambil dari nama sebuah teluk di ujung pantai selatan Pulau Sumatera yang terletak pada posisi 5 derajat 40 menit Lintang Selatan- 104 derajat 43 menit Bujur Timur yang merupakan Teluk terbesar berbentuk corong, menghadap ke arah tenggara dengan lebar mulut teluk kurang lebih 50 Km.

Sejak diresmikan menjadi Kapal Perang Republik Indonesia (KRI). KRI Teluk Semangka-512 telah mengalami pergantian kepemimpinan atau Komandan sebanyak 26 kali dan selama pengabdiannya di jajaran TNI Angkatan Laut telah melakukan tugas-tugas operasi sebanyak 128 kali operasi. Diantarannya mendukung Angkutan Laut (Duk Angla ) Kontingen Garuda, Bantuan Bencana alam, Latsitarda / KJK / Jalasesya, mendukung latihan Armada Jaya, Latihan Gabungan TNI, Operasi Surya Bhaskara Jaya, pergeseran pasukan TNI maupun Polri, operasi Trisila, pengamanan laut hingga pengamanan alur laut Kepulauan Indonesia (Pam ALKI) dengan Komandan terakhir, Letkol Laut (P) I Komang Teguh Ardana.

KRI Teluk Semangka-512 merupakan alat tempur TNI AL kategori kapal pendarat tank (Landing Ship Tank/LST), yang memiliki panjang 100 meter, lebar 15,4 meter, dan berat 3,770 ton itu dilengkapi Helly Deckdi buritan untuk operasi udara. Kapal ini juga dilengkapi persenjataan berupa 3 meriam 40 mm, 2 senjata mesin 20 mm, dan 2 senjata mesin 12,7 mm.@dispenarmatim

sumber: [url]http://www.lensaindonesia..com/2013/04/24/kri-teluk-semangka-512-akhiri-pengabdian-setelah-31-tahun.html[/url]

==========================

terima kasih atas baktimu
0
icon-close-thread
Thread sudah digembok
Halaman 1 dari 3
KRI Teluk Semangka-512 Akhiri Pengabdian Setelah 31 tahun
24-04-2013 17:36
ini yg mw dijadiin sasaran tembak di latgab ya om?emoticon-Berduka (S)
0 0
0
KRI Teluk Semangka-512 Akhiri Pengabdian Setelah 31 tahun
24-04-2013 17:37
Quote:Original Posted By kenyot10


Sekedar diketahui KRI Teluk Semangka-512 dibuat di galangan Tacoma Marine Industries Ltd (KTMI), Korea Selatan pada tahun 1980, kemudian diluncurkan pada 3 Mei 1980 dan diserahkan kepada pemerintah Republik Indonesia pada tanggal 28 Februari 1982.


Padahal belum tua-tua banget...
0 0
0
KRI Teluk Semangka-512 Akhiri Pengabdian Setelah 31 tahun
24-04-2013 17:40
Quote:Original Posted By pancalkon
ini yg mw dijadiin sasaran tembak di latgab ya om?emoticon-Berduka (S)


yap. jadi target c-802
0 0
0
KRI Teluk Semangka-512 Akhiri Pengabdian Setelah 31 tahun
24-04-2013 17:43
Quote:Original Posted By kenyot10


yap. jadi target c-802


om..yg paling tua tp masih aktif KRI apa?
0 0
0
KRI Teluk Semangka-512 Akhiri Pengabdian Setelah 31 tahun
24-04-2013 17:57
Jng2 pensiun karena butuh target..??
0 0
0
KRI Teluk Semangka-512 Akhiri Pengabdian Setelah 31 tahun
24-04-2013 18:02
Quote:Original Posted By kenyot10


yap. jadi target c-802


C-802 again ?

terus kemarin thread yang dah berberapa minggu lalu itu C-802 juga om ?
0 0
0
KRI Teluk Semangka-512 Akhiri Pengabdian Setelah 31 tahun
24-04-2013 18:13
Quote:Original Posted By suksakamat


C-802 again ?

terus kemarin thread yang dah berberapa minggu lalu itu C-802 juga om ?


sori-sori.. yg jd target itu teluk penyu. bukan yg ini. maaf lupa. sama-sama teluk sih

=====================

buka primbon dan ternyata ii yg jd target c-802 di latgab nanti. yg jd target yakhont dulu itu teluk berau
Diubah oleh kenyot10
0 0
0
KRI Teluk Semangka-512 Akhiri Pengabdian Setelah 31 tahun
24-04-2013 18:23
Quote:Original Posted By kenyot10


soro-sori.. yg jd target itu teluk penyu. bukan yg ini. maaf lupa. sama-sama teluk sih


teluk semangka mau di apakan om ? di pretelin atau buat C-705 nanti ..

sebgai gantinya om nyot bisa dapet foto kapal bakormala yang nomornya 4801 ?

ane penasaran sama itu bentuk badan dan hullnya itu kapal .. ..


thanks om ..


jangan lupa pak deh bilang yang manaaa ? yang iniiiii kata pak deh ..

KRI Teluk Semangka-512 Akhiri Pengabdian Setelah 31 tahun
Diubah oleh suksakamat
0 0
0
KRI Teluk Semangka-512 Akhiri Pengabdian Setelah 31 tahun
24-04-2013 18:24
Quote:penurunan ular-ular perang yang merupakan tanda kapal ini merupakan kapal perang

ular-ular perang kek gimana sih gan emoticon-Thinking
0 0
0
KRI Teluk Semangka-512 Akhiri Pengabdian Setelah 31 tahun
24-04-2013 18:35
Quote:Original Posted By khrizantema

ular-ular perang kek gimana sih gan emoticon-Thinking


Noh, di haluan...

KRI Teluk Semangka-512 Akhiri Pengabdian Setelah 31 tahun
Diubah oleh stuka1788
0 0
0
KRI Teluk Semangka-512 Akhiri Pengabdian Setelah 31 tahun
24-04-2013 18:36
Quote:Original Posted By TherMit


Padahal belum tua-tua banget...


Iya ya gan ! padahal lebih tuwir nomer lambung 511 aka KRI teluk bone . . emoticon-Matabelo
0 0
0
KRI Teluk Semangka-512 Akhiri Pengabdian Setelah 31 tahun
24-04-2013 18:41
Quote:Original Posted By stuka1788


Noh, di haluan...

KRI Teluk Semangka-512 Akhiri Pengabdian Setelah 31 tahun


bentuknya saja,
gak ngerti haluan itu sebelah mana,
0 0
0
KRI Teluk Semangka-512 Akhiri Pengabdian Setelah 31 tahun
24-04-2013 18:46
Quote:Original Posted By wongstrees.wong


bentuknya saja,
gak ngerti haluan itu sebelah mana,


Haluan itu bagian depan, tuh lihat tiang bendera di ujung paling depan kapal. Nah, benderanya itu sebutannya adalah ular-ular perang.
0 0
0
KRI Teluk Semangka-512 Akhiri Pengabdian Setelah 31 tahun
24-04-2013 18:55
bagus nih buat perbandingan tingkat kerusakan yang diakibatkan yakhont dan C-802...

tapi kalo sekali tembak kayaknya ga tenggelam...cuman bikin jendela baru dari kompartemen kargo

kecuali kemampuan sea skimming C-802 bisa bener2 dekat dengan permukaan laut
0 0
0
KRI Teluk Semangka-512 Akhiri Pengabdian Setelah 31 tahun
24-04-2013 19:01
Quote:Original Posted By stuka1788


Noh, di haluan...

[img]http://www.thejakartapost.com/files/images/0KRI.jpg[img]

ok gan, makasih inponya emoticon-Cendol (S)

Quote:Original Posted By wongstrees.wong


bentuknya saja,
gak ngerti haluan itu sebelah mana,

untung om wong dah nanya
sempet bingung juga haluan sebelah mana emoticon-Hammer
0 0
0
KRI Teluk Semangka-512 Akhiri Pengabdian Setelah 31 tahun
24-04-2013 19:07
Quote:Original Posted By TherMit


Padahal belum tua-tua banget...


kan mau diganti ama LST Kodja bahari mas,, lagian menurut ane sista dbwh taon 90 dmusnahkan aj, biar diganti ama yg terbaru,,

# ngarep switch on emoticon-Ngacir2
0 0
0
KRI Teluk Semangka-512 Akhiri Pengabdian Setelah 31 tahun
24-04-2013 19:12
Quote:Original Posted By pesky.jerk


kan mau diganti ama LST Kodja bahari mas,, lagian menurut ane sista dbwh taon 90 dmusnahkan aj, biar diganti ama yg terbaru,,

# ngarep switch on emoticon-Ngacir2


yang dibawah 90 banyak...scrap semua ntar TNI AL pake kapal apa ? spead boat ?
0 0
0
KRI Teluk Semangka-512 Akhiri Pengabdian Setelah 31 tahun
24-04-2013 19:22
*ngebayangin Tukino strafing fifty cal ke Teluk Semangka ... emoticon-Malu

mumpung lagi ngebahas Teluk Semangka ane mau tanya ah, sebenernya peran LST masih perlu ngak sih, soalnya di negara lain kebanyakan dah pensiun, ganti LHD dan LPD ... emoticon-Embarrassment
0 0
0
KRI Teluk Semangka-512 Akhiri Pengabdian Setelah 31 tahun
24-04-2013 19:32
tinggal nunggu hasil C-802
pengabdian terakhir sebagai target adiknya emoticon-Sorry
0 0
0
KRI Teluk Semangka-512 Akhiri Pengabdian Setelah 31 tahun
24-04-2013 19:44
KRI Teluk Semangka-512 Akhiri Pengabdian Setelah 31 tahun
0 0
0
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia