News
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
Informasi! Kaskus Update Fitur Baru! Intip di Sini!
1131
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5166c4bde374b4df35000000/kontroversi-pasal-pidana-kumpul-kebo
Alo agan-aganwati, Sebagian dari ente-ente mungkin tahu kalo saat ini DPR lagi menggodok rancangan kitab undang-undang hukum pidana (RKUHP). Dalam proses pembahasan RKUHP banyak muncul bahan perdebatan. Salah satunya soal pasal yg mengatur tentang perbuatan hidup bersama sebagai suami istri tanpa per-ka-win-an atau yg populer disebut ‘Kumpul Kebo’. Dalam RKUHP, pasal tentang kumpul kebo menjad
Lapor Hansip
11-04-2013 21:12

Kontroversi Pasal Pidana Kumpul Kebo

Alo agan-aganwati,

Sebagian dari ente-ente mungkin tahu kalo saat ini DPR lagi menggodok rancangan kitab undang-undang hukum pidana (RKUHP). Dalam proses pembahasan RKUHP banyak muncul bahan perdebatan. Salah satunya soal pasal yg mengatur tentang perbuatan hidup bersama sebagai suami istri tanpa per-ka-win-an atau yg populer disebut ‘Kumpul Kebo’.

Dalam RKUHP, pasal tentang kumpul kebo menjadi bagian dari bab pasal-pasal yang berkaitan dengan tindak pidana kesusilaan. Di bab ini, selain kumpul kebo, diatur pula soal perzinahan. Yg menarik, aturan kumpul kebo ini ternyata tidak diatur dalam KUHP lama warisan kolonial yg saat ini masih berlaku di Indonesia.

Kalo agan-aganwati ingin tahu hal-hal menarik lainnya berkaitan dengan pasal kumpul kebo dalam RKUHP, silakan simak tulisan di bawah ini:

Quote:1. Dalam KUHP sekarang, ada 19 pasal kesusilaan, sementara dalam RUU KUHP jumlahnya menjadi lebih dari 30 pasal
2. Pasal2 kesusilaan dalam RUU KUHP dirancang a.l. o/ 2 anggota tim, Prof. Muladi & Prof. Barda Nawawi Arief.
3. Prof. Muladi: pasal2 kesusilaan baru dimasukkan dalam RUU KUHP melihat dampak banyaknya remaja yg hamil di luar nikah.
4. Dengan konsep KUHP yg skrg berlaku, delik zina hanya bisa dikenakan kepada pasangan yg salah satu/keduanya sudah menikah.
5. KUHP tidak bisa menjerat perzinahan yg dilakukan oleh pasangan muda mudi atas dasar suka sama suka.
6. Dengan pasal2 kesusilaan dalam RUU KUHP, pasangan muda mudi yg berzina atas dasar suka sama suka, bisa dipidana
7. Pd 2003 Menteri Kehakiman Yusril Ihza Mahendra menegaskan "Kami mengganti definisi perzinaan dari hukum Belanda ke hukum Islam."
8. RUU KUHP memang memperkenalkan istilah baru bernuansa Islami, yaitu pasal permukahan (overspel, adultry).
9. Selain memperjelas makna permukahan & zina, ancaman pidananya pun dinaikkan dari maksimal 9 bulan menjadi 5 tahun penjara.
10. Yusril: revisi KUHP mengadopsi hukum Belanda, hukum adat, konvensi internasional & hukum Islam
11. Yg dimaksud kumpul kebo yaitu perbuatan hidup bersama sebagai suami istri tanpa per-ka-win-an
12. Yusril: kumpul kebo di masyarakat Barat adalah hal biasa, tapi di negara mayoritas muslim itu tidak bisa diterima
13. Tidak semua anggota tim penyusun setuju dengan pasal-pasal susila dalam RUU KUHP
14. Prof. Andi Hamzah: Jepang & hampir seluruh Eropa telah mencabut delik permukahan karena dipandang sebagai victimless crime
15. Selain ditentang sebagian penyusunnya, pasal2 kesusilaan dalam RUU KUHP juga mendapat kritik dari praktisi hukum
16. Guru Besar Unpar Prof. Wila Supriadi: Dari sudut pandang hukum negara, per-ka-win-an yg tidak dicatatkan bisa dianggap kumpul kebo
17. Referensi: Ada Tiga Masalah Krusial dalam Penyusunan RUU KUHP
18. Referensi: [URL="http://huku.mn/370d78 "]Islamisasi RUU KUHP Bukan Mau Menerapkan Hukum Islam [/URL]
19. Referensi: Pasal-Pasal Kesusilaan di RUU KUHP Dinilai Masih Rancu
20. Referensi: [URL="http://huku.mn/18ca6 "]Pencatatan Per-ka-win-an Penghayat Kepercayaan Masih Terkendala[/URL]
21. Referensi: Apakah Hubungan Badan Pasangan Remaja yang Belum Menikah Termasuk Perzinahan?
22. Referensi: Pelaku Persetubuhan Suka Sama Suka, Bisakah Dituntut?
23. Referensi: Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana


Nah agan-aganwati, gimana seru kan? Perdebatan seputar pasal kumpul kebo sebenarnya memang bukan hal yg baru ternyata. Tapi, berhubung pembahasan RKUHP lagi-lagi hangatnya, muncul lagi itu perdebatan.

Kalo menurut agan-aganwati gimana? monggo di-share pendapatnya.

Uraian di atas, pernah kami publikasikan dalam sesi #MelekHukum di akun twitter @klinikhukum

disclaimer


(RZK)
Diubah oleh hukumonline.com
profile-picture
tata604 memberi reputasi
1
Tampilkan isi Thread
Masuk untuk memberikan balasan
melek-hukum
Melek Hukum
1K Anggota • 7.4K Threads
Halaman 48 dari 58
Kontroversi Pasal Pidana Kumpul Kebo
23-04-2013 08:16
yaksip. ke depannya mendingan jadi lesbi aja deh berarti. mau ngapain aja bebas..ga dicurigain, ga bisa dilaporin, ga 'perlu' diurusin. emoticon-Ngakak
0 0
0
Kontroversi Pasal Pidana Kumpul Kebo
23-04-2013 08:20
moga2 pasal nya mencakup nikah siri & kimpoi kontrak.. emoticon-Hammer (S)
0 0
0
Kontroversi Pasal Pidana Kumpul Kebo
23-04-2013 08:21
ijin nyimak, gan..
sXan nunggu hasil keputusannya..
dan liat hasilnya,apakah benar2 diterapkan.. emoticon-Cape d... (S)emoticon-Bingung (S)
0 0
0
Kontroversi Pasal Pidana Kumpul Kebo
23-04-2013 08:23
Quote:Original Posted By hikaru486
kalo disahkan, tar pemerintah nambah anggaran buat bikin gedung penjara gan. krn skrg banyak kan yg bertindak asusila, banyak lokalisasi... jadi banyak yang ke tangkep, penjara penuh deh... emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

nanti penjaranya ada dibuat kosan buat yang kumpul kebo
kan kalo artis ada kamar bintang 5 nya emoticon-Stick Out Tongue

Quote:Original Posted By hendrasch
Ada sedikit kendala nih gan.. gimana tuh ada beberapa daerah yang tidak menganggap Tabu perbuatan kumpul Kebo, sebut Saja "Minahasa , Mentawai dan Bali . malah ada istilah kalo anak hasil perzinahan tidak ada bapak disebut itu anak Tuhan. Kan sebenernya saking ngga benernya nih budaya. Gimana peran agama yang berlaku tidak sejalan dengan norma adat istiadat yang dijunjung.
Gimana gan??

ya susah kalo mau nyamain budaya dan agama..
jelas2 berbeda pandangan gan..
dibudaya mungkin baju tradisional nya agak terbuka, eh diagama dibilang haram blabla emoticon-Big Grin

0 0
0
Kontroversi Pasal Pidana Kumpul Kebo
23-04-2013 08:26
Quote:Original Posted By p3ntoz
Misi agan2.. Ane mau komen dikit soal ruu pezinahan yg lg dibahas...
Mungkin maksud yg dimuat dalam rancangan undang2 ini niatnya adalah baik.. Untuk melindungi anak2 generasi muda bangsa ini dari segi moral. Namun permasaaahannya adalah :
1. Apakah relevan mengkombinasikan hukum agama (syariah islam) di sebuah negara yg notabene bukan negara islam, yg bukan smua warga negaranya punya keyakinan yg sama. (walaupun di semua agama zinah tidak dibenarkan)
2. Kalaupun ruu ini tetap disyahkan, apakah org2 yg berkompeten dalam penegakan uu perzinahan ini bisa adil dalam menerapkan hukuman dlm undang2 ini??? *pertanyaan besar
Hukum di negara ini selalu saja ada celah untuk "diplesetkan" dan dicari2 pembenarannya. Dan gmn nanti kl yg terjerat adalah anak2 pejabat negara ini? Apakah akan sama perlakuannya seperti anak yg org tuanya biasa2 saja bahkan cenderung tingkat ekonomi rendah???
Anak pejabat bisa bayar pengecara kondang, dibela mati2an akhirnya hukumannya cuma wajib lapor dan si miskin ga bisa bayar pengacara masuk "bui" 3 tahun..
*mari dipikirkan...
3. Seandainya ruu ini tetap disyahkan.. Apakah punishment yg ada sudah diyakini dapat memberikan efek jera dan dapat membentuk moral bangsa yg lebih baik?? Atau nanti malah terbentuk "gaya baru" dari prostitusi, perzinahan, kumpul kebo dll.
Asumsi mudahnya.. Apakah aparat penegak hukum bisa meng obrak abrik hotel bintang 4 dan 5 jika disinyalir ada pasangan zinah disitu??? Spt yg kita tau kl hotel kelas bawah dan menengah sih ga masalah.
*bakal jd hukum mata pisau yg cuma tajam kebawah gan

Soo.. Smuanya balik lg ke pribadi masing2.. Kembali lg kpd pendidikan moral yg dimulai dari keluarga.. Kl kita smua punya anak2 yg kita tidak ingin mereka salah jalan, maka kita yg harus introspeksi diri, apakah kita sudah memberikan pendidikan moral dan pengawasan yg cukup buat anak2 kita???

Mudah2 jd bahan renungan kita semua..


yah semua yg lo tulis diatas telah dibahas dalam ilmu kriminologi
karena pada dasarnya kejahatan akan selalu lebih maju dibanding peraturan maupun dalam penegakan hukum itu sendiri
pada intinya tidak ada salahnya jika hal ini disahkan karena undang-undang masih dapat diubah untuk disesuaikan dengan norma dalam kehidupan bermasyarakat emoticon-Stick Out Tongue
0 0
0
Kontroversi Pasal Pidana Kumpul Kebo
23-04-2013 08:27

hukum aneh

Sebelumnya santet,hari gini kumpul kebo,lusa rapat ruu apa lagi kok semua kagak ada yg krusial demi kebaikan indo ya.
Kenapa tidak urus masalah daging sapi yang harganya makin tinggi.
Ini masalah yang penting lebih important dari kumpul kebo.
Buang duit aja.seperti studi banding gak guna.
0 0
0
Kontroversi Pasal Pidana Kumpul Kebo
23-04-2013 08:28
nah lo , lagi marak nih kumpul kumpul yang beginian emoticon-Embarrassment
0 0
0
Kontroversi Pasal Pidana Kumpul Kebo
23-04-2013 08:28
Buset 5 taun, ntr kalo orng udh nikah trs begituan tp gak di catet di KUA di tahan 5 taun dong
0 0
0
Kontroversi Pasal Pidana Kumpul Kebo
23-04-2013 08:29
mkn ini akan menjadi "lahan basah" aparat karena secara kemungkinan akan terjadi banyak kasus, dan pelanggaran bs diselesaikan ditempat dengan uang damai emoticon-Ngakak , inilah bisnis yang dikemas dalam perundang2an
0 0
0
Kontroversi Pasal Pidana Kumpul Kebo
23-04-2013 08:30
Quote:Original Posted By topanlesmana


Emang urusan kek gini ga penting? Justru kata ane urusan kek gini tuh penting banget. Soalnya ini khan masalah moral. RUU ini dibikin tujuannya untuk membenahi moral masyarakat. Kalo moral masyarakat dah bobrok,jangan mimpi negara bakalan maju


Ah yg boneng gan??
Ga usah jauh2, negara tetangga tuh (S'pore) majunya minta ampun, orang2nya teratur, tapi buaaaanyak tuh yg kumpul kebo, bahkan udah punya anak tapi tetep blm nikah.

Justru yg bisa bikin negara maju itu pemikiran yg menghargai privasi org lain. Terserah lu mau jungkir balik kek, yg penting ga ngerugiin orang lain. Jadi masing2 berpikir bagaimana caranya bisa maju emoticon-Smilie

Dan justru memperdebatkan RUU kayak gini yg bikin negara ga maju. Harusnya RUU yg bisa mengatur hidup rakyatnya yg ujung2nya supaya rakyatnya bisa makmur.

Lagian kan Indonesia memiliki macam2 agama. Silahkan pelajari agamanya masing2 utk urusan moral. Ga perlu harus negara yg ngurusin, karena bukan kompetensinya. Dan juga ngabisin waktu dan uang yg banyak utk ngurusin kek gini, apalagi sampe studi banding ke luar negeri. SANGAT TIDAK BERGUNA!!!
Diubah oleh bondhahnmrt85
0 0
0
Kontroversi Pasal Pidana Kumpul Kebo
23-04-2013 08:30
Quote:Original Posted By Karmelase
yaksip. ke depannya mendingan jadi lesbi aja deh berarti. mau ngapain aja bebas..ga dicurigain, ga bisa dilaporin, ga 'perlu' diurusin. emoticon-Ngakak


akhirnya dengan berkurangnya kumpul kebo, makin marak kaum pecinta sejenis. sungguh negara ini cenderung sok pintar mengatur moral warga negaranya

Quote:Original Posted By xiaope

ya susah kalo mau nyamain budaya dan agama..
jelas2 berbeda pandangan gan..
dibudaya mungkin baju tradisional nya agak terbuka, eh diagama dibilang haram blabla emoticon-Big Grin



karena negara yang masih berbudaya ini masih tidak tau bagaimana menghargai budaya beberapa suku didalamnya
0 0
0
Kontroversi Pasal Pidana Kumpul Kebo
23-04-2013 08:31
Quote:Original Posted By p3ntoz
Misi agan2.. Ane mau komen dikit soal ruu pezinahan yg lg dibahas...
Mungkin maksud yg dimuat dalam rancangan undang2 ini niatnya adalah baik.. Untuk melindungi anak2 generasi muda bangsa ini dari segi moral. Namun permasaaahannya adalah :
1. Apakah relevan mengkombinasikan hukum agama (syariah islam) di sebuah negara yg notabene bukan negara islam, yg bukan smua warga negaranya punya keyakinan yg sama. (walaupun di semua agama zinah tidak dibenarkan)
2. Kalaupun ruu ini tetap disyahkan, apakah org2 yg berkompeten dalam penegakan uu perzinahan ini bisa adil dalam menerapkan hukuman dlm undang2 ini??? *pertanyaan besar
Hukum di negara ini selalu saja ada celah untuk "diplesetkan" dan dicari2 pembenarannya. Dan gmn nanti kl yg terjerat adalah anak2 pejabat negara ini? Apakah akan sama perlakuannya seperti anak yg org tuanya biasa2 saja bahkan cenderung tingkat ekonomi rendah???
Anak pejabat bisa bayar pengecara kondang, dibela mati2an akhirnya hukumannya cuma wajib lapor dan si miskin ga bisa bayar pengacara masuk "bui" 3 tahun..
*mari dipikirkan...
3. Seandainya ruu ini tetap disyahkan.. Apakah punishment yg ada sudah diyakini dapat memberikan efek jera dan dapat membentuk moral bangsa yg lebih baik?? Atau nanti malah terbentuk "gaya baru" dari prostitusi, perzinahan, kumpul kebo dll.
Asumsi mudahnya.. Apakah aparat penegak hukum bisa meng obrak abrik hotel bintang 4 dan 5 jika disinyalir ada pasangan zinah disitu??? Spt yg kita tau kl hotel kelas bawah dan menengah sih ga masalah.
*bakal jd hukum mata pisau yg cuma tajam kebawah gan

Soo.. Smuanya balik lg ke pribadi masing2.. Kembali lg kpd pendidikan moral yg dimulai dari keluarga.. Kl kita smua punya anak2 yg kita tidak ingin mereka salah jalan, maka kita yg harus introspeksi diri, apakah kita sudah memberikan pendidikan moral dan pengawasan yg cukup buat anak2 kita???

Mudah2 jd bahan renungan kita semua..


Anda terlalu skeptis dan pesimistik gan...kalo gini semua orang cara berfikirnya seperti agan kapan benernya negara ini. Kalau memang semua agama berprinsip sama bahwa Zina itu tidak benar apa yang salah degan ini? apa karena ada embel-embelnya "islam"? Agan lihat tuh di negara-negara yang mayoritas agamanya bukan Islam. apakah mampu hukum agamanya diterapkan ke rakyatnya??

Seandainya saja semua hukum baik dan benar dirangkum jadi satu dari semua agama tentunya hasilnya akan sama. semua agama menolak perbuatan zina, tinggal bagaimana menegakkan aturan itu. jangan sampai kita jadi orang yang pesimis sehingga membentuk karakter negara sekuler.

Yang Kedua apakah orang-orang yang berkompeten bakal Adil? sama aja agan mempertanyakan status aturan hukum yang lain. kembali pertanyaan agan tidak berdasar positif dan optimis berfikir.

yang Ketiga apakah akan menimbulkan efek jera? semisal agan ketangkap karena Zina trus masuk penjara dan ketahuan sama kolega atau tetangga lain bahwa agan berbuat memalukan apakah Agan merasa Happy?? hanya manusia beradab lah yang masih punya rasa malu.

Hukum ini sebagai media, Alat untuk paling tidak memberikan sumbangan meminimalisir praktek kumpul kebo yang merajalela, Jadi mendingan kita optimis aja.

0 0
0
Kontroversi Pasal Pidana Kumpul Kebo
23-04-2013 08:33
Masih banyak hal yg jauh lebih penting yg harus diurus drpd ngurusin hal yg beginian...
Negara masih blom beres pemerintahanna aja mw sok ngurusin pribadi org...
0 0
0
Kontroversi Pasal Pidana Kumpul Kebo
23-04-2013 08:34
aduh paling juga ga di gubris
0 0
0
Kontroversi Pasal Pidana Kumpul Kebo
23-04-2013 08:34
ada hukum agama ada hukum negara , hukum negara kita kbanyakakn masih ngambil dari jaman belanda ,soalnya org belanda yg buat dulu emoticon-Cape d...
0 0
0
Kontroversi Pasal Pidana Kumpul Kebo
23-04-2013 08:35
Aturannya sih tujuannya bener.. Tapiiii, nanti pasti rawan banget digunakan orang-orang nggak bertanggung jawab buat menghakimi orang..
0 0
0
Kontroversi Pasal Pidana Kumpul Kebo
23-04-2013 08:37
Quote:Original Posted By vexa
Ini penerapan hukum apa pengislaman masal?
lama2 awas sila pancasila pasal satu diganti juga.

i dont wanna live in this country anymore.. emoticon-Ngacir


Anda agama Apa Gan? Kristen? Budha atau Hindu? atau Yahudi apa ngga dilarang ya Zina?? Atau jangan2 agan punya agama sendiri? Agama Syahwat.

kalo ngga mau hidup di sini itu bagus gan, ada 10 persen aja orang kayak agan minggat dari indonesia udah lebih bagus tuh.emoticon-Najis
Diubah oleh hendrasch
0 0
0
Kontroversi Pasal Pidana Kumpul Kebo
23-04-2013 08:38
semoga segera terlaksana dengan baik, dan tidak tebang pilih.
0 0
0
Kontroversi Pasal Pidana Kumpul Kebo
23-04-2013 08:39
Quote:Original Posted By LovelyFeStitch
Masih banyak hal yg jauh lebih penting yg harus diurus drpd ngurusin hal yg beginian...
Negara masih blom beres pemerintahanna aja mw sok ngurusin pribadi org...


urusan besar di mulai dari hal terkecil gan, kalau rakyatnya bobrok. gimana pemimpin nya.
0 0
0
Kontroversi Pasal Pidana Kumpul Kebo
23-04-2013 08:42
kumpul kebo apaan gan? kumpul sapi aja enak bisa d sate emoticon-Ngakak
0 0
0
Halaman 48 dari 58
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia