Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
530
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/51495e1d7c1243ef66000005/ada-apa-dengan-pengendara-motor-di-jakarta
Selama 12 tahun saya bawa mobil di Jakarta, pengalaman nabrak cuma 1 kali, disebabkan oleh rem mendadak mobil depan saya. Mobil tersebut rem mendadak karena diselip motor. Selama itu juga, saya gak pernah ditabrak, bahkan diserempet. Tahun ini (ke 13), hanya dalam jangka waktu beberapa bulan, saya sudah mengkoleksi baret di keempat sisi bemper dan 1 di spion kanan. Semuanya disenggol oleh motor, w
Lapor Hansip
20-03-2013 13:58

Ada apa dengan pengendara motor di Jakarta?

Selama 12 tahun saya bawa mobil di Jakarta, pengalaman nabrak cuma 1 kali, disebabkan oleh rem mendadak mobil depan saya. Mobil tersebut rem mendadak karena diselip motor. Selama itu juga, saya gak pernah ditabrak, bahkan diserempet.

Tahun ini (ke 13), hanya dalam jangka waktu beberapa bulan, saya sudah mengkoleksi baret di keempat sisi bemper dan 1 di spion kanan. Semuanya disenggol oleh motor, waktu saya berhenti dalam kondisi macet. Setelah menyenggol (cukup keras), semua pemotor itu langsung kabur. Gak minta maaf, diklakson, nengok pun gak. Sayang macet, kalo gak udah saya kejar. Bukan untuk minta ganti rugi, tapi untuk minta permintaan maaf.

Dalam pengalaman saya di jalan, sudah beberapa kali saya sengaja turun dari mobil demi membantu pemotor yang kecelakaan. Saya bahkan pernah sekali membawa korban ke rumah sakit, bahkan saya yang bantu bayar rumah sakitnya; karena rumah sakit gak mau proses korban tanpa ada jaminan pembayaran. Untuk itu, saya ikhlas, duit gampang dicari. Tapi saya rasa saya enggan melakukan itu lagi, gak tahu kenapa, mungkin saya kehilangan respect dengan pengendara motor di jalan karena pengalaman yang saya dapatkan baru-baru ini.

Saya tidak ingin mengeneralisir bahwa semua pengendara motor di jakarta (maaf) tidak tahu diri. Tapi entah kenapa, saya mendapatkan kesan, sekarang ini pengendara motor menjadi sosok yang seenaknya, tidak tahu aturan dan tidak punya sopan santun berkendara. Terutama belakangan ini, makin parah.

Ada apa yang terjadi dengan pengendara motor belakangan ini? Mungkin ada kaskuser yang bisa menjelaskan.

Terima kasih

Berikut saya post temuan surat dari kompasiana, bahasanya cukup santun, jadi jangan tersinggung ya, untuk pengendara motor yang sudah sopan di jalan. Hanya saja, kesan buruk pengendara motor itu semakin hari semakin melekat.

Di bawah ini surat yang ada di kompasiana.

Kepada Yth. Pengendara Motor

di

Jakarta

selamat pagi, dan salam sejahtera kepada seluruh pengendara motor yang kami cintai dan kami kasihi. izinkan saya mewakili para pengguna jalan lainnya menyatakan kegelisahan kami atas apa yang kalian sudah lakukan. kami pengendara mobil, pejalan kaki, dan pesepeda merasa hak kami telah kalian rampas. kalian secara bergerombol melawan arus lalu lintas, dan membahayakan orang lain. tidak sampai disitu kalian berlaku bak raja jalanan, memaki dan berteriak jika kalian merasa tidak suka dengan apa yang kalian lihat. pada saat lampu merah, dengan keegoisan kalian, zebra cross yang seharusnya menjadi tempat menyebrang tidak dapat kami gunakan karena kalian bersesakan disana. entah apa yang ada di otak kalian!

kami pengendara mobil merasa tidak dapat berbuat apa-apa. kalian berjalan di sisi kiri, tengah, bahkan kanan jalan. kami harus berhati-hati, bahkan kami sudah berhati-hati sekalipun, kalian tetap menyerempet bemper belakang mobil kami. terkadang kami berteriak, dan kalian berteriak lebih keras! dan pengendara motor lain merasa memiliki ikatan kekeluargaan ikut memaki kami. miris yang kami rasa adalah, ketika terjadi kecelakaan antara kami dan kalian, kami selalu dipersalahkan, dimaki, bahkan dipukuli. padahal jika dilihat kembali kemungkinan kalian yang bersalah dengan membawa motor ugal-ugalan. makian "dasar orang kaya!" ,"mentang-mentang naik mobil!" menjadi santapan sehari-hari kami. kelihatan timpang ketika kalian yang bersalah kepada kami, dengan alasan tidak punya uang untuk mengganti kalian berkeras untuk tidak mau mengganti.

banyak keluh kesah yang akan kami sampaikan lagi, namun tidak dapat kami tuangkan semua disini. kiranya kalian mulai unutk melakukan pembenahan pada diri sendiri, dan menyadari apa yang sudah kalian lakukan.pesan kami kepada kalian teman-teman pengendara motor, berkendaralah dengan sopan di jalanan, kita memiliki hak yang sama untuk menggunakan fasilitas umum yang disediakan. jika kita berkendara dengan baik, kemungkinan macet dapat diatasi, dan kita bisa sampai ke tempat tujuan dengan cepat dan selamat.

sekian surat kami ini, semoga apa yang kami utarakan dapat diterima dengan baik, dan kepala dingin.

hormat kami

pengendara mobil, pesepeda, dan pejalan kaki.
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 12 dari 27
Ada apa dengan pengendara motor di Jakarta?
12-04-2013 20:29
ane juga naik mobil dan naik motor
untuk agan ts agan coba rasakan penderiataan naik motor
panas kepanasan ujan keujanan

ane kalo naik mobil cuma buat weekend aja gan sma keluaraga
sehari hari kerja naik motor

Quote:Original Posted By jodayme
yg pengguna mobil juga salah
1 mobil cuma diisi 1 orang
lu liat pas macet yg paling banyak makan jalan tuh mobil
mending naik motor efisien



ane setuju banget sama pendapat agan
rata rata mobil yang ada dijakarta 1 orang 1 mobil
buat kerja
rata rata eksekutif atau pengusaha yang kaya banget gak bakal mau naik motor
apalagi ankutan umum
itu semua karena gengsi
Diubah oleh Aleksis4u
0 0
0
Ada apa dengan pengendara motor di Jakarta?
12-04-2013 20:30
ada apa
0 0
0
Ada apa dengan pengendara motor di Jakarta?
12-04-2013 20:32
Quote:Original Posted By Aleksis4u
ane juga naik mobil dan naik motor
untuk agan ts agan coba rasakan penderiataan naik motor
panas kepanasan ujan keujanan

ane kalo naik mobil cuma buat weekend aja gan sma keluaraga
sehari hari kerja naik motor




ane setuju banget sama pendapat agan
rata rata mobil yang ada dijakarta 1 orang 1 mobil
buat kerja
rata rata eksekutif atau pengusaha yang kaya banget gak bakal mau naik motor
apalagi ankutan umum
itu semua karena gengsi


bukan gengsi doank klai

masa eksekutif naek motor panas panasan atau angkutan yang ngebul dan bikin baju lepek

buka gengsi tapi soal kenyamanan biar macet dalam mobil tapi nyaman itu lebih baik dripada dalam angkutan yg bau asep
0 0
0
Ada apa dengan pengendara motor di Jakarta?
12-04-2013 20:50
ane pun merasakan apa yang dirasa ente gan ,semua pasti ada karmanya kalo di jalan mari kita tertibkan lalu lintas di jalan emoticon-I Love Indonesia (S)
0 0
0
Ada apa dengan pengendara motor di Jakarta?
12-04-2013 21:03
Ane pengendara motor juga gan
Ane dukung agan juga meski ane bawa motor
Karena dari keseharian yang ane liat emang seperti itu
Nyalip suka-suka mereka serasa mereka yang punya jalan

Yang paling harus diwaspadai itu bocah2 yang bawa motor, trus cwe karena mreka sering ragu2 gitu meski gak smuanya. Karena pernah ane liad cwe bawa ninnin 250 lancar gak pake ragu2 dan taat peraturan.
0 0
0
Ada apa dengan pengendara motor di Jakarta?
12-04-2013 21:04
pengendara motor sekarang kayak orang primitif
0 0
0
Ada apa dengan pengendara motor di Jakarta?
12-04-2013 21:20
ya..semua tergantung individu masing2 gan..mulai dari ane sendiri akan belajar jd pengguna jalan yang terbaik emoticon-Malu (S)
0 0
0
Ada apa dengan pengendara motor di Jakarta?
12-04-2013 21:57
waduh klo gini mah ga ad juntrunganny...pasti ga ad yg mo disalahin
0 0
0
Ada apa dengan pengendara motor di Jakarta?
12-04-2013 23:41
coba ente bawa motor dulu gan . .
biar taw rasanya kayak apa . .
0 0
0
Ada apa dengan pengendara motor di Jakarta?
12-04-2013 23:43
ya begitulah kelakuan bocah labil kalo bawa motor
0 0
0
Ada apa dengan pengendara motor di Jakarta?
12-04-2013 23:45
maced.......
0 0
0
Ada apa dengan pengendara motor di Jakarta?
12-04-2013 23:52
Ane gak punya mobil dan gak punya motor. Ane angkoters. So, hidup ane dihabiskan dengan 35% jalan kaki, 65% di kendaraan umum. Ane lebih sering menjadi susah ketika berjalan kaki justru karena motor. Pernah suatu ketika di daerah soepomo tebet, jalan macet total. Motor2 ini memakan badan jalan hingga trotoar. Ane sbg pejalan kaki terpaksa harus menyusur jalan dipinggir yg berarti area GOT. Rasanya kalo emg pembatas jalan bs dinaikin, mungkin disitu pula bakal ada motor. Apa susahnya ya kita tertib sdikit.
0 0
0
Ada apa dengan pengendara motor di Jakarta?
12-04-2013 23:56
ane juga miris Gan..banyak faktor yang membuat para penhendara motor menjadi sangat2, menyebalkan.beberapa diantaranya,faktor jalan yang kurang mendukung,kepadatan yang sudah sangat melebihi batas,sikap mental para pengendara dll.tapi yang paling berpengaruh yang terakhir ane sebutin Gan.
0 0
0
Ada apa dengan pengendara motor di Jakarta?
12-04-2013 23:58
ane bukan penegndara motor di jakarta gan
0 0
0
Ada apa dengan pengendara motor di Jakarta?
13-04-2013 00:02
balik ke diri masing masing sih gan sebenernya hehe
^^V
0 0
0
Ada apa dengan pengendara motor di Jakarta?
13-04-2013 00:06
Quote:Original Posted By garuck6661
semoga dilihat ya gan

sesama pengguna jalan harus saling mengerti emoticon-Cool











emoticon-Taigaruck6661emoticon-Tai


setuju ama agan ini
0 0
0
Ada apa dengan pengendara motor di Jakarta?
13-04-2013 00:10
Ini juga karena ga ada pembatasan kepemilikan sepeda motor gan..
Jadi jumlah sepeda motor membludak..
Tapi tanpa diimbangin sama pelebaran prasarana seperti jalan raya yg digunakan..

*sumpedeh bahasa ane baku bener macem orang lurus

emoticon-Hammer2
0 0
0
Ada apa dengan pengendara motor di Jakarta?
13-04-2013 00:15
Ane pengendara motor dan pengendara motor di Jakatra itu emoticon-Tai semua.

Generalisasi? Bodo! 80% kelakuan kayak gitu kog ga mau digeneralisasi.

Meskipun ane sendiri kalo ngantri di belakang mobil kadang juga suka dipepet, atau dimaki", tapi ane lebih kesel sama pengendara motor yg saling salip satu sama lain. dan ga tau apa itu sabar dan sopan santun.
Kalo ane pribadi, ane bertekat ga akan nyalip" atau ngebut kalo ga dalam kondisi terpaksa.

Ane dukung 100% kalo motor >= 250cc ga boleh berjalan di jalan protokol
Diubah oleh tepposh
0 0
0
Ada apa dengan pengendara motor di Jakarta?
13-04-2013 00:16
susah gan ngarepin tertib jalan di jakarta ,butuh cara2 ekstrim buat bikin tertib

kebanyakan lah semua pengendara kendaraan bermotor pada ga naatin aturan

ga yg bawa mobil ato motor sama aja ..mungkin emang gara2 tingkat stress dijalanan jakarta udah tinggi ya ..ane aja skarang dah agak males buat keluar rumah ..stress gan dijalanan,udah macet,tingkah lgua pengendaranya juga macem2 ..ampun dah
0 0
0
Ada apa dengan pengendara motor di Jakarta?
13-04-2013 00:18
Ane naik motor dan monil jadi ketika ane naik motor ane tau sakitmya gmn ketika digituin sma motor gann.. Haissa yang sabar ya gann
0 0
0
Halaman 12 dari 27
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia