Kaskus

Entertainment

Pengaturan

Mode Malambeta
Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Tablo72Avatar border
TS
Tablo72
Sikap Provokatif Korut (Kembali Uji 2 Roket Missilnya)
Sikap Provokatif Korut (Kembali Uji 2 Roket Missilnya)

Pyongyang - Di tengah situasi yang semakin memanas di semenanjung Korea, Korea Utara (Korut) terus saja melakukan tindakan provokatif. Kali ini, negara komunis ini memindahkan dua rudal jarak menengahnya ke pantai timur dan mempersiapkannya untuk diluncurkan.

Hal ini disampaikan oleh seorang pejabat tinggi pemerintahan Korea Selatan (Korsel) yang dikutip oleh kantor berita Yonhap dan dilansir AFP, Jumat (5/4/2013). Kementerian Pertahanan Korea Selatan (Korsel) yang sebelumnya mengkonfirmasi pergerakan rudal pertama Korut, menolak untuk menanggapi laporan baru ini.

"Telah dipastikan bahwa Korut, awal minggu ini, memindahkan dua rudal jarak menengah, Musudan, dengan menggunakan kereta ke wilayah pantai timur dan memasangnya pada kendaraan yang dilengkapi dengan landasan peluncur," ujar si pejabat yang dikutip Yonhap.

Pejabat yang identitasnya dirahasiakan itu, menyebutkan bahwa kendaraan pembawa rudal tersebut disiagakan di dalam fasilitas khusus yang ada di bawah tanah. "Korut nampaknya berniat meluncurkan rudal tanpa memberi peringatan sebelumnya," imbuhnya.

Jika benar adanya, maka langkah ini merupakan pergerakan terbaru yang dilakukan Korut setelah beberapa minggu terakhir, terus melontarkan ancaman serangan nuklir kepada musuh-musuhnya, terutama Amerika Serikat (AS) dan Korsel. Sikap Korut tersebut dipicu oleh kemarahannya atas sanksi yang dijatuhkan PBB dan latihan militer gabungan yang dilakukan AS-Korsel.

Menghadapi ancaman dan tindakan Korut yang seperti ini, AS menyatakan, pihaknya akan melakukan seluruh langkah antisipasi yang diperlukan.

Rudal Musudan memang belum pernah diuji coba sebelumnya, namun diyakini memiliki jarak jangkauan hingga 3.000 km. Bahkan jika dimaksimalkan bisa mencapai 4.000 km, namun dengan membawa muatan yang lebih ringan. Hal tersebut berarti, rudal ini mampu menjangkau seluruh wilayah Korsel maupun Jepang, dan kemungkinan mencapai markas militer AS di Guam, Pasifik.

Source : [url]http://news.detik..com/read/2013/04/05/145900/2212588/1148/korut-kembali-siapkan-2-rudal-untuk-diluncurkan[/url]
0
1.5K
10
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
KASKUS Official
924.4KThread88.2KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.