MdsMazZ
TS
MdsMazZ
Perburuan anjing liar
REPUBLIKA.CO.ID, KOTABARU -- Populasi anjing liar di Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, berkurang drastis. Hal itu karena lebih 1.000 ekor anjing pada akhir 2012 ditangkap dan dikirim ke luar daerah untuk pesta tahun baru.Kepala Seksi Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Peternakan Kotabaru drh. Sidiq Adisusilo, Senin, mengatakan, menurut beberapa laporan kelapa desa dan warga, anjing-anjing tersebut ditangkap dibunuh, dan dikirim ke Menado."Kata Kepala Desa dan warga yang mengetahui, daging anjing tersebut rencananya untuk pesta tahun baru," jelasnya.Sidiq menambahkan, cara menangkap anjing tersebut sebagian dipukul, di panah dan dibunuh, kemudian dimasukkan ke dalam box yang berisi es."Setelah terkumpul cukup banyak, anjing yang sudah diawetkan dengan es tersebut dikirim menggunakan truk dibawa ke Menado," terangnya.Ia mengaku, Dinas Peternakan Kotabaru merasa terbantu, karena tidak memerlukan biaya eleminasi. Karena, ujar Sidiq, biaya eleminasi setiap satu ekor anjing pemerintah daerah harus menyediakan dana sekitar Rp 50 ribu.Sementara rata-rata Dinas Peternakan Kotabaru hanya mampu mengeleminasi anjing sekitar 500 ekor per tahun, sementara perkembangbiakan anjing liar cukup pesat.Dengan kegiatan masyarakat yang menangkap dan membunuh anjing untuk pesta tahun baru tersebut cukup membantu pemerintah daerah dalam memusnakan anjing liar.Anjing-anjing liar yang ditangkap tersebut, berada di daerh Sarang Tiung, Pulau Laut Selatan, Pulau Laut Kepulauan, Kotabaru.Ia berharap, kegiatan penangkapan anjing-anjing liar tersebut dilanjutkan pada tahun-tahun berikutnya.

Source:[url] http://m.republika.co.id/berita/nasi...ru-untuk-pesta[/url]

Mengkonsumsi daging anjing, karena berbahaya bagi kesehatan juga bisa menularkan penyakit rabies.kolera dan trichinellosis
(source:[url] http://www.changeforanimals.org/#!do...h_korea_4/cdi6[/url])
*Jika sulit membaca dalam bahasa Inggris, copy+paste saja ke google translate.
hanya mitos belaka makan daging anjing bisa menyehatkan juga menyuburkan.
Penelitian malah membuktikan dengan memakan daging tersebut justru menurunkan sistem daya tahan tubuh.
Maka berhentilah mengkonsumsi daging anjing dan memburu mereka.
Tujuan saya membuat thread ini guna menyadarkan para pembaca akan bahayanya konsumsi daging anjing tanpa maksud SARA.

Dinas Peternakan Akan Tembak Anjing Liar
Besar Kecil Normal

TEMPO Interaktif, Jakarta: Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan akan memusnahkan secara massal anjing-anjing liar yang diduga membawa penyakit rabies. Surat edaran dari Dinas Peternakan sudah dikirimkan ke kabupaten dan kota.

"Saya sudah menghadap Sekretaris Daerah dan mengirim surat ke kabupaten/kota untuk membasmi anjing-anjing liar," kata Asrilalazi, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Peternakan Sumatera Selatan, Selasa (2/12) di Bina Praja, Sumatera Selatan.

Menurut Asril, para pemilik anjing disarankan untuk mengamankan anjing-anjing peliharaannya selama proses ini berlangsung, sebab anjing yang berkeliaran tanpa pemilik dipastikan akan ditembak mati.

Asril mengaku, kasus korban yang digigit anjing meningkat sekitar 10-15 persen. Sejauh ini, pihaknya sudah menerima satu laporan kasus digigit anjing liar dari Baturaden dengan korban dua orang.

Sementara, Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengatakan walaupun Sumsel bebas rabies bukan berarti tidak ada kasus, buktinya kasus yang terjadi di Baturaden. Dia meminta ada upaya pencegahan dari berbagai pihak bukan hanya dari dinas terkait.

Dia juga mengatakan tidak cara ada lain selain menembak anjing-anjing liar dan tanpa pemilik untuk meminimalisir kasus rabies agar tidak meluas.

Source: http://www.tempo.co/read/news/2008/1...ak-Anjing-Liar

Mungkin di Indonesia secara tak disadari sudah seperti China dan Korea Selatan.
Akan tetapi yang membedakan tak ada dokumentasi, mau pun pihak yang meliput hal-hal tersebut. Berhubung hal tersebut dianggap tak penting.
Pemerintah malah berpikir lebih baik ditembak mati, sehingga tak menyebarkan rabies, mau pun penyakit,dll.
Akan tetapi kenapa pemerintah tak membangun shelter saja?
Untuk disteril dan dihibahkan atau pun kill shelter yang jauh lebih manusiawi daripada diburu dan ditembak?
Lebih baik memberi mereka kesempatan untuk hidup berdampingan dengan manusia daripada dimusnahkan.
Bukannya dengan begitu jauh lebih meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya hidup berdampingan antara alam dengan manusia, karena hewan juga kan bagian dari alam. Sudah sewajarnya kita sebagai manusia yang juga hidup bergantung pada alam untuk memperlakukan mereka dengan manusiawi.
Toh asal muasal anjing juga dari manusia yang melatih mereka untuk kepentingan berburu mau pun membantu tugas manusia
(source:http://cynthiadevie.wordpress.com/ab...l-usul-anjing/ )

Quotation from Mahatma Gandhi:"“The greatness of a nation and its moral progress can be judged by the way its animals are treated.”

Versi Indonesia:
Kutipan dari Mahatma Gandhi:" Kejayaan suatu negara dan moralnya bisa ditentukan dari bagaimana hewan di negara tersebut diperlakukan."

Diubah oleh MdsMazZ 02-04-2013 18:12
tata604
tata604 memberi reputasi
1
5.1K
26
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Mamalia
Mamalia
icon
3.2KThread1.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.