Entertainment
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
1747
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000013300877/ngobrol-seputar-bea-cukai-kantor-pos-pasar-baru
Apabila ada teman2 yang ingin menanyakan seputar barang kiriman pos dari luar negeri tujuan jabodetabekten selain EMS (bea cukai Soetta), silakan tanyakan disini or telp. ke 021-3813438. sesuai PMK No. 188/PMK.04/2010 tanggal 29 Oktober 2010, semua barang kiriman pos dari luar negeri adalah barang impor sehingga dikenakan Bea Masuk (BM) dan Pajak Dalam Rangka Impor(PDRI). BM dan PDRI baru dikenaka
Lapor Hansip
27-02-2012 09:23

Ngobrol seputar bea cukai kantor pos pasar baru

Apabila ada teman2 yang ingin menanyakan seputar barang kiriman pos dari luar negeri tujuan jabodetabekten selain EMS (bea cukai Soetta), silakan tanyakan disini or telp. ke 021-3813438.
sesuai PMK No. 188/PMK.04/2010 tanggal 29 Oktober 2010, semua barang kiriman pos dari luar negeri adalah barang impor sehingga dikenakan Bea Masuk (BM) dan Pajak Dalam Rangka Impor(PDRI). BM dan PDRI baru dikenakan apabila harga barang sudah di atas $50 per paket dan dikenakan hanya atas selisihnya.
contoh:
Pakaian 2 pcs Harga USD 80, Ongkos Kirim USD 40, karena Harga $80 sudah di atas $50, maka dikenakan BM dan PDRI atas selisihnya.
Cost dan Freight \t\t: $ 80 + $ 40 = $120
Pengurangan $50 \t \t $120 - $ 50 = $ 70
Insurance (bila tidak ada) \t: 0.5% x $ 70 = $ 0.35
CIF\t\t\t\t: $ 70 + $ 0.35 = $ 70.35
Kurs (misal) $ 1 = Rp 10.0000
Nilai Pabean (NP)\t\t: $70.35 x Rp 10.000 = Rp 703.500
Tarif Bea Masuk Pakaian 10%
Bea Masuk\t= NP x 15% \t = Rp 703.500 x 15% = Rp 105.525
PPN\t\t= (NP+BM)x 10% = (Rp 703.500 + Rp 105.525)x10%
\t\t\t= Rp 80.902
PPh\t\t= (NP+BM)x 7.5% = (Rp 703.500 + Rp 105.525)x7.5%
\t\t\t= Rp 60.676
Total\t\t= Rp 105.525 + Rp 80.902 + Rp 60.676
\t\t= Rp 247.103
tarif BM berbeda tergantung jenis barang, di bea cukai ada namanya Buku Tarif Kepabeanan Indonesia(BTKI), petugas BC menghitung BM sesuai tarif BTKI.
tarif PPN selalu 10% untuk semua jenis barang
tarif PPh selalu 7.5% untuk semua jenis barang, kecuali untuk importir yang memiliki API tarifnya mjd 2.5%
tapi hati2 dengan PPnBM, barang mewah, karena tarifnya bisa 40% untuk tas kulit di atas 500rb/pc atau sepatu harga di atas 1jt/psg. detail PPnBM lihat 620/PMK.03/2004.

prosedur barang kiriman LN di pasar baru.
-barang sampai di pasar baru, kemudian petugas pos menyiapkan barang untuk diperiksa bea cukai.
-setelah ditimbang berat, petugas pos membuka paket di hadapan bea cukai, kemudian bea cukai menuangkan isi paket ke dalam form PPKP.
-setelah itu petugas pos menutup kembali paket dan menyimpan di gudang impor.
-petugas bea dan cukai menghitung BM dan PDRI (bila ada),setelah selesai PPKP akan dinomori untuk kemudian diserahkan kembali ke PT Pos.
-apabila paket berisi barang larangan, maka otomatis akan ditegah oleh bea dan cukai (narkotika, pornografi, minuman mengandung alkohol, produk tembakau).
-apabila paket berisi barang pembatasan, perlu izin, atau butuh invoice atau COA bea cukai akan mengirimkan surat panggilan ke alamat penerima. apabila ada yang menerima panggilan invoice tidak perlu datang cukup di fax saja bukti pembelian ke 021-3500919 dengan menuliskan no. surat panggilan. tapi kalau terkait izin(karantina, kemendag, kemenkominfo, BPOM,Polri, Kemenlu, Setneg) silakan diurus dulu izinnya baru diserahkan ke BC. tapi kalau mendapat panggilan COA/MSDS atau panggilan kunci segera datang ke pasar baru untuk menyerahkan COA atau membawa kuncinya.
-PT Pos setelah menerima PPKP dari BC akan mengirimkan barang berikut PPKP ke kantor wilayah pos masing-masing.
-Kantor wilayah pos akan mendistribusikan barang ke penerima. apabila tidak kena pajak barang akan dikirim ke alamat, tapi bila kena pajak pos akan mengirim surat panggilan pengambilan barang berikut rincian pajak ke alamat penerima.
-penerima datang ke kantor pos, membayar pajak, mendapatkan bukti setor pajak,baru mengambil barang.
-apabila keberatan dengan pajak yang ditetapkan, jangan dibayar dulu, langsung ajukan keberatan ke BC pasar baru dilengkapi dengan dokumen pendukung.
untuk mengetahui posisi paket anda bisa track di website pt pos indonesia di [url]www.posindonesia.co.id[/url] kemudian masukkan no. tracking dari pos luar negeri.
terakhir kalau ada yang menghubungi untuk mengurangi pajak jangan ditanggapi, semua perhitungan pajak resmi disertai dokumen PPKP, langsung hubungi kantor pos untuk menanyakan jumlah pajak yang sebenarnya.
mudah-mudahan membantu.

kalau ada yang ingin nanya tentang EMS yang diperiksa bea cukai soekarno-hatta dengan kode huruf depan E bisa ke link berikut
[url]http://forum.det**.com/yang-punya-masalah-dengan-bea-cukai-soekarno-hatta-ngobrol-di-t83638.html[/url]
profile-picture
profile-picture
4iinch dan anasabila memberi reputasi
2
Tampilkan isi Thread
Masuk untuk memberikan balasan
the-lounge
The Lounge
41.4K Anggota • 906.3K Threads
Halaman 33 dari 88
Ngobrol seputar bea cukai kantor pos pasar baru
26-03-2013 12:17
ya biasa gan kada orang cukai ama kantor pos suka bikin rumit ya minta inilah uang itu lah pengalaman gan kna juga , titip lapak gan
0 0
0
Ngobrol seputar bea cukai kantor pos pasar baru
26-03-2013 12:17
Quote:Original Posted By hacchan555


Keseringannya dilempar2.... Ping pong terus, kadang pulang tangan hampa


Mungkin dulu gan, sekarang kita sudah mulai berbenah, terima kasih sarannya
0 0
0
Ngobrol seputar bea cukai kantor pos pasar baru
26-03-2013 12:19
Quote:Original Posted By ghayot
Sama neh gan kasusnya, paket ane dari USA dari tanggal 22 Maret 2013 sampe hari ini (26 Maret 2013) masih aja statusnya Held by Customs *) Tax : Rp. 0,00
Nelp ke no 021-3813438 ga ada yang ngangkat..., trus ane datengin ke Kantor Pos Pasar Baru, katanya barangnya dah dateng, tapi blm bisa diambil. alasannya cuma itu aja. padahal barang itu mau cepet2 dipake lagi... emoticon-Mewekemoticon-Mewekemoticon-Mewekemoticon-Mewekemoticon-Mewekemoticon-Mewek

OFFICE DATE TIME STATUS
AMERICA US 2013-03-12 09:38 Posting/Collection
AMERICA US 2013-03-17 08:16 Arrival at outward OE
AMERICA US 2013-03-17 08:16 Departure from outward OE
MPCJakarta 10900 2013-03-22 01:48 Held by Customs *) Tax : Rp. 0,00
MPCJakarta 10900 2013-03-22 10:46 Arrival at inward OE


Agan bisa PM no paketnya, biar saya cek posisi terakhir, terima kasih gan kerja samanya
0 0
0
Ngobrol seputar bea cukai kantor pos pasar baru
26-03-2013 12:20
g pham gan

brb baca lagi ya
0 0
0
Ngobrol seputar bea cukai kantor pos pasar baru
26-03-2013 12:22
Quote:Original Posted By lolypops
ya biasa gan kada orang cukai ama kantor pos suka bikin rumit ya minta inilah uang itu lah pengalaman gan kna juga , titip lapak gan


Kalau ada oknum bea cukai yang minta memperumit apalagi munta uang sehubungan dengan kiriman pos laporkan nama nya ke sini atau by PM, nanti segera saya proses dan hasil pemeriksaanya akan saya sampaikan segera. Tapi kalau yang memperumit petugas pos itu sudah diluar wewenang saya.Terima kasih atas kerja samanya
0 0
0
Ngobrol seputar bea cukai kantor pos pasar baru
26-03-2013 12:27
iya kadang bea masuknya gila banget ya

herannya kok ada seller yg bias jual dibawah itu ya
0 0
0
Ngobrol seputar bea cukai kantor pos pasar baru
26-03-2013 12:30
gak doyan bahas yg begituan gan emoticon-Embarrassment
0 0
0
Ngobrol seputar bea cukai kantor pos pasar baru
26-03-2013 12:45
Quote:Original Posted By Maubatain
iya kadang bea masuknya gila banget ya

herannya kok ada seller yg bias jual dibawah itu ya


Bisa aja gan kalau ada importir yang impor dengan jumlah banyak via laut, bisa saja dia dapat harga lebih murah, ongkos lebih murah , otomatis pengenaan pungutannya juga lebih murah, sehingga dia bisa jual lebih murah jg
0 0
0
Ngobrol seputar bea cukai kantor pos pasar baru
26-03-2013 12:54
oh gitu ya gan.. oke gan.. makasih infonya gan..
0 0
0
Ngobrol seputar bea cukai kantor pos pasar baru
26-03-2013 12:57
Gan mau nanya, selama ini kiriman dari USPS ke Tangerang (15412) rata-rata sampai 9-14 hari, tapi dari bulan November dan Desember kok banyak barang-barang gw belum sampai ya??

Tracking no nya berikut :



LK016415178US - Dikirim dari November 19 2012, sampai sekarang belum sampai

LC687652667US - Dikirim tanggal 15 Desember 2012

LN380626315US - Dikirim 20 Desember 2012

Barangnya semuanya dibawah USD 50 padahal..

Mohon bantuannya gan
0 0
0
Ngobrol seputar bea cukai kantor pos pasar baru
26-03-2013 14:08
Quote:Original Posted By chuchay
ane kagak tau kalo ampe gitu, soalnya ane gak pernah ke sono emoticon-Ngacir


sama ama agan atas ane... emoticon-shakehand
0 0
0
Ngobrol seputar bea cukai kantor pos pasar baru
26-03-2013 16:58
Permisi agan-agan,,
Kalau posisi ane di Jakarta barat, barang kiriman EMS sampainya ke kantor pos indonesia jakarta pusat-pasar baru atau kantor pos jakarta barat yah? emoticon-Bingung (S)

Thanks Before. emoticon-Malu (S)
0 0
0
Ngobrol seputar bea cukai kantor pos pasar baru
26-03-2013 17:09
emoticon-Matabelo pusing ane gan itung-itungan...emoticon-Hammer2
0 0
0
Ngobrol seputar bea cukai kantor pos pasar baru
26-03-2013 17:10
Ngimak gan emoticon-Cool
0 0
0
Ngobrol seputar bea cukai kantor pos pasar baru
26-03-2013 17:35
0 0
0
Ngobrol seputar bea cukai kantor pos pasar baru
26-03-2013 22:05
Quote:Original Posted By hacchan555


Quote:Original Posted By inouf


Quote:Original Posted By plipasarbaru


ok gan..
thx sudah mau ngeluangin waktunya buat nge reply ane.. hehe

btw perlu bawa bukti pembelian ato g gan?
ato cm bw no resi itu?
0 0
0
Ngobrol seputar bea cukai kantor pos pasar baru
26-03-2013 22:16
ane pusing bacanya, baca ulang lagi ah
0 0
0
Ngobrol seputar bea cukai kantor pos pasar baru
26-03-2013 22:19
ane kurang ngerti soal yg bgni gan, batu sundul aja ya

0 0
0
Ngobrol seputar bea cukai kantor pos pasar baru
26-03-2013 22:20
ane pahamin dulu deh gan itung2annya...
ane sering sih gan ambil barang dari luar, tapi taunya sampe rumah ane gt aja... emoticon-Hammer (S)
0 0
0
Ngobrol seputar bea cukai kantor pos pasar baru
26-03-2013 22:22
curhat ente ya gan emoticon-Ngakak
h2h sono emoticon-Ngakak
0 0
0
Halaman 33 dari 88
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia