Tech
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
187
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5127cc915a2acf2f4100000a/cloud-computing--yu-mari-kita-belajar-bersama
Ayo kita berdiskusi mengenai cloud computing , Apa itu cloud computing?? kalo menurut pengertian ane sederhananya cloud computing itu sebuah model client - server dimana resources seperti server,storage,network dan software dapat dipandang sebagai layanan yang dapat di akses oleh user setiap saat, dan user bisa menikmati berbagai layanan yang disediakan oleh cloud provider, tanpa perlu terlalu ban
Lapor Hansip
23-02-2013 02:52

Cloud Computing ( Yu mari Kita belajar bersama )

Ayo kita berdiskusi mengenai cloud computing ,

Quote:Apa itu cloud computing?? kalo menurut pengertian ane sederhananya cloud computing itu sebuah model client - server dimana resources seperti server,storage,network dan software dapat dipandang sebagai layanan yang dapat di akses oleh user setiap saat, dan user bisa menikmati berbagai layanan yang disediakan oleh cloud provider, tanpa perlu terlalu banyak meminta bantuan tekniks atau suport dari pihak provider



untuk ilustrasi mengenai cloud computing kurang lebih seperti ini

penampakan

penampakan



Berikut adalah 5 karakteristik yang idealnya dimiliki oleh suatu layanan cloud computing :
Quote:
  1. On-Demand Self-ServiceIdealnya pengguna layanan cloud computing bisa secara swalayan mencukupi kebutuhan mereka sendiri, dan aplikasi yang diinginkan bisa langsung ada saat dibutuhkan. Disini campur tangan provider cloud computing seharusnya sangat minim sekali.

  2. Ubiquitous / Broad Network Access Layanan cloud computing yang baik harus bisa diakses dari manapun, kapanpun, dengan alat apapun, selama kita masih terhubung dengan jaringan layanan tersebut.


  3. Resource Polling Tersedia secara terpusat, tersentralisasi. Sebuah layanan cloud computing yang yang baik harus mampu secara efisien membagi sumber daya yang ada, karena layanan ini digunakan oleh berbagai pelanggan secara bersama-sama, sehingga sumber daya yang ada bisa dimanfaatkan secara maksimal.


  4. Rapid Elasticity Cloud computing yang baik harus fleksibel dalam menaikkan atau menurunkan kapasitas penggunaan sesuai kebutuhan. Karena memang inilah salah satu kelebihan layanan cloud computing. Customer bisa dengan mudah menaikkan atau menurunkan resource yang dipakai, dan ini akan mempengaruhi cost yang mereka keluarkan.


  5. Measured Service Cloud Computing provider harus bisa mengukur kapasitas yang diberikan dalam layanan ini. Misal untuk resource yang ada, hanya bisa digunakan oleh 10 client, maka jika client telah mencapai batas maksimal , resource harus segera ditambah. Jadi layanan yang diberikan harus benar-benar terukur.



Selain itu ada 3 service layer atau delivery model yang disediakan cloud computing

Quote:
  1. Infrastructure as Service, hal ini meliputi seluruh penyediaan infratruktur IT seperti fasilitas data center, storage, server, grid untuk virtualized server, dan seluruh komponen networking yang ada didalam sistem cloud yang dikelola pihak ketiga. Sebagai pengguna, Pelanggan hanya perlu login ke sebuah interface yang disiapkan oleh provider dan memilih sendiri spesifikasi layanan yang dibutuhkan lalu membayarnya sesuai kapasitas yang dipakai, pelanggan tidak perlu menunggu lama untuk dapat menggunakan server sesuai kapasitas yang dibutuhkannya.


  2. Platform-as-a-service, adalah development platform berbasis web, dimana Anda bisa menggunakannya untuk membuat sebuah aplikasi web. PaaS akan membuka kesempatan bagi para developer dari berbagai tingkat pengetahuan, untuk mengembangkan aplikasi secara cepat dan murah. Selain itu, aplikasi yang dihasilkan bisa langsung dideploy dengan mudah, tanpa harus melibatkan tenaga ahli untuk melakukannya,memungkinkan developer untuk menghilangkan kekhawatirkan mengenai kebutuhan operating system,infrastructure scaling, load balancing dan lainnya, sehingga mereka tetap fokus pada application developmentnya.


  3. Software-as-a-service, adalah software atau aplikasi web-based interface, yang dideploy di sisi pihak ketiga, sehingga dapat diakses melalui jaringan oleh setiap pelanggan. Anda tidak perlu melakukan deployment aplikasi dari awal, tidak perlu membayar lisensi software, maupun membeli seperangkat server untuk menjalankan aplikasi yang Anda butuhkan. Anda cukup membayar aplikasi sesuai dengan penggunaan per user yang dibayar secara rutin dengan mekanisme OPEX. Karena aplikasi ini berbasis web, maka Anda hanya butuh koneksi internet dan sebuah browser untuk menjalankannya.



Iaas
penampakan

Paas
penampakan

Saas
penampakan



5 Alasan kenapa harus cloud

Quote:
  1. Faster Disaster Recovery

    Dahulu di perusahan perusahaan harus menggunakan off-site data back-up untuk pulih dari bencana. Dengan sistem awan, perusahaan akan kembali dan berjalan dalam hitungan jam setelah bencana terjadi, karena semua data mereka sudah tersimpan dan diakses “off-site”.

  2. More Cloud Based Applications

    Ketika bandwidth menjadi lebih murah dan komputasi awan yang semakin meluas, rentang yang lebih besar dari aplikasi awan akan menjadi tersedia. Semakin bertumbuhnya pasar, maka akan semakin banyak pula software software spesial yang dapat diakses via awan, membantu mengurangi biaya perangkat lunak untuk perusahaan berbasis cloud.

  3. Better Storage Optimization

    Semenjak tagihan layanan awan disesuaikan dengan seberapa besar penyimpanan data yang dibutuhkan, teknik kompresi data yang lebih baik berarti layanan awan lebih murah. Ukuran teknik reduksi data yang lebih efisien berjanji untuk membantu menekan data perusahaan anda sampai sekecil mungkin.

  4. Cloud Based Analytics

    Banyak perusahaan mengandalkan analisis untuk membuat laporan tertentu, tapi hanya menggunakan bagian dari tahun. Perusahaan awan bisa mulai menawarkan data analisis secara laporan-demi-laporan, bukan ditagih di akhir bulan dengan biaya bulanan. Perusahaan yang meninggalkan analisis mereka menganggur untuk waktu yang lama bisa menyadari penghematan besar dengan membayar sesuai dengan data yang digunakan.

  5. Shrinking On-Site IT departments
    Departemen TI On-site akan menyusut seiring dengan support TI yang akan semakin disentralisasikan ke dalam awan. Berkurangnya aplikasi yang dijalankan secara lokal maka berarti berkurangnya personil TI yang dibutuhkan untuk mendukung penggunaan. Dukungan staf TI akan terbatas pada dukungan hardware dan jaringan infrastruktur.



Deployment Model Infrastruktur Cloud Computing
Quote:
  1. Private Cloud
    Infrastruktur layanan cloud dioprasikan hanya untuk sebuah organisasi / perusahaan tertentu. Biasanya organisasi / perusahaan ini berupa skala besar. Infrastrukturnya dapat dikelola sendiri oleh organisasi atau oleh pihak ketiga. Begitu juga dengan lokasi bisa on-site atau off-site.
  2. Community Cloud
    Dalam model ini, sebuah infrastruktur cloud digunakan bersama-sama oleh beberapa organisasi yang memiliki kesamaan kepentingan. Misalnya dari sisi misi organisasi atau tingkat keamanan yang dibutuhkan. Jadi community cloud ini merupakan “pengembangan” terbatas dari privete cloud. Dan sama juga dengan private cloud, infrastruktur cloud yang ada bisa dimanage oleh salah satu dari organisasi itu, ataupun juga oleh pihak ketiga.
  3. Public Cloud
    Jenis layanan cloud yang disediakan untuk umum atau group perusahaan. Layanan ini disediakan oleh penjual / provider layanan cloud.
  4. Hybrid Cloud
    Merupakan komposisi dari dua atau lebih infrastruktur cloud (private, community, atau public). Meskiun secara entitas mereka tetap berdiri sendiri, tapi dihubungkan oleh suatu mekanisme yang memungkinkan protabilitas data dan aplikasi antar cloud itu, Misalnya mekanisme load balancing yang antarcloud, sehingga alokasi sumberdaya bisa dipertahankan pada level yang optimal. Menurut lembaga NIST bahwa definisi dan batasan dari Cloud Computing sendiri masih mencari bentuk dan standarnya. Sehingga nanti pasarlah yang akan menentukan model mana yang akan bertahan.


penampakan deployment model
penampakan





buat mastah mastah cloud ayo dong berbagi ilmunya emoticon-Smilie
Diubah oleh peehape
0
Tampilkan isi Thread
Masuk untuk memberikan balasan
internet-service--networking
Internet Service & Networking
1.9K Anggota • 20.8K Threads
Halaman 2 dari 10
Cloud Computing ( Yu mari Kita belajar bersama )
26-02-2013 09:57
ijin menyimak gan ane pengin bgt belajar klo ada tutornya gan
0 0
0
Cloud Computing ( Yu mari Kita belajar bersama )
27-02-2013 00:42
ijin nyimak gan,, ane pengen ngerti jauh ni tentang cloud,, dah lama banget gak ngulik jaringan emoticon-Malu
0 0
0
Cloud Computing ( Yu mari Kita belajar bersama )
27-02-2013 15:18
Thanks 4 sharing Gan. Nice info
0 0
0
Cloud Computing ( Yu mari Kita belajar bersama )
27-02-2013 22:46
Quote:Original Posted By cloud.indonesia
Thanks 4 sharing Gan. Nice info

kyknya agan ini salah satu list cloud provider di atas ya gan emoticon-Big Grin
0 0
0
Cloud Computing ( Yu mari Kita belajar bersama )
28-02-2013 03:27
mo nambahin sikit, softwarenya: cloudstack, openstack/devstack.
ane juga lagi belajar nih gan. otak ane mudah2an bisa sampe nih. emoticon-Malu (S)
0 0
0
Cloud Computing ( Yu mari Kita belajar bersama )
28-02-2013 06:59
ijin nyimak gan..
0 0
0
Cloud Computing ( Yu mari Kita belajar bersama )
04-03-2013 22:01
sopwernya ntar mlayang" lagi gan emoticon-Big Grin
0 0
0
Cloud Computing ( Yu mari Kita belajar bersama )
05-03-2013 03:31
ijin nyimak dulu gan emoticon-Matabelo
0 0
0
Cloud Computing ( Yu mari Kita belajar bersama )
05-03-2013 13:08

perbedaan

bahas dunk harga2nya dll... apasih perbedaan lintasarta, telkomsigma, indonesian cloud dll... biar pada tau...
0 0
0
Cloud Computing ( Yu mari Kita belajar bersama )
08-03-2013 17:30

Cloud Computing ( Yu mari Kita belajar bersama )

Dapatkan semua harga dan review dari penyedia layanan Cloud Computing di http://www.cloudreviews.com/blog/clo...mputing-basics
0 0
0
Cloud Computing ( Yu mari Kita belajar bersama )
13-03-2013 09:35
misi gan , ane mau tanya, ane punya server nih, kalau misalnya mw buat kayak zeropc.com bisa gak gan?

apakah ada software open sourcenya ?
0 0
0
Cloud Computing ( Yu mari Kita belajar bersama )
13-03-2013 11:29
kalo mau kuliah tentang cloud computing ini ane mesti ambil jurusan apa ya gan?
profile-picture
zharki memberi reputasi
1 0
1
Cloud Computing ( Yu mari Kita belajar bersama )
14-03-2013 10:27

PaaS

Quote:Original Posted By steelciawan
kalo mau kuliah tentang cloud computing ini ane mesti ambil jurusan apa ya gan?


kalo ga network engineer, berarti system engineer..
cmiiw

btw,
ada yang tahu gak, kalo build private cloud untuk PaaS..
selain windows azure, cloudfoundry, adakah yang lain gan?

0 0
0
Cloud Computing ( Yu mari Kita belajar bersama )
14-03-2013 23:25
ijin ninggalin jejak dulu, sedang memperdalam virtualisasi emoticon-shakehand lebih ke arah network virtualization si nantinya emoticon-Big Grin a.k.a software defined networking tp sekarang belajar virtualisasi geneneral dulu gan emoticon-Sundul Gan (S)
0 0
0
Cloud Computing ( Yu mari Kita belajar bersama )
18-03-2013 20:06
Quote:Original Posted By m.e.yudha.k
kalo ga network engineer, berarti system engineer..
cmiiw

btw,
ada yang tahu gak, kalo build private cloud untuk PaaS..
selain windows azure, cloudfoundry, adakah yang lain gan?


buat sendiri malah riskan di securitynya... liat aja berita terbaru si biznet sama.telkom lg.kena.kasus krn mslh security... pdhl mereka berbasis.vmware emoticon-Hammer2
0 0
0
Cloud Computing ( Yu mari Kita belajar bersama )
26-03-2013 09:33

buku cloud storage berbahasa indonesia tulisan ane

ijin share agan2 sekalian, semoga berkenan.. beberapa pekan ini ane
berusaha ngoprek tentang cloud storage, walhasil ternyata ngebuat pake
opensource lumayan banget gan. dan berhasil juga akhirnya.. emoticon-I Love Kaskus (S)

Saat ini sudah berjalan lancar diserver n jaringan ane, bahkan untuk
operasional di tempat ane bekerja. Tambahan lagi, karena opensource,
jangan khawatir gan, smuanya is free alias gretongan..sifat aseli bangsa
endonesya (pecinta gretongan..he he emoticon-Cape d... (S))

Dokumentasinya ane coba tulis dan susun rapi, dibuku ini...

"The Power of ownCloud. 10 Langkah Mudah Membangun dan Mengelola Sendiri Teknologi Cloud di Lingkungan Anda"

Cover buku :

Cloud Computing ( Yu mari Kita belajar bersama )

Kenapa buku ini menarik ?

- Berdasarkan kasus nyata penerapannya dilapangan
- Penyampaian sederhana dan langsung berorientasi praktis, karena per bab merupakan gambaran tercapainya satu kompetensi tertentu
- Berbasis open source sehingga software gratis, mudah diperoleh, dapat di customize sesuai dengan masing-masing kebutuhan user
- Pengaplikasiannya sangat fleksibel, bisa dalam lingkungan dengan jumlah user kecil atau besar

Bagaimana kata para pakar tentang buku ini ?

"Membaca sepintas karya mas Dedy, buku cloud ini akan sangat bermanfaat bagi mereka yang ingin membangun cloud untuk keperluan sehari-harinya maupun untuk keperluan profesional lainnya. Dibahas detail teknik cara membuatnya sehingga kita dapat membuat sendiri cloud tersebut. Semoga buku ini bisa membantu kita semua dalam membangun infrastruktur yang merakyat."
(Onno W. Purbo - Pakar IT dan Open Source)

"Ketika teknologi cloud computing berkembang semakin rumit, mas Dedy Setyo Afrianto berhasil menyajikan dengan bahasa yang mudah, plus contoh penerapan yang lebih nyata. Buku wajib bagi yang tertarik membangun sendiri cloud computing."
(Romi Satria Wahono - Founder IlmuKomputer.Com dan CEO Brainmatics.Com)


"Buku ini merupakan bidang keahlian komputer yang sedang menjadi trend namun belum banyak ditulis dalam bahasa Indonesia. Untuk itu kami mengucapkan selamat dan terima kasih kepada Saudara Dedy Setyo Afrianto yang telah berhasil menyusun buku ini dan mendedikasikan karyanya untuk pendidikan dan pengembangan teknologi informasi di Indonesia. "
(Rusmanto - Pakar Linux dan Open Source, Pemred Majalah Komputer InfoLinux)

Daftar isi buku :

1.Prolog
a. Tentang Cloud Computing
b. Sekilas ownCloud
c. Studi Kasus Lapangan
d. Persiapan server, koneksi dan software

2.Instalasi dan Konfigurasi ownCloud diserver anda
a. Masalah dan Solusi Instalasi ownCloud
b. Penggunaan ownCloud untuk Manajemen File dan Folder Upload dan Download
i.Pembuatan, rename dan delete file-Folder
ii.Sharing user
iii.Penulisan Kolaborasi

3.Setting Mudah ukuran file maksimal di ownCloud

4. Sinkronisasi Antar Device
a. PC Windows
b. PC Linux Ubuntu
c. Smartphone Android

5.Media Sharing dengan Mudah di ownCloud

6.Mencicipi performa ownCloud sebagai Music Server

7.Menambahkan kapasitas penyimpanan ownCloud dari harddisk local dan Dropbox

8.Penggunaan Contact dan Sinkronisasinya di gadget android

9.Penggunaan Calendar dan sinkronisasinya di PC Windows

10.Pembahasan Modul ownCloud
a. User Photo
b. Internal Message

Pre Order bulan Januari 2014 hanya Rp.35.000,- saja (belum ongkir)

Serius nih ?, Gimana cara pesennya ?

SMS langsung penulisnya ke 087770030903, ketik : PESAN_nama_alamatlengkap_jumlah
Diubah oleh amar02
0 0
0
Cloud Computing ( Yu mari Kita belajar bersama )
28-03-2013 07:52
Quote:Original Posted By radith_xedge


buat sendiri malah riskan di securitynya... liat aja berita terbaru si biznet sama.telkom lg.kena.kasus krn mslh security... pdhl mereka berbasis.vmware emoticon-Hammer2


jah gan..
ane akhirnya pake vfabric..
azure ga bisa di deploy di server sendiri..
ini buat penelitian sih gan, lagian juga private cloud, bukan public apalagi hybrid..
kalo masalah security itu susah buat cloud, hahaha..
selain vfabric, adakah PaaS yang bisa kita pasang di server sendiri?
Open PaaS? atau apa?
ini ane coba yang trialnya vfabric, lumayan 60 hari.. emoticon-Malu (S)
0 0
0
Cloud Computing ( Yu mari Kita belajar bersama )
28-03-2013 07:55
Quote:Original Posted By amar02
ijin share agan2 sekalian, semoga berkenan.. beberapa pekan ini ane
berusaha ngoprek tentang cloud storage, walhasil ternyata ngebuat pake
opensource lumayan banget gan. dan berhasil juga akhirnya.. emoticon-I Love Kaskus (S)

Saat ini sudah berjalan lancar diserver n jaringan ane, bahkan untuk
operasional di tempat ane bekerja. Tambahan lagi, karena opensource,
jangan khawatir gan, smuanya is free alias gretongan..sifat aseli bangsa
endonesya (pecinta gretongan..he he emoticon-Cape d... (S))

Dokumentasinya ane coba tulis dan susun rapi, pake gambar pula supaya
mudah untuk dipraktekkandisini
gan.

Mohon ulasan dan reviewnya gan emoticon-Blue Guy Cendol (L)

Sekian dari ane..


ane uda pernah coba gan pake itu..
lumayan juga..
tapi pasti abis login pake admin, besoknya ga bisa login lagi..
ane bingung..
0 0
0
Cloud Computing ( Yu mari Kita belajar bersama )
28-03-2013 12:41
Assikk lengkap

belajar dulu ah emoticon-Big Grin
0 0
0
Cloud Computing ( Yu mari Kita belajar bersama )
28-03-2013 18:17
ninggalin jejak,,pgn belajar juga gan
0 0
0
Halaman 2 dari 10
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2023, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia