tanteigo
TS
tanteigo
Jokowi "Usir" Penghuni Rusun Bermobil


Suasana di Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Marunda, Cilincing, Jakarta Utara. Rusun ini terdiri dari tiga cluster, 26 blok, dan 2.600 unit rusun.

JAKARTA, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo meminta agar rumah susun yang disubsidi oleh pemerintah Provinsi Jakarta dihuni oleh warga kelas menengah ke bawah. Penghuni yang berkecukupan secara finansial sebaiknya meninggalkan rumah susun (rusun) tersebut.

Hal itu disampaikan oleh Jokowi, menanggapi banyaknya penghuni rusun yang menggunakan kendaraan mewah. Mantan Wali Kota Surakarta ini menjelaskan, landasan utama pembangunan dan pemberian rusun adalah untuk menyediakan hunian layak dengan tarif sewa murah kepada warga kelas menengah ke bawah. Namun, saat ini tak sedikit penghuni rusun tersebut tetap menikmati rusun yang disubsidi oleh pemerintah pusat dan daerah.

"Rusun itu sebetulnya memang untuk yang enggak bermobil. Mungkin dulu enggak punya mobil, terus sekarang punya (mobil), ya alhamdulillah. Tapi mestinya pindah dari situ (rusun)," kata Jokowi di Balaikota Jakarta, Senin (25/3/2013).

Perlu diketahui, di Rusun Kebon Kacang, Jakarta Pusat, ada beberapa penghuni rusun yang telah memiliki mobil. Salah satunya bahkan memiliki mobil mewah bermerek Jaguar. Jokowi merasa bingung terhadap kondisi tersebut karena ia tak memiliki hak menindak dengan alasan rusun tersebut milik Perumnas.

Untuk itu, menyusul adanya rencana pembangunan rusun di sejumlah lokasi di Jakarta, Jokowi mengaku akan merancang aturan terkait syarat menghuni rusun. Ia menegaskan, rusun hanya diperuntukkan bagi warga tidak mampu. Penghuni yang telah lebih baik secara ekonomi diminta untuk meninggalkan rusun. "Kalau di (rusun) Marunda, itu urusan saya, tapi ini kan (Rusun Kebon Kacang) punya Perumnas, masa saya yang nyuruh pindah," ujarnya.

0
5.7K
52
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.