INCUBATORAvatar border
TS
INCUBATOR
Tai chi percepat proses pemulihan pasien stroke


Tai chi,sebuah konsep bela diri kuno dari China, ternyata bisa digunakan untuk mempercepat proses penyembuhan pada pasien stroke. Sebuah penelitian mengungkap bahwa tai chi mampu mengurangi risiko pasien stroke untuk jatuh.

Selain bisa menjaga pasien stroke agar tak mudah jatuh, penelitian juga menemukan bahwa orang yang melakukan tai chi sebagai bagian dari penyembuhan stroke mereka lebih cepat pulih dibandingkan orang yang tidak melakukan tai chi, seperti dilansir oleh Today Health (06/02).

Hasil ini ditemukan peneliti setelah mengamati 89 pasien stroke yang berhasil bertahan. Para partisipan yang rata-rata berusia 70 tahun ini dibagi menjadi tiga kelompok. Satu kelompok diminta untuk melakukan tai chi selama 12 minggu, kelompok kedua diminta melakukan olahraga SilverSneakers untuk menguatkan otot mereka selama 12 minggu. Sementara kelompok ketiga melakukan banyak kegiatan secara acak hanya agar mereka selalu aktif.

Setelah tiga bulan penelitian, jumlah total pasien yang jatuh adalah 34 orang. Biasanya ini disebabkan oleh terpeleset atau berjalan cepat. Peneliti mendapati bahwa kelompok yang melakukan tai chi adalah yang paling sedikit jatuh. Sementara jumlah pasien yang jatuh di kelompok kedua dan ketiga hampir sama.

Peneliti mengamati bahwa pasien stroke biasanya kurang dalam hal keseimbangan. Untuk itu, mereka mudah sekali jatuh. Gerakan tai chi yang pelan, lembut, dan pasti membuat pasien stroke merasa memiliki pijakan yang lebih kuat. Selain itu, tai chi juga membuat pikiran pasien stroke lebih fokus dan tenang.

sumber, komentar, metode baru dalam penyembuhan, stroke !
0
1.1K
10
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar Negeri
icon
78.9KThread10.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.