aditvoicesAvatar border
TS
aditvoices
Ketika Kejujuran Mahal Harganya
emoticon-SelamatWelcome to My Threademoticon-Selamat

secara sederhana, kata “Jujur” berarti tidak berdusta ketika berbicara. Hmm ya kejujuran juga berarti tidak melebih – lebihkan sesuatu yang hanya untuk membuat orang lain terkesan kepada kita. Dan tindakan kita harus sesuai dengan kata kata kita. Lawan kata jujur adalah berbohong. Arti kata berbohong sebenarnya mengatakan sesuatu yang tidak benar. Kalian mungkin ada yang sudah menyadari dan ada yang belum, bahwa sebenarnya kejujuran itu sama artinya dengan keterbukaan =)

,kejujuran adalah dasar utama dari kepercayaan yang akan menentukan hubungan seseorang dengan orang lain. Jika seseorang mengarang cerita yang tidak sesuai dengan kebenarannya untuk menutupi kesalahannya, maka sulit baginya untuk memperbaiki kesalahan itu. Ketika seseorang tidak jujur terhadap dirinya sendiri tentang suatu kebenaran, dia biasanya juga tidak jujur dengan orang lain (y) Kalau orang memiliki dasar utama yaitu kejujuran, maka dia tidak akan berbohong ataupun menipu, walau sebenarnya dia memikiki kesempatan untuk melakukannya.

,tidak semua orang menganggap penting untuk memelihara kejujuran. Bahkan di dunia bisnis, di dunia pendidikan maupun dalam keluarga, kejujuran semakin menjadi barang yang langka. Ada yang berkata bahwa mustahil untuk mendapatkan keuntungan jika kita terlalu jujur. Dalam hidup ini payah cari orang jujur. Maka dari itu saat mulailah menerapkan kejujuran dalam kehidupanmu. Ini ada sedikit cerita tentang kejujuran dalam kehidupan berkeluarga.
Spoiler for Cerita:

untuk kita yang sudah membaca cerita singkat diatas, pesannya kepada kita adalah biasakanlah bersikap dan berkata jujur dalam segala hal dan tanamkanlah nilai nilai kejujuran dalam kehidupan kita.

Selain itu ada ungkapan yang mengatakan bahwa “kejujuran itu mahal”. Ya, kejujuran memang sangat-sangat mahal karena berkata jujur itu terkadang sangat berat. Memang setiap kejujuran itu adalah kebenaran tapi, apakah setiap kejujuran itu berimbas kebaikan atau keburukan pada kita??

Ingat ada kejujuran yang baik dan ada juga yang buruk. Apa contohnya?

Kejujuran yang baik adalah kejujuran yang membuat mu tenang dan orang lain senang walaupun kadang ada juga yang merasa sakit, tapi apa boleh buat karena kejujuran itu demi kebaikan semua orang. Ada juga kejujuran yang membuat kita dibenci karena, orang itu akan terganggu oleh sesuatu yang salah yang sudah dilakukannya. Sedangkan kejujuran yang buruk misalnya membocorkan markas diwaktu ditawan oleh musuh saat perang. Pada situasi ini kejujuran tidak diperlukan karena bisa menghancurkan diri sendiri. Bahkan di Myanmar setriap prajurit rakyat dibekali pil APC yaitu berisi racun yang sangat mematikan sehingga, ketika mereka ditangkap dan di tawan mereka langsung menelan pil itu agar rahasia markasnya terjaga.

Ya sebaiknya kita menjadi orang yang jujur, sesuai dengan “Qulil Haqqo walaw kana Murron” Katakan Kebenaran walaupun pahit. ya resiko dari kejujuran memang pasti ada, tapi usahakan katakan yang jujur dan benar selama itu baik bagi kita dan semua orang. emoticon-Jempol

Sebenarnya saya cm ingin share kpd kaskuser yg ada dsini betapa pentingnya arti dr kejujuran. Ada yg pernah bilang,"berbohong itu boleh klo niatannya baik". Apakah tepat demikian?? emoticon-Bingung (S)
kebohongan seperti itulah yg biasanya menjadi celah untuk pendusta. Sebaik-baik apapun niatan berbohong,lebih baik jujur tp menyakiti drpd bohong untuk menyenangkannya sesaat.


Kiranya berkenan di hati para kaskuser dsini emoticon-Shakehand2

klo berkenan TS ga nolak
Spoiler for cendol:

mohon jangan di
Spoiler for bata:

klo bisa mohon di rate gan
emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star

kunjungi thread ane yg lain:
Kumbang Ini Memangsa Katak Hidup-hidup
20 Fakta Unik Tentang Rokok
7 Fakta Tentang Obat
Yuk Belajar Memaknai Hidup!!
Diubah oleh aditvoices 27-12-2012 22:34
0
8.1K
30
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.