News
Batal
KATEGORI
link has been copied
74
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5135fbcd5b2acfbc0d00000b/usaha-unik-pom-bensin-mini
Sesuatu yang berbeda terlihat di pelataran rumah Asminah (43). Rumah berukuran 5x10 meter tersebut menyimpan sebuah mesin pom bensin mini yang menyediakan dan menjual bensin dengan cara mengukur digital laiknya di SPBU besar. Asminah memulai usaha menjual bensin dengan bantuan alat pom bensin mini sejak Agustus 2012. Saat itu, suaminya, Maryanto (43), tengah mengalami sakit gagal ginjal. Karena bi
Lapor Hansip
05-03-2013 21:06

Usaha Unik Pom Bensin Mini




Usaha Unik Pom Bensin Mini




Quote:Sesuatu yang berbeda terlihat di pelataran rumah Asminah (43). Rumah berukuran 5x10 meter tersebut menyimpan sebuah mesin pom bensin mini yang menyediakan dan menjual bensin dengan cara mengukur digital laiknya di SPBU besar.

Asminah memulai usaha menjual bensin dengan bantuan alat pom bensin mini sejak Agustus 2012. Saat itu, suaminya, Maryanto (43), tengah mengalami sakit gagal ginjal. Karena bingung menghadapi ekonomi keluarga dan sudah tidak bekerja, suaminya mendapat tawaran dari kerabat dekatnya untuk membuka pom bensin mini di depan rumahnya.

Bermodal nekat, suami Asminah pun meminjam uang di bank Rp 70 juta untuk membeli mesin pom bensin tersebut. Dia harus membayar cicilan ke bank Rp 2,2 juta perbulan selama beberapa tahun.

Selang dua bulan membangun usaha pom bensin mini, Maryanto meninggal karena penyakit yang dia derita. Asminah pun melanjutkan usahanya seorang diri untuk menghidupi 3 orang anaknya.

Dalam satu hari, dia bisa menjual 400 liter bensin. Bensin tersebut dia dapatkan dari SPBU di Tegal Alur Kalideres, Jakarta Barat. Kemudian bensin tersebut dia jual dengan harga Rp 5.000 per liter.

"Untungnya ya enggak seberapa. Buat jajan dan biaya kuliah anak saja," kata Asminah.

Asminah menuturkan, sampai saat ini dia belum menikmati keuntungan dari berjualan bensin tersebut. Untung yang dia dapatkan dalam sehari bisa mencapai Rp 200.000. Uang tersebut dia kumpulkan untuk membayar cicilan bank supaya bisa cepat lunas.

Pom bensin mini yang terletak di Jalan Bakti Raya RT 02/02, Tegal Alur ini merupakan pom bensin mini kedua di wilayah tersebut. Sebelumnya pom bensin mini ada di dekat Pospol Tegal Alur, milik seorang warga Prepedan.

Biasanya, Asminah memasok bensin pada malam hari. Dia hanya bisa membeli bensin dengan ukuran besar pada jam tersebut.

Salah satu keponakannya, Slamet ikut membantu Asminah membeli bensin di SPBU terdekat. Slamet selalu membawa 4 drigen minyak berukuran 35 liter untuk bisa mengisi tabung pom bensin mini.

Asminah membeli mesin tersebut dari penjual perorangan di Bandung. Mesin tersebut tersambung dengan selang yang terhubung pada tabung yang memuat bensin sebanyak 400 liter.

Pom bensin mini milik Asminah buka mulai pukul 06.30 WIB, sedangkan waktu tutupnya tergantung dengan jumlah bensin yang tersedia.

"Kalau bensin habisnya Magrib, ya tutupnya Magrib. Kalau habisnya siang, ya langsung tutup aja. Jadi tergantung dengan stok bensinnya," kata Asminah.

Dengan menjalankan usaha ini, Asminah hanya berharap supaya bisa berjalan lancar. Dengan membiayai 3 orang anak seorang diri, Asminah hanya bertumpu pada pendapatan jualan bensin dan warung sembako kecil miliknya.

Sedangkan Hardi, salah satu pembeli mengatakan, dirinya sengaja membeli bensin di pom bensin mini. Alasannya, pom bensin resmi lumayan jauh dari tempat tinggalnya.

Selain itu, dia juga harus antre dan menggunakan helm untuk membeli bensin. Hardi juga mengungkapkan, dirinya lebih percaya membeli bensin di pom bensin mini dibanding penjual bensin eceran yang menggunakan botol. Penjual tersebut selain takarannya yang tidak pas, bensin yang tersedia pun sering kotor dan menyebabkan motor cepat menjadi rusak.

"Mahal sedikit ya enggak apa-apalah. Yang penting lebih dekat dan bensinnya bersih," kata Hardi.



Sumber : http://megapolitan.kompas.com/read/2013/03/05/19450513/Usaha.Unik.Pom.Bensin.Mini.


Wah sungguh kreatif ide usahanya... emoticon-Angkat Beer
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 4
Usaha Unik Pom Bensin Mini
06-03-2013 06:53
Kreatif sih kreatif. Cuman kreatif kebabalasan kek gini juga keterlaluan. Ini namanya egois. Itu keselamatan warga sekitar dipikir tidak? Lihat saja rumahnya dempet begitu. Adakah alat pengendali api sekiranya terjadi kebakaran? Solanmya yg dijual sejenis combustible tingkat tinggi. Belum lagi jalur akses pemadam kebakaran ke wilayah tersebut. Ini taruhannya nyawa !! Kalo nyawa sang penjual sih mungkin mereka sudah nekad tidak terpikirkan, kalo warga sekitar?? Dan secara hukum juga sudah menyalahi aturan.

* MODIAR KOWE KAMPRETOS *
* GO JAKARTA BARU GO *

Hans
0 0
0
Usaha Unik Pom Bensin Mini
06-03-2013 06:58
Quote:Original Posted By kittenlady
wow.. unik banget... emoticon-Cendol (S)

tapi semoga gak ada masalah kedepannya... kan kalo di aturannya gak boleh beli bensin pake jirigen... emoticon-Bingung (S)


kreatif dikit, modalin 3-4 juta buat modif motor dengan boncengan 2 dirigen kiri kanan, inletnya dari tangki motor didepan (asumsi motor laki) ........

masih cincai lah kalo emang buat dijual lagi dengan selisih harga segitu mah, yang bajingan mah kalo dipake buat mesin industri ......... emoticon-Mad:
0 0
0
Usaha Unik Pom Bensin Mini
06-03-2013 07:00
kreatif tapi gawat kalau beritanya udah menyebar
0 0
0
Usaha Unik Pom Bensin Mini
06-03-2013 07:02
Quote:Original Posted By ottawa2012
Kreatif sih kreatif. Cuman kreatif kebabalasan kek gini juga keterlaluan. Ini namanya egois. Itu keselamatan warga sekitar dipikir tidak? Lihat saja rumahnya dempet begitu. Adakah alat pengendali api sekiranya terjadi kebakaran? Solanmya yg dijual sejenis combustible tingkat tinggi. Belum lagi jalur akses pemadam kebakaran ke wilayah tersebut. Ini taruhannya nyawa !! Kalo nyawa sang penjual sih mungkin mereka sudah nekad tidak terpikirkan, kalo warga sekitar?? Dan secara hukum juga sudah menyalahi aturan.

* MODIAR KOWE KAMPRETOS *
* GO JAKARTA BARU GO *

Hans


setuju sama ente gan... savety nya masih 0 besar.. maklum deh orang awam emoticon-Cape d... (S)
0 0
0
Usaha Unik Pom Bensin Mini
06-03-2013 07:16
Quote:Original Posted By darkfuture
klo sehari untung 200rb, berarti sebulan bisa 15juta
5 bulan dah balik modal tuh emoticon-Matabelo


Ngitungnya gimana ganemoticon-Ngakak

200 rb x 30 hari = Rp. 6000.000,-emoticon-Ngakak bukan 15 juta
0 0
0
Usaha Unik Pom Bensin Mini
06-03-2013 07:19
kreatip gan, tp ya lama tuh balik modalnya emoticon-Matabelo
0 0
0
Usaha Unik Pom Bensin Mini
06-03-2013 07:23
Quote:Original Posted By darkfuture
klo sehari untung 200rb, berarti sebulan bisa 15juta
5 bulan dah balik modal tuh emoticon-Matabelo



Pinter bgt si agan ngitungnya 200rb x 30 hari 15jt
emoticon-Ngakak
0 0
0
Usaha Unik Pom Bensin Mini
06-03-2013 07:28
Quote:Original Posted By 47k


emmm... IMHO, 200rb/hari dalam sebulan bukannya 6jt ya?? jadi kalo 70jt modal usaha, maka butuh waktu kurang lebih 11,67 bulan, kira2 kena 1taon buat balik modal?


eh iya.. 6 juta ya.. emoticon-Malu

Quote:Original Posted By dark_sky



Pinter bgt si agan ngitungnya 200rb x 30 hari 15jt
emoticon-Ngakak


kan ngitungnya pake kalkulator Badan Anggaran emoticon-Embarrassment
Diubah oleh darkfuture
0 0
0
Usaha Unik Pom Bensin Mini
06-03-2013 07:29
Perjuangan yang hebat dari seorang ibu untuk dapat mencukupi kebutuhan hidup anak2nya dan dirinya emoticon-thumbsup
0 0
0
Usaha Unik Pom Bensin Mini
06-03-2013 07:38
mantap gan
0 0
0
Usaha Unik Pom Bensin Mini
06-03-2013 07:45
itu usaha hanya di rumah apakah boleh ? bagaimana dengan standard keamanannya ? Apa tidak takut meledak ?
0 0
0
Usaha Unik Pom Bensin Mini
06-03-2013 07:46
beli dimana pompa bensinnya ya dan pasokan dari pertamina kah??
0 0
0
Usaha Unik Pom Bensin Mini
06-03-2013 07:47
bedanya dengan yang jual literan apa emoticon-Bingung (S)

apa dengan jadi pom mini ini dapet ijin beli dalam jumlah besar pake galonemoticon-Bingung (S)
0 0
0
Usaha Unik Pom Bensin Mini
06-03-2013 07:58
Quote:Original Posted By Private.Indo
mahal beud modalnya 70 juta

emoticon-Thinking



kalau setoran tiap hari dipakai buat balikin modal, ngga makan dong gan, ngga bayar kuliah dong gan, ngga bayar listrik dong gan, ngga bayar keperluan sehari hari dong gan

emoticon-Thinking


Enggak juga lah gan. Gini aja itungan bodonya:
Sehari 200rb x 30 hari x 12 bl = 72jt
Berarti dia cuman menunggu 1 tahun. Yang penting kalo udah bisa buat penghasilan seperti itu, dia bisa nahan diri selama satu tahun dan satu tahun berikutnya dia bisa invest lagi buat bikin Pertamini. Bukan enggak mungkin 10 taun lagi dia bisa beli Pertamina. emoticon-Big Grin
0 0
0
Usaha Unik Pom Bensin Mini
06-03-2013 08:09
Aneh..

Inikan salah satu usaha yang bikin ketersediaan bensin dispbu berkurang?!?!

Kok malah ada yg muji ini kreatif. Kalo cuma dia sendiri ma.. Ok aja, tapi yg usaha kaya gtu banyak coy. Bikin ekonomi biaya tinggi.

Seharusnya diberangus!!

0 0
0
Usaha Unik Pom Bensin Mini
06-03-2013 08:32
di daerah gw waktu jaman SD udah banyak gan. tapi pada bangkrut
0 0
0
Usaha Unik Pom Bensin Mini
06-03-2013 08:49
semoga barokah bisa nyekolahin anaknya ampe kuliah bu emoticon-angel
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
Usaha Unik Pom Bensin Mini
06-03-2013 09:02
bukannya ilegal tuh gan pernah digrebek polisi
0 0
0
Usaha Unik Pom Bensin Mini
06-03-2013 09:05
itu terjamin ga keselamatanya
0 0
0
Halaman 3 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia