anDICKaAvatar border
TS
anDICKa
BUAT INVESTOR YANG CARI IDE USAHA YANG BELUM ADA DAN UNIK
UPDATE GAN!!!!

assalamualaikum...

agan-agan para investor pencari ide bisnis, ane minta maaf nih kurang konsennya dengan thread yang ane buat ini. mungkin kok pada nanya belum dapat email? Beberapa bulan belakangan ini ane agak sibuk dengan usaha yang sedang ane buat jadi aga terlantar deh jarang online kalau pun online ya sekedarnya aja dan belum sempet kirim2 email ditambah komputer ane kena bad sector dan data2 proposal disana semua...

“ jadilah sapi-sapi ungu diantara sapi-sapi putih” bukan berarti agan jualan sapi..hahahha.. tapi jadilah BERBEDA maka membuat bisnis agan-agan jadi menonjol dan terlihat oleh konsumen.

ok biar enak ane langsung share aja ide bisnis super unik yang belum / jarang dipakai, tapi hati2 yang pasti yang mau pake ide ini harus sedikit nekad juga...

beberapa ide dengan penajabaran singkat sebagai berikut :

1. RUMAH SAKIT ELEKTRONIK.
Rumah sakit elektronik adalah perusahaan jasa service elektronik (komputer PC, laptop, handphone, gadget, blander, tv, radio, dan barang-barang elektronik lainnya) yang memiliki konsep rumah sakit, dimana interior tempat usaha dan bentuk operasionalnya sama seperti rumah sakit. Seorang tukang servis yang berdandan ala dokter juga karyawan berseragam layaknya rumah sakit. Semua prosedural sama persis dengan rumah sakit yang berbeda hanya pasien yang datang adalah barang-barang elektronik. Memiliki pelayanan panggilan ambulan untuk layanan antar jemput servis.

Memang terlihat aneh tetapi dalam realita usaha jasa ini memiliki banyak keuntungan karena usaha jasa bersifat tanpa modal dengan keuntungan bersih, kalau pun ada spare part yang harus diganti itu pun akan dibebankan kepada konsumen. Dengan merekrut para tukang-tukang servis yang bisa flaksibel mengambil jadwal praktek serta pembagian keuntungan dengan mereka membuat kita akan mendapat untung ganda tentunya ditambah dengan penebusan obat (spare part) di apotik rumah sakit elektronik ini yang juga sebagai pundi2 keuntungan dari penjualannya.

Illustrasi ide :
Agan dateng dengan membawa barang elektronik yang rusak, parkir dan agan akan melihat sebuah tampilan rumah sakit/klinik yang bukan sebenarnya rumah sakit. Lalu mengambil kursi roda yang telah disediakan untuk menaruh barang elektronik yang mungkin sedikit besar lalu membawanya kedalam, mendaftar dibagian pendaftaran dan agan akan mendapatkan kertas bertuliskan “sandi malarindu (nama agan *misal hehehe..), nomor urut antrian 04, konsultasi dengan Dr. Santoso, ahli spesialis penyakit laptop,” dan duduk di ruang tunggu yang dipenuhi sinyal wifi gratis untuk menghilangkan bosan selagi menunggu antrian dan agan akan melihat pintu2 ruangan dengan tulisan beberapa dokter spesalis dibidangnya seperti, dokter spesialis penyakit handphone dan gadget, dokter umum penyakit elektronik rumah tangga (kipas, blender, tv, radio, dll), dan dokter umum penyakit komputer. Agan akan bertemu tukang servis yang tidak biasa... hehehe... memakai baju putih bersih layaknya dokter dan berkonsultasi dengan ramah yang berakhir dengan diberikannya resep untuk ditebus dan dibayar di apotik yang telah tersedia, setelah itu tinggal pulang dan agan ambil lagi sesuai dengan lama pengerjaan yang telah ditentukan.


2. MC’S PADANG.
MC’S PADANG (Makanan Cepat Saji Padang) adalah rumah makan padang dengan konsep restoran cepat saji. Jika anda melihat restoran M*D atau K*C bayangkan agan melihat restoran padang dengan konsep modern dan di design dengan modern juga. Konsep makanannya sama seperti rumah makan padang pada umumnya hanya saja yang membedakan adalah tampilan penyajian akan berubah mengikuti restoran fast food modern, contoh: burger rendang, yang tampilannya dua tumpuk nasi yang dibentuk bulat dengan daging rendang ditengahnya berlumurkan bumbu khas padang didalamnya tidak ketinggalan daun singkong dan timun yang menemani daging rendang yang berada ditengah selayaknya tampilan burger dan tampilan lain yang juga disesuaikan dengan tampilan restoran fast food modern.

Keunggulan usaha ini adalah anda tidak perlu benar-benar belajar memasak masakan padang hanya tinggal mencari rekanan yang telah memiliki rumah makan padang untuk digabungkan dengan ide ini. Wifi gratis, tempat nyaman untuk nongkrong, live musik dengan ini maka target pasar akan melebar hingga ke anak muda yang enggan makan siang diwarung padang karena minimnya tempat yang nyaman dan selalu monoton dan sama pada warung padang biasa.


3. GORENGAN BULE.
Gorengan Bule adalah produk kuliner dengan menggabungkan makanan khas lokal gorengan yang sudah tidak asing lagi, dengan rasa “Bule” yang diwakilkan oleh keju. Ini adalah inovasi dari makanan ringan lokal yang dari hari kehari tampilan dan rasanya tidak berubah maka tercetuslah ide ini, dengan beberapa varian produk sebagai berikut, seperti : burger tempe (tempe mendoan yang disajikan ala burger dengan keju dan smoke beef ditengahnya dibalut dengan sambal kecap irisan cabai rawit), Bakwan bule (original gorengan bakwan dengan irisan daging dan sayuran berbaur dengan rasa keju yang dominan didalamnya, disajikan dengan sambal kacang pedas, mash singkong (singkong rebus yang dihancurkan dan dicampur dengan irisan kecil smoked beef, keju dan irisan kecil daun bawang, cocok sebagai pendamping dengan gorengan lainnya serta masih banyak lagi contoh sajian inovasi baru dalam bentuk gorengan. Dengan strategi marketing unik yang mengharuskan sipenjual menggunakan wig pirang ala bule yang akan menambah daya tarik unik untuk usaha ini.


4. NASI UDUK KEJU.
Nasi Uduk Keju terlahir dengan kebosanan mengkonsumsi nasi uduk yang telah menjadi kuliner budaya kita. Nasi uduk gurih yang dihasilkan dari proses bersama santan lalu disiram dengan keju cair dicampur merata disajikan dalam berbagai menu seperti, nasi uduk keju ayam bakar/goreng, lele dan bebek bakar/goreng (nasi uduk yang dicampur dengan keju cair diaduk rata bersama kacang polong dan potongan dadu kecil daging ayam/lele/bebek yang memiliki rasa dominan barberque disajikan hangat dengan sambal kacang khas betawi). Bisnis kuliner nasi uduk /pecel ayam memang terus menggeliat dengan terjangkaunya harga, maka bisnis ini menjadi sebuah peluang optimis dengan menghadirkan suatu inovasi baru dari nasi uduk/pecel ayam pinggir jalan versi baru.


5. TABLET GAME CENTER.
Tablet Game Center adalah bisnis yang masih terbilang jarang ditemui dan bisa menjadi alternatif untuk kebosanan pada rental playstation. Unggul dalam interaktif permainan, tablet memberikan keleluasaan bermain dengan layar sentuhnya dan banyak permainan yang dapat dimainkan dengan menggerakkan tablet itu sendiri. Banyak tersedianya permainan pendidikan seperti belajar membaca, menulis, mengaji, mewarnai, dll, sehingga memperluas segmentasi pasar hingga anak-anak preschool, rental ini juga bisa membawa nilai positif bahwa game tidak selalu berorientasi pada permainan semata namun dapat juga dijadikan sebagai alternatif belajar untuk anak-anak preschool yang masih senang bermain.

Tentunya dengan modal yang cukup minim, tempat usaha yag tidak terlalu besar, tidak berisik dan dana modal pun cukup bermain ditingkat micro dan memiliki keuntungan sama dengan rental playstation.

Strategi marketing dengan mecari lokasi usaha yang memiliki kepadatan penduduk yang tinggi dan segementasi pasar menengah kebawah yang notabene anak-anak umur 5-15 tahun yang masih belum pernah memiliki bahkan mencoba game tablet serta tentu memilih lokasi yang cukup berdekatan dengan lingkungan sekolah tanpa harus berada tepat dijalan raya utama. Opening bisnis ini diluncurkan dengan free trial selama 3 hari (gratis main selama 3 hari). Membuat jam “belajar main” yaitu jam 00:09 – 00:12 WIB dimana pada waktu ini anak-anak preschool dapat bermain dengan diskon ½ harga normal tentunya dengan persyaratan permainan yang dimainkan adalah permainan pendidikan, tentunya dengan sosialisasi brosur yang disebar diseluruh daerah radius 2 kilometer. Memberikan tempat yang nyaman untuk anak-anak. Promo tetap dengan bermain 10 jam gratis 1 jam bermain. Meluncurkan paket malam dengan harga paket yang cukup murah. Serta menyediakan juga wifi hotspot untuk keperluan browsing sehingga tidak kalah dengan konsep warnet.


6. GARAGE SALE.
Garage Sale sebuah toko yang menjual barang-barang second alias bekas yang lebih terfokus pada segmentasi fashion. Menjual barang-barang bekas sudah populer dibeberapa kota dan memang bukan konsep ide bisnis baru tetapi belum banyak di kota Jakarta. Dengan mengumpulkan pakaian,sepatu,aksesoris dll bekas layak pakai dan bermerek yang bisa didapat dari teman,saudara dan menjadi pengepul barang bekas bermerek yang akan disebarkan di media internet. Barang-barang bekasi ini dibandrol seharga cukup murah agar pengunjung tertarik untuk membeli yaitu dari harga Rp.20.000,- sampai dengan termahal Rp.50.000,- dengan modal pembelian antara Rp.5.000,- sampai dengan termahal Rp.25.000,- per pcs nya. Dengan proses pencucian serta dikemas kembali agar terlihat baru dan hanya menjual barang-barang bekas bermerek terkenal saja.

Bisnis ini dapat dimulai dengan menjual barang-barang bekas milik sendiri dan keluarga sangat sederhana dan cukup menguntungkan. Dengan strategi marketing brosur untuk daerah sekitar lokasi usaha dan membuat promo-promo sampai meluncurkan webstore dengan biaya pengiriman gratis dalam kota dan pembayaran ditempat sedikit menyadur dari konsep milik webstore ternama yang booming akhir-akhir ini.


7. TOKO BERJALAN.
Toko Berjalan adalah konsep mini market yang mengkonsenterasikan penjualan pada daerah lokasi tertentu yang masih dalam jangkauan lokasi usaha, karena berbelanja akan lebih mudah dengan toko berjalan dengan konsep menyebarkan katalog list barang-barang yang dijual berikut dengan harganya sehingga konsumen dengan mudah memesan melalui telephone, sms, bbm, whatsapp, YM serta sosial media lainnya dan langsung diantar kerumah konsumen pembayaran pun dilakukan ditempat. Konsep ini dapat meminimalisir dana pembangunan toko karena akan memusatkan penjualan melalui sistem antar. Ide bisnis ini cukup optimis untuk mematahkan bisnis mini market retail yang sangat menjamur saat ini. Dimualai dengan sebuah toko kecil, laptop milik anda sendiri dan kendaraan milik anda sendiri yang digunakan untuk mengantar pesanan dan anda hanya akan memerlukan 1 karyawan untuk memulai ini, atau bahkan anda bisa bekerjasama dengan pekerja ojek setempat untuk memakai jasa mereka sebagai pengantar pesanan dengan pembayaran per pesanan yang biayanya didapat dari ongkos kirim yang didapat dari konsumen itu sendiri. Hmm..bisnis baru yang menguntungkan... hehehhe.


Sekian deh gan ane panjang lebar ngejelasin apa yang ada dikelapa eh kepala ane... ane mau ngejalanin gak mungkin dan sebenernya pengen bgt ngejalanin tapi ane masih mau konsen sama usaha ane sekarang, jadi kita bisa share ide ini bareng-bareng deh... kalo agan-agan ada yang tertarik dengan ide bisnis ini ane siap ngebantu buat ngejelasin prospektus bisnis dari segi managemen marketing serta management keuangan yang harus agan-agan siapin buat bisnis ini sekaligus analisis / ilustrasi bisnisnya dalam segi BEP nya. Yah ga detil-detil banget dan ga ok-ok banget setidaknya ada rencana dan bayangan buat agan yang mau ngejalanin salah satu bisnis ini nantinya....

Ok ditunggu kalo ada yang minat ane siap bantu dan lebih enak kita ngobrol langsung biar lebih jelas dan terhindar dari kanker jari / jempol kalo kebanyakan ngetik atau bbman... hahahahahaha...

NB : BISA DISHARE BUAT AREAL JABODETABEK AJA. (soalnya aga ribet ngejelasin tanpa harus ketemu dan ngobrol bareng, kecuali agan-agan mau mampir ke Jakarta dan sekitarnya buat ketemu ane... hehehe *gak mungkin ye, kaya orang penting aje...) emoticon-Ngakak

Terus berjuang kreatif muda...

Andicka Suryana “Idea Conceptor Maker”
OWNER KRIKENTS (Kripik Kentang Selangit)
Oleh-oleh khas betawi.

Just call & whastapp ane :
081288960047

Wasalamualaikum Wr Wb.



punten dan mohon maaf buat agan-agan ini sempet menunggu dan bikin BT..semoga rejekinya dilancarkan sama ALLAH SWT, Amiiiin... ane lempar doa dah... emoticon-Ngakak

Quote:


Quote:



TAMBAHAN IDE-IDE UNIK DARI AGAN-AGAN LAIN... SALUUUT!!!

Quote:




Diubah oleh anDICKa 12-08-2016 10:27
0
34.6K
156
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Entrepreneur Corner
Entrepreneur CornerKASKUS Official
22KThread4.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.