maximusfoxAvatar border
TS
maximusfox
Berendam di Danau Vulkanik Terluas Se-Asia Tenggara
KOMPAS.com — Pantai identik dengan laut. Bagaimana kalau pantai di danau? Nah, sebuah obyek wisata diberi nama Pantai Pasir Putih Parbaba. Walau disebut demikan, pantai ini berada di tepi Danau Toba, danau vulkanik terluas di Asia Tenggara.

Pantai ini berada di Pulau Samosir, pulau di tengah Danau Toba. Uniknya, pantai ini sangat landai. Jadi, walau Anda berenang hampir ke tengah danau, tak perlu takut berenang terlalu dalam. Mulai dari bibir pantai sampai sekitar 150 meter ke arah danau, kedalaman hanya sekitar satu setengah meter.





Oleh karena itu, sangat cocok membawa anak-anak untuk berenang di Pantai Pasir Putih. Apalagi airnya yang tenang khas danau. Tak perlu takut tersapu ombak ataupun arus kencang di dasar. Meskipun dangkal, wisatawan tetap gemar berenang santai dengan ban.

Ya, paling asyik wisata air di pantai ini dengan menyewa ban. Kalungkan ban di pinggang, lalu mengambanglah dengan santai di atas Danau Toba. Tak perlu gerakan kaki, pun tangan. Ikuti saja arus, benar-benar rileks.

Tak mau basah? Naik saja bebek-bebekan berkeliling Danau Toba. Namun, berenang tetap menjadi kegiatan paling menyenangkan. Walau lebih tepat disebut mengambang dibandingkan dengan berenang.

Pasir di pantai ini sebenarnya tak bisa juga disebut sebagai putih. Warnanya kecokelatan dan bertekstur agak kasar. Duduk-duduk di meja berpayung sambil menikmati panorama Danau Toba dan perbukitan hijau juga menjadi pengalaman tersendiri.

Kawasan Pantai Pasir Putih ini sebenarnya baru tiga tahun terakhir dilakukan pengembangan untuk pariwisata. Dulunya, kawasan ini tertutup oleh tanaman liar. Sekarang, warung dan penginapan sederhana sudah memenuhi tepi pantai. Tersedia pula fasilitas mandi, cuci, dan kakus yang belum terlalu bagus.

Menuju Pantai Pasir Putih

Untuk menuju pantai ini, sebelumnya Anda harus menyeberang ke Pulau Samosir. Pantai ini tepatnya berada di Pangururan, Kabupaten Samosir. Jika Anda dari Kabupaten Prapat, bisa melalui Pelabuhan Ajibata menuju Pelabuhan Tomok di Kabupaten Samosir. Penyeberangan menggunakan feri.





Sesampai di Pelabuhan Tomok, arahkan kendaraan ke kanan, yaitu ke arah Pangururan, ibu kota Samosir. Anda cukup lanjutkan perjalanan darat ke Desa Parbaba. Dari Tomok ke Parbaba bisa dengan menumpangi angkutan umum atau bentor (becak motor).

Meskipun secara akses tergolong mudah, kawasan ini baru ramai dikunjungi penduduk setempat dan warga sekitar Danau Toba. Pantai Pasir Putih belum terlalu terkenal di kalangan wisatawan domestik, apalagi turis asing. Padahal, kapan lagi bisa berendam santai di danau vulkanik terbesar se-Asia Tenggara... sumber.travel.kompas.com

***
selain itu untuk agan-agan yang berniat ke sana ada penginapan yang dekat dengan pantai pasir putih parbaba yaitu hotel sitio tio dan hotel saulina..letaknya dekat kaki gunung pusuk buhit yang mempunyai keunikan lain yakni pemandian air panas alami dari sisa sisa letusan vulkanis gunung Toba..sesudah mandi di air danau yang tenang dan bersih, sore harinya bisa langsung berendam air panas di aek rangat untuk menenagkan tubuh dan pikiran..hmmm











0
26.5K
683
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.