D1144zzAvatar border
TS
D1144zz
Cerita Lasem – Ada Kopi Enak Disitu



★★ KOPI LELET TRADISI UNIK DI LASEM ★★


Survey semi ilmiah itu menyimpulkan kalau kualitas kopi tubruk di Lasem sangat baik. Riset dibatasi pada kopi tubruk saja, karena kopi gaya Starbuck belum masuk kesini. Tidak ada capucino frapucinno, espresso atau pelanggan perempuan, hanya kopi tubruk kental yang manis dan laki-laki tangguh.


Spoiler for Kopi lelet lasem:


Warung Kopi Lasem

Kopi Lasem disiapkan dengan resep rahasia,paling tidak itu kata pemilik warung,dan bagaimanapun mereka tidak mau membocorkan rahasia itu.
Jenis kopi yang dipakai sampai cara memanggang teramat sangat dirahasiakan. Tapi ada sedikit rahasia kopi lelet yang saya dapat : kopi digoreng medium lalu digiling berulang kali, umumnya 3-4 kali.


Spoiler for Kopi lelet:


"Kopi lelet", secara harfiah berarti kopi dioleskan,favorit bagi pecinta kopi Lasem itu. Buat ramuan dari ampas kopi halus yang digunakan dan menggunakannya untuk menggambar. Sebagian besar dari mereka perokok, rokok adalah pilihan yang jelas untuk kanvas. Seharusnya cat kopi menambah rasa yang khas untuk asap.
Beberapa dari mereka melukis di atas kertas juga, dan beberapa artis yang lebih baik telah menjual desain mereka.

Lasem (Babagan) #Pak Ndut Coffee Shop

Kopi lelet Lasem ini ramuan_nya: Kopi bubuk digunakan, sedikit susu kental dan biarkan kering sedikit. Kemudian gunakan tusuk gigi, seutas tali atau silet untuk melukis, sebaiknya pada rokok. Ampas kopi halus dan susu kental akan menambah rasa menyenangkan dan halus,kata mereka.

Lokasi: Lasem, Jawa Tengah, Indonesia


Selain resep super rahasia, beberapa warung juga masak air pakai kayu. Seperti di warung pak Ndut dan mak Ci, dikenal juga dengan “tanah suci” oleh pelanggannya. Kata mak Ci, asap kayu memberikan aroma khas. Mak Ci mengantar kopi saya pakai nampan plastik lengkap dengan gula pasir, silet, benang dan batang korek api. Selain kopi dan gula pasir, isi nampan itu tidak buat dikonsumsi, tapi dipakai buat upacara setelah ngopi. Ampas kopi dipakai untuk membuat gambar atau “melelet”. Biasanya rokok yang digambari konon akan terasa lebih enak.

Catatan:
-Setelah berturut-turut mengkonsumsi 2 gelas kopi sehari, kadang kita merasakan gejala ketergantungan.Kalau yang sudah candu kopi lelet ini.
-Gambar lelet ini sudah pernah dilombakan. Karya beberapa seniman lelet sudah dipakai oleh perusahaan besar Indonesia.


Sumber

Pesona Kopi Lelet Lasem Warung Kopi Makcik/Pak Ndut Diliput Langsung Oleh MetroTv





Kaskuser yg baik selalu meninggalkan komeng yg baik
TS hanya mengharapkan emoticon-Blue Guy Cendol (L)dan emoticon-Rate 5 Star dari agan" yang baik Hati...Txs...
Diubah oleh D1144zz 14-02-2013 18:30
0
29.6K
715
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.