BillyBoen
TS
MOD
BillyBoen
13 TOP Things to do in 2013
Hi para Juragan, berikut adalah 13 hal yang penting untuk dilakukan di 2013. Ke-13 hal ini tidak berdasarkan dari yang paling penting atau sebaliknya. Semuanya adalah investasi:

1. Buat apa aja yang mau dicapai dalam setahun
- Kenapa: Tulis kenapa ini penting untuk Agan?
- Kapan: Tulis kapan akan mulai mengerjakan, dan kapan batas akhir untuk target penyelesaiannya

2. Perbanyak teman & maintain pertemanan
Saya pernah ngetwit dari @billyboen, bahwa saya ngga pernah dengar ada orang yang bilang, "Saya rugi punya teman banyak". Kalau orang bilang kita harus siap ketika kesempatan datang, saya selalu bilang, "Ngapain nunggu kesempatan datang kalau kita bisa nyiptain kesempatan?" Gimana caranya? Dengan punya banyak teman. Pastikan dari waktu ke waktu hubungi teman-teman Agan, via sms/bbm/telp, "Hi apa kabar? Semoga sehat-sehat selalu ya"

3. Baca buku
Rata-rata CEO di Amerika baca 35 buku per tahun. Tips baca buku dari saya:
Jangan cuma baca judul-judul babnya trus berpikir bahwa kita sudah tahu semuanya. Yes, mungkin kita udah tau, tapi kekuatan sebuah buku adalah kalimat per kalimat yang dituliskan si penulis. Dari 1 buku, pasti ada 1-5 kalimat/quote yang powerful. Jadi ketika baca buku, be open minded. Mungkin kita sudah tau semuanya, tapi pastinya, hal-hal yang ditulis bisa jadi reminder untuk kita.

4. Ikuti seminar / workshop
Seminar banyak yang gratis. Yang murah (dibawah Rp. 200ribu) banyak, yang mahal juga banyak. Masing-masing punya alasannya tersendiri kenapa harganya segitu, dan pasti masuk akal. Yang mahal, mungkin karena diadakan di tempat yang mahal, ada lunch/dinner + coffee break, dan fee pembicaranya mahal, dsb. Kalau memang belum punya uang, coba cari yang gratisan/murah. Pasti ada yang bisa 'dibawa pulang' dari seminar/workshop. Mau jadi orang sukses? Ini salah satu investasi yang harus dilakukan..

5. Ikut organisasi (kampus, luar kampus/kantor)
Ada 'jutaan' organisasi di luar sana. Ikut. Kenapa penting? Ini mengasah interpersonal/social skill kita. Ngga ada orang sukses yang ngga tau cara bawa diri.. ngga ada yang ngga ngerti gimana cara berinteraksi dengan orang lain. Ikut organisasi juga bisa untuk ningkatin rasa tanggung jawab yang kita miliki, termasuk respect ke orang lain, berpikiran terbuka, on time ketika rapat, deliver tanggung jawab sesuai dengan waktu yang ditentukan, dan sebagainya. Dan ini semua diperlukan untuk sukses.

6. Menulis blog
Rata-rata orang pintar adalah orang yang bisa menulis. Saya ngga pernah punya pendidikan formal untuk menulis. Dan hingga saat ini, tulisan saya ini ya begini.. ngga ada aturannya. I don't care. Yang paling penting bagi saya adalah apa yang saya tulis.. pesannya.. bisa diterima dengan baik oleh pembaca. Saya ngga perlu masukin kata-kata 'besar' supaya dianggap pintar. No. itu ngga penting. Kenapa orang-orang pintar adalah orang yang bisa menulis? Karena sebelum menulis, seseorang harus peka terhadap lingkungan sekitar, nonton berita, baca buku, dan sebagainya. Ngga mungkin, ngga tau apa-apa trus nulis.

7. Jalan-jalan
Hampir semua orang suka travelling. Ini penting karena 1) buat refreshing, ngasih kesempatan buat diri kita nge-recharge ourselves. 2) untuk dapetin inspirasi. Jadi, kalau tahun 2012 lalu ngga sempet jalan-jalan, pastiin tahun 2013 Agan jalan-jalan. emoticon-Smilie Ngga perlu ke luar negeri, ke luar kota bisa kan?

8. Volunteer
Ketika kita volunteer, kita akan 'dikasih lihat' hal-hal yang biasanya tidak kita lihat di kehidupan kita sehari-hari. Apakah volunteer di kegiatan sosial di panti jompo, panti asuhan, penggalangan dana, donor darah, bencana alam, dan sebagainya. Apa untungnya? Kita diingatkan untuk mau dan mampu bersyukur akan hidup kita.

9. Mulai berbisnis kecil-kecilan
Hampir semua orang mau sukses, mau jadi pebisnis. Kalau cuma mau mau mau mau mau, tapi ngga mulai-mulai, ya kapan jadi pebisnis suksesnya? "Ngga ada modal, Agan Billy". Mulai dari modal sekecil mungkin. Ini tujuannya untuk minimize risk. Jadi kalaupun gagal, Agan ngga ngerasa 'sakit' banget. Dan untuk bangkitnya lagi, jadi lebih gampang.

10. Menonton acara TV yang inspiratif
Tujuan utama saya meng-iyakan untuk buat program acara TV mingguan di Metro Tv (setiap Sabtu 15.30-16.00) adalah biar saya bisa mengajak orang-orang sukses di Indonesia untuk berbagi, dan agar anak-anak muda Indonesia bisa terinspirasi dan belajar dari mereka. Take advantage dari acara ini dan semacamnya yang ada. Jangan cuma nonton sinetron percintaan dan pocongk-pocongkan terus... emoticon-Smilie

11. Jaga makan
Percuma sukses kalau sakit-sakitan. Dan menurut orang yang sehat, jaga makan itu justru prosentasenya lebih besar (lebih penting) daripada olah raga. Jadi untuk yang males olah raga.. at least jaga makan! Hindari junk food.

12. Olah raga teratur
Kalau udah bisa jaga makan, kenapa ngga coba push yourself untuk juga olah raga. Saya olah raga 2x - 3x per minggu. Apakah 52 minggu dalam setahun? Ngga juga sih. Tapi setidaknya, yang paling penting dari olah raga itu adalah: kesadaran bahwa hidup sehat itu penting.

13. Rayakan & buat resolusi 2014
SATU tahun dari hari ini, tgl 31 Desember 2013 jam 21.35.. coba lihat kebelakang.. liat apa aja yang sudah Agan lakukan sepanjang 2012. Apa yang berhasil, apa yang belum berhasil. Rayakan. Dan buat resolusi 2014. Jangan lupa masukkin apa-apa aja yang masih tertunda, dan pastikan untuk Agan capai di 2014.

Happy New Year 2013!

See you ON TOP!
Billy Boen

CEO, PT. YOT Nusantara
Shareholders Rolling Stone Cafe Jakarta & PT. Jakarta International Management (JIM)
Founder & Mentor @youngontop

Follow my twitter >> @billyboen
Sign up, be YOTers >> www.youngontop.com
Like my facebook >> www.facebook.com/billyboenYOT

Saksikan #YOTMetroTv setiap Sabtu 15.30-16.00, jangan lewatkan #YOTSindoRadio setiap Selasa 19.00-20.00.
0
15.1K
111
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Young on Top KASKUS Community (YOTKC)
Young on Top KASKUS Community (YOTKC)
icon
1.7KThread849Anggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.