Entertainment
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
Informasi! Kaskus Update Fitur Baru! Intip di Sini!
371
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/51192ef71fd7195f2c00000a/seputar-mie-ramen
Agan & sista pernah makan Mie Ramen?! Itu tu Panganan Mie yang terkenal dari Jepang. :cool Nah di Trit kali ini, ane mo ngupas dikit tentang tuh makanan. Ya udah ikutan yuk. :cystg Ramen (拉麺;ラーメン?) adalah masakan mi kuah Jepang yang berasal dari cina. Orang Jepang juga menyebut ramen sebagai chuka soba|中華そば|soba dari Cina atau shina soba|支那そば karena soba atau o-soba dal
Lapor Hansip
12-02-2013 00:48

Seputar Mie Ramen

Seputar Mie Ramen

Agan & sista pernah makan Mie Ramen?! Itu tu Panganan Mie yang terkenal dari Jepang. emoticon-Cool

Nah di Trit kali ini, ane mo ngupas dikit tentang tuh makanan. Ya udah ikutan yuk.
emoticon-cystg

Seputar Mie Ramen

Ramen (拉麺;ラーメン?) adalah masakan mi kuah Jepang yang berasal dari cina. Orang Jepang juga menyebut ramen sebagai chuka soba|中華そば|soba dari Cina atau shina soba|支那そば karena soba atau o-soba dalam bahasa Jepang sering juga berarti mi.

Ciri khas Mie Ramen

Rebusan mi hasil buatan tangan atau buatan mesin diceburkan ke dalam sebuah mangkuk berisi kuah yang dibuat dari berbagai jenis kaldu (umumnya dengan dasar kaldu babi, tapi agan & sista jangan kuatir, sekarang Mi ramen telah disesuaikan dengan budaya masing - masing Negara)). Pada umumnya chasiu, menma, dan irisan daun bawang ditambahkan di atas mi sebagai lauk atau penyedap.

Mie untuk ramen yang belum direbus :
Seputar Mie Ramen

Mi yang biasanya berwarna kuning dibuat dari terigu dengan kadar gluten tinggi ditambah air dan bahan kimia tambahan seperti potasium karbonat, natrium karbonat dan kadang-kadang asam fosfat. Bahan-bahan kimia yang bersifat alkali mengubah sifat alami gluten dalam tepung terigu dan membuat mi menjadi kenyal sekaligus mengaktifkan senyawa flavonoid yang terkandung dalam tepung terigu sehingga mi berwarna kuning. Perbandingan air dan tepung terigu adalah kira-kira 1 : 35%, semakin banyak air maka semakin lunak pula mi yang dihasilkan.

Pada zaman dulu pembuatan mi di Cina menggunakan air asin dari danau Kan di pedalaman Mongolia yang mengandung garam mineral alami. Di Jepang, bahan kimia tambahan untuk membuat mi sampai sekarang ini masih disebut kansui (鹹水, secara harafiah: air dari Danau Kan). Seusai Perang Dunia II, bahan kimia tambahan untuk mi yang berbahaya untuk kesehatan banyak beredar di pasaran, tapi sekarang bahan kimia tambahan sudah diatur dalam standar JAS. Bahan kimia tambahan untuk mi juga mempunyai bau tidak enak yang sering tidak disukai orang, sehingga di Jepang juga dibuat mi yang menggunakan telur sebagai pengganti bahan kimia.

Di atas ramen umumnya ditambahkan penyedap berupa beraneka ragam lauk seperti: chasiu, menma, telur rebus, sayuran hijau (seperti bayam), irisan daun bawang, nori, atau narutomaki sebagai hiasan. Telur rebus untuk ramen biasanya berwarna coklat karena direbus di dalam kuah bekas rebusan chasiu. Sayuran sekaligus penyedap yang paling umum untuk ramen adalah irisan daun bawang. Sebelum ditambahkan ke dalam ramen, sebagian penjual ramen lebih dulu menggoreng irisan daun bawang di dalam minyak goreng.


Sejarah Mie Ramen

Menurut catatan sejarah Tokugawa Mitsukuni (Mito Komon) sering disebut sebagai orang Jepang yang pertama kali makan ramen. Masakan mi kuah ala Cina pertama kali dihidangkan untuk Tokugawa Mitsukuni. Pembuatnya adalah seorang ilmuwan Konghucu dalam pengasingan dari Dinasti Ming yang diundang untuk datang ke Domain Mito.

Ramen diperkirakan mulai dinikmati rakyat banyak pada zaman dahulu. Pada waktu itu, ramen sudah masuk ke dalam menu berbagau rumah makan di kawasan permukiman keturunan China di Kobe dan Yokohama. Setelah itu, pada zaman Taisho, penjual mi di Hokkaido sudah menjual ramen seperti ramen yang
dikenal orang sekarang ini.

Di Jepang, mi kuah umumnya terdiri dari dua aliran:
1. Mi kuah dalam menu rumah makan yang dikelola imigran dari Cina, misalnya mi kuah dengan tauge, mi kuah tanpa lauk (tanmen), mi pangsit kuah, atau mi ala Kanton. Ramen dengan rasa miso atau rasa shio juga dicantumkan dalam menu.

2. Mi kuah oleh pedagang kaki lima di waktu malam yang kemudian membuka rumah makan ramen. Pedagang kaki lima yang berkeliling menjajakan ramen dengan gerobak dorong sudah ada di Jepang sejak zaman Edo. Penjual ramen berkeliling memakai gerobak sambil meniup terompet charamela.

Lagu yang dibunyikan adalah nada "sol la si - sol la - sol la si la sol la -". Oleh karena itu, penjual ramen keliling dalam bahasa Jepang sering disebut charamela. Pedagang keliling zaman sekarang sudah menggunakan pemutar rekaman sebagai pengganti charamela. Selain itu, pedagang ramen sering menggunakan mobil dan membawa kursi untuk berdagang di tempat ramai.

Setiap daerah atau kota di Jepang biasanya memiliki masakan ramen khas yang dipakai sebagai daya tarik pariwisata. Tradisi ramen lokal berasal dari usaha membangkitkan perekonomian daerah pada tahun 1980-an. Salah satu di antaranya dengan mempromosikan keunikan ramen khas masing-masing daerah di Jepang.

Promosi juga dilakukan lewat artikel di berbagai majalah. Salah satu promosi yang dianggap paling berhasil adalah promosi sapporo ramen. Wisatawan dalam negeri beramai-ramai mengunjungi Hokkaido untuk makan sapporo ramen. Keunikan ramen khas daerah memiliki nilai komersial yang tinggi. Di Jepang terdapat banyak sekali buku-buku laris mengenai ramen. Biro perjalanan juga menawarkan paket wisata untuk berkeliling menikmati ramen dari penjual ramen terkenal.


Jenis - Jenis Mie Ramen (GALLERY)

1. Shoyu ramen

Seputar Mie Ramen

2. Asahikawa ramen

Seputar Mie Ramen

3. Hakodate ramen

Seputar Mie Ramen

4. Kitakata ramen

Seputar Mie Ramen

5. Sanmamen

Seputar Mie Ramen

6. Hakata ramen

Seputar Mie Ramen

7. Nagahama ramen

Seputar Mie Ramen

8. Kumamoto ramen

Seputar Mie Ramen

9. Kagoshima ramen

Seputar Mie Ramen

10. Tsukemen

Seputar Mie Ramen

11. Banshu ramen

Seputar Mie Ramen

12. Okayama ramen

Seputar Mie Ramen

13. Tokushima ramen

Seputar Mie Ramen

14. Wakayama ramen

Seputar Mie Ramen

15. Onomichi ramen

Seputar Mie Ramen

16. Seiaburanose ramen

Seputar Mie Ramen

17. Tantan-men

Seputar Mie Ramen

18. Hiyashi ramen

Seputar Mie Ramen

19. Takayama ramen

Seputar Mie Ramen

20. Tokyo Tonkotsu ramen

Seputar Mie Ramen

21. Hakata ramen

Seputar Mie Ramen

22. Tokyo ramen

Seputar Mie Ramen

23.Tsukemen


Seputar Mie Ramen

Setiap jenis mie ramen memiliki tekstur, cita rasa, bumbu & campuran rempah tersendiri. Sehingga rasa antar ramen bisa berbeda antar daerah yang satu dengan daerah yang lain. emoticon-Traveller

Hmmm, jadi laper. Ane tinggal ya gan. emoticon-Salaman
Selamat Icip - icip deh
. emoticon-Ngacir

Maap ya gan & sista jika nih Trit rada berantakan. Tapi menurut ane yang penting informasinya tersampaikan. Laen kali ane perbaiki. emoticon-Sorry

TERIMAKASIH! emoticon-I Love Kaskus (S)

Sumber : wikipedia.org
0
Tampilkan isi Thread
Masuk untuk memberikan balasan
the-lounge
The Lounge
41.2K Anggota • 906.1K Threads
Halaman 4 dari 19
Seputar Mie Ramen
21-02-2013 17:08
Quote:Original Posted By iedz915
keknya enak tuh mienya emoticon-Genit:


Ngiler ya?!
0 0
0
Seputar Mie Ramen
21-02-2013 17:11
mantep nhe gan mie yang enak n nyummmy
0 0
0
Seputar Mie Ramen
21-02-2013 17:12
aduh, jadi laper nih gara2 TS... emoticon-Stick Out Tongue
0 0
0
Seputar Mie Ramen
21-02-2013 17:14
Mie ramen ama mie ayam beda kali gan
Terutama pada kuah dan lauk nya.
Jd jangan samakan yah
Cobain dulu satu satu
0 0
0
Seputar Mie Ramen
21-02-2013 17:15
penasaran bgt.
mau coba akh
0 0
0
Seputar Mie Ramen
21-02-2013 17:23
kitaka ramen kayany enak banget tuh
0 0
0
Seputar Mie Ramen
21-02-2013 17:23
belom pernah makan ramen emoticon-Embarrassment
0 0
0
Seputar Mie Ramen
21-02-2013 18:06
Quote:Original Posted By richardx888
aduh, jadi laper nih gara2 TS... emoticon-Stick Out Tongue

Tenang aje gan,nih lagi ane pesenin semangkuk ramen buat agan. Tungguin aja. emoticon-Peace
Quote:Original Posted By biscuid
Mie ramen ama mie ayam beda kali gan
Terutama pada kuah dan lauk nya.
Jd jangan samakan yah
Cobain dulu satu satu


Maaf gan?! yang nyamain mie ayam ama mie ramen siapa yah?! emoticon-Bingung (S)
0 0
0
Seputar Mie Ramen
22-02-2013 00:44
aduhhh jadi pengen ramen dah
nais share
nambah wawasan lagi dah
0 0
0
Seputar Mie Ramen
22-02-2013 00:53
shoyu ramen yang paling banyak ane temuin di kota ane gan emoticon-Big Grin

btw gan.... ini sekilas kok mirip gudeg jogja ya emoticon-Hammer
Quote:Seputar Mie Ramen
Diubah oleh kar.wazowski
0 0
0
Seputar Mie Ramen
22-02-2013 01:04
wah gambar2nya bikin ane laper banget gan... sumpah...
0 0
0
Seputar Mie Ramen
22-02-2013 01:09
Laper gan... emoticon-babi

*brbseduhpopmie*
0 0
0
Seputar Mie Ramen
22-02-2013 13:42
Quote:Original Posted By kar.wazowski
shoyu ramen yang paling banyak ane temuin di kota ane gan emoticon-Big Grin

btw gan.... ini sekilas kok mirip gudeg jogja ya emoticon-Hammer


Ane mikirnya jg gitu gan, tapi Ya emang gitu yang namanya Tantanmen gan. emoticon-I Love Kaskus (S)
0 0
0
Seputar Mie Ramen
22-02-2013 13:47
sempurna dimata emoticon-Matabelo nyaman di perut emoticon-Ngakak enak panas2 makan-nyaemoticon-Big Grin
0 0
0
Seputar Mie Ramen
22-02-2013 15:00
Quote:Original Posted By kenken808
sempurna dimata emoticon-Matabelo nyaman di perut emoticon-Ngakak enak panas2 makan-nyaemoticon-Big Grin


Tapi agak bikin sakit dikantong. emoticon-Ngakak
0 0
0
Seputar Mie Ramen
22-02-2013 15:42
jd lapeeerrrrrrr emoticon-Big Grin
0 0
0
Seputar Mie Ramen
22-02-2013 15:51
belum pernah makan gan. gak punya uang buat beli.

makasih infonya
0 0
0
Seputar Mie Ramen
22-02-2013 15:59
Quote:Original Posted By 543ya
belum pernah makan gan. gak punya uang buat beli.

makasih infonya


Iya gan,mksh jg ya dah sudi mampir.
0 0
0
Seputar Mie Ramen
24-02-2013 09:17
kalo ane paling suka mie kek gini gan.... emoticon-Malu (S)
Seputar Mie Ramen emoticon-Kaskus Banget
0 0
0
Seputar Mie Ramen
24-02-2013 09:35
lidah ane sih lidah lokal jadi kurang begitu doyan mending mie lokal emoticon-Hammer
0 0
0
Halaman 4 dari 19
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia