• Beranda
  • ...
  • Buku
  • AYU UTAMI thread: Saman, Larung, Bilangan Fu

InRealLifeAvatar border
TS
InRealLife
AYU UTAMI thread: Saman, Larung, Bilangan Fu
belum ada yg bikin...



Ayu Utami dikenal sebagai novelis dan kolumnis. Ia lahir di Bogor, 21 November 1968, besar di Jakarta dan menamatkan kuliah di Fakultas Sastra Universitas Indonesia.

Ia pernah menjadi wartawan di majalah Humor, Matra, Forum Keadilan, dan D&R. Tak lama setelah penutupan Tempo, Editor dan Detik di masa Orde Baru, ia ikut mendirikan Aliansi Jurnalis Independen yang memprotes pembredelan. Ia juga ikut membangun Komunitas Utan Kayu, sebuah tempat yang mengusahakan kemerdekaan pikiran melalui kesenian dan diskusi. Ia menjadi anggota Komite Sastra Dewan Kesenian Jakarta (2006-9)

Novel pertamanya, Saman (KPG: 1998), mendapatkan sambutan dari berbagai kritikus dan dianggap memberikan warna baru dalam sastra Indonesia.

Ayu dikenal sebagai novelis sejak Saman memenangi sayembara penulisan roman Dewan Kesenian Jakarta 1998. Dalam waktu tiga tahun Saman terjual 55 ribu eksemplar. Saman telah dicetak-ulang 27 kali dan sudah terbit dalam enam bahasa asing.

Karena dianggap telah mengembangkan cakrawala sastra Indonesia, Ayu mendapat Prince Claus Award dari Belanda tahun 2000, dan penghargaan dari Majelis Sastra Asia Tenggara (Mastera) tahun 2008.

Buku-buku Ayu yang lain: novel Larung (KPG: 2001), kumpulan esai Si Parasit Lajang (Gagas Media: 2003), naskah drama Sidang Susila (Spasi: 2008)

Bilangan Fu (KPG: 2008) adalah novel terbarunya

Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Ayu_Utami dan profil penulis dalam 'Bilangan Fu'
-----

Sengaja thred ini saya buka untuk diskusi seputar karya-karya Ayu Utami dan novel terbarunya, Bilangan Fu, sudah terbit. Buat penggemar Ayu, ayo ngumpul dan ngobrol di thred ini!
0
41.8K
391
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Buku
Buku
icon
7.7KThread4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.