LOMOMODGWNUBIINAvatar border
TS
LOMOMODGWNUBIIN
Begini Proses Ledakan Meteor di Rusia
TEMPO.CO, Jakarta -Benda yang meledak di langit Rusia merupakan batu yang jatuh dari luar angkasa. Batu yang meledak pernah terjadi di Teluk Bone.



Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia memperkirakan batu dari luar angkasa ini berbobot 10 ton. Batu meluncur deras dari timur menembus angkasa dengan kecepatan minimal 54 ribu kilometer per jam 60 kali lipat kecepatan pesawat Boeing 777.

Dari rekaman video yang beredar di internet, dipastikan objek tersebut terbakar ketika masuk ke dalam atmosfer. Udara menggesek permukaan batu, membuatnya terbakar hingga ribuan derajat Celsius di sisi luar. Tekanan udara menyebabkan batu retak. Batu meledak dan pecah menjadi serpihan ketika tak kuat menahan tekanan pada ketinggian 30-50 kilometer di atas daratan.


"Penduduk kota melihat cahaya putih menyilaukan," ujar seorang guru di daerah Chelyabinsk kepada kantor berita Rusia RIA Novosti.


Ledakan menjalarkan udara terkompresi atau dikenal sebagai gelombang kejut. Kaca-kaca pecah dan jalur komunikasi nirkabel terganggu. Sedikitnya 400 orang cedera akibat terkena pecahan kaca.



Gubernur Chelyabinsk, Mikhail Yurevich, menyebutkan sebuah serpihan besar batu dari langit tersebut jatuh di sebuah danau di daerahnya. Polisi setempat melaporkan kawah selebar delapan meter ditemukan dekat danau tersebut. Laporan lain menyebutkan serpihan juga jatuh di daerah Tyumen, Kurgan dan Sverdlovsk. Tiga ribu bangunan dilaporkan rusak setelah ledakan batu.


Sehubungan dengan kawah akibat tumbukan, lembaga nuklir Rusia melaporkan tingkat radiasi di sekitar kawah masih normal. Selain itu tak ada peningkatan radiasi dari beberapa fasilitas nuklir di kawasan sekitar kejadian.


"Informasi yang kami dapatkan menyebutkan meteorit ini berasal dari batu yang terpecah menjadi beberapa bagian," ujar juru bicara Kementerian Darurat Rusia, Elena Smirnykh.


Batu yang menghujani daratan Rusia dipastikan tak berhubungan dengan asteroid 2012 DA14 yang akan melintas di atas Sumatera pada Sabtu pagi nanti. Analisis ukuran dan arah datang batu ini tak cocok dengan karakter asteroid. Astronom jauh-jauh hari memastikan asteroid tak akan menabrak bumi.





Bumi merupakan jaring raksasa yang efektif menangkap batu angkasa. Setiap tahun, 40 ribu ton batu dari langit masuk ke atmosfer. Sebagian besar dari jumlah tersebut terbakar di udara. Karenanya para ahli memiliki keyakinan bumi cukup aman dari serbuan batu-batu ini.


Namun tetap saja ada yang lolos. Pada 1908, sebuah batu dalam bentuk asteroid berukuran 50 meter jatuh di kawasan Tunguska, Siberia. Batu meledak di angkasa dan memancarkan cahaya menyilaukan. Gelombang kejut akibat ledakan ini merobohkan pepohonan, membuat rimba lebat seluas ratusan kilometer persegi rata dengan tanah.



Pada 2008, asteroid 2008 TC3 tiba-tiba terlihat terbang ke arah bumi. Penghitungan cepat memperkirakan tabrakan akan terjadi dalam 20 jam. Kenyataannya batu ini meledak dan pecah di atas Gurun Nubian di Sudan.


Indonesia pun pernah ketiban batu angkasa. Pada 8 Oktober 2009, asteroid 10 meter meluncur deras menuju Indonesia bagian timur. Tanpa sempat terdeteksi, batu ini meledak di udara, didahului munculnya bola api. Kesaksian warga menunjukkan batu tersebut meledak di atas Teluk Bone. Warga juga merasakan gempa setelah ledakan ini. Para ahli memperkirakan ledakan asteroid kecil ini setara dua kali bom atom yang dijatuhkan di Nagasaki pada Perang Dunia Kedua.

http://www.tempo.co/read/news/2013/0...eteor-di-Rusia

Beberapa Rekaman Video Ledakan Meteor Di Rusia:









Simulasi dre Discovery Channel by
Quote:




Pasca Ledakan Meteor Terdahsyat Di Dunia:



ini meledak di udara aja dampaknya mantab jg, gmn sampai kepermukaan bumi dgn ukuran gede emoticon-Matabelo

pros:
Korban Ledakan Meteor Rusia Sudah Capai 1.200 Orang
Militer Rusia Temukan Tiga Lokasi Jatuhnya Meteorit
Meteor yang Meledak di Rusia Seberat 10 Ton
[URL=http://news.detik..com/read/2013/02/16/010202/2171670/10/lapan-meteor-yang-jatuh-di-rusia-tergolong-benda-langit-kecil]Lapan: Meteor yang Jatuh di Rusia Tergolong Benda Langit Kecil [/URL]
Diubah oleh LOMOMODGWNUBIIN 18-02-2013 09:49
0
46.3K
590
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar Negeri
icon
78.8KThread10.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.