others
Pencarian Tidak Ditemukan
link has been copied
181
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/511331d27b1243b373000006/thread-pertanyaan-live-ngaskus-forum-melek-hukum
Halo Agan & Aganwati!! :cool :cool Update! Ini dia lima (5) orang penanya terbaik untuk Live Ngaskus kali ini: AleRiqwan Toyoter Kaka_kodox Giovanni51 Loe.Joe Selamat untuk para pemenang! :selamat :selamat Para pemenang harap mengirimkan identitas diri, sbb: nama lengkap, nomor identitas, nomor handphone, dan email. Identitas dikirimkan ke PM KASKUS.Update. Update! Mbak Irma dan Tim Hukum Online s
Lapor Hansip
07-02-2013 11:47

Thread Pertanyaan Live Ngaskus Forum Melek Hukum

Halo Agan & Aganwati!!
emoticon-Cool emoticon-Cool

Quote:
Update!

Ini dia lima (5) orang penanya terbaik untuk Live Ngaskus kali ini:

pemenang


Selamat untuk para pemenang!

emoticon-Selamat emoticon-Selamat

Para pemenang harap mengirimkan identitas diri, sbb: nama lengkap, nomor identitas, nomor handphone, dan email. Identitas dikirimkan ke PM KASKUS.Update.


Update!

Mbak Irma dan Tim Hukum Online sudah tiba di KASKUS dan siap menjawab pertanyaan Agan sekalian.

Thread Pertanyaan Live Ngaskus Forum Melek Hukum

Thread Pertanyaan Live Ngaskus Forum Melek Hukum

So, kasih pertanyaan terbaik Agan!

=================

KASKUS bakal ngadain Live Ngaskus lagi lho... kali ini live ngaskus seputar masalah hukum waris bersama Hukum Online. Hukum Online adalah kontributor forum Melek Hukum yang ada di KASKUS.

Nah, kalau Agan & Aganwati punya pertanyaan seputar hukum waris, kumpulin pertanyaannya di sini Gan. Thread pertanyaan akan ditutup Selasa, 12 Februari 2013 ya! Bikin pertanyaan yang bagus ya Gan, soalnya bakal dapet hadiah juga lho!

emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo

Lima orang penanya terbaik akan mendapatkan buku terbaru dari Mbak Irma yang berjudul:
“Kiat Cerdas, Mudah, Dan Bijak Memahami Masalah Hukum Waris”

Thread Pertanyaan Live Ngaskus Forum Melek Hukum

dan 5 hadiah 'Kartu Perdana Kaskuser'

Thread Pertanyaan Live Ngaskus Forum Melek Hukum

emoticon-cystg Ditunggu postingan pertanyaannya ya Gan! emoticon-cystg
Diubah oleh KASKUS.Update
profile-picture
nona212 memberi reputasi
1
Tampilkan isi Thread
Masuk untuk memberikan balasan
kaskus-promo
KASKUS Promo
290 Anggota • 8.2K Threads
Halaman 2 dari 12
Thread Pertanyaan Live Ngaskus Forum Melek Hukum
11-02-2013 15:21
numpang nanya ya ...

Jika orangtua mewariskan harta, dan orangtua tsb sudah meninggal...
dan memiliki 2 orang anak, yaitu laki dan perempuan...

disatu sisi sang anak laki menginginkan pembagian ddengan hukum Islam dan Si Perempuan menginginkan pembagian dengan hukum yang berlaku diIndonesia (konvensional)...

bagaimanakah pemecahanya?karena kedua belah pihak merasa yang paling benar, dan orangtua tidak memberikan wasiat tertulis.

apakah hal ini bisa dibawa ke pengadilan atau bagaimana, surat2 kepemilikan sudah atas nama sang anak laki2.
0 0
0
Thread Pertanyaan Live Ngaskus Forum Melek Hukum
11-02-2013 15:23
Ane ada pertanyaan nih gan emoticon-Embarrassment
bagaimana cara pembagian waris dari seorang ayah yg poligami dengan 2 istri dan 15 orang anak ( 4 orang anak laki2 dan 11 orang anak perempuan)?
0 0
0
Thread Pertanyaan Live Ngaskus Forum Melek Hukum
11-02-2013 15:25

Apabila Ayah sudah meninggal dunia

Selamat siang ,nama saya Ivanry dari Jakarta

pertanyaaan saya adalah :
Ibu ayah saya(nenek saya) memiliki 2 anak dari pernikahan pertamanya,yaitu tante saya dan ayah saya,kemudian kakek saya meinggal dunia
ibu ayah saya memilik 3 anak laki-lakid air pernikahan keduanya
kebetulan mereka semua beragama muslim dan saya kristen karena mengikuti ibu saya,

tahun 2002 ayah saya meninggal dunia,dan saya sangat ingat betul bahwa ayah saya ada bagian warisan yg diberikan ibunya(nenek saya)

tetapi sampai sekarang ketiga anak dari pernikahan kedua tersebut selalu menghalang halangin saya untuk bertemu nenek saya untuk bertanya kejelasan masalah tersebut.tante saya yang notaben nya adalah anak pertama pun sudah menyingkir tidak mau ambil pusing dikarenakan 3 anak dari pernikahan kedua selalu mendominasi semuanya,

bagaimana kah posisi saya disini?
apa yang harus saya lakukan karena saat ini saya butuh warisan ayah saya untuk saya jadikan modal usaha tetapi saya tidak tahu langkah2x apa yang harus saya tempuh,karena saya pun tidak memiliki bukti surat kuat apapun,

mohon penjelasannya,terimakasih
Diubah oleh blackberry8520e
0 0
0
Thread Pertanyaan Live Ngaskus Forum Melek Hukum
11-02-2013 15:27
mau tanya,.... sy pakai contoh saja ya, utk sembunyikan indentitas, tp ini kejadian nyata saya...

jd begini, sy dan saudara sy (abang/adik) dpt warisan dgn nilai 500jt (nominal contoh) dimana akan dibagikan ke 5 org yg msing" dpt 100jt. nah diperjanjian tertulis dan dihadapan keluarga serta notaris itu akan dibagikan secara rata. notaris ingin memberikan secara langsung ke masing" org 100jt, tp karena keadaan sy dan adik sy blum mempunyai rekening. lalu stelah diskusi dan disepakati akan diberikan seluruhnya ke abang yg tertua dan dimana nanti baru dibagikan lagi secara merata.

tp kenyataannya yg sy dptkan serta adik mendapat bagian yg lebih kecil tidak 100jt sesuai yg disepakati (yg membagi abang). ibarat hanya mendapat 75jt sedangkan abang dpt lebih bnyk... ktnya dgn alasan utk menutupi biaya (tdk sy sebutkan biaya apa dan ini merupakan benda milik bersama/keluarga)

klo menurut sy sharusnya kan ttep dibagi 100jt secara rata, dan biaya ditanggung bersama yg artinya semua membayar secara rata semisal biaya 100jt, tiap org harusnya keluar 20jt.....


yg mw sy tnyakan apakah warisan yg didapat abang termasuk halal sebab dpt lebih dr perjanjian yg ada dmn dilakukan tanpa sepengetahuan sy ?

lalu apakah sy boleh menuntut abang sy secara hukum ? bagaimana posisi sy dihadapan hukum apakah lebih kuat dr abang saya ?

( sy tidak akan melakukan/menuntut dgn alasan utk menghindari perpecahan dikeluarga saya, jd sy lebih memilih diam)
0 0
0
Thread Pertanyaan Live Ngaskus Forum Melek Hukum
11-02-2013 15:35
Mau tanya
Misalkan kalo ayah kita itu ayah tiri, trus meninggal sedangkan ayah kita punya anak kandung sendiri (bukan hasil sama ibu kita)
Apa kita tetap dapet warisan?
0 0
0
Thread Pertanyaan Live Ngaskus Forum Melek Hukum
11-02-2013 15:36
Dear Kak Irma,

Saya mau bertanya, saya baru kehilangan Papa. Meninggal 21 Nov yang lalu dan karena banyak hal yang harus di urus mengenai Rumah, Bank, Mobil, dll.

Saya meminta surat ahli waris di Kelurahan dan Kecamatan, tetapi menurut hukum yang berlaku saya sebagai WNI keturunan tidak dapat menggunakan surat Ahli Waris / Fatwah Waris yang di keluarkan ato di terbitkan melalui Kelurahan dan Kecamatan.

Pertanyaan saya, kenapa WNI Keturunan tidak dapat memakai surat Ahli Waris / Fatwah Waris sebagai surat harta warisan keluarga? *warisan untuk istri dan anak
Melainkan harus melalui notaris dan mengajukan ke kantor jakarta untuk melihat apa pernah ada surat ahli waris yang terdaftar atau tidak.
Karena kalau Pribumi, hanya menggunakan surat Ahli Waris dari Keluarahan dan Kecamatan sudah bisa berlaku.

Trimakasih,
Regards

Bram.O
0 0
0
Thread Pertanyaan Live Ngaskus Forum Melek Hukum
11-02-2013 15:42
Apakah orang tua berhak untuk tidak memberikan warisan kepada salah satu ank kandungnya?
0 0
0
Thread Pertanyaan Live Ngaskus Forum Melek Hukum
11-02-2013 15:49
Kepada KASKUS, saya ingin bertanya soal UTANG.
Begini : Apabila ayah saya mempunyai hutang besar dan belum bisa melunasinya tetapi meninggal (amit-amit), apakah UTANG itu diwariskan ke anaknya? emoticon-Bingung (S)
0 0
0
Thread Pertanyaan Live Ngaskus Forum Melek Hukum
11-02-2013 15:54
Perbedaan hukum waris menurut Islam dengan hukum waris menurut UU (mungkin UU perdata, saya kurang paham) yg berlaku di Indonesia apa sih?

Thanks.
0 0
0
Thread Pertanyaan Live Ngaskus Forum Melek Hukum
11-02-2013 15:56

Nanya juga

Mau minta 2nd opinion (sebelumnya pernah nanya ke ahli hukum jg).

Fakta:
Paman saya status tidak menikah dan mempunyai anak angkat 1.
Harta benda berupa rumah, tanah, emas, asuransi, uang, mobil.
Jumlah saudara Paman: 5 laki-laki, 2 perempuan (8 bersaudara, sudah tidak ada org tua).
Agama, Islam.

Kronologis:
Paman saya membuat akta wasiat dari Notaris semasa hidup yang isinya mewariskan seluruh hartanya kepada Ibu saya (tanpa menyebutkan secara definitif jenis hartanya). Setahu saya, dengan menghadapnya Paman saya pada Notaris, otomatis beliau tunduk pada aturan waris KUHPerdata. Setahu saya lg, jumlah harta yang dapat diwariskan dengan menggunakan akta wasiat tidak boleh melebihi sepertiga dari jumlah keseluruhan harta.

Pertanyaan:
1. Apabila Paman saya meninggal dunia, apakah akta wasiat tersebut tetap berlaku?
2. Apabila saudara2 paman saya menginginkan waris Islam, apakah akta wasiat tersebut dapat dikesampingkan?
3. Bagaimana perilaku untuk mencairkan waris pada perusahaan asuransi?

Terima kasih.
0 0
0
Thread Pertanyaan Live Ngaskus Forum Melek Hukum
11-02-2013 16:05
Saya ingin menanyakan tentang masalah hibah dan
wasiat. Seseorang kakek menghibahkan hartanya kepada salah seorang cucunya sebelum hartanya diwariskan kepada anaknya, yang di kemudian hari berbuntut menjadi pertengkaran terhadap sesama ahli waris yang lainnya. Ceritanya begini, seorang kakek mempunyai anak tunggal dan mempunyai 8 orang cucu. Cucu yang pertama dipelihara oleh kakeknya sejak kecil. Setelah remaja, si kakek menghibahkan hartanya kepada cucu yang pertama ini dengan jumlah lebih dari 1/3 dari total harta yang dimiliki tanpa izin dari ahli waris yang lainnya. Penghibahan harta itu dilakukan dengan membalik nama surat kepemilikkan harta itu. Setelah 30 tahun berlalu sang cucu ini menjual harta itu sebagai modal untuk mengembangkan usahanya. Lalu ahli waris yang lainnya menuntut pembagian harta itu, namun tidak mendapatkan hak-haknya karena harta itu telah dihibahkan secara sah oleh kakeknya.

Pertanyaannya:

1. Apakah penghibahan harta itu sah menurut syariat Islam? Sedangkan Rasulullah SAW bersabda La Washiyyata Li Warits dan tidak boleh menghibahkan harta melebihi 1/3 dari total harta yang dimiliki.

2. Bagaimana hukumnya jika orang yang menerima
harta hibah itu hanya memberikan uang sekedarnya saja kepada ahli waris yang lain dan tidak membaginya menurut syariat Islam?

3. Manakah yang lebih afdhal bagi orang yang
menerima harta hibah itu, mewakafkan sebagian hartanya fi sabilillah atau
memberikan hartanya kepada ahli waris yang lain.

Thank You.. emoticon-Smilie
Diubah oleh Magicsky
0 0
0
Thread Pertanyaan Live Ngaskus Forum Melek Hukum
11-02-2013 16:13
[QUOTE=FristamaHidayat [$];5116a23b20d719c96e000008]ada yang mau di tanya , tapi ngantuk
ijin pesen tempat dulu emoticon-Malu

jika pewaris tidak punya keturunan, maka anak adopsi berhak mewaris?



sala satu ahli waris tidak memberikan ijin untuk menjual harta waris



- harta yang di tinggalkan ahli waris bukan hanya uang / harta yang bernilai




sebelum nya minta maap kalo kalimat nya sulit di mengerti emoticon-Belo ,
makasih banyak yak emoticon-Belo

satu lagi deh ,,
kalo ane warisin kegantengan ane sama org lain bijimane hukum nya emoticon-Cool
ane ganteng beuud tau ( -_-)/| <<< canda emoticon-Hammer

*tapi si om KASKUS.Update juga bercanda kan masa deadline tahun nya 2012 emoticon-Belo[/QUOTE]


setau ane menurut hukum islam anak adopsi gak berhak waris gan
--
nampaknya TS salah ketik deadline gan emoticon-Hammer
0 0
0
Thread Pertanyaan Live Ngaskus Forum Melek Hukum
11-02-2013 16:59
makasih sebelumnya, ada layanan ttg pertanyaan di thread iniemoticon-Kiss
yang mau saya tanyakan adalah:
Quote:apakah kakak dan adik (pakdhe & budhe red.) Alm.bapak saya boleh/bisa mengambil lagi warisan yg tlah diberikan kepada Alm. bapak saya?.

karena semenjak kepergian bapak saya, bnyk saudara yg mempertanyakan ttg rumah warisan yg diterima Alm.bapak saya (yg skrg aku tempati bersama ibu). sedangkan ibu kalau ditanya hny menjawab terserah anak2 (saya & kakak saya yg di jkt).

nanti kalau benar-benar akan diambil lagi, sebaiknya saya dan kakak saya harus menjawab apa/bagaimana?


terimakasih sebelumnyaemoticon-Blue Guy Cendol (L)
0 0
0
Thread Pertanyaan Live Ngaskus Forum Melek Hukum
11-02-2013 17:07
Quote:Original Posted By siyyal
klo anaknya meninggal duluan daripada bapaknya
apa masih berhak dapet warisan?? emoticon-Bingung (S)



pertanyaan ane sama kayak agan ini.
jadi, nenek ane udah meninggal (alm). begitu juga dengan orangtuanya nenek ane (alm).
kebetulan orangtuanya nenek ane punya warisan tanah.
apakah almarhum nenek ane dapet warisan juga?

terima kasih
0 0
0
Thread Pertanyaan Live Ngaskus Forum Melek Hukum
11-02-2013 17:22
salam emoticon-I Love Kaskus (S)

begini, ada beberapa kasus,
1. kalau misalnya ayah dan bunda ane berlainan agama, satu islam dan satu non islam, sementara ane anak tunggal dan perempuan, apakah ane jg berhak dapet warisan?emoticon-Bingung (S)

2. kalau ayah ane yg non islam itu meninggal, dan bunda menikah lagi dengan orang lain yang seagama, apakah ayah tiri juga dapet warisan?emoticon-Bingung (S)

3. kalau misalnya ane dapet warisan rumah, apakah rumah tsb bisa dijual?

thanks kaskusemoticon-Cendol (S)
0 0
0
Thread Pertanyaan Live Ngaskus Forum Melek Hukum
11-02-2013 17:49
Up. Mbak Irma

pertanyaan saya mbak apakah anak angkat berhak mendapatkan hak waris dr ortu angkat ny (tidak memiliki anak kandung)? Bagaimana pandangan menurut hkm perdata maupun hkm islam?

sekian pertanyaan saya, mohon pencerahanny emoticon-thumbdownemoticon-Embarrassment
0 0
0
Thread Pertanyaan Live Ngaskus Forum Melek Hukum
11-02-2013 18:21

nanya dong

apakah cucu ikut mewarisi harta kakeknya,apabila bapak dari cucu tersebut telah meninggal lebih dahulu daripada kakeknya?
0 0
0
Thread Pertanyaan Live Ngaskus Forum Melek Hukum
11-02-2013 18:40
to : mba Irma

saya mau tanyakan bagaimana jika kedua org tua sudah meninggal dunia dan meninggalkan harta (perhiasan) apakah sebagai anak laki-laki berhak mendapatkan perhiasan tersebut (kami 5 bersaudara, 3 Perempuan 2 laki-laki)?

Nb: kami sudah berkeluarga dan semuanya sudah memiliki anak

terima kasih atas jawabannya emoticon-Smilie
Diubah oleh roedyy
0 0
0
Thread Pertanyaan Live Ngaskus Forum Melek Hukum
11-02-2013 18:46
KAMI 4 SAUDARA. SAYA LAKI-LAKI NO 3 SENDIRI ..

ITU WARISNYA GIMANA ?emoticon-Cendol (S)
0 0
0
Thread Pertanyaan Live Ngaskus Forum Melek Hukum
11-02-2013 18:46

Jika saudara non-muslim semua

Ini terjadi di keluarga saya.

Ceritanya, kakek-nenek (muslim, alm.) saya punya anak tiga:
1. Ibu saya, muslim.
2. Bibi saya, non-muslim.
3. Paman saya, non-muslim.

Berdasarkan hukum waris Islam yg saya ketahui, warisan hanya diberikan kepada anak-anak mereka yang muslim.

Nah pada saat kakek-nenek udah meninggal semua, Ibu saya sebagai anak tertua kemudian membadi harta waris peninggalan kakek-nenek menjadi 3 (tiga) bagian yg dihitung sama rata, untuk beliau (ibu) dan kedua adiknya.

Bagaimana hal ini dipandang secara kaidah Islam?

Kami pribadi berpandangan, Islam tak akan membatasi apapun selama itu (demi) kebaikan dan dilakukan dengan baik. Dan kami sekeluarga (ibu dan anak-anaknya) tak pernah mempermasalahkann sama sekali hal demikian. Namun demikian, mohon tinjauannya secara aspek teknis dan prinsip, terima kasih.
0 0
0
Halaman 2 dari 12
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia