KASKUS.EditorAvatar border
TS
KASKUS.Editor
[Es Teler] Juragan yang Jago Bikin Mahar Unik nan Cantik

Halo Gan!


emoticon-Toastemoticon-Recommended Seller emoticon-Toast


Kenalin nih program baru dari KASKUS, namanya ES TELER alias Success Story Recommended Seller. Disini bakal dikupas tentang para seller yang dagangannya tokcer di FJB KASKUS. Biar Agan sekalian bisa belajar ilmunya juga, mudah-mudahan menginspirasi en bikin lancar rejeki. Amiin!

Untuk edisi perdana, KASKUS mau ngupas tentang Agan yang telaten ngerancang mahar yang unik nan cantik. Agan ini namanya Arief, usahanya dikasih nama Mahar Unik. Yuk simak kupasannya.

emoticon-Recommended Seller


Halo Gan Arief, apa kabar?

Halo juga Gan. Kabar ane baik.

Gan Arief, sejak kapan mulai usaha mahar unik yang menyusun koin-koin menjadi bentuk bangunan ini? Dari mana idenya muncul?

Usaha ane dimulai Mei 2012, 6 bulan setelah nikah, dimana mahar pertama yang saya buat untuk istri, menjadi awal dari bisnis ini. Ide pembuatan mahar ini muncul ketika saya dan calon istri benar-benar kehabisan uang untuk persiapan nikah, dan terlewat mengalokasikan dana untuk mas kimpoi, kami berdua adalah anak pertama dari keluarga yang pas-pasan, jadi semua dana hanya kami berdua yang menyediakan, tidak mungkin meminta ke orang lain, lalu saya teringat akan koleksi koin yang sya kumpulkan dari SMA alias 10 tahun yg lalu, setelah berpikir lama, tercetuslah ide untuk merangkai koin tersebut menjadi miniatur masjid, dan saya tawarkan ke calon istri, dan Alhamdulillah setuju, jadilah miniatur masjid yang nantinya kami namakan Masjid Kaskus.



Setelah berjalan beberapa bulan menikah, kami kesulitan ekonomi, karena kami sama-sama anak pertama, otomatis jadi tulang punggung 2 keluarga besar, dengan total 9 orang yang harus kami hidupi dari 2 gaji, apakah cukup, tidak, dan dengan posisi yang terdesak itu kami harus mencari penghasilan tambahan, di sela-sela pencarian penghasilan tambahan, kami iseng memposting Mahar yg saya buat tadi, dan reaksi para Kaskuser di luar bayangan kami, banyak yang bertanya lewat PM dan VM meminta untuk dibuatkan, dan dari situlah bisnis ini bermula, berkah dari the power of kepepet.



Walaupun banyak kemungkinan memilih bisnis lain tapi bisnis ini yang kami jalani karena kami teringat nasehat Om Bob Sadino, "Janganlah mencari pasar, tapi buatlah pasar!", jika kita memilih bisnis yang populer, sudah pasti kami sudah tertinggal beberapa langkah dengan yang lain,

Kenapa memilih FJB KASKUS sebagai tempat memasarkan produk?

Kaskus menjadi pilihan kami, karena Kaskus berisi orang-orang muda dengan usia siap nikah, dan orang Kaskus suka akan hal-hal yang unik.

Dulu pas awal, mulai dengan modal berapa Gan?

Modal awal hanya komputer, untuk modal uang didapat dari DP dari sang pemesan, jadi orang yang menunda membuka usaha karena tidak ada modal, hanyalah seorang pemalas yang mengkambing hitamkan modal.

Kesulitan ga sih ngumpulin uang receh koinan? Dapet koinnya darimana tuh Gan?



Koin didapat dari pemesan dan dari Kaskus, dengan cara ngepost thread WTB di FJB uang lama. So far no problem.

Bisa kasih gambaran singkat tentang proses pembuatan mahar unik ini?


Pertama, kami mendapatkan info dari sang pemesan, mengenai model yang disuka, nominal mahar dan jenis koin. Kemudian mahar di desain menggunakan CAD, proses ini cukup sulit, karena harus menyesuaikan jenis koin dan jumlahnya agar sesuai dengan nominal yang diminta. Dari desain tersebut dibuatlah gambar kerja.



Pembuatan rangka bangunan menggunakan lembar mika, pembuatan alas mahar dari kayu, penempelan rangka ke alas kayu. Setelah bangunan dan alas menjadi satu, koin siap dirangkai menggunakan perekat khusus yang kuat, tapi tidak merusak koin.



Kemudian masuk ke pembuatan aksesoris aksesoris seperti menara, kubah dll. Setelah koin selesai dirangkai, baru semua aksesoris di rakit satu persatu. Setelah selesai, mahar ditutup dengan box kaca. Dan akhirnya mahar siap dipajang di akad nikah.



Satu mahar biasanya butuh waktu berapa lama pengerjaannya? Adakah mahar yang menurut Agan paling sulit dibuat?

Pembuatan mahar rata-rata satu minggu, mahar paling sulit berbentuk rumah gadang, karena pembuatan atapnya harus dikerjakan secara trial and error, karena secara desain tidak bisa dibuat dengan CAD, walhasil perlu dicoba beberapa kali.



(berlanjut dibawah...)


Diubah oleh KASKUS.Editor 09-02-2013 07:29
0
111.8K
1K
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Entrepreneur Corner
Entrepreneur Corner
icon
22KThread4.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.