ojongonoleAvatar border
TS
ojongonole
Putin: Barat Plinplan Soal Kebijakan Timur Tengah
TEMPO.CO, Moskow - Presiden Rusia Vladimir Putin dan menteri luar negerinya mengecam Barat sebagai naif dan tidak koheren terkait kebijakan Timur Tengah. Kedua menyorot dukungan Barat pada pemberontakan di Libya dan Suriah, yang disebut Putin meningkatkan ekstremisme di Mali dan Aljazair.

"Konflik Suriah telah berlangsung selama hampir dua tahun sekarang ini. Pergolakan di Libya, disertai dengan penyebaran senjata secara kasat mata, memberikan kontribusi terhadap memburuknya situasi di Mali," kata Putin dalam pertemuan dengan duta besar baru di Kremlin. "Konsekuensi tragis dari peristiwa ini menyebabkan serangan teroris di Aljazair yang menelan korban warga sipil, termasuk orang asing."

Banyak bukti ketidakkonsistenan Barat terkait kebijakan Timur Tengah. "Mereka yang kini diperangi Prancis dan Afrika di Mali adalah orang yang sama yang oleh Barat dipersenjatai untuk menggulingkan rezim Qadhafi," kata Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov.

Sebelumnya, Barat menuding Rusia tak konsisten karena tak mendukung perubahan di dunia Islam yang kerap disebut Arab Spring, namun tiba-tiba pasang badan membela rezim Bashar al-Assad di Suriah. Tetapi para ahli Rusia berpendapat bahwa pemimpin Rusia bersikap realistis tentang intervensi Barat di dunia Islam.

Mereka mengatakan Moskow punya pengalaman berurusan dengan ancaman militan Islam sejak tahun 1980-an di Afghanistan. Para pemimpin Rusia meyakini antusiasme Barat menggulingkan diktator di dunia Islam bukan untuk kepentingan demokrasi, tetapi untuk menyebarkan kekacauan dan meningkatnya militansi Islam di Asia Barat dan Afrika Utara. "Rusia adalah di perbatasan, kami berada di wilayah jihad," kata Yevgeny Satanovsky, presiden Institute of Middle Eastern Studies di Moskow.

Code:

http://www.tempo.co/read/news/2013/01/26/115457128/Putin-Barat-Plinplan-Soal-Kebijakan-Timur-Tengah

===================================================
serangan balik dr si putin thd negara2 barat (yup, rusia bkn trmsk negara barat... emoticon-Ngakak (S)).... emoticon-shakehand

btw,
1. yg di maksud si putin dan menlu nya itu soal milisi tuareg?? bukankah si khadafi menyewa mrk sbg tentara bayaran tuk memerangi kaum oposisi di libya??
2. Mali dan Libya termasuk bagian dr timur tengah??
Diubah oleh ojongonole 27-01-2013 10:45
0
1.4K
8
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar Negeri
icon
78.9KThread10.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.