mhw
TS
mhw
Manfaat Buah "SERI"
Manfaat Buah "SERI"


Sebelumnya maaf ko ane emoticon-Blue Reposttapi ane jangan dilempar emoticon-Blue Guy Bata (L)

Ane minta bantu emoticon-Rate 5 Starane juga menerima emoticon-Blue Guy Cendol (L)

Spoiler for No Repost:

Agan pasti dah gak asing lagi sama ni buah, apalagi yang masa kecilnya bahagia, pasti pernah manjat ni pohon sampe di marahin sama yang punya.
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak


Buah seri atau yang biasa di sebut dgn kata ”Keres” atau ”Kresen” oleh orang jawa ini,bentuknya bulat kecil berwarna hijau dan akan merah setelah dia matang.Buah ini rasanya manis dan isinya air bercampur dgn biji-biji yang sangat kecil.

Mengenang sedikit kisah saya dgn buah mungil ini, dulu ketika saya masih kecil saya suka mengambil buah ini,karena emang pohonya tumbuh di depan rumah saya,namun kini pohon serinya sudah tidak ada lagi.sudah di tebang sama bapak saya.,,huuuuuemoticon-Sorryemoticon-Sorry

namun tenang saja walau begitu saya masih tetap bisa menikmati buah itu,karna di sekolah saya pun ada pohon seri.dulu saya kira pohon seri ini hanya tumbuh di daerah saya saja loh.,,hmmm bagaimana dgn daerah andaa???


Buah seri sebagai pengghilang nyeri Asam Urat


Pohon Seri

Nama Daerah :
Pohon kersen, pohon ceri atau talok, Kerukup Siam (Malaysia) dikenal, di datiles, aratiles, atau manzanitas (Filiphina). capulin blanco, cacaniqua, nigua, niguito,(Spanyol), Jamaican cherry, Panama berry, (Inggris) dan cherry Singapura).

Kandungan buah kersen setiap 100 gram kersen adalah sbb :
Air (77,8 gram),Protein (0,384 gram), Lemak (1,56 Gram), Karbohidrat (17,9 gram), Serat (4,6 gram), Abu (1,14 gram), Kalsium (124,6 mg), Fosfor (84mg), Besi (1,18 mg), Karoten (0,019g), Tianin (0,065g), Ribofalin (0,037g), Niacin (0,554 g) dan kandungan Vitamin C (80,5 mg) nilai Energi yang dihasilkan adalah 380KJ/100 gram.

Kandungan Gizi
setiap 100 gram tanaman ini memiliki kandungan : 76,3 g air, 2,1 g protein, 2,3 g lemak, 17,9 g karbohidrat, (,0 g serat, 1,4 g abu, 125 mg kalsium, 94 mg fosfor, 0,015 mg vitamin A, 90 mg vitamin C. Nilai energinya 380 kJ/100 g

Manfaat :
1.ANTISEPTIK
Rebusan daun seri ini ternyata mempunyai khasiat dapat membunuh mikroba atau sebagai antiseptik. Rebusan daun Seri terbukti dapat membunuh bakteri sbb: C. Diptheriae , S. Aureus, P. Vulgaris, S. Epidemidis, dan K. Rhizophil. Diduga aktivitas anti bakteri dari daun Seri ini disebabbkan oleh adanya kandungan senyawa seperti tanin, flavonoids dan saponin yang dimilikinya.

2.ANTI INFLAMASI
Rebusan daun Seri juga mempunyai khasiat untuk mengurangi radang (antiinflamasi) dan juga menurunkan panas.

3.ANTI TUMOR
Daun Seri dilaporkan juga mempunyai efek anti tumor, dimana kandungan senyawa flavonoid yang dipunyai daun Seri ini ternyata dapat menghambat pertumbuhan sel kanker secara invitro/laboratoris.

4. ANTI URIC ACID (ASAM URAT)
Di Indonesia secara tradisional buah Seri telah digunakan untuk mengobati asam urat dengan cara mengkonsumsi buah kersen sebayak 9 butir 3 kali sehari. Hal ini terbukti dapat mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan dari penyakit asam urat tsb.

Semoga bermanfaat buat semua

Dikutip dari berbagai sumber...
0
9.1K
46
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.