freakmoccy85Avatar border
TS
freakmoccy85
Xbox 360 Menang di U.S., PS3 Menang di Dunia
Dua perusahaan besar seperti Sony dan Microsoft tak akan pernah terlepas dalam persaingan untuk konsol mereka PS3 dan Xbox 360. Diketahui saat ini kedua perusahaan tersebut sedang berjuang keras untuk menghadirkan konsol terbaru demi menjaga eksistensi mereka di dunia game. Persaingan yang telah lama tercipta ini akhirnya menghasilkan sebuah angka yang telah dicetak, siapakah dari kedua konsol tersebut yang mendapatkan banyak perhatian dari pecinta game di seluruh dunia.



Beberapa waktu yang lalu, pemberitaan tentang kemenangan Xbox 360 di Amerika Serikat juga sempat menghebohkan setiap gamer. Angka yang cukup fantasis yang didapatkan oleh Xbox 360 dalam penjualannya yang hanya memakan waktu tak lebih dari satu bulan di akhir tahun 2012. Satu koma 4 juta unit penjualan yang telah didapatkan pada Xbox tersebut tentu sangat memukul sekali untuk rivalnya Sony. Tapi kemenangannya atas Sony di Amerika Serikat tidak menjamin mereka menjadi konsol nomor satu di dunia juga, baru saja kabar tentang penjualan Sony di seluruh dunia mencuat, dan ini mungkin merupakan data balasan yang diberikan oleh Sony.

Sebuah konsol dengan kualitas gambar yang tinggi ini memang terlambat satu tahun dalam perilisannya setelah Xbox 360. Keterlambatan rilis ini tak menjadikan perangkat ini kalah dalam penjualan jangka panjang. Meski sempat kalah pada penjualan awal karena adanya "curi start" yang dilakukan oleh Microsoft, Sony PlayStation tiga akhirnya menyusul juga dalam penjualannya. Sekarang PS3 telah menjadi raja pada konsol dengan kualitas gambar tinggi ini. Data tersebut diungkapkan oleh International Data Center atau yang biasa disingkat dengan IDC. Pada data yang diberikan, total pengiriman PS3 hingga saat ini telah mencapai angka 77 juta, menyalip Xbox 360 yang telah mencapai angka 76 juta terlebih dahulu.



IDC untuk bagian video game khususnya untuk bidang konsol sebelumnya memang telah mempridiksikan hal ini akan terjadi. Namun waktu yang mereka perkirakan adalah ada pada tahun 2012 hingga 2016 nanti. Periode yang cukup panjang untuk memastikan hal tersebut akan terjadi, dan pada kenyataannya hal ini sudah dapat dilihat di awal tahun 2013. Melihat dari adanya fakta tentang hal tersebut, IDC pun memangkas waktu mereka hingga 2014, hal ini demi memastikan angka yang diraih oleh Sony ini mutlak.

Manager bagian penelitian game di IDC Lewis Ward mengatakan pada sebuah pernyataan kalau ekosistem yang ada pada konsol menang harus terus diperbaharui ke arah digital demi mendapatkan daya tarik dari setiap pengguna. Karena jika hanya begitu-begitu saja, maka pecinta game tentu akan malas untuk mendapatkan konsol tersebut, ada pikiran lebih baik mereka menunda keinginan mereka tersebut demi mendapatkan keluaran yang lebih baru. Maka dari itu dapat kita lihat sendiri kalau saat ini mulai banyak bermunculan perangkat-perangkat terbaru yang hadir seperti yang telah dilakukan oleh Microsoft demi menunjang konsol mereka tersebut. Contoh nyata yang telah ada adalah smart TV, set top boxes, dan lain sebagainya.



Prediksi lainnya yang dikeluarkan oleh IDC tentang konsol adalah tentang kedatangan konsol Wii U besutan Nintendo. Prediksi yang mereka layangkan adalah Nintendo setidaknya akan dapat menjual konsol mereka tersebut di seluruh dunia hingga mencapai angka 50 juta hingga akhir tahun 2016. Hal ini terlihat mungkin jika melihat dari pendahulunya yaitu Wii yang hingga saat ini telah tercatat 96 juga unit pada penjualan.

Jika melihat data yang kita dapatkan dari IDC, sebenarnya siapakah raksasa konsol saat ini? Memang sulit untuk memutuskan. Namun jika melihat dari penjualannya, sepertinya PS3 saat ini bisa dikatakan sebagai pemenang setelah bertanding secara ketat melawan Xbox 360 di penjualannya.

News Powered By Indonesiaamers.


Spoiler for Special Thanks:
Diubah oleh freakmoccy85 25-04-2013 06:18
0
40.8K
952
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.