Sebenarnya telah ada postingan sebelumnya dari agan GombongParadise.
tapi disini ane pengen mencoba melengkapi dan ingin share apa yang udah ane dapetin di t4 ane kuliah.
Langsung aja, cekibroot. .
Beberapa alasan tersebut diantaranya :
Kesimpulannya:
Panasilah motor 2-3 menit sebelum ngantor. Jangan lama2 juga karena bisa menyebabkan knalpot jadi berwarna keungu2an atw kecoklatan untuk knalpot yang berwarna silver atw terang. Hal ini disebabkan oleh terlalu panasnya knalpot karena udara hanya berputar disitu2 saja sehingga tidak terjadi proses pendinginan.
maaf klw repsol. hal ini semata-mata ingin berbagi materi yang didapatkan di kuliah. buat agan2 yang lebih pintar, syp tw bisa membenarkan atau memberi tambahan. maklum ini thread pertama ane setelah daftar 2 tahun yang lalu.
tambahan dari agan2 yang mungkin bisa dipertimbangkan
tips cara manasin motor.
Quote:Original Posted By pembantu.kaskus ►
y c gan...sebelumy jg klo baiky y pemanasan pke manual jgn starter...
karena starter yang kita pakai menggunakan voltase kurang lebih 15.000 V, maka dari itu penggunaan starter yang terlalu sering dapat menyebabkan umur aki yang singkat. ane pernah ganti kurang dari setaun gan.
Quote:Original Posted By speedsliders ►
motor yang gak dipake semaleman biasanya pelumasan di dalam mesinnya kurang... mau lebih bagus lagi, sebelum kunci di on kan... itu mesin di engkol2 dulu >5 kali... abis itu baru di kontak on.. panasin cukup 1-2 menit...atau sampe stasioner.. sehingga pelumasan sempurna... abis itu tancappppp...
Pengetahuan tambahan:
Quote:Original Posted By bangkekapal ►
bener gan tapi klo untuk mesin motor karn tergolong mesin kecil jadi fungsi pelumasan awal dgn tujuan agar pelumas merata ke semua bagian itu bisa berjalan seiiring dgn bergeraknya putaran mesin
(atau dgn kata lain gak perlu lama pemanasan awal krn tidak pun gak jadi masalah
tp emang dianjurkan untuk pemanasan awal sih
)
krn mesin motor termasuk wet lubricating atau sistem pelumasan basah
artinya mesin terendam didalam minyak lumas
dgn kata lain pelumasan awal/pemanasan gak terlalu urgensi
lain hal dgn mesin2 diesel ukuran besar dimana terdapat sump tank dimana pelumasan awal sangat dianjurakan krn bagian mesin menjadi kering setelah mesin tersebut berhenti/mati krn kebanyakan mesin diesel ukuran besar menggunakan sistem dry lubricating
CMIIW
buat para korban yang jarang manasin motornya:
Quote:Original Posted By coli.day ►
gw pernah gan ga dipanasin
eh malah mogok diljalan gara² mesin dngin
Bagaimana dengan sistem injeksi?
Quote:Original Posted By brrrmmm ►
injeksi sebenernya juga butuh untuk di panasi, walaupun sudah di lengkapi dengan sensor suhu dkk, yg bakalan mengatur mesin agar bisa cepat langsam.
sekali lagi itu hanya membantu untuk cepat langsam, toh itu juga kodratnya mesin yg butuh pelumasan, maka pemanasan mesin sebelum pemakaian (setelah mesin tidak di gunakan dalam jangka waktu lama) itu diperlukan.
seperti penjelasan di trit ini, kalau ngga di panasin komponen mesin bakalan lebih cepet ausnya dari yg seharusnya (mudahnya mesin cepet rontok), meskipun sekarang ada oli sintetik yg katanya bakalan menempel terus di komponen mesin, ataupun sistem pelumasan mesin jaman sekarang udah semakin maju, tetep yg namanya pemanasan mesin sebelum di pakai itu di perlukan.
Quote:Original Posted By aryapradana ►
injeksi itu hanya sistem pembakaran saja. kadar antara bensin dgn udara udah otomatis masuk hingga kalo dinyalain di kondisi udara dingin, mesin tetep ngacir. hanya pelumasan tetep dibutuhkan (pemanasan di pagi hari)
ingat! pemanasan yg terlalu lama akan menyebabkan boros BBM. 5 menit juga sudah lebih dari cukup.
juga, mesin makin kesini, celahnya semakin rapat. beda dgn mesin2 jadul. maka mesin makin modern, spek oli yg dibutuhkan berbeda. misal API SL, untuk mesin keluaran tahun 2008 kesini (cmiiw). kenapa? tentu saja, pabrik makin modern sehingga kerapatan antar part2 mesin makin kecil, oli yg dibutuhkan makin encer. juga jgn lupakan kekentalannya, sesuaikan dgn spek mesin. mesin pake spek oli 20w-50 janganlah ganti ke oli 10w-30, keenceran. lama2 olinya nguap (ga banyak sih) namun yg sedikit itu pengaruhnya banyak, trutama di motor.
semoga ada traktiran cendol atau abu gosok.
semoga bermanfaat
smoga yang dh berbaik hati ngsh abu dan cendol, 2013 ini agan diberikan kesuksesan. doa dan resolusinya dikabul m Sang Pencipta. amin
bersambung ke halaman 74
tapi disini ane pengen mencoba melengkapi dan ingin share apa yang udah ane dapetin di t4 ane kuliah.

Langsung aja, cekibroot. .
Beberapa alasan tersebut diantaranya :
1. Fungsi Pelumasan
Pembakaran
Kesimpulannya:
Panasilah motor 2-3 menit sebelum ngantor. Jangan lama2 juga karena bisa menyebabkan knalpot jadi berwarna keungu2an atw kecoklatan untuk knalpot yang berwarna silver atw terang. Hal ini disebabkan oleh terlalu panasnya knalpot karena udara hanya berputar disitu2 saja sehingga tidak terjadi proses pendinginan.
informasi tambahan
maaf klw repsol. hal ini semata-mata ingin berbagi materi yang didapatkan di kuliah. buat agan2 yang lebih pintar, syp tw bisa membenarkan atau memberi tambahan. maklum ini thread pertama ane setelah daftar 2 tahun yang lalu.
tambahan dari agan2 yang mungkin bisa dipertimbangkan
tips cara manasin motor.
Quote:Original Posted By pembantu.kaskus ►
y c gan...sebelumy jg klo baiky y pemanasan pke manual jgn starter...
karena starter yang kita pakai menggunakan voltase kurang lebih 15.000 V, maka dari itu penggunaan starter yang terlalu sering dapat menyebabkan umur aki yang singkat. ane pernah ganti kurang dari setaun gan.

Quote:Original Posted By speedsliders ►
motor yang gak dipake semaleman biasanya pelumasan di dalam mesinnya kurang... mau lebih bagus lagi, sebelum kunci di on kan... itu mesin di engkol2 dulu >5 kali... abis itu baru di kontak on.. panasin cukup 1-2 menit...atau sampe stasioner.. sehingga pelumasan sempurna... abis itu tancappppp...
Pengetahuan tambahan:
Quote:Original Posted By bangkekapal ►
bener gan tapi klo untuk mesin motor karn tergolong mesin kecil jadi fungsi pelumasan awal dgn tujuan agar pelumas merata ke semua bagian itu bisa berjalan seiiring dgn bergeraknya putaran mesin



krn mesin motor termasuk wet lubricating atau sistem pelumasan basah
artinya mesin terendam didalam minyak lumas
dgn kata lain pelumasan awal/pemanasan gak terlalu urgensi

lain hal dgn mesin2 diesel ukuran besar dimana terdapat sump tank dimana pelumasan awal sangat dianjurakan krn bagian mesin menjadi kering setelah mesin tersebut berhenti/mati krn kebanyakan mesin diesel ukuran besar menggunakan sistem dry lubricating
CMIIW

buat para korban yang jarang manasin motornya:
Quote:Original Posted By coli.day ►
gw pernah gan ga dipanasin
eh malah mogok diljalan gara² mesin dngin

Bagaimana dengan sistem injeksi?
Quote:Original Posted By brrrmmm ►
injeksi sebenernya juga butuh untuk di panasi, walaupun sudah di lengkapi dengan sensor suhu dkk, yg bakalan mengatur mesin agar bisa cepat langsam.
sekali lagi itu hanya membantu untuk cepat langsam, toh itu juga kodratnya mesin yg butuh pelumasan, maka pemanasan mesin sebelum pemakaian (setelah mesin tidak di gunakan dalam jangka waktu lama) itu diperlukan.
seperti penjelasan di trit ini, kalau ngga di panasin komponen mesin bakalan lebih cepet ausnya dari yg seharusnya (mudahnya mesin cepet rontok), meskipun sekarang ada oli sintetik yg katanya bakalan menempel terus di komponen mesin, ataupun sistem pelumasan mesin jaman sekarang udah semakin maju, tetep yg namanya pemanasan mesin sebelum di pakai itu di perlukan.
Quote:Original Posted By aryapradana ►
injeksi itu hanya sistem pembakaran saja. kadar antara bensin dgn udara udah otomatis masuk hingga kalo dinyalain di kondisi udara dingin, mesin tetep ngacir. hanya pelumasan tetep dibutuhkan (pemanasan di pagi hari)
ingat! pemanasan yg terlalu lama akan menyebabkan boros BBM. 5 menit juga sudah lebih dari cukup.
juga, mesin makin kesini, celahnya semakin rapat. beda dgn mesin2 jadul. maka mesin makin modern, spek oli yg dibutuhkan berbeda. misal API SL, untuk mesin keluaran tahun 2008 kesini (cmiiw). kenapa? tentu saja, pabrik makin modern sehingga kerapatan antar part2 mesin makin kecil, oli yg dibutuhkan makin encer. juga jgn lupakan kekentalannya, sesuaikan dgn spek mesin. mesin pake spek oli 20w-50 janganlah ganti ke oli 10w-30, keenceran. lama2 olinya nguap (ga banyak sih) namun yg sedikit itu pengaruhnya banyak, trutama di motor.
semoga ada traktiran cendol atau abu gosok.

semoga bermanfaat

smoga yang dh berbaik hati ngsh abu dan cendol, 2013 ini agan diberikan kesuksesan. doa dan resolusinya dikabul m Sang Pencipta. amin
bersambung ke halaman 74