News
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
Informasi! Kaskus Update Fitur Baru! Intip di Sini!
721
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50cad4ff8327cf646a000040/bandung-parit-van-java--ltlt-julukan-baru-bandung
pemandangan kota Bandung dari Udara Tahun 1985, bulan Mei waktu itu, aku injak tanah Bandung, turun dari bis malam di bilangan Jalan Riau. Jam menunjukkan pukul 05.20 WIB. Kabut tebal menutupi dedaunan pohon-pohon tinggi besar. Dingin bukan main. Jaket tebal dilapisi beludru tak mampu membentengi kulitku dari tusukan dingin udara pagi. Bandung, waktu itu, bagai Bedugul, sebuah objek wisata di bagi
Lapor Hansip
14-12-2012 14:27

BANDUNG, PARIT VAN JAVA << Julukan baru Bandung

Past Hot Thread
BANDUNG, PARIT VAN JAVA &lt;&lt; Julukan baru Bandung
pemandangan kota Bandung dari Udara

Tahun 1985, bulan Mei waktu itu, aku injak tanah Bandung, turun dari bis malam di bilangan Jalan Riau. Jam menunjukkan pukul 05.20 WIB. Kabut tebal menutupi dedaunan pohon-pohon tinggi besar. Dingin bukan main. Jaket tebal dilapisi beludru tak mampu membentengi kulitku dari tusukan dingin udara pagi. Bandung, waktu itu, bagai Bedugul, sebuah objek wisata di bagian Utara Kabupaten Tabanan, Bali. Dalam khayalku sebagai remaja lulusan SMA, Bandung identik dengan kecantikan, keindahan, keramahan, dan kesenangan. Juga, tentu saja, kota utama tujuan belajar. Julukan Bandung, Parijs van Java di mataku memang tepat waktu itu.

Kini, tahun 2012 ini, atribut Parijs van Java itu berubah menjadi Parit van Java. Bandung adalah kota parit atau selokan. Hanya dengan hujan ringan saja, tak sampai setengah jam, mayoritas ruas jalan dan lahan berubah menjadi parit, menjadi genangan, menjadi kolam dadakan. Parahnya lagi, air hujan yang “suci-bersih” dari atmosfer itu lantas bercampur dengan air limbah hitam, tahi ternak, tinja dan air kencing, juga belepotan dengan sampah. Belum lagi minyak, solar, oli, bensin, dan polutan dari pabrik besar dan skala rumah tangga yang menyebar di tatar Bandung.

Quote:Dengan fakta ini, masih layakkah sebutan Parijs van Java disandang oleh Bandung?


Atribut substitusi yang patut disematkan pada Bandung kini adalah Venezia van Java, khususnya adalah Bandung Selatan. Lagu Bandung Selatan yang liriknya memuji keelokan paras bentang alamnya sudah tidak cocok lagi diemban oleh Bandung. Memang, di beberapa partisi bentang alamnya masih tersisa kemolekan Bandoeng Tempo Doeloe itu, tetapi wilayah yang dekat dan ditempati manusia sudah jauh dari kenecisan jelita kota Para Hyang, kota dewa-dewi Parahyangan atau Priangan.

Quote:Julukan Kota Kembang pun sudah lama pudar, bahkan berubah menjadi Kota Kambing, kata seorang penyanyi yang top pada dekade 1980-an.


Lagu Hallo-Hallo Bandung pun ada yang liriknya diplesetkan menjadi “ sekarang sudah menjadi lautan cai (bukan api). Cai adalah air dalam bahasa Sunda. Sebabnya tak lain tak bukan adalah kerusakan lahan konservasi yang menjadi daerah tangsap (tangkap dan resap) air hujan. Akibatnya, saat kemarau terjadi krisis air baku untuk air minum dan kebutuhan domestik – komersial lainnya, dan menimbulkan banjir saat musim hujan, bahkan oleh curah hujan yang rendah intensitasnya.

Quote:Anehnya, kata para kalangan, di Bandung banyak ahli teknik dan sosial, juga pendidikan, menjadi sentral pengembangan ilmu, teknologi, dan lingkungan, tetapi kondisi kotanya sangat memiriskan. Miris bagai diiris sembilu, kata gadis molek yang putus cinta monyetnya.


Bandung, bagaimanapun juga, tetap kucinta. Inilah kotaku, kota tempat tinggalku, dan aku setia menjadi warga kotamu. This is the city and I am one of the citizens, tulis Walt Whitman.

Quote:Ada hak dan kewajiban warga Bandung untuk menyelamatkan Bandung dari degradasi alamnya, mulai dari hal-hal kecil seperti mengurangi sampah anorganik yang dibuang ke TPA dan mengubah sampah organik menjadi pupuk di rumah. Memelihara minimal satu pohon berkayu dan sejumlah tanaman lainnya yang tergolong ke dalam lumbung hidup dan apotek hidup atau dapur hidup di setiap rumah.


Save Bandung City, save the citizens.

* Oleh Gede H. Cahyana
sumber : http://www.airlimbahku.com/2012/11/b...-van-java.html

Quote:Original Posted By diez1988
nih gan, ane mau nambahin


BANDUNG, PARIT VAN JAVA &lt;&lt; Julukan baru Bandung
BANDUNG, PARIT VAN JAVA &lt;&lt; Julukan baru Bandung[/spoiler]

lokasi kab bandung, bale endah, cienteung

ane foto pake camera bb ane di atas benteng pabrik ane gan


Quote:Original Posted By grandpa.afiefh
nih gan ane mau share kejadian banjir 24 Desember 2012 di Rancaekek, Bandung timur. deket rumah ane emoticon-Frown Banjir ini menyebabkan lalu lintas Bandung-Garut Lumpuh total emoticon-raining emoticon-Frown
BANDUNG, PARIT VAN JAVA &lt;&lt; Julukan baru Bandung
BANDUNG, PARIT VAN JAVA &lt;&lt; Julukan baru Bandung
BANDUNG, PARIT VAN JAVA &lt;&lt; Julukan baru Bandung[/SPOILER]


>> UPDATE FOTO DARI KASKUSER <<
BANDUNG, PARIT VAN JAVA &lt;&lt; Julukan baru Bandung
BANDUNG, PARIT VAN JAVA &lt;&lt; Julukan baru Bandung

Quote:Original Posted By baba.bubu417
my own home town emoticon-Sorry
bener bgt kesadaran mengenai lingkungan nya rendah di bandung ini emoticon-Cape d... (S)

contoh2 kejadian banjir di banjir di bdg 1 sebulan belakangan:
1. jl pagarsih
7desember
BANDUNG, PARIT VAN JAVA &lt;&lt; Julukan baru Bandung
BANDUNG, PARIT VAN JAVA &lt;&lt; Julukan baru Bandung

2. 7desember jl astana anyar
BANDUNG, PARIT VAN JAVA &lt;&lt; Julukan baru Bandung

3. 28-29 november jl pagarsih (again emoticon-Cape d... (S) emoticon-Sorry )
BANDUNG, PARIT VAN JAVA &lt;&lt; Julukan baru Bandung
BANDUNG, PARIT VAN JAVA &lt;&lt; Julukan baru Bandung

3. 22 november jl. cikutra
BANDUNG, PARIT VAN JAVA &lt;&lt; Julukan baru Bandung

4. 16november bale endah, bdg selatan
BANDUNG, PARIT VAN JAVA &lt;&lt; Julukan baru Bandung

sampe ada yg bikin 'iklan' begini:
BANDUNG, PARIT VAN JAVA &lt;&lt; Julukan baru Bandung
sumber: http://lifestyle.kompasiana.com/urba...ir-509790.html


Quote:Original Posted By BERlSlK
sangat setuju gan, jauh banget perbedaanya waktu ane kecil
BANDUNG, PARIT VAN JAVA &lt;&lt; Julukan baru Bandung


Quote:Original Posted By rhsrhz..
ya beginilah bandung sekarang gan, gak kayak dulu, sawah udah jadi perumahan atau mall, saluran air dulu isinya air sekarang sampah emoticon-Cape d...

ane ada beberapa foto, dicomot dari mbah google emoticon-Smilie

bisa jadi kolam renang gan
BANDUNG, PARIT VAN JAVA &lt;&lt; Julukan baru Bandung

sampai mobil aja ikutan berenang gan
BANDUNG, PARIT VAN JAVA &lt;&lt; Julukan baru Bandung

Penutup
BANDUNG, PARIT VAN JAVA &lt;&lt; Julukan baru Bandung

kalo boleh taro pejwan ya emoticon-Smilie


Quote:Original Posted By dikboy
Ikut nambahin gan, selama 2,5 tahun ngekos di sukabirus STT Telkom akhirnya banjir seperti ini. Biasanya cuma bale endah yang banjir


BANDUNG, PARIT VAN JAVA &lt;&lt; Julukan baru Bandung
[/spoiler]


Quote:Original Posted By Badvriel
wah trit bagus emoticon-Smilie
pertama kusabab walkot nu doyan pencitraan tp ngarusak bandung
dari dulu janji bangun stadion, baru kejalanin taun 2011 emoticon-Cape d... (S)
car free day,,taman paru2 dunia dll
padahal maslah jalan rusak,,banjir,, kemacetan sareng geng motor te aya habisna..
hobi doi buat mall dan ngancurin bangunan bersejarah emoticon-Najis (S)

tp ga fair klo naylahin pemerintah aja
masyrakat bandung juga udah lupa cara buang sampah yang baik dan benar emoticon-Cape d... (S)
ini gambar sungai citepus soekarno hatta di pagi hari emoticon-Cape d... (S)
BANDUNG, PARIT VAN JAVA &lt;&lt; Julukan baru Bandung

banjir jalan moh toha emoticon-Cape d... (S)
toha
Diubah oleh bedubeda
0
Tampilkan isi Thread
Masuk untuk memberikan balasan
berita-dan-politik
Berita dan Politik
18.8K Anggota • 629.9K Threads
Halaman 31 dari 37
BANDUNG, PARIT VAN JAVA << Julukan baru Bandung
08-01-2013 07:37
Keren gan, bisa buat arung jeram
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
0 0
0
BANDUNG, PARIT VAN JAVA << Julukan baru Bandung
09-01-2013 09:09
bener2 miris deh liat bandung sekarang.. banjir dimana-mana, macet dimana-mana.. makin kesini bukannya makin bagus malah makin memburuk di setiap sudut kotanya emoticon-Cape d... (S)emoticon-Cape d... (S)
0 0
0
BANDUNG, PARIT VAN JAVA << Julukan baru Bandung
09-01-2013 09:14
bener2 parah yahh, gak beda ama jakarta skrg ini emoticon-Berduka (S)
0 0
0
BANDUNG, PARIT VAN JAVA << Julukan baru Bandung
09-01-2013 12:14
semoga saja bisa segera berbenah emoticon-Smilie
0 0
0
BANDUNG, PARIT VAN JAVA << Julukan baru Bandung
09-01-2013 12:58
harus segera di cari
>sumber masalahnya dimana
>penyebabnya apa
>pengatasanya gimana
>pencagahanya gmn

lbh baik sdikit bicara dan bnyak brtindak.pejabat hanyalah segelintir sampah jd mari hidupkan lg smangat gotong royong bangun desa menata kota
0 0
0
BANDUNG, PARIT VAN JAVA << Julukan baru Bandung
10-01-2013 00:33
emoticon-Mewek emoticon-Cape d... kamarana atuh anu berkoar bade meresan ieu maslahna emoticon-Hammer2
0 0
0
BANDUNG, PARIT VAN JAVA << Julukan baru Bandung
10-01-2013 00:35
emoticon-Berduka (S)emoticon-Berduka (S)
ikut berduka atas keadaan bandung yang sekarang
0 0
0
BANDUNG, PARIT VAN JAVA << Julukan baru Bandung
10-01-2013 08:22
sampai thn 2005 gw tinggalin bdg, ujan lebat juga dago kaga pernah banjir kaya di foto, asli ga bisa ngomong liat gambar banjir dijalanan bandung saat ini yg lebih mirip sungai dadakan dari pada banjir cileuncang.
Apa pejabat kota bandung tinggal di luar bandung semua kali ya?? masa kaga tau kota jadi ancur kaya gene.
Pertanyaannya: APA MASIH ADA HARAPN UNTUK BANDUNG KEDEPANNYA??
0 0
0
BANDUNG, PARIT VAN JAVA << Julukan baru Bandung
10-01-2013 08:34
Quote:Original Posted By bedubeda
BANDUNG, PARIT VAN JAVA &lt;&lt; Julukan baru Bandung
pemandangan kota Bandung dari Udara

Tahun 1985, bulan Mei waktu itu, aku injak tanah Bandung, turun dari bis malam di bilangan Jalan Riau. Jam menunjukkan pukul 05.20 WIB. Kabut tebal menutupi dedaunan pohon-pohon tinggi besar. Dingin bukan main. Jaket tebal dilapisi beludru tak mampu membentengi kulitku dari tusukan dingin udara pagi. Bandung, waktu itu, bagai Bedugul, sebuah objek wisata di bagian Utara Kabupaten Tabanan, Bali. Dalam khayalku sebagai remaja lulusan SMA, Bandung identik dengan kecantikan, keindahan, keramahan, dan kesenangan. Juga, tentu saja, kota utama tujuan belajar. Julukan Bandung, Parijs van Java di mataku memang tepat waktu itu.

Kini, tahun 2012 ini, atribut Parijs van Java itu berubah menjadi Parit van Java. Bandung adalah kota parit atau selokan. Hanya dengan hujan ringan saja, tak sampai setengah jam, mayoritas ruas jalan dan lahan berubah menjadi parit, menjadi genangan, menjadi kolam dadakan. Parahnya lagi, air hujan yang “suci-bersih” dari atmosfer itu lantas bercampur dengan air limbah hitam, tahi ternak, tinja dan air kencing, juga belepotan dengan sampah. Belum lagi minyak, solar, oli, bensin, dan polutan dari pabrik besar dan skala rumah tangga yang menyebar di tatar Bandung.



Atribut substitusi yang patut disematkan pada Bandung kini adalah Venezia van Java, khususnya adalah Bandung Selatan. Lagu Bandung Selatan yang liriknya memuji keelokan paras bentang alamnya sudah tidak cocok lagi diemban oleh Bandung. Memang, di beberapa partisi bentang alamnya masih tersisa kemolekan Bandoeng Tempo Doeloe itu, tetapi wilayah yang dekat dan ditempati manusia sudah jauh dari kenecisan jelita kota Para Hyang, kota dewa-dewi Parahyangan atau Priangan.



Lagu Hallo-Hallo Bandung pun ada yang liriknya diplesetkan menjadi “ sekarang sudah menjadi lautan cai (bukan api). Cai adalah air dalam bahasa Sunda. Sebabnya tak lain tak bukan adalah kerusakan lahan konservasi yang menjadi daerah tangsap (tangkap dan resap) air hujan. Akibatnya, saat kemarau terjadi krisis air baku untuk air minum dan kebutuhan domestik – komersial lainnya, dan menimbulkan banjir saat musim hujan, bahkan oleh curah hujan yang rendah intensitasnya.



Bandung, bagaimanapun juga, tetap kucinta. Inilah kotaku, kota tempat tinggalku, dan aku setia menjadi warga kotamu. This is the city and I am one of the citizens, tulis Walt Whitman.



Save Bandung City, save the citizens.

* Oleh Gede H. Cahyana
sumber : http://www.airlimbahku.com/2012/11/b...-van-java.html





>> UPDATE FOTO DARI KASKUSER <<
BANDUNG, PARIT VAN JAVA &lt;&lt; Julukan baru Bandung
BANDUNG, PARIT VAN JAVA &lt;&lt; Julukan baru Bandung

foto2 bukti dari Kaskuser
0 0
0
BANDUNG, PARIT VAN JAVA << Julukan baru Bandung
10-01-2013 08:52
Quote:Original Posted By lala92
sayang

with so much potenties and with all the creative and smart citizen, should be bandung bisa jauhhhhhh lebih baik.

semoga kedepannya bisa dikelola lebih baik...

Amiennn


koreksi ya boss:
With so much potential and all the creative and smart citizens, bandung could be a lot better..

Wkwkwk englishnya nyunda banget boss .. tapi ya ane tetep setuju .. bandung seharusnya bisa lebih baik seandainya yang diperhatikan tidak hanya mall dan pusat perbelanjaan belaka.
Diubah oleh iSayuSay
0 0
0
BANDUNG, PARIT VAN JAVA << Julukan baru Bandung
10-01-2013 10:27
menurut ane bkn di bandung aja di kota -kota lain juga begitu sama2 banjiremoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
0 0
0
BANDUNG, PARIT VAN JAVA << Julukan baru Bandung
10-01-2013 10:33
sampah di bandung luar biasa banyak, pekerja kebersihannya kurang tanggap dan kurang banyaak, kerjanya tidak sebanding dengan percepatan perkembagan sampahnya.

0 0
0
BANDUNG, PARIT VAN JAVA << Julukan baru Bandung
10-01-2013 10:57
Busseetttt dehhh, sama kaya dulu rumah gw juga kebanjiran tinggal atepnya doank, parah dahhhh.......emoticon-Hammer2
0 0
0
BANDUNG, PARIT VAN JAVA << Julukan baru Bandung
10-01-2013 11:35
ya gan walupun aku bukan orang bandung tapi gan aku seraya sedih dengan kodisi bandung sekarang!!!!
emoticon-Sorry

semoga ini menjadi pembelajaran untuk para pemimipin sekarang!!!emoticon-I Love Indonesia (S)
0 0
0
BANDUNG, PARIT VAN JAVA << Julukan baru Bandung
10-01-2013 11:38
Itu bukan salah Gubernur Jabar ya, catet!

Itu kejadiannya di Bandung ama Soreang, jadi yang salah ya Walikota Bandung dan Bupati Bandung, dan BUKAN GUBERNUR JABAR, ok?
0 0
0
BANDUNG, PARIT VAN JAVA << Julukan baru Bandung
10-01-2013 11:40
ane aja yg bukan orang bandung miris liat2 gambarnya emoticon-Frown
liat berita2 di tv juga gitu emoticon-Frown
saatnya peduli deh emoticon-Frown
semua masyarakat bandung emoticon-Frown
0 0
0
BANDUNG, PARIT VAN JAVA << Julukan baru Bandung
10-01-2013 12:05
ni maaf ya, bukannya gimana2, tapi emang kayaknya kesadaran dari masyarakatnya juga kurang. Liat aja itu para pedagang gerobak yg jumlahnya banyak banget di bandung sama pembelinya, abis beli jajan sampahnya dibiarin begitu saja atau dibuang ke selokan terdekat. Pedagang dan pembeli tentulah terus bertambah, tapi kalau kelakuannya masih seperti itu, ya tahun 2020 kemungkinan bandung sudah menjadi jadi TELAGA!
0 0
0
BANDUNG, PARIT VAN JAVA << Julukan baru Bandung
10-01-2013 17:50
udah gak jauh beda ma jakarta yang langganan banjir tiap musim hujan
0 0
0
BANDUNG, PARIT VAN JAVA << Julukan baru Bandung
10-01-2013 20:11
ganti walkot bandung yg sekarang dengan org2 yg lbh amanah, walikota banjar cocok tuh, dimasa kepemimpinannya kota banjar maju pesat, dan beliau sebentar lg habis masa jabatannya, emoticon-I Love Indonesia (S)
0 0
0
BANDUNG, PARIT VAN JAVA << Julukan baru Bandung
10-01-2013 22:32
bandung kalo ujang:
daerah bawah tenggelem, daerah atasnya jadi sungai.
setiabudi, dago udah kaya sungai.
lembang gundul, dago pakar gundul. sekalian aja gundulin itu si dada kehed.
0 0
0
Halaman 31 dari 37
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia