qwertydeviantAvatar border
TS
qwertydeviant
Mari Ber-Sepeda Motor dengan "Baik dan Benar"


Quote:




Spoiler for artikel prolog:


Gak bisa dipungkiri gan kalo negara tercinta kita Indonesia merupakan salah satu negara pengguna sepeda motor yang cukup dominan di dunia. Bahkan fakta ini terlihat konyol kalo kita berkaca ke Jepang selaku negara produsen kendaraan terbesar di Asia.

Sayangnya kebutuhan ini tidak didukung kemampuan dan pengetahuan yang kurang dari masyarakat pengguna itu sendiri, coba aja liat artikel prolog diatas.

Ane disini bukan ngasih tau ato ngajarin agan sekalian gimana cara naek sepeda motor, anak SD aja sekarang udah bisa. Ane cuma mau share beberapa cara di masyarakat kita yang menurut ane bisa membahayakn pengguna jalan lain maupun diri sendiri saat berkendara dengan sepeda motor.

Berikut ane buat daftar tindakan pengguna motor yang bisa membahayakan dirinya dan orang lain, silahkan tambahkan buat agan yang punya masukan positif lain:

  1. NYELIP DARI SEBELAH KIRI
    Sepeda motor dengan kegesitannya emang paling bisa diandalin buat kemacetan, apa lagi buat nyelip-nyelip kendaraan laen, tapi coba bayangin kalo ente enak-enak pelan di lajur kiri terus masih aja diselip sebelah kiri? emoticon-Nohope
    Spoiler for ilustrasi:


  2. NYEBRANG NGELAWAN JALUR SAMBIL NENGOK BELAKANG
    Itu spion udah ada dua masih kurang? spion gunanya emang buat liat belakang kendaraan kita gan, kalo masih ada spion terus kita nengok belakang pas mau nyebrang terus dijemput trailer dari depan gimana gan? emoticon-Malu (S)

  3. JALAN PELAN DI LAJUR KANAN
    "Gunakan Lajur Kanan Untuk Mendahului" kalimat ini bukan cuma berlaku buat di jalan tol. Kalo niat mau nyante disebelah kiri aja gan. Kasian belakang agan yang keburu pup pengen ngebut aja bawaannya emoticon-Ngakak (S)
    Spoiler for ilustrasi:


  4. BAWA SELURUH KELUARGA DALAM 1 MOTOR
    Diluar perkiraan dan musibah bisa saja terjadi di jalan gan, kasian kalo agan bawa semua keluarga naek motor. Mending naek kendaraan umumyang meskipun itu harus milih-milih buat keamanan agan juga. Handling dan safety berkendara juga berkurang kalo agan bawa beban terlalu banyak di atas sepesa motor.

  5. SALIP KIRI MOBIL YANG BELOK KIRI DI PERTIGAAN
    Kendaraan yang pengen belok kiri, pengemudinya juga bakal liat kendaraan dari arah kanannya. Dan kalo pas mereka liat kanan dan agan nyelonong dari sebelah kiri dengan kendaraan lain yang terus melaju ke arah kiri, kecelakaan bukan tidak mungkin bakal terjadi.
    Spoiler for ilustrasi:


  6. ABIS NYEBRANG LAWAN JALUR LANGSUNG KE LAJUR KIRI
    Mau kemana si gan? lagian tar kita juga mungkin bakal ambil lajur kanan lagi kalo perjalanan kita ga 10-20meter. tenang dulu di lajur kanan sambil pelan-pelang pindah kiri kalo emang mau pelan di sebelah kiri. Setelah nyebrang & masuk jalur, kecepatan kendaraan lain mungkin gak sepelan kita disana.
    Spoiler for ilustrasi:


  7. MREPET-MREPET LAWAN ARAH
    Okelah kalo buat jarak kurang dari 50meter, kalo Jakarta-Bekasi mrepet terus? Kasus laen kecelakaan akibat kesalahan ini terjadi waktu kendaraan lain atret dari parkiran, yang memang yang diprioritasin mereka ngeliat kendaraan dari arah yang semestinya, kalo kendaraan lain atret dan gak ngeliat agan dari arah berlawanan bisa juga menyebabkan kecelakaan
    Spoiler for ilustrasi:


  8. BERENTI DI TENGAH PAS MAU NYEBRANG
    Inget, kita lagi naek motor, bukan lagi nyetir 18wheeler emoticon-Nohopeberhenti ditengah buat nyebrang di kondisi traffic yang kenceng? iya kalo agan keliatan, kalo nggak? jangan lupa juga idupin lampu tanda belok.

  9. NYELIP, NGGAK, NYELIP, NGAAK...
    Nyelip nyelip aja gan, masak iya agan mau nyelip dengan kecepatan yang sama ma yang diselip. Dijalan itu kadang kenceng gak harus salah. Tapi jangan kenceng yang tidak tau arah emoticon-Smilie nyelip yang bener tu liat spion dulu ada kendaraan dari belakang yg mau nyelip kita juga gak, baru idupin tuh lampu tanda belok, terus nyalip deh. jaga kecepatan & ketepatan berkendara.



Sengaja gak ane kasih point buat yang udah ada di undag-undang pelanggaran lalu lintas, termasuk modifikasi dan mengemudi motor di jalur busway emoticon-Nohope
Aksesoris motor di standarin aja lah kalo bisa, Jepang sang pembuat lebih mengerti kendaraan kok dari pada kita emoticon-Smilie
Sekali lagi ane bukan mau ngajarin agan-agan naek motor, ane jugak bukan orang yang kontra ma motr, ane cuma pengen semua berkendara dengan baik dan benar buat ngindarin kecelakaan dari keduabelah pihak.
Silahkan kalo ada yang mau agan tambahkan emoticon-Angkat Beer

Spoiler for tambahan kaskuser:


Keep safety riding
***


Quote:


Quote:
Diubah oleh qwertydeviant 02-01-2013 12:29
0
5.5K
70
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.