Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1849
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50c281565a2acfec3b00001b/iffa-srikandi-kecil-terlahir-650-gram-yang-berjuang-untuk-hidup
Iffa, Srikandi Kecil Terlahir 650 Gram yang Berjuang Untuk Hidup Iffa Ulfia Dhitanti, terlahir 27 September 2012 pada usia kehamilan 24 minggu (6 bulan) dengan berat 650 gram dan panjang 31 cm. Merupakan anak ke-2 pasangan Ibu Atika dan Bapak Rudiyanto yang terus berdoa dan berusaha demi keselamatan putrinya ini yang terlahir dengan status BBLER (Bayi Berat Lahir Ekstrem Rendah). Iffa ketika lahir
Lapor Hansip
08-12-2012 06:52

Iffa, Srikandi Kecil Terlahir 650 Gram yang Berjuang Untuk Hidup

Past Hot Thread
Iffa, Srikandi Kecil Terlahir 650 Gram yang Berjuang Untuk Hidup


Iffa Ulfia Dhitanti, terlahir 27 September 2012 pada usia kehamilan 24 minggu (6 bulan) dengan berat 650 gram dan panjang 31 cm. Merupakan anak ke-2 pasangan Ibu Atika dan Bapak Rudiyanto yang terus berdoa dan berusaha demi keselamatan putrinya ini yang terlahir dengan status BBLER (Bayi Berat Lahir Ekstrem Rendah).

Iffa, Srikandi Kecil Terlahir 650 Gram yang Berjuang Untuk Hidup
Iffa ketika lahir dengan berat badan 650 gram

Pada pagi hari tanggal 27 September 2012, Ibu Atika merasakan kontraksi meskipun kehamilan baru memasuki bulan ke-6. Bermaksud memeriksakan tentang apa yang terjadi, ketika sampai di IGD RSI Hidayatullah ternyata pembukaan telah lengkap sebagaimana yang terjadi pada kehamilan 9 bulan. Saat itu juga Ibu Atika dibawa ke ruang bersalin untuk mendapatkan penanganan langsung, dan tidak berselang lama segera masuk ke proses melahirkan. Dek Iffa terlahir prematur dengan berat 650 gram dan panjang badan 31 cm (berat kelahiran bayi normal adalah berkisar antara 2.500 4.000 gram).

Iffa, Srikandi Kecil Terlahir 650 Gram yang Berjuang Untuk Hidup
Foto cap kaki Iffa yang sangat kecil

Waktu itu Ibu Atika dan Pak Rudi pasrah dengan apa yang terjadi, namun berdasarkan instruksi dari dokter anak di rumah sakit tersebut bahwa sang bayi ini bisa dipertahankan, maka mereka mengambil keputusan bahwa apapun yang terjadi, Iffa harus tertolong dan yakin bisa tumbuh sebagaimana anak yang normal.

Iffa, Srikandi Kecil Terlahir 650 Gram yang Berjuang Untuk Hidup
Iffa usia 1 hari

Sementara itu, rumah sakit memberikan rujukan ke rumah sakit yang memiliki peralatan yang lebih lengkap untuk penanganan dan perawatan Iffa. Peralatan yang dibutuhkan waktu itu adalah inkubator, CPAP (Continuous Positive Airway Pressure) dan beberapa peralatan lain untuk penanganan bayi terlahir dibawah 1 kg. Alternatif rujukan yang pertama adalah rumah sakit di Jogja, namun semua rumah sakit yang memiliki peralatan tersebut ternyata penuh dan terpakai. Sedangkan Iffa harus segera mendapatkan perawatan intensif secepatnya.

Iffa, Srikandi Kecil Terlahir 650 Gram yang Berjuang Untuk Hidup
Peralatan yang diperlukan Iffa : inkubator dengan Continuous Positive Airway Pressure (CPAP)

Rujukan perawatan dilanjutkan ke RSU PKU Bantul, Iffa diterima di NICU RSU PKU Bantul dan mendapatkan perawatan intensif selama hampir 2 bulan lamanya. Selama di NICU Iffa menggunakan alat tambahan oksigen dengan CPAP, menerima 2 kali transfusi darah (karena HB drop), infus dan selang yang disambungkan langsung ke saluran pencernaan (untuk jalur asupan ASI yang diberikan). Saat ini Iffa dirawat di Ruang Patologi rumah sakit tersebut, di dalam box inkubator, dan masih menggunakan selang pencernaan. Setiap hari Ibunda mengantar ASI untuk Iffa.

Iffa, Srikandi Kecil Terlahir 650 Gram yang Berjuang Untuk Hidup
Iffa di NICU RSU PKU Bantul Yogyakarta

Pada tanggal 8 Desember 2012 kami melakukan pengecekan tagihan rumah sakit selama Iffa dirawat. Jumlah tagihan sampai dengan hari ini berjumlah Rp. 31.000.000 lebih dan masih terus bertambah. Segala macam usaha dilakukan untuk membayar biaya rumah sakit ini. Mulai dari pengurusan Jaminan Kesehatan, sampai dengan permohonan keringanan biaya rumah sakit bermodalkan surat keterangan kurang mampu untuk biaya rumah sakit yang dikeluarkan oleh pihak kelurahan setempat (SKTM).

Biaya sebesar ini sungguh memberatkan beban mereka. Ibu Atika adalah seorang tenaga bantu honorer (kader KB) di lingkungannya, sedang Pak Rudi adalah seorang pekerja harian lepas yang beberapa waktu yang lalu bekerja sebagai buruh proyek di luar propinsi, dan tidak bisa bekerja sejak Iffa lahir sampai dengan sekarang karena harus mengurusi berbagai keperluan Dek Iffa. Saat ini mereka kembali tinggal di rumah orangtua mereka karena sewa kontrakan rumah telah habis bulan lalu dan tidak diperpanjang lagi.

Dari surat keterangan Diagnosa RSU PKU Bantul diperoleh informasi diagnosa sebagai berikut : BBLER (Bayi Berat Lahir Ekstrem Rendah), KB KMK, SIM, PRESBO, SEPSIS, HMD SUSP., dan AP. OF PREMATURITY. Perawatan intensif terus dilakukan sampai dengan sekarang.

Iffa, Srikandi Kecil Terlahir 650 Gram yang Berjuang Untuk Hidup
Iffa di Ruang Patologi RSU PKU Bantul Yogyakarta tanggal 7 Desember 2012

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari dr. Nurcholid Umam, Sp.A., dokter yang selama ini merawat Iffa, perkembangan Iffa sangat baik. Pengecekan berat badan hari ini : 1.350 gram pada usia 70 hari atau 2 bulan dirawat di rumah sakit. Asupan yang diterima Dek Iffa adalah ASI dan susu formula sebagai tambahan jika sewaktu-waktu ASI habis. KMC (Kangaroo Mother Care) dilakukan Ibu Atika di rumah sakit setiap hari minimal selama 2 jam untuk mengatasi hypothermia pada Dek Iffa. Jika dengan KMC tersebut perkembangan Iffa baik, minggu depan akan dilakukan review oleh tim dokter. Apabila memungkinkan, maka perawatan bisa dilanjutkan di rumah dengan syarat harus memiliki box inkubator sendiri dan dipersiapkan tempat yang steril untuk Iffa. Tagihan rumah sakitpun harus dipikirkan karena sudah menembus angka lebih dari 31 juta rupiah dan terus bertambah, pada saat pulang nanti biaya tagihan rumah sakit harus dilunasi. Kontrol rutin ke dokter dan pengobatan tetap harus dilakukan secara berkala setelah pulang.

Pasrah, doa dan usaha mereka untuk mempertahankan bayi Iffa adalah luar biasa. Apapun yang terjadi, Tuhan pasti memberikan yang terbaik. Mereka yakin Iffa yang terlahir dengan berat 650 gram bisa selamat dan tumbuh selayaknya anak-anak sehat yang lain

Demikian tulisan ini kami susun, saat ini orangtua Iffa membutuhkan bantuan dana untuk membayar biaya rumah sakit dan pengadaan box inkubator di rumah agar Iffa bisa segera pulang sebelum beban biaya rumah sakit menjadi lebih berat lagi. Kepada segenap donatur yang mau berbagi dan meringankan beban mereka, silahkan klik disini.

[CENTER]Iffa, Srikandi Kecil Terlahir 650 Gram yang Berjuang Untuk Hidup[/CENTER]


Quote:
Untuk Laporan penyaluran dana dan update berita tentang dek Iffa, silakan kunjungi www.eryepeduli.com
Follow us: @eRYePEDULI

Updates Field Report Iffa, Sabtu 26 Januari 2013 : Pemeriksaan Retinopathy of Prematurity (ROP) Iffa

Pagi ini Sabtu 26 Januari 2013 kami mendampingi Iffa keluarga besar kami, bayi yang terlahir prematur pada 27 September 2012 (dalam usia kehamilan 6 bulan) dengan status BBLESR (Bayi Berat Lahir Ekstrem Sangat Rendah) 650 gram untuk menemui dr. Nurfifi A., Sp.M. dan menjalani kontrol retina di Eye Centre AMC Yogyakarta. Dokter menyampaikan bahwa pada usia 40 sampai 42 minggu ini, merupakan masa-masa yang sangat penting pada perkembangan retina bayi, berkaitan dengan kemungkinan terjadinya atau kemungkinan perkembangan retina yang tidak normal pada bayi prematur atau yang menggunakan inkubator.

Iffa, Srikandi Kecil Terlahir 650 Gram yang Berjuang Untuk Hidup
Iffa 23 Januari 2013, memasuki usia 4 bulan dan berat badan 2,3 kg

Berdasarkan observasi yang dilakukan pagi ini, pada mata kanan suspect (diduga) stadium 2 ROP, dan mata kiri sudah masuk ke stadium 4 ROP (OD Susp ROP Stage 2, OS ROP Stage 4). Diperlukan penanganan segera dengan terapi injeksi atau laser di rumah sakit yang memiliki alat tersebut. Pada mata kiri sudah masuk stadium 4 ROP. Pada mata kanan masih tertata, namun pembuluh darah tampak berkelok-kelok, dan dibutuhkan observasi lanjut dengan status suspect stadium 2 ROP. Pada pemeriksaan yang lalu (Field Report 22 Desember 2012 : Pemeriksaan Retina Iffa) merahnya masih central, namun sekarang merah sudah sampai ke tepi.

Biaya yang diperlukan untuk terapi injeksi dan laser ini adalah 1,5 juta – 2 juta rupiah per sekali terapi di Klinik Retina rumah sakit. Belum bisa dipastikan tentang berapa kali terapi dan berapa lama opname yang diperlukan. Informasi tersebut akan kami update dan laporkan sampai dengan observasi lebih lanjut yang akan dilakukan pada hari Senin pagi 28 Januari 2013 di rumah sakit.

Dan beberapa Field Report pendampingan Eryepeduli untuk bayi Iffa yang bisa diakses antara lain di :
1) Pemeriksaan Dokter dan Imunisasi Untuk Iffa
2) Pemeriksaan Retina Iffa ke Dokter Spesialis Mata AMC Yogyakarta
3) Jadwal Kontrol Dokter Iffa di Poli Anak RSU PKU Bantul Yogyakarta
4) Kebahagiaan Iffa Untuk Sahabat-Sahabat Peduliku
5) Set Inkubator Box Untuk Iffa
Diubah oleh file.not.found
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 49 dari 95
Iffa, Srikandi Kecil Terlahir 650 Gram yang Berjuang Untuk Hidup
21-12-2012 22:22
terharu ane bacanya gan.... emoticon-Belomatabelo
0 0
0
Iffa, Srikandi Kecil Terlahir 650 Gram yang Berjuang Untuk Hidup
21-12-2012 22:41
ane cuman bantu pakek doa gann..
semoga baik baik aj bayi malang itu...
semoga tetap hidupp jadilah generasi penerus bangsa!!
JIA YOU!!
0 0
0
Iffa, Srikandi Kecil Terlahir 650 Gram yang Berjuang Untuk Hidup
21-12-2012 23:51
jd merasa kurang bersyukur gan kalo liat berita gini,, ksian
0 0
0
Iffa, Srikandi Kecil Terlahir 650 Gram yang Berjuang Untuk Hidup
22-12-2012 00:41
kasian gan
0 0
0
Iffa, Srikandi Kecil Terlahir 650 Gram yang Berjuang Untuk Hidup
22-12-2012 01:08
ane bisa bantu oa aja gan....semoga bisa bertahan sampai terakhir...
0 0
0
Iffa, Srikandi Kecil Terlahir 650 Gram yang Berjuang Untuk Hidup
22-12-2012 02:40
Semoga tambah baik dan dibri kemudahan
0 0
0
Iffa, Srikandi Kecil Terlahir 650 Gram yang Berjuang Untuk Hidup
22-12-2012 06:49
wah orang jogja to.. ntr deh gan ane sisihin uang jajan ane.. semoga adik iffa keadaan nya semakin baik dan dapat segera berkumpul dgn orang tuanya..
0 0
0
Iffa, Srikandi Kecil Terlahir 650 Gram yang Berjuang Untuk Hidup
22-12-2012 09:26
Saya bantu semampu dan seikhlas saya om, semoga bisa sedikit meringankan beban ybs
0 0
0
Iffa, Srikandi Kecil Terlahir 650 Gram yang Berjuang Untuk Hidup
22-12-2012 11:14
kecl banget....
semoga yg terbaik buat baby & mom...
0 0
0
Iffa, Srikandi Kecil Terlahir 650 Gram yang Berjuang Untuk Hidup
22-12-2012 12:10
smoga tumbuh sehat menjadi anak yg membahagiakan orangtuanya emoticon-Toast
0 0
0
Iffa, Srikandi Kecil Terlahir 650 Gram yang Berjuang Untuk Hidup
22-12-2012 12:55
kasian dek iffa ..
ane bantu doa aja deh gan
0 0
0
Iffa, Srikandi Kecil Terlahir 650 Gram yang Berjuang Untuk Hidup
22-12-2012 13:16
ringan bgt gan, ga tega liatnyaemoticon-Belomatabeloemoticon-Matabelo
0 0
0
Iffa, Srikandi Kecil Terlahir 650 Gram yang Berjuang Untuk Hidup
22-12-2012 14:36
cepet sembuh yaa buat adik Iffa emoticon-Smilie

to TS, mohon dicek rek. mandirinya, ane ada sedikit rezeki di trf kesana .. Terima Kasih
0 0
0
Iffa, Srikandi Kecil Terlahir 650 Gram yang Berjuang Untuk Hidup
22-12-2012 15:39
insya allah ane bantu gan..
ampe netes air mata ini bacanya..
0 0
0
Iffa, Srikandi Kecil Terlahir 650 Gram yang Berjuang Untuk Hidup
22-12-2012 18:20
kasihan gan emoticon-Matabelo emoticon-Blue Guy Cendol (L) semoga sehat selalu
0 0
0
Iffa, Srikandi Kecil Terlahir 650 Gram yang Berjuang Untuk Hidup
22-12-2012 18:31
kasian bgt gan.. ceritanya sama ky tetangga dpn rmh ane gan bayi mereka lahir prematur dan hrs drawat secara khusus..
singkat cerita blm genap 2bln drawat intensif Tuhan punya rencana lain dan bayi merekapun telah beristirahat dgn tenang skrg.. total biaya yg dihabiskan 280jutann gan emoticon-Matabelo

smoga Iffa dpt bertahan dan pertumbuhannya berkembang pesat.. aminn
0 0
0
Iffa, Srikandi Kecil Terlahir 650 Gram yang Berjuang Untuk Hidup
22-12-2012 19:59
semoga selalu dalam lindungan Nya.... ayo iffa berjuang ya, saya dan keluarga mendoakan emoticon-Matabelo
0 0
0
Iffa, Srikandi Kecil Terlahir 650 Gram yang Berjuang Untuk Hidup
22-12-2012 20:04
Cepet sembuh ya dek Iffa <3 Disini kita doakan teruuusss ! Jangan menyerah buat hidup, hidupmu masih panjang dek, kita ndukung buat kesembuhanmu ! emoticon-Peluk
0 0
0
Iffa, Srikandi Kecil Terlahir 650 Gram yang Berjuang Untuk Hidup
22-12-2012 20:45

iffa

masih dibuka gan buat yang mau nyumbang lagi?
0 0
0
Iffa, Srikandi Kecil Terlahir 650 Gram yang Berjuang Untuk Hidup
22-12-2012 20:57
astagfirullah,, semoga keluarga diberikan kekuatan, ketabahan untuk menghadapi cobaan ini amin .. emoticon-Smilie semoga iffa bisa tumbuh dengan normal emoticon-Mewek
0 0
0
Halaman 49 dari 95
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia