News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1006
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50d11f377d12433e3a000045/gawat-pekerja-lulusan-sma-di-jabodetabek-terancam-menganggur
Buat yang lagi nyari kerjaan: Butuh Programmer - PHP Developer (Bank BII) Jakarta - Pasca diputuskannya kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) DKI Jakarta dan daerah sekitarnya hingga 44%-70%, pengusaha minimal harus menggaji karyawannya Rp 2 juta per bulan. Bagi pengusaha, upah tersebut hampir setara pekerja gaji lulusan Sarjana Starta I. Lantas bagaimana pekerja SMA ke bawah? Diberhentikan alias d
Lapor Hansip
19-12-2012 08:58

Gawat! Pekerja Lulusan SMA di Jabodetabek Terancam Menganggur

Past Hot Thread
Quote:Buat yang lagi nyari kerjaan:
[URGENT] Butuh Programmer - PHP Developer (Bank BII)


Jakarta - Pasca diputuskannya kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) DKI Jakarta dan daerah sekitarnya hingga 44%-70%, pengusaha minimal harus menggaji karyawannya Rp 2 juta per bulan. Bagi pengusaha, upah tersebut hampir setara pekerja gaji lulusan Sarjana Starta I.

Lantas bagaimana pekerja SMA ke bawah? Diberhentikan alias dipecat. Hal tersebut diungkapkan Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo), Pudjianto. Kenaikan upah mulai dari terkecil Rp 2,02 per bulan sampai tertinggi di Tanggerang Rp 2,7 juta per bulan akan punya efek berantai.

"Pertama kita pasti akan kurangi pegawai," katanya diketika ditemui di Jakarta, Rabu (19/12/2012).

Kenapa pengusaha ritel akan melakukan PHK, kata Pudjianto, karena upah tinggi dan efisiensi. Ia memberi contoh, jika dalam satu minimarket, misalnya Alfamart, membutuhkan 8-9 orang pekerja.

"Ini pasti akan dikurangi, bisa cuma 5-6 saja, seperti gudang akan terjadi otomatisasi, semuanya diberdayakan walau hanya 5-6 orang saja dari sebelumnya 8-9 orang pekerja," ucap Pudjianto.

Ditegaskan Pudjianto, selain itu pegawai yang diikurangi nanti pasti adalah pekerja-pekerja yang lulusan pendidikannya hanya SMA ke bawah.

"Kita akan mengurangi pegawai, dan yang kita kurangi ya pekerja yang lulusan SMA ke bawah, kita akan cari pegawai yang lulusan S1 untuk bekerja di minimarket, kenapa? Ya karena gaji yang SMA dengan yang S1 hampir sama, beda tipis saja, kita ya pasti lebih milih yang S1 dong, ya SMA-SMP-SD kami ya tidak tahu mau dikemanain, itu urusannya pemerintah sapa suruh seenaknya tetapkan upah tinggi sekali," tandasnya.

(rrd/ang)


----------------------------
Sombong sih pengusaha ini, tapi buat yang punya usaha pasti ngerti susahnya manajemen bisnis.. pendapatan nggak pasti, tapi rugi - nggak rugi tetap harus bayar karyawan emoticon-Embarrassment

walaupun nanti yang kerja di Alfamart lulusan S1 semua ya nggak apa-apa, yang lulusan SD, SMP dan SMA wirausaha aja.emoticon-Big Grin

[url]http://finance.detik..com/read/2012/12/19/082525/2122008/4/gawat-pekerja-lulusan-sma-di-jabodetabek-terancam-menganggur?f991104topnews[/url]

Quote:
Maaf, Alfamart Cs Hanya Akan Cari Pegawai Sarjana
Jakarta - Tingginya Upah Minimum Provinsi (UMP) di Jabodetabek yang rata-rata mencapai Rp 2 juta per bulan mulai tahun depan, membuat perusahaan ritel hanya akan mencari pegawai baru yang memiliki pendidikan minimal sarjana (S1).

Presiden Direktur PT Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart) Pujianto mengatakan, UMP di Jabodetabek rata-rata mencapai Rp 2 juta per bulan, bahkan di Tanggerang Rp 2,5 juta-Rp 2,7 juta per bulan.

"Di Jabodetabek rata-rata UMP tahun depan Rp 2,02 juta per bulan, bahkan di Tenggerang ada Rp 2,5 juta-Rp 2,7 juta per bulan, ini kan nggak jauh beda sama bayar gaji pegawai yang berpendidikan sarjana," ucap Pujianto seperti dikutip Rabu (19/12/2012).

Kalau sudah begitu, kata Pujianto, buat apalagi pihaknya merekrut pegawai dengana pendidikan SMA, SMP, dan SD kalau yang sarjana saja bisa digaji untuk menjadi pegawainya, dan tentunya kualitas sarjana jauh lebih baik.

"Jadi buat apa kita rekrutment pekerja SMA, SMP, bahkan SD, kalau gajinya hampir sama dengan yang sarjana, mending kita ambil yang sarjana saja, dan itu akan kami lakukan," katanya.

Apalagi dengan keputusan Pemda yang menetapkan UMP di atas Rp 2 juta per bulan mengancam harmonisasi pekerjaan di toko ritel.

"Ya kalau kepala toko digaji Rp 2,5 juta-Rp 3 juta per bulan dan sudah bekerja lima tahun, ini pegawai baru yang masuk gajinya sudah Rp 2 juta, sementara tanggung jawabnya besarnya kepala toko, begini ini jadi tidak harmonis," cetus Pujianto.



(rrd/dnl)


HOREEEE HT!!! emoticon-Ngakak
TS menerima emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Diubah oleh kanataqueen
0
Tampilkan isi Thread
icon-close-thread
Thread sudah digembok
Halaman 23 dari 51
Gawat! Pekerja Lulusan SMA di Jabodetabek Terancam Menganggur
20-12-2012 02:04
Emang begini susahnya GAn emoticon-Turut Berduka
0 0
0
Gawat! Pekerja Lulusan SMA di Jabodetabek Terancam Menganggur
20-12-2012 02:06
Gak usah pada takut n cengeng gan.. kerjaan ga cm di alfamart aja kok..
masih banyak lapangan pekerjaan lain, asal kita bener2 serius n bersungguh2 cari kerja..
kalo udah dapet kerja ya bekerjalah dengan baik, tiap usaha pasti akan di hargai gan..

tuh temen ane lulusan sma gajinya diatas 8jt lho, tp kerjanya di tambang di kalimantan..

katanya banyak jalan menuju roma gan, kita yg harus pinter2 nyari peluang n kesempatan..
jadi gak perlu takut n khawatir gan, perkaya aja diri kita dengan skill untuk hadapi persaingan..
0 0
0
Gawat! Pekerja Lulusan SMA di Jabodetabek Terancam Menganggur
20-12-2012 02:07
Wah ane blm dapet kerjaan sampai skrg emoticon-Hammer2
mungkin udah tiba saatnya wirausaha
0 0
0
Gawat! Pekerja Lulusan SMA di Jabodetabek Terancam Menganggur
20-12-2012 02:08
Quote:Original Posted By classicaways
indonesia kan luas,
kalo saran ane ya mending migrasi ke luar jakarta.
orang kaya itu ga cuman di jakarta aja kok, byk daerah yang diem2 pemasukannya gede.

kalo di jakarta, jadi pengusaha mesti kreatif karena saingan ama org lain yg mindset pengusaha.
kalo di daerah, mindset ini kadang jarang.


PASAR bro PASAR emoticon-Big Grin dimana2 kalo mau milih usaha dijakarta/luar ya tergantung sasaran pasarnya
bukan cuma tntng persaingan.
0 0
0
Gawat! Pekerja Lulusan SMA di Jabodetabek Terancam Menganggur
20-12-2012 02:12
wah kasian juga yah kalo yg emang berasal dari keluarga ga punya dan gabisa lanjut ke kuliah berarti akan makin susah cari kerja dong
0 0
0
Gawat! Pekerja Lulusan SMA di Jabodetabek Terancam Menganggur
20-12-2012 02:15
siap" menjadi wirausahaan
0 0
0
Gawat! Pekerja Lulusan SMA di Jabodetabek Terancam Menganggur
20-12-2012 02:19
Seleksi alam gan...
kita hanya bisa mendoakan sesama dan membantu jika ada yang butuh pertolongan...
0 0
0
Gawat! Pekerja Lulusan SMA di Jabodetabek Terancam Menganggur
20-12-2012 02:19
Makanya jgn kebanyakan Demo u pada (buruh2)
dah bersyukur gajinya lumayan
sekarang naik jadi 2 juta tapi yg diambil sarjana emoticon-Ngakak
0 0
0
Gawat! Pekerja Lulusan SMA di Jabodetabek Terancam Menganggur
20-12-2012 02:20
Quote:Original Posted By ukabisa

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

Sekolah tinggi2 cuma dapet kerjaan gituan....... Parah emang negeri ini ,
start dari masuk Perguruan tinggi ampe lulus bisa abis 50jt , Mending Bikin usaha lah dari pada kuliah

Toh target kerjanya cuma se level lulusan SMP-SMA
-----------
Semoga semua lulusan smp-sma jadi wira usaha Sukses semua Amin....



yg jadi kasir sama pegawai alfa smua S1 x_x
0 0
0
Gawat! Pekerja Lulusan SMA di Jabodetabek Terancam Menganggur
20-12-2012 02:21
aku juga cuma lulusan SMA gan
dan memang sulit mendapatkan kerja emoticon-Mewek
0 0
0
Gawat! Pekerja Lulusan SMA di Jabodetabek Terancam Menganggur
20-12-2012 02:25
Quote:Original Posted By snowonsummer


mindset nya masih berantakan, bangga dengan titel dan merasa harus kerja di tempat yang elite, padahal kalau otaknya mau di pake seharusnya pendidikan yang di dapatkan lah yang di terapkan .. siapa tau ada insinyur yang sukses jualan bubur dan bisa buka cabang usaha di mana - mana.

kalau cuma ngeluh ga ada kerjaan lowong, ya selamat mindset anda sebagai robot pekerja sudah terbentuk dengan baik emoticon-Cendol (S)


SETUJU !!! Ane S1 kerja pindah2 dari thn 2000 - 2005 gaji dari 900rb - 1.5jt kotor habis di jalan doang,,Akhirnya 2006 buka usaha Modal Hutang sama orang bunga ringan..Alhamdulillah sekarang...Tolong yang S1 usahakan pola pikirnya jangan Ijasahnya
0 0
0
Gawat! Pekerja Lulusan SMA di Jabodetabek Terancam Menganggur
20-12-2012 02:27
Quote:Original Posted By Asynchronous


lulusan S1 kerja di minimarket emoticon-Gila


2,5juta keatas, siapa yang g mau?

why not?
emoticon-Smilie
0 0
0
Gawat! Pekerja Lulusan SMA di Jabodetabek Terancam Menganggur
20-12-2012 02:27
satu hal yang dilematis sebetulnya...

terkadang, sekarang kebanyakan orang hanya sekedar bekerja, tanpa pernah tau apa dan bagaimana perusahaan itu progresnya, taunya tiap akhir bulan terima gaji.

sekedar berbagi pengalaman aja nih gan...


Gw sadar, nyari kerja itu ga gampang, butuh proses dan perjuangan. Tapi ada satu hal yang kadang kita lupa, yaitu kita terlalu bangga dengan selembar kertas ijazah yang kadang kita anggap bisa menaikkan 'value' kita sebagai pencari kerja. Akhirnya kita terjebak dengan ijazah, dan hanya mau mencari pekerjaan yang sesuai dengan basic akademis kita. NAIF

Gw setuju pendidikan itu penting, tapi kalo kita pada akhirnya hanya mengandalkan ijazah, please jangan berharap deh.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Buya Hamka :
Kalau hidup sekedar hidup, babi di hutan juga hidup.
Kalau kerja sekedar kerja, kera juga bekerja.
Diubah oleh hitamputy
0 0
0
Gawat! Pekerja Lulusan SMA di Jabodetabek Terancam Menganggur
20-12-2012 02:29
suram amat gan emoticon-Mewek
0 0
0
Gawat! Pekerja Lulusan SMA di Jabodetabek Terancam Menganggur
20-12-2012 02:29
Quote:Original Posted By fulres


SETUJU !!! Ane S1 kerja pindah2 dari thn 2000 - 2005 gaji dari 900rb - 1.5jt kotor habis di jalan doang,,Akhirnya 2006 buka usaha Modal Hutang sama orang bunga ringan..Alhamdulillah sekarang...Tolong yang S1 usahakan pola pikirnya jangan Ijasahnya


setuju gw dengan agan yang satu ini....

emoticon-shakehand
Diubah oleh hitamputy
0 0
0
Gawat! Pekerja Lulusan SMA di Jabodetabek Terancam Menganggur
20-12-2012 02:32
sebenarnya kerja itu bukan karna lulusan kita apa gan...tp apa keahlian kita...
Krna dgn keahlian,bkn kita yg cari krjaan..tapi kerjaan yg nyari kita...so jgn pernah ptus asa..krna kcil bsarnya gaji kita harus brsyukur gan...ok.. semangat,..!!
0 0
0
Gawat! Pekerja Lulusan SMA di Jabodetabek Terancam Menganggur
20-12-2012 02:32
Quote:Original Posted By ItsDiva
Gak usah pada takut n cengeng gan.. kerjaan ga cm di alfamart aja kok..
masih banyak lapangan pekerjaan lain, asal kita bener2 serius n bersungguh2 cari kerja..
kalo udah dapet kerja ya bekerjalah dengan baik, tiap usaha pasti akan di hargai gan..

tuh temen ane lulusan sma gajinya diatas 8jt lho, tp kerjanya di tambang di kalimantan..

katanya banyak jalan menuju roma gan, kita yg harus pinter2 nyari peluang n kesempatan..
jadi gak perlu takut n khawatir gan, perkaya aja diri kita dengan skill untuk hadapi persaingan..


Bener...! Skill kita harus kaya, kreatif dan imajinatif...
0 0
0
Gawat! Pekerja Lulusan SMA di Jabodetabek Terancam Menganggur
20-12-2012 02:32

Peace With U All

wah banyak pro dan kontra ya...

Indah Banget Dunia ini selalu saja ada sisi yg berlawanan....GAK Kebayang kalo hidup cuma ada satu sisi aja..."pasti gk ada pembelajaran"...gk ada yg mw jdi pekerja karena mwnya jdi pengusaha semua... (buka usaha tapi gk ada yg mw jadi pekerjanya) begitu pula sebaliknya...gk ada yg mw jadi pengusaha tapi mwnya jadi pekerja semua(siapa yg mw beri Upah).....

wah lucukan klo cuma 1 sisi saja.


Ya Itulah Nuansa Kehidupan...."INDAH ya PERBEDAAN itu"

Mari Kita rayakan sisi kehidupan yang ada dengan bijak....
"jangan hanya berpkir hasil tapi berpikrlah proses mencapai hasil"

Korban Pertama dari Sebuah Pembenaran adalah Kebenaran
Pelaku Utama Pembenaran adalah Rasa Membedakan Yang Membabibuta...

Menggapai Majunya Indonesia Karena CINTA...itupun bukan Cinta yang membabibuta...


maaf y agan sekalian kalo gk nyambung pendapat ane...saya memang fakir Ilmu.emoticon-Matabelo

Karena Saya Bukanlah Saya.
.



0 0
0
Gawat! Pekerja Lulusan SMA di Jabodetabek Terancam Menganggur
20-12-2012 02:34
waaah kalo gini bisa2, malah makin banyak orang stress gara2 ga dapet pekerjaan gan, harus buru2 lulus kuliah ini mah emoticon-Bata (S)

di satu sisi, ada beberapa perusahaan, tetap mencari orang yg berpengalaman, dari pada lulusan baru emoticon-Hammer (S)
0 0
0
Gawat! Pekerja Lulusan SMA di Jabodetabek Terancam Menganggur
20-12-2012 02:36
Buat kerja di mini market harus S1 udah gila!!!
Biaya buat pendidikan aja udah berpuluh2 juta cuma buat kerja di mini market???

Alhamdulillah.. ane lulusan SMA dari lulus tahun 2004 sekarang bs gajian hampir 6jt/ month

Jgn kira fresh graduated S1 bs lsg kerja, pengalaman jg jadi modal utama!!!
0 0
0
Halaman 23 dari 51
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia