News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1233
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000008053163/mengenal-jenis-air-compressor
MENGENAL AIR COMPRESSOR Mendengar air compressor mungkin yang langsung terbayang adalah tukang tambal ban di pinggir jalan, memang air compressor yang paling sering kita temui adalah yang seperti kita lihat di tempat tukang tambal ban, padahal sangat banyak jenis-jenis air compressor. Ada baiknya kita mengenal sedikit tentang jenis-jenis air compressor sehingga ketika nanti kita memerlukannya kita
Lapor Hansip
20-04-2011 01:01

Mengenal jenis AIR COMPRESSOR

Mengenal jenis AIR COMPRESSOR

MENGENAL AIR COMPRESSOR


Mendengar air compressor mungkin yang langsung terbayang adalah tukang tambal ban di pinggir jalan, memang air compressor yang paling sering kita temui adalah yang seperti kita lihat di tempat tukang tambal ban, padahal sangat banyak jenis-jenis air compressor.
Ada baiknya kita mengenal sedikit tentang jenis-jenis air compressor sehingga ketika nanti kita memerlukannya kita dapat membeli sesuai dengan kebutuhan.

Sering terjadi salah pengertian tentang air compressor, yaitu semakin besar ukuran air compressor semakin tinggi tekanannya, padahal tidak demikian, yang benar adalah semakin besar air compressor, semakin tinggi kecepatan pengisian udara ke tanki (air delivery/debit udara yang dihasilkan pompa) hal ini juga mengakibatkan semakin cepat peningkatan tekanan dalam tanki. Hal ini yang harus kita perhatikan ketika kita memilih air compressor selain tekanan maximum yang dihasilkan air compressor.

Kiranya tidak perlu dituliskan sejarah air compressor dari masa lalu, langsung saja kita menuju jenis-jenis air compressor yang ada dengan teknologi saat ini.

Secara umum air compressor dapat dikelompokkan menjadi :

A. Air compressor mini
B. Air compressor direct driven
C. Air compressor belt driven
D. Air compressor screw

Walaupun mungkin masih ada jenis-jenis air compressor lain, seperti centrifugal air compressor dan lainnya, tetapi yang paling umum digunakan adalah jenis-jenis seperti diatas.

A. Air compressor mini
Ada beberapa macam air compressor jenis ini, pada intinya air compressor mini tidak menggunakan tabung tekanan, jadi bentuknya mini dan bekerja hanya menghasilkan tiupan udara.
Contoh :
  • Air compressor mini dengan penggerak motor DC untuk perlengkapan mobil.
  • Air compressor mini untuk pengecatan sederhana dengan spraygun low pressure.
  • Air compressor mini untuk pengecatan menggunakan air pen brush.

Gambar air compressor mini


B. Air compressor direct driven
System dari air compressor ini adalah direct driven, yaitu motor penggerak langsung terkoneksi dengan pompa udara. Jadi jumlah putaran motor penggerak (rpm) otomatis sama dengan kecepatan pompa udara.
Biasa pada jenis air compressor model direct driven menggunakan motor dengan kecepatan sekitar 2.850 rpm dan menggunakan system single piston pada pompa udara.
Kelebihan air compressor jenis ini adalah kecepatan pengisian (air delivery) yang cukup tinggi karena pompa udara diputar dengan kecepatan sekitar 2.850 rpm.
Kekurangan jenis air compressor ini adalah suara yang dihasilkan cukup keras, karena hasil dari putaran tinggi pompa udara, juga lebih banyak menghasilkan air di dalam tanki tekanan.

Gambar air compressor direct driven


C. Air compressor belt driven
Sesuai dengan namanya, air compressor ini menggunakan system koneksi antara tenaga penggerak dan pompa udara menggunakan vanbelt (v-belt) jenis ini yang sering dijumpai di tempat tukang tambal ban. Tenaga penggerak dapat menggunakan elektromotor listrik atau mesin berbahan bakar bensin atau solar.
Air compressor ini yang paling sering digunakan dibanding dengan air compressor jenis lain, karena direkomendasikan menggunakan penggerak dengan putaran sekitar 1500 rpm, mengakibatkan air compressor ini lebih tahan lama dibandingkan dengan jenis direct driven.
Air compressor jenis ini direkomendasikan bekerja selama 8 jam, apabila digunakan lebih dari 8 jam maka udara yg dihasilkan akan lebih banyak mengandung air.
Air compressor ini dibagi lagi menjadi beberapa jenis, yaitu :
Single stage air compressor (working pressure 8 bar, maximum pressure 10 bar)
Two stage air compressor (working pressure 12 bar, maximum pressure 14 bar)
High pressure air compressor (working pressure up to 14 bar)
Booster air compressor (air compressor tambahan agar tekanan dapat menjadi lebih tinggi)
Pada setiap jenis type air compressor diatas masih dibagi lagi sesuai dengan air delivery/debit udara yang dihasilkan.

Gambar air compressor belt driven


D. Air compressor screw
Air compressor jenis ini digunakan apabila ada kebutuhan tekanan udara selama 24 jam nonstop, atau pengguna membutuhkan air delivery/debit udara yang tinggi.
Kelebihan dari screw air compressor adalah udara yang dihasilkan tidak banyak mengandung uap air, karena system dari air compressor ini menggunakan screw yaitu dua buah ulir yang saling berputar dalam memompa udara, air compressor jenis ini juga tidak menimbulkan suara bising.

Gambar air compressor screw


Selain kita mengenal berbagai jenis air compressor, sebaiknya kita juga mengenal beberapa perlengkapan untuk air compressor yang disesuaikan dengan kegunaan air compressor tersebut.

A. Air dryer
Digunakan untuk mengeringkan udara setelah keluar dari air compressor, biasa digunakan untuk pengecatan kualitas tinggi, supply tekanan udara untuk pneumatic, air tools, dsb.

Gambar air dryer


B. Desicant dryer
Fungsinya sama dengan air dryer diatas, hanya efisiensi alat ini lebih tinggi daripada air dryer, biasa digunakan untuk mesin-mesin makanan dan farmasi.

Gambar desicant dryer


C. Air filter (filter udara)
Alat ini digunakan untuk menyaring partikel kotoran yang keluar dari air compressor, penggunaannya biasa dipasang sebelum air dryer atau desicant dryer. ada beberapa ukuran kerapatan saringan partikel kotoran dalam micron.
Alat ini sering disalah artikan dapat menyaring air yang keluar dari air compressor, mungkin karena lama kelamaan dalam gelas di alat ini terdapat air, padahal air itu hasil dari tekanan udara yang terkondensasi dalam gelas, seperti halnya air yang terjadi dalam tanki air compressor.
Padahal alat ini sama sekali tidak dapat menyaring molekul air yang keluar dari air compressor.

Gambar air filter


D. Regulator
Alat ini digunakan untuk mengatur/menstabilkan tekanan yang keluar dari air compressor.
Alat ini biasa tekoneksi dengan air filter.

Gambar Regulator


E. Lubricator
Alat ini digunakan untuk menambah pelumas dalam udara yang keluar dari air compressor,
biasa digunakan ketika air compressor digunakan untuk menggerakkan unit-unit pneumatik atau air tools, alat ini biasa terkoneksi bersama air filter dan regulator.

Gambar lubricator


F. Air Filter Regulator and Lubricator
Adalah gabungan dari ketiga alat diatas.

Gambar air filter regulator


Gambar air filter regulator lubricator


Gambar variasi pemasangan air filter regulator


Demikian beberapa informasi dari kami, semoga dapat membantu pembaca dalam memilih air compressor agar sesuai dengan kebutuhan.
Bila pembaca ada informasi tambahan tentang air compressor, menjadi suatu kehormatan jika dapat berbagi informasi dengan anda.

TIPS MEMILIH PERLENGKAPAN UNTUK MEMULAI USAHA BENGKEL

SUMBER BLOG OTOMOTIFTOOLS

Mengenal jenis AIR COMPRESSOR

yang mau copas, jangan lupa cantumin sumbernya ya..
Diubah oleh sensin
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 9 dari 62
Mengenal jenis AIR COMPRESSOR
03-12-2012 10:05

gan

agan julan compressor ya/
ane juga
bs share2 info dong ya
0 0
0
Mengenal jenis AIR COMPRESSOR
03-12-2012 10:55
Quote:Original Posted By windinhishair
Gan, ane mau tanya, mohon pencerahannya ya.

Ane pake mini kompresor Mul*ipro yg gambarnya agan jadiin contoh di page satu emoticon-Smilie

Nah setelah dipakai kira-kira 15 menitan, air selalu nyemprot tiba-tiba. Ane udah kuras air yang ada di air filternya. Gimana ngatasinnya ya gan?

Trus kira-kira berapa lama waktu pemakaian idealnya? Soalnya cepet panas mesinnya tuh.

Thx gan sebelumnya. emoticon-Smilie

Untuk masalah compressor agan yang sering keluar air setelah pemakain 15 menit, mungkin ada 2 masalah, yang pertama bisa jadi mesin terlalu panas, atw tekanan regulator terlalu tinggi,
untuk mengatasinya masalah yang pertama paling masa pemakaian agak di kurangi misalkan klo sudah panas paling d istrihatin dlu sekitar 5 menitan gan, baru kerja lgi, soalnya klo sudah panas biasanya angin ketekan jdi air gan

Untuk masalah tekanan terlau tinggi agan bisa stel d bagian regulatornya dengan memutar knop ke kiri, biasanya klo penbrush idealnya 4.5 bar gan

mungkin dari ane segini dlu klo ada yg kurang jelas bisa d tanya lagi
0 0
0
Mengenal jenis AIR COMPRESSOR
03-12-2012 11:02
Quote:Original Posted By lowbeat
agan julan compressor ya/
ane juga
bs share2 info dong ya


Iya gan ane jual compressor

boleh gan klo mau share
emoticon-2 Jempol
0 0
0
Mengenal jenis AIR COMPRESSOR
11-12-2012 04:00
Quote:Original Posted By sensin
Mengenal jenis AIR COMPRESSOR


kalo untuk penggunaan alat seperti diatas, sebaiknya kompresor yang seperti apa dengan tabung yang seberapa besar gan?
Diubah oleh schietsleuf
0 0
0
Mengenal jenis AIR COMPRESSOR
11-12-2012 10:56
ini info yg ane suka,
emoticon-Blue Guy Cendol (L)
0 0
0
Mengenal jenis AIR COMPRESSOR
11-12-2012 11:24
Quote:Original Posted By schietsleuf


kalo untuk penggunaan alat seperti diatas, sebaiknya kompresor yang seperti apa dengan tabung yang seberapa besar gan?


Untuk penggunaan Air impact wrench minimal compressor 1 Hp gan type vant belt, soalnya Air impact wrench membutuhkan angin banyak...
sebenarnya pake yg 1/4 hp atw 1/2hp juga bisa tapi tapi anginnya gak akan kekejar bisa d bilang air deliverynya gak sebanding dengan pengeluaran, jdi klo angin dah kosong kita gak harus nunggu dulu anginya penuh gan baru bisa kerja lagi...
Dasarnya sih semua kompressor tekanan sih sama 8 bar, cuma yg bedain itu air deliverynya gan/ pemasukan anginnya gan...
0 0
0
Mengenal jenis AIR COMPRESSOR
11-12-2012 11:36
Quote:Original Posted By ardii1988
ini info yg ane suka,
emoticon-Blue Guy Cendol (L)


OKE THANK'S Gan

emoticon-Shakehand2
0 0
0
Mengenal jenis AIR COMPRESSOR
11-12-2012 13:54
Quote:Original Posted By sensin


Untuk penggunaan Air impact wrench minimal compressor 1 Hp gan type vant belt, soalnya Air impact wrench membutuhkan angin banyak...
sebenarnya pake yg 1/4 hp atw 1/2hp juga bisa tapi tapi anginnya gak akan kekejar bisa d bilang air deliverynya gak sebanding dengan pengeluaran, jdi klo angin dah kosong kita gak harus nunggu dulu anginya penuh gan baru bisa kerja lagi...
Dasarnya sih semua kompressor tekanan sih sama 8 bar, cuma yg bedain itu air deliverynya gan/ pemasukan anginnya gan...


Wah ane kira harus pake kompresor 7.5hp... Harganya lumayan juga kompresor 7.5hp... Jadi dengan motor 1 hp udah cukup ya gan...
0 0
0
Mengenal jenis AIR COMPRESSOR
28-12-2012 20:39
Bos pengen tanya,saya baca" dr page 1, kalo cara nguras tangki biar ga ad air tuh gmn?thx
0 0
0
Mengenal jenis AIR COMPRESSOR
03-01-2013 11:07
Quote:Original Posted By sialalala
Bos pengen tanya,saya baca" dr page 1, kalo cara nguras tangki biar ga ad air tuh gmn?thx


Sebetulnya sih air yang ada d tangki itu karena ada tekanan, angin kena tekanan jdi nya air gan, paling untuk ngursa sih coba agan di mulai 3 hari sekali, buka baut atw nepel d bawah tangki dengan catatan tangki harus kosong dari angin gan, klo sudah d buka ternyata gak ada air mungkin si saluran buang air kesumbat karat, agan bisa rojok tuh pake besi kecil, klo air banyak mungkin agan harus keluarin air nya setiap hari,
Gan penjelasan ane segini dlu klo ada yg kurang ngerti bisa d tanyain lagi
thx
0 0
0
Mengenal jenis AIR COMPRESSOR
03-01-2013 11:08
Quote:Original Posted By schietsleuf


Wah ane kira harus pake kompresor 7.5hp... Harganya lumayan juga kompresor 7.5hp... Jadi dengan motor 1 hp udah cukup ya gan...


Iya gan pake 1 hp juga sudah cukup....
0 0
0
Mengenal jenis AIR COMPRESSOR
04-01-2013 19:49
oowalah percepatan tekanannya toh kena imbas volume kapasitor si kompresor. bagus bro keep creative
0 0
0
Mengenal jenis AIR COMPRESSOR
05-01-2013 09:46
Gan mau tanya dong, kalo untuk mengecat/memvernis dengan spray gun minimal kita menguunakan kompresor yg mana?

Kalo untuk yg mini bisa tidak dan merk apa gan?

Pengen yg silent tp mahal2 kemaren liat di ace

Thx u infonya
0 0
0
Mengenal jenis AIR COMPRESSOR
06-01-2013 10:53
Quote:Original Posted By cyberhacker57
oowalah percepatan tekanannya toh kena imbas volume kapasitor si kompresor. bagus bro keep creative


emoticon-Jempol

Quote:Original Posted By Nighthawk10
Gan mau tanya dong, kalo untuk mengecat/memvernis dengan spray gun minimal kita menguunakan kompresor yg mana?

Kalo untuk yg mini bisa tidak dan merk apa gan?

Pengen yg silent tp mahal2 kemaren liat di ace

Thx u infonya


kalo untuk cat sih bisa pakai comp belt driven ukuran terkecil (1/4hp tank 40ltr) atau menggunakan comp direct driven type terkecil (3/4hp tank 6ltr) karena untuk pengecatan cuman butuh tekanan sekitar 3-4bar saja..

nggak ada comp type silent bro.. yang silent sih type screw tp paling kecil 20hp emoticon-Smilie
Diubah oleh sensin
0 0
0
Mengenal jenis AIR COMPRESSOR
10-01-2013 00:41
Quote:Original Posted By sensin

sorry baru balas..
tekanan yg dibutuhkan spraygun tergantung type spraygun nya gan..
kalo type sagola, biasa sih sekitar 3-3.5bar
kalo type meiji biasa sekitar 3.5-4bar
biasanya sih perasaan aja, karena ke-enceran cat juga berpengaruh..
biasa pas ngecat aja, kita atur-atur tekanan di regulator enaknya gimana..
cuman biasa sih sekitar 3-4bar aja..
sedangkan standar compressor, working pressure 8bar.
jadi tinggal pilih air comp yang sesuai air deliverynya aja..


pas bgt nih ane lg nyari2 kompresor malah ketemu trit ini emoticon-Malu (S)
btw, kayaknya ane mau pake spray gun yg tipe sagola gan buat nyemprot coating ke kaos sebelom disablon emoticon-Malu (S)
Mengenal jenis AIR COMPRESSOR
kira2 ane perlu kompresor yg kaya gimana yah gan emoticon-Bingung (S)
yg hemat listrik dan tahan banting emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By sensin

kalo untuk cat sih bisa pakai comp belt driven ukuran terkecil (1/4hp tank 40ltr) atau menggunakan comp direct driven type terkecil (3/4hp tank 6ltr) karena untuk pengecatan cuman butuh tekanan sekitar 3-4bar saja..

nggak ada comp type silent bro.. yang silent sih type screw tp paling kecil 20hp emoticon-Smilie


kalo pake tipe mini kompresor yg kaya multipro 102 kira2 gimana gan emoticon-Bingung (S)
ato harus pake tipe lain yah? soalnya mpro 102 kan cuma 1/5 hp emoticon-Hammer
kayaknay terlalu kecil yah gan?
mohon pencerahannya gan emoticon-Malu (S)
Diubah oleh bacoksai
0 0
0
Mengenal jenis AIR COMPRESSOR
10-01-2013 10:02
Quote:Original Posted By bacoksai


pas bgt nih ane lg nyari2 kompresor malah ketemu trit ini emoticon-Malu (S)
btw, kayaknya ane mau pake spray gun yg tipe sagola gan buat nyemprot coating ke kaos sebelom disablon emoticon-Malu (S)
Mengenal jenis AIR COMPRESSOR
kira2 ane perlu kompresor yg kaya gimana yah gan emoticon-Bingung (S)
yg hemat listrik dan tahan banting emoticon-Big Grin




kalo pake tipe mini kompresor yg kaya multipro 102 kira2 gimana gan emoticon-Bingung (S)
ato harus pake tipe lain yah? soalnya mpro 102 kan cuma 1/5 hp emoticon-Hammer
kayaknay terlalu kecil yah gan?
mohon pencerahannya gan emoticon-Malu (S)

Untuk memenuhi keperluan agan, hemat listrik paling agan bisa pakai mini compressor multipro type MC 101 MPSG, itu sudah 1 set termasuk mini compressor selang,, sama spray gun tabung bawah, penampakannya bsa d lihat d sini http://i904.photobucket.com/albums/a...-mc101mpsg.jpg
harganya kebilang cukup murah d banding type buat penbrush mcv 102 mpab,
silahkan aja agan bsa mampir ke FJB

paling penjelasan dari ane segini dlu gan
klo ada yg kurang jelas bisa d tanyain lagi
0 0
0
Mengenal jenis AIR COMPRESSOR
10-01-2013 21:26
Quote:Original Posted By sensin

Untuk memenuhi keperluan agan, hemat listrik paling agan bisa pakai mini compressor multipro type MC 101 MPSG, itu sudah 1 set termasuk mini compressor selang,, sama spray gun tabung bawah, penampakannya bsa d lihat d sini http://i904.photobucket.com/albums/a...-mc101mpsg.jpg
harganya kebilang cukup murah d banding type buat penbrush mcv 102 mpab,
silahkan aja agan bsa mampir ke FJB

paling penjelasan dari ane segini dlu gan
klo ada yg kurang jelas bisa d tanyain lagi


makasih pencerahannya gan emoticon-Malu (S)
ane saring dulu biar lebih meresap ilmunya emoticon-Malu (S)
ntar kalo msh bingung pasti ane tanya balik ke ente emoticon-Big Grin
0 0
0
Mengenal jenis AIR COMPRESSOR
11-01-2013 11:08
Quote:Original Posted By bacoksai


makasih pencerahannya gan emoticon-Malu (S)
ane saring dulu biar lebih meresap ilmunya emoticon-Malu (S)
ntar kalo msh bingung pasti ane tanya balik ke ente emoticon-Big Grin


Siap Gan,
kalo ada yang gak ngerti jangan sungkan tanyain aja
insya allah sya coba jawab...
emoticon-2 Jempol

0 0
0
Mengenal jenis AIR COMPRESSOR
11-01-2013 11:53
mending mengenal orang aja sukur bisa dapet pacar baru
0 0
0
Mengenal jenis AIR COMPRESSOR
11-01-2013 16:19
Quote:Original Posted By sensin


Siap Gan,
kalo ada yang gak ngerti jangan sungkan tanyain aja
insya allah sya coba jawab...
emoticon-2 Jempol



ane udah beli multipro yg tipe 102 gan emoticon-Malu (S)
itu kan dapetnya sepaket sama selang spiral & pen buat airbrush
kalo mau ane ganti pake spraygun kaya yg ane tanyain kemaren kira2 selang nya harus diganti juga nggak yah gan :bingiungs

terus kan td ane tes pake pen airbrush bawaannya, itu tekanan pas nyemprot cuma 2 bar gan. kalo ane pake spraygun kira2 tekanannya bisa lebih besar lg nggak yah emoticon-Bingung (S)
kan ente bilangnya paling nggak 3 - 3,5 bar kemaren emoticon-Malu (S)

mohon pencerahannya gan emoticon-Malu (S)
0 0
0
Halaman 9 dari 62
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia