News
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
972
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50b687f0e974b42e610000f8/demi-mengurangi-kemacetan-sistem-plat-ganjil-genap-bakal-diterapkan-di-jakarta
Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya bersama instansi terkait, bakal mensosialisasikan penerapan sistem genap-ganjil plat nomor kendaraan, awal tahun depan. Sistem itu dinilai mampu mengurangi kemacetan sekitar 30 sampai 40 persen, di Jakarta. Direktur Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes (Pol) Dwi Sigit Nurmantyas, mengatakan setelah dilakukan pengkajian diputuskan untuk menerapkan
Lapor Hansip
29-11-2012 04:53

Demi mengurangi Kemacetan, Sistem Plat Ganjil-Genap Bakal Diterapkan di Jakarta

Demi mengurangi Kemacetan, Sistem Plat Ganjil-Genap Bakal Diterapkan di Jakarta


Quote:Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya bersama instansi terkait, bakal mensosialisasikan penerapan sistem genap-ganjil plat nomor kendaraan, awal tahun depan. Sistem itu dinilai mampu mengurangi kemacetan sekitar 30 sampai 40 persen, di Jakarta.

Direktur Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes (Pol) Dwi Sigit Nurmantyas, mengatakan setelah dilakukan pengkajian diputuskan untuk menerapkan sistem genap-ganjil daripada penggunaan warna-warni pada plat nomor kendaraan.

"Kalau warna-warni terlalu banyak warna kombinasi. Nanti kalau masyarakat debat di jalan repot kita. Setelah dikaji kita putuskan yang genap-ganjil. Kami bersama propinsi (Dinas Perhubungan DKI Jakarta) cenderung menggunakan genap-ganjil, karena lebih mudah mengawasi dari pada (warna) gelap terang," ujar Sigit kepada wartawan, di Mapolda Metro Jaya, Rabu (28/11).

Menyoal bagaimana penerapannya, Kepolisian dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta masih menggodoknya. Sosialisasi akan dilakukan Januari tahun depan.

"Itu nanti ada perda-nya. Nanti, ini masih kita kaji terus bagaimana kesepakatan dengan Pemda. Mulai Januari 2013, kita sosialisasi. Kalau ini didukung, kemacetan Jakarta bakal menurun 30 sampai 40 persen," tambahnya.

Sigit menuturkan, setelah dilakukan sosialisasi, kemudian akan dilakukan uji coba. Jika dinilai efektif, penerapan sistem ini akan diberlakukan.

"Kita rapat dulu, baru pasti kita sosialisasikan, kemudian uji coba. Kalau tak efektif ya kita rubah lagi. Kalau efektif baru dijalankan," katanya.

Dikatakan Sigit, pola penerapan sistem genap-ganjil ini akan dilakukan berkala setiap hari secara bergantian.

"Genap-ganjil kita tinggal lihat, misalnya B 1136 berarti genap, digit terakhir yang kita nilai. Misalnya, nanti Senin genap, besoknya ganjil, Rabu genap lagi. Nanti tekniknya akan kita bicarakan. Ini masih kita godok terus apa risiko kegagalannya, bagaimana penolakan masyarakat, karena setiap kebijakan pasti ada yang setuju ada tidak. Tapi saya optimis yang penting masyarakat dan wartawan mendukung," jelasnya.

Menyoal apa permasalahan yang dihadapi dalam penerapan sistem genap-ganjil, Sigit menuturkan, kerumitannya dalam hal pengawasan.

"Genap ganjil, kerumitannya mata petugas harus mengawasi nomor-nomor itu. Itu yang paling susah. Kalau mobilnya kencang kan susah juga kita awasi. Kita utamakan di jalur yang ada busway-nya, supaya masyarakat yang punya mobil naik Transjakarta," tandasnya.


SUMBER


semoga saja solusi tsb dapat mengurangi kemacetan yg kian parah.....emoticon-Big Grin
mengawasi mobil segitu banyaknya....kira2 mata polisinya entar gimana?...emoticon-Ngakak

emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Diubah oleh ibnutiangfei
0
Tampilkan isi Thread
Masuk untuk memberikan balasan
berita-dan-politik
Berita dan Politik
18.7K Anggota • 629.4K Threads
Halaman 44 dari 49
Demi mengurangi Kemacetan, Sistem Plat Ganjil-Genap Bakal Diterapkan di Jakarta
30-11-2012 12:05
masih bisa diakalin dengan ganti plat no emoticon-Ngakak
0 0
0
Demi mengurangi Kemacetan, Sistem Plat Ganjil-Genap Bakal Diterapkan di Jakarta
30-11-2012 12:12
cukup membingungkan juga yach
yaah tetep aja klo produksi kendaraan bermotor bermotor tidak dibatasi
0 0
0
Demi mengurangi Kemacetan, Sistem Plat Ganjil-Genap Bakal Diterapkan di Jakarta
30-11-2012 12:31
semangat aj bwt polisi yg bakal liat plat nomor tsb sampe julingemoticon-Ngakak
0 0
0
Demi mengurangi Kemacetan, Sistem Plat Ganjil-Genap Bakal Diterapkan di Jakarta
30-11-2012 12:46
Quote:Original Posted By emasmurni
kalo orang luar kota yg mau ke jakarta gmn ya??

masak harus menyesuaikan hari emoticon-Najisemoticon-Najis

kaga ngarti dah ama solusi kaya beginian





yg dari luar kota, lebih baik dibebaskan. Taksi, bajaj, sepeda motor, juga termasuk. moga2 bener yah hehehhe
0 0
0
Demi mengurangi Kemacetan, Sistem Plat Ganjil-Genap Bakal Diterapkan di Jakarta
30-11-2012 13:01
ya....menyelesaikan masalah dengan masalah Demi mengurangi Kemacetan, Sistem Plat Ganjil-Genap Bakal Diterapkan di Jakarta

pembenahan sarana trasportasi umum merupakan sebuah harga mati woi.

bukan mengelontorkan ide absurd semacam itu. emoticon-Nohope
0 0
0
Demi mengurangi Kemacetan, Sistem Plat Ganjil-Genap Bakal Diterapkan di Jakarta
30-11-2012 13:07
setuju sama yang diatas.. lebih efektif benahi angkutan umum.. kalo nyaman, aman, orang juga males bawa mobil macet2an.. mending naek angkutan umum. emoticon-Malu (S)
0 0
0
Demi mengurangi Kemacetan, Sistem Plat Ganjil-Genap Bakal Diterapkan di Jakarta
30-11-2012 13:19
Ntar malah pada punya motor 2, emoticon-Ngakak

0 0
0
Demi mengurangi Kemacetan, Sistem Plat Ganjil-Genap Bakal Diterapkan di Jakarta
30-11-2012 13:25
halah, mo ganjil genap tetep aja........macet tidak dapat dihindari.....negeri ini tidak semudah membalikan telapak tangan ngatur jalan....mending plokis konsisten 24 jam........ini kan biasanya lewat jam 5 sore plokis juga ga ada dijalan....kecuali kondisi darudat emoticon-Nohope
0 0
0
Demi mengurangi Kemacetan, Sistem Plat Ganjil-Genap Bakal Diterapkan di Jakarta
30-11-2012 13:40
nanti polisinya malah sibuk liatin plat nomor daripada ngatur lalu lintasnya emoticon-Hammer2
0 0
0
Demi mengurangi Kemacetan, Sistem Plat Ganjil-Genap Bakal Diterapkan di Jakarta
30-11-2012 13:55
Quote:Original Posted By wellywang

bakalan banyak orderan tambahan tuh , pembuat plat nopol di pinggir jalan, kan ngga mungkin bisa dipelototin satu-satu sama petugasnya asli atau ngga emoticon-Cape d... (S)

mungkin untuk solusi jangka pendek bisa, tapi tetap saja perlu pembenahan yang drastis dari semua pihak untuk terus kedepannya,
1. perbaikan sarana transportasi umum
2. pembatasan umur kendaraan pada jam-jam sibuk
3. peningkatan disiplin pengguna jalan
4. penambahan ruas jalan
5. penerapan aturan lalu-lintas dengan tegas
6. dll


Ane setuju banget sama komen ente terutama soal peningkatan disiplin pengguna jalan karena ane tiap hari nebeng temen ane yg bawa mobil. Temen ane ini hobinya ambil jalur busway, atau nyodok2 mobil lain kalau mau masuk underpass/flyover, which is kebiasaan tsb menambah panjang kemacetan emoticon-Stick Out Tongue



0 0
0
Demi mengurangi Kemacetan, Sistem Plat Ganjil-Genap Bakal Diterapkan di Jakarta
30-11-2012 13:58
jangan sampe motor juga genap dan ganjil gan... hehehehe
0 0
0
Demi mengurangi Kemacetan, Sistem Plat Ganjil-Genap Bakal Diterapkan di Jakarta
30-11-2012 14:00
tetep gak bakal efektif

yang punya mobil bakal ganti platnye emoticon-Cape d... (S)
0 0
0
Demi mengurangi Kemacetan, Sistem Plat Ganjil-Genap Bakal Diterapkan di Jakarta
30-11-2012 14:08
waw.. gk mungkin berhasil nih,,


gak bakal sukses,,

in your dream mengatasi macettt jakarta,,

hahaahahaha emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
0 0
0
Demi mengurangi Kemacetan, Sistem Plat Ganjil-Genap Bakal Diterapkan di Jakarta
30-11-2012 14:19
Quote:Original Posted By gorbachev27
mesti beli mobil baru dan pesen plat nih


Pesen platnya 2 yah bro, ganjil dna genap, supaya bisa dibawa terus tiap hari emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
0 0
0
Demi mengurangi Kemacetan, Sistem Plat Ganjil-Genap Bakal Diterapkan di Jakarta
30-11-2012 14:24
Gue kurang setuju gan


Dulu gue pernah kerja shift : masuk malem pulang pagi...

Artinya kalo gue berangkat di hari dimana plat gue boleh jalan, terus gue gak bisa pulang karena besoknya plat gue gak boleh jalan? Kan aneh....

0 0
0
Demi mengurangi Kemacetan, Sistem Plat Ganjil-Genap Bakal Diterapkan di Jakarta
30-11-2012 15:36
kykny ga ampe 30-40% deh . lmayan bnyak cra bwt ngakalinny emoticon-Nohope
0 0
0
Demi mengurangi Kemacetan, Sistem Plat Ganjil-Genap Bakal Diterapkan di Jakarta
30-11-2012 15:56
wow akhirnya sistem ini akan direalisasikan di indonesia, kususnya jakarta tercinta..

Sistem genap ganjil ini udah berhasil mengatasi masalah kemacetan gan di china, beberapa bulan lalu ane ngobrol sama tmn ane yg dari china, dia ngejelasin ttg sistem plat nomer genap ganjil, trus ane lgsg ngayal "seandainya Jakarta pake sistem ini, berhasil ngatasin kemacetan g y?!" and now it's not just an imagination.. somoga lancar jaya proyeknyaa!! emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)
0 0
0
Demi mengurangi Kemacetan, Sistem Plat Ganjil-Genap Bakal Diterapkan di Jakarta
30-11-2012 16:20
Aturan sebagus apapun ga bakal bisa ngatasin kemacetan di jakarta kalo:
1. Polisi nya masih gampang disogok
2. Polisi suka ngumpet dibalik POHON, klo ada yg melanggar dia NONGOL
3. Belom ada transportasi masal yang aman, rapih, bersih, dan memadai
4. Masyarakat belom punya kesadaran untuk tertib lalu lintas, liat aja di setiap lampu merah rata2 pada lewatin garis batas (terutama motor) malah banyak juga yg nerobos lampu merah, trus klo macet trotoar dan jalur TJ dipake juga..
5. Selama di jakarta masih banyak Angkot, Kopaja, Metromini, Bajaj, Becak, Bemo. Contoh dong negara tetangga (Singapore), di jalanan cuma keliatan Bus Besar, Taksi sama kendaraan pribadi doank, dan mereka jg semua tertib, ga ada yg ngetem, berenti seenak jidad.
6. Rambu2 lalu lintas masih berantakan
7. Dan masih banyak lagi yg blom kepikiran

Dan semua harus dimulai dari diri kita sendiri. dari yang gampang dulu aja, contoh:
1. klo lg di lampu merah berenti dibelakang garis yg udh dibikin, itu bikinnya jg pake duit buat beli cat nya, dan yg pasti itu duit kita2 jg.
2. hindarin yg namanya lawan arah (terutama motor), udah gitu terkadang yg lawan arah ga mau ngalah lg sama yg bener
3. Usahain jangan nyogok polisi klo melanggar.

Masukan dari pribadi gw untuk masalah macet di jakarta:
1. Batasin umur kendaraan (Max 5 / 10 Taon)
2. Gw lebih setuju kendaraan pribadi ga boleh isi BBM subsidi. Berani beli kendaraan harus berani donk isi BBM yg non subsidi, klo berat isi BBM non subsidi ya ga usah beli kendaan (terutama mobil) !! namanya subsidi itu untuk orang ga mampu, klo ga mampu yah ngapain beli mobil..??
3. Naekin pajak kendaraan bermotor.
5. hasil ngurangin subsidi BBM dan naekin pajak kendaraan digunain buat perbaikin angkutan umum, perbaikin jalan rusak, rapiin rambu2 lalu lintas, rapihin trotoar biar yg jalan kaki jg nyaman..
6. Tertib'in pedagang2 kaki 5 yg gelar dagangan di trotar malah kadang sampe ke jalan raya, sediain pasar buat mereka jualan, kaya pasar malam yg ada diluar negri
0 0
0
Demi mengurangi Kemacetan, Sistem Plat Ganjil-Genap Bakal Diterapkan di Jakarta
30-11-2012 16:24
konsep baru lagi ya emoticon-Belo
mudah2an bisa efektif deh emoticon-Embarrassment
0 0
0
Demi mengurangi Kemacetan, Sistem Plat Ganjil-Genap Bakal Diterapkan di Jakarta
30-11-2012 17:04
aneh aja sih.. mending dikebut aja pembuatan jalan baru, pelebaran jalan, perbaikan kualitas jalan.. peningkatan pajak kendaraan, peningkatan disiplin berlalu lintas.. perbaikan sarana transportasi.. ane rasa ini lebih baik daripada genap ganjil..
0 0
0
Halaman 44 dari 49
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia