Entertainment
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
Informasi! Kaskus Update Fitur Baru! Intip di Sini!
365
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50b7b2468127cf5a7f000151/travel-ajaib-papua-punya-pantai-di-atas-bukit
Wamena - Pasir putih tak hanya identik dengan pantai. Buktinya, Bukit Sumpula di Distrik Kurulu, Wamena, Papua, punya bukit yang dipenuhi hamparan pasir putih. Aneh tapi nyata! Papua seolah tak pernah habis untuk dijelajahi. Di bagian tengah pulaunya, tepatnya di Wamena, ada keajaiban alam yang akan membuat Anda takjub. Hamparan pasir putih di Bukit Sumpula mampu membuat takjub detikTravel dan tim
Lapor Hansip
30-11-2012 02:06

[Travel] Ajaib! Papua Punya 'Pantai' di Atas Bukit

[Travel] Ajaib! Papua Punya 'Pantai' di Atas Bukit


Pantai


Wamena - Pasir putih tak hanya identik dengan pantai. Buktinya, Bukit Sumpula di Distrik Kurulu, Wamena, Papua, punya bukit yang dipenuhi hamparan pasir putih. Aneh tapi nyata!

Papua seolah tak pernah habis untuk dijelajahi. Di bagian tengah pulaunya, tepatnya di Wamena, ada keajaiban alam yang akan membuat Anda takjub. Hamparan pasir putih di Bukit Sumpula mampu membuat takjub detikTravel dan tim Dream Destination Papua saat berkunjung ke sana, pada Senin (26/11/2012).

Dari Bandara Wamena, perjalanan ke Bukit Sumpula memakan waktu sekitar 45 menit dengan mobil. Panasnya kota Wamena diimbangi dengan udara sejuk khas Wamena. Terang saja, wilayahnya dikelilingi oleh pegunungan. Segarnya!

Akhirnya, mata semua rombongan tertuju ke suatu bukit. Bukit yang ditumbuhi rerumputan dan penuh bebatuan berwarna abu-abu. Tak ada pohon yang berukuran tinggi di sana.

Mobil pun berhenti di tepian. Semua rombongan sudah dijanjikan oleh sang pemandu soal bukit yang diselimuti pasir putih. Kamera pun sudah siap di tangan untuk mengabadikannya. Setelah mendaki bukit dari tepi jalan, janji itu pun ditepati. Ya, di depan kami ada hamparan pasir putih. Benar-benar pasir putih seperti pasir pantai!

"Di bukit ini ada enam titik lokasi pasir putihnya," kata pemandu kami, Sakeus Dabi.

Pasir putihnya sangat kontras dengan rerumputan hijau disekelilingnya. Ini benar-benar ajaib. Saat dipegang, tekstur pasirnya sangat halus di tangan.

Masih dalam rasa takjub, rombongan disuruh untuk mendaki lebih ke atas. Ada apalagi di sana?

Wow! Saat mendaki ke atas bukitnya lebih tinggi lagi, pasir putihnya makin banyak. Tak hanya itu, batu-batu besar berwana hitam dan abu-abu makin membuat pemandangannya menakjubkan. Batu-batu granitnya seperti di pantai yang ada di Pulau Belitung!

"Pasir putih ini sudah ada sejak dulu, ini adalah pemberian Tuhan," lanjut Sakeus.

Rombongan pun dibuat sibuk memotret sana-sini, sekaligus bermain pasir. Dari atas bukitnya, ada pegunungan berwana hijau yang diselimuti awan putih dan langit biru jernih. Anak-anak kecil yang bermain di sini menambah keceriaan kami.

"Masyarakat menjaga tempat ini menolak pengolahan pasir putih untuk dibuat kaca," tegas Sakeus.

Sakeus menambahkan, bukit pasir putih ini belum masuk dalam pengelolaan Dinas Budaya dan Pariwisata. Masyarakatlah yang menjaganya agar tetap terawat.

"Untuk biaya masuknya secara sukarela saja," ujar Sakeus.

Inilah keajaiban Papua lainnya. Pasir putih di sini bagaikan 'pantai' yang dipindah di atas bukit. Meski tak ada air laut biru, pasir putihnya sudah membuat diri ini takjub!
[url=http://travel.detik..com/read/2012/11/29/190736/2105453/1383/ajaib-papua-punya-pantai-di-atas-bukit?vt22011381]sumber[/url]

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star
Diubah oleh pakmomon
0
Tampilkan isi Thread
Masuk untuk memberikan balasan
the-lounge
The Lounge
41.3K Anggota • 906.1K Threads
Halaman 3 dari 19
[Travel] Ajaib! Papua Punya 'Pantai' di Atas Bukit
30-11-2012 11:31
wihh keren bgt gan... kok bisa2an ada pasir disitu yaemoticon-Bingung

Lexsis Cell
0 0
0
[Travel] Ajaib! Papua Punya 'Pantai' di Atas Bukit
30-11-2012 11:37
tapi ga ada airnya ya gan ... haha biasa kan pantai barengan sama laut.

tapi bagus emoticon-2 Jempol
0 0
0
[Travel] Ajaib! Papua Punya 'Pantai' di Atas Bukit
30-11-2012 11:37
ajaib,setelah kemarin disuguhi pemandangan berkabut dan tata kota tembagapura,sekarang pantai pasir di atas bukit Wamena emoticon-Kiss (S)
Papua memang kaya emoticon-I Love Indonesia (S)



Posted with KaskusQR
0 0
0
[Travel] Ajaib! Papua Punya 'Pantai' di Atas Bukit
30-11-2012 13:14
Quote:Original Posted By agung123456
pasir pantai gan emoticon-Embarrassment
bukan pantai, soalnya klo di atas bukit ada pantai itu biasanya danau emoticon-Embarrassment emoticon-Embarrassment
bnyak sebab juga kan lgian yg sebabin terbentuknya pasir halus yg mirip kaya pasir pantai begitu emoticon-Malu (S) emoticon-Malu (S)


makanya kata pantainya pakek tanda petik gan he he he
0 0
0
[Travel] Ajaib! Papua Punya 'Pantai' di Atas Bukit
30-11-2012 15:48
subhanallah.. indah banget gan!! emoticon-Belocendolbig
0 0
0
[Travel] Ajaib! Papua Punya 'Pantai' di Atas Bukit
30-11-2012 17:22
pasir pantai toh ini
ane pikir bener2 ada pantai emoticon-Frown

tp kok bisa begitu yach
tuh dari lapukan batuan apa yach
0 0
0
[Travel] Ajaib! Papua Punya 'Pantai' di Atas Bukit
30-11-2012 17:33
udah tau ane gan dari cewek ane mah.
di wamena kata cewek ane ada gunung yg bersalju
0 0
0
[Travel] Ajaib! Papua Punya 'Pantai' di Atas Bukit
30-11-2012 17:37
ih,kok bisa ya pantai pasir diatas bukit?? emoticon-Bingung
0 0
0
[Travel] Ajaib! Papua Punya 'Pantai' di Atas Bukit
30-11-2012 17:46
papua emang indah gan..

emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo
0 0
0
[Travel] Ajaib! Papua Punya 'Pantai' di Atas Bukit
30-11-2012 17:54
mantabh tuh,,

padahal sebenarnya masih banyak ya keajaiban di Indonesia emoticon-Matabelo
0 0
0
[Travel] Ajaib! Papua Punya 'Pantai' di Atas Bukit
30-11-2012 17:56
pada girang bener ya anak kecilnya main disana emoticon-Belo
0 0
0
[Travel] Ajaib! Papua Punya 'Pantai' di Atas Bukit
30-11-2012 17:57
Quote:Original Posted By geovaniii
udah tau ane gan dari cewek ane mah.
di wamena kata cewek ane ada gunung yg bersalju


bener bener unik nih gunung gunung di papua emoticon-Belo
0 0
0
[Travel] Ajaib! Papua Punya 'Pantai' di Atas Bukit
30-11-2012 18:09
Pantai tanpa air ya,,keren juga
0 0
0
[Travel] Ajaib! Papua Punya 'Pantai' di Atas Bukit
30-11-2012 18:11
nice share gan emoticon-Angkat Beer
0 0
0
[Travel] Ajaib! Papua Punya 'Pantai' di Atas Bukit
30-11-2012 18:13
cuma pasirnya toh emoticon-Cape d... (S)
0 0
0
[Travel] Ajaib! Papua Punya 'Pantai' di Atas Bukit
30-11-2012 18:23
pasir doang kah???
0 0
0
[Travel] Ajaib! Papua Punya 'Pantai' di Atas Bukit
30-11-2012 18:23
nice tread gan emoticon-2 Jempol
0 0
0
[Travel] Ajaib! Papua Punya 'Pantai' di Atas Bukit
30-11-2012 18:29
wah keren juga ya ada pasir pantai disitu
nice share gan
0 0
0
[Travel] Ajaib! Papua Punya 'Pantai' di Atas Bukit
30-11-2012 18:31
wahhhh, serius tu gan? emoticon-Malu
0 0
0
[Travel] Ajaib! Papua Punya 'Pantai' di Atas Bukit
30-11-2012 18:33
emang eksotisme tanah dan laut papua keren abis emoticon-thumbsup
0 0
0
Halaman 3 dari 19
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia