News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1250
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/508a499f532acfe77600000b/tips-mengatur-keuangan-untuk-bujangan
Berikut ini saya coba berbagi tentang cara membagi atau mengatur keuangan anda yang masih bujangan. Sekilas saja mengapa kita perlu mengatur keuangan untuk bujangan, hal ini berkaitan dengan masa depan kita kedepan karena kedepan kita harus memikirkan rencana pernikahan, investasi dan masih banyak lagi lainnya. Karena kebanyakan bujangan blom memikirkan hal tersebut padahal usianya sudah menginjak
Lapor Hansip
26-10-2012 15:28

Tips Mengatur Keuangan Untuk Bujangan

Past Hot Thread
Tips Mengatur Keuangan Untuk Bujangan


Berikut ini saya coba berbagi tentang cara membagi atau mengatur keuangan anda yang masih bujangan. Sekilas saja mengapa kita perlu mengatur keuangan untuk bujangan, hal ini berkaitan dengan masa depan kita kedepan karena kedepan kita harus memikirkan rencana pernikahan, investasi dan masih banyak lagi lainnya. Karena kebanyakan bujangan blom memikirkan hal tersebut padahal usianya sudah menginjak 25 tahun ke atas...

Alangkah bijaknya kalau kita mencoba membagi keuangan berdasarkan prosentasi menjadi beberapa kelompok. Hal yang dilakukan pertama adalah sisihkan 20-30% penghasilan anda untuk tabungan.

Kedua sisihkan 10-20% untuk dana darurat, hal ini bisa dipergunakan untuk keperluan mendesak yan di luar prediksi misalnya untuk sakit atau keperluan lainnya. Ketiga adalah sisakan 10% untuk investasi, hal ini tidak lain untuk tabungan tambahan masa depan kita.

Keempat adalah sisa dari pembagian di atas sekitar 40-50% dapat digunakan untuk kebutuhan kita sehari hari. Jika pembagian ini dilaksanakan dengan tertib saya berharap kedepannya anda tidak perlu khawatir untuk biaya pernikahan, biaya pembelian rumah.

Semoga bermanfaat

Note:
15 jan 13 - Terima kasih atas atensi yang besar dari agan sekalian ane coba menengahi banyak yang post dan menyarankan agar sadakoh/amal di masukan di dalam anggaran. Ane setuju banget tapi, alangkah baiknya kalo amal/sodakoh timbul karena spontanitas jadi tidak terjadwal dan tidak teranggarkan.

Atau mungkin bisa di masuk kan anggaran tabungan secara tidak langsung. Demikian dari saya semoga bisa jadi pengah. mohon maaf kalo masih juga belum memuaskan sebagian agan2 lain nya.

Tulisan saya jamin saat ini sudah saya rumah pada thread ane. Terima kasih


Quote:Thread Keuangan lain






http://konsultasi-aya.blogspot.com/
Diubah oleh mister.ari
profile-picture
tata604 memberi reputasi
1
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 19 dari 64
Tips Mengatur Keuangan Untuk Bujangan
30-11-2012 09:36
Ini mah itungannya Om Om yang berpenghasilan diatas 5 jt, Lha wong kita-kita orang minta upah 2,2 jt aja pada ribut, tapi kalo ingin sukses ya nasehat Om Om diatas wajib dijalankan
0 0
0
Tips Mengatur Keuangan Untuk Bujangan
30-11-2012 09:36
mending yang simple aja gan :
"hidup hemat sederhana" dan sisa gaji akhir bulan di tabung, berapapun itu....
apalagi kalau bujang ngga ngerokok....lumayan saving tuh


0 0
0
Tips Mengatur Keuangan Untuk Bujangan
30-11-2012 09:38
alhamdulilah ane udah ada yang ngatur gan, hehehehe... tapi tipsnya keren dan bermanfaat gan, ada beberapa yang bisa ane aplikasikan gan.

emoticon-Blue Guy Cendol (L)
0 0
0
Tips Mengatur Keuangan Untuk Bujangan
30-11-2012 09:40
Presentase gak bisa diikutn kalo gaji kita dibawah 5jutaan gan... ane gaji cm 1,8jt... buat ini itu aja kaga cukup hedehhhhh
0 0
0
Tips Mengatur Keuangan Untuk Bujangan
30-11-2012 09:42
cocok buat ane ini emoticon-thumbsup
0 0
0
Tips Mengatur Keuangan Untuk Bujangan
30-11-2012 09:43
Quote:Original Posted By kaylaamelia
Presentase gak bisa diikutn kalo gaji kita dibawah 5jutaan gan... ane gaji cm 1,8jt... buat ini itu aja kaga cukup hedehhhhh


sama gan emoticon-Mewek
0 0
0
Tips Mengatur Keuangan Untuk Bujangan
30-11-2012 09:44
kalo ane menabung 80% dari penghasilan dan 20% buat yang lain2
karena duit jika kita gk bisa paksa buat ditabung bakal kepake juga. kalo bisa jangan ada duit banyak di ATM ato dompet
sebisa mungkin dibelikan emas n disimpen di deposit box ato di depositokan agar mengurangi rasa gatel ingin memakai duit agan...
percayalah ini sangat ampuh emoticon-Ngakak
0 0
0
Tips Mengatur Keuangan Untuk Bujangan
30-11-2012 09:46
manteebb ni info gan
sangat berguna buat ane...selama ini cenderung boros dan konsumtifemoticon-Ngakak
0 0
0
Tips Mengatur Keuangan Untuk Bujangan
30-11-2012 09:47
Quote:Original Posted By Googee
Menurut saya tips dari TS cukup berguna.
meskipun bukan berarti bisa diaplikasikan untuk seluruh orang.

IMHO, itu tergantung dari Gaya Hidup masing-masing.

Ada yang bisa hidup berkecukupan dan bisa menyisihkan untuk nabung dengan gaji 3jutaan. Tapi ada juga yang gaji sudah diatas 10 juta tapi selalu gak punya "sisa" untuk nabung.

saran dari agan TS bagus, tapi untuk beberapa orang untuk mempraktekannya harus ubah Gaya Hidupnya.

Buat saya sih "pertanyaan" utama nya apakah gaya hidup mengikuti penghasilan atau sebaliknya?
karena keduanya adalah sesuatu yang dinamis dan salah satunya belum tentu bisa mengikuti yang lainnya saat ada perubahan.



Ane Stuju ama agan satu ini emoticon-Shakehand2
karena gaya hidup dan pola pikir seseorang
ya ..pasti beda2 gan tergantung dari invidu masing2.emoticon-Blue Guy Smile (S)

Diubah oleh spongebob27
0 0
0
Tips Mengatur Keuangan Untuk Bujangan
30-11-2012 09:48
yang penting niat dan disiplin gan, soalnya kalau ga disiplin pasti kebobolan juga duitnya kepake emoticon-Malu (S)
0 0
0
Tips Mengatur Keuangan Untuk Bujangan
30-11-2012 09:50
Quote:Original Posted By mister.ari
Tips Mengatur Keuangan Untuk Bujangan


Berikut ini saya coba berbagi tentang cara membagi atau mengatur keuangan anda yang masih bujangan. Sekilas saja mengapa kita perlu mengatur keuangan untuk bujangan, hal ini berkaitan dengan masa depan kita kedepan karena kedepan kita harus memikirkan rencana pernikahan, investasi dan masih banyak lagi lainnya. Karena kebanyakan bujangan blom memikirkan hal tersebut padahal usianya sudah menginjak 25 tahun ke atas...

Alangkah bijaknya kalau kita mencoba membagi keuangan berdasarkan prosentasi menjadi beberapa kelompok.

Hal yang dilakukan pertama adalah sisihkan 20-30% penghasilan anda untuk tabungan.

Kedua sisihkan 10-20% untuk dana darurat, hal ini bisa dipergunakan untuk keperluan mendesak yan di luar prediksi misalnya untuk sakit atau keperluan lainnya.

Ketiga adalah sisakan 10% untuk investasi, hal ini tidak lain untuk tabungan tambahan masa depan kita.

Keempat adalah sisa dari pembagian di atas sekitar 40-50% dapat digunakan untuk kebutuhan kita sehari hari.

Jika pembagian ini dilaksanakan dengan tertib saya jamin anda tidak perlu khawatir untuk biaya pernikahan, biaya pembelian rumah.

Semoga bermanfaat

http://konsultasi-aya.blogspot.com/


gak mesti harus persen-persen Om, yang penting tentukan dulu berapa kebutuhan anda dan berdisiplin pada apa yg telah anda tentukan, misal uang spp, kost, bensin biasanya sudah dapat ditentukan

untuk uang jajan dan lain2 tentukan dan taruh di amplop terpisah
0 0
0
Tips Mengatur Keuangan Untuk Bujangan
30-11-2012 09:52
Quote:Original Posted By iriya.kana
Ane masih bujangan dan ane punya prinsip saving/investing first consume the rest and stick to the budget. Soal persentase, hanya masing-masing orang yang tahu yang terbaik untuk kebutuhannya.


bold
ini prinsip yg ane pegang jg gan...
dr SMA udah stick sm prinsip ini, alhamdulillah masih ad saving yg lumayan sampe skrg ngantor, hhe

klo persentase sm nominal tiap org beda, jd sesuaikan aja sm kemampuan, kebutuhan, keinginan..
asal jgn gara2 pengen saving/invest gede malah jd sakit yg cost nya justru makin tinggi emoticon-Cape d... (S)
0 0
0
Tips Mengatur Keuangan Untuk Bujangan
30-11-2012 09:57
Nice info gan....



Jadikan Segalanya Bermakna....
http://web.stagram.com/n/glovershop/
0 0
0
Tips Mengatur Keuangan Untuk Bujangan
30-11-2012 09:57
Tips mengatur uang utk yg sudah menikah ada nggak gan?
0 0
0
Tips Mengatur Keuangan Untuk Bujangan
30-11-2012 09:58
paling gampang itu ngatur keuangan
paling susah itu mengatur keuangan tapi ngk ada uang

prinsipnya pake cara orang jaman dulu aja
jangan sampai lebih besar pasak daripada tiang

sesuaikan dengan kemampuan masing-masing
ketahui dulu semua faktor pengeluaran
dan faktor penerimaan

di ukur dan di timbang

terakhir sisakan untuk tabungan berapapun itu nilainya
beres.
0 0
0
Tips Mengatur Keuangan Untuk Bujangan
30-11-2012 10:00
waduh2 threadnya seru jd perang argumen..tapi dari semuanya punya maksud baek,hanya terdapat sdikit pola pikir saja..hebat dan salut buat kalian..thx infohnya gan
0 0
0
Tips Mengatur Keuangan Untuk Bujangan
30-11-2012 10:03

bagi-bagi tips

klo ane jujur, gaji ane yang kecil (padahal s1 tapi digaji SMA lebih dikit) ane selalu bisa menabung. Cara yang jitu yaitu :

1. jumlahkan seluruh biaya pengeluaran yang pasti tiap bulan seperti ongkos beli bensin, makan siang (klo bisa mah ngirit alias hidup prihatin), pulsa, bayar tagihan dan utang klo ada, malem mingguan bagi yang gak jomblo, dan sebagainya (semakin sedikit pengeluaran yang kita keluarkan semakin dekat kita menuju kesuksesan emoticon-Big Grin )
2. dana cadangan 5 - 10 % dari sisa tadi
3. sisanya ditabung ke rekening bank yang gak ada atmnya

saran ane nih tahan hawa nafsu dalam ingin memiliki sesuatu, pikir kedepan karena sesuatu yang kita ingin beli dan gak terlalu penting banyak banget gak ada manfaatnya
0 0
0
Tips Mengatur Keuangan Untuk Bujangan
30-11-2012 10:03
Nice info gan....



Jadikan Segalanya Bermakna....
http://web.stagram.com/n/glovershop/
0 0
0
Tips Mengatur Keuangan Untuk Bujangan
30-11-2012 10:04
Ane setuju banget sama pendapat yang ini.. Soalnya ane jg ngalamin kayak yg disebutin.. Jd sebenarnya memang tdk ada patokan ideal dalam menentukan prosentase sistem keuangan kita.

Quote:Original Posted By PusatDistribusi


bukannya mengkritik ya bro, tapi menurut saya persentase itu tidak bisa dijadikan sebagai acuan, saya tidak tau asal mula persentase itu dari mana, tapi mayoritas financial planner sepertinya mengatakan hal yang sama

kalau kita lihat lebih jauh, target mayoritas (pasar) para financial planner ialah karyawan (kantoran), bila kita tinjau karyawan, katakanlah karyawan jakarta, kalau dirata2in penghasilan karyawan jakarta kemungkinan ialah 5 juta, dan kalau dilihat lagi dari biaya hidup di jakarta, maka persentase itu "make sense", yakni 2,5 juta untuk biaya hidup, 1,5 juta untuk di tabung, 500rb untuk investasi, 500rb untuk dana darurat.

tapi bagaimana dengan orang berpenghasilan tinggi, misalkan >50 juta/bulan? apa biaya hidup orang ini juga harus 25juta/bulan, tabung 15juta, investasi 5juta, 5jt dana darurat? tentu saja ini tidak masuk akal

dan juga tidak masuk akal misalnya buat orang yang berpenghasilan rendah katakan 1juta/bulan, bagaimana memaksa mereka mencukupi biaya hidup dengan 500rb/bulan di jakarta?

dan kedua, ada sesuatu yang menggelitik saya, Jika pembagian ini dilaksanakan dengan tertib saya jamin anda tidak perlu khawatir untuk biaya pernikahan, biaya pembelian rumah.

yang jadi pertanyaan saya, bagaimana bisa tidak khawatir bila persentasenya seperti itu? misalkan contoh golongan menengah yang saya sebutin di atas dengan penghasilan 5juta, yang menyisihkan 1,5jt/bulan untuk di tabung, 500rb untuk investasi, dan 500rb untuk biaya darurat

bila misalkan cuma sisihkan 1.5 juta/bulan, dalam setahun dia cuma bisa ngumpulin 18 juta/tahun, dan dalam 5 tahun cuma 90juta

di waktu sekarang ini saja, sangat susah sekali ditemukan rumah di jakarta yang bisa di DP dengan 90 juta (kecuali apartemen "umum", rumah2 dalam gang kecil, rumah2 bermasalah), apalagi 5 tahun ke depan? mungkin 90juta itu tidak akan cukup untuk DP rumah apapun di jakarta di 5 tahun berikutnya

mari katakan orang ini bisa membayar DP rumah dengan uang tabungannya, bulan selanjutnya dia harus membayar cicilan, yang berarti gaji yang dulu dipakai untuk simpanan, sekarang tidak bisa lagi karena bayar cicilan, kekhawatiran pun muncul karena harus mikirkan biaya pernikahan dan tidak bisa menabung, ini adalah contoh pola keuangan yang umum untuk golongan menengah

saya sudah ketemu beberapa anak muda yang secara finansial cukup hebat sebelum umur 30 tahun, semuanya punya kesamaan : mereka bisa menyimpan (perkiraan saya) > 80% dari uang yang didapatkannya, mereka punya cashflow yang bagus, penghasilan mereka pada umumnya berpulu-puluh juta hingga beratus2 juta per bulan, dan mereka tetap ketat terhadap pengeluaran


0 0
0
Tips Mengatur Keuangan Untuk Bujangan
30-11-2012 10:05
kalo ane sih simpel..
1/3 untuk dimakan, 1/3 untuk sedekah, 1/3 untuk investasi..
ini dari perhitungan syar'i.. dan cocok buat ane gan..
0 0
0
Halaman 19 dari 64
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia