mahasiswapetraAvatar border
TS
mahasiswapetra
Proyek Reboisasi Thread Forum Sejarah dan Xenology
Berhubung karena transmigrasi yang di lakukan kaskus,maka thread thread di forsex sendiri banyak yang terkena imbasnya,thread thread bermutu yang tenggelam di page page belakang forsex tidak bisa ikut bertransmigrasi ke new kaskus.

Hal ini sangat di sayangkan karena thread thread ini sangat bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan bagi masyarakat kaskus raya.
Oleh karena itu saya ingin menghimbau dan mengajak juragan untuk melakukan reboisasi atau mereborn lagi thread thread yang sudah mati di old kaskus.



Frequently Asked Questions (F.A.Q.)





Q:Apa itu reboisasi?

A:Reboisasi adalah proyek untuk mengembalikan thread-thread di forum sejarah & xenology (forsex) yang hilang saat new kaskus dilaunching.


Q: Kenapa perlu reboisasi?

A: Seperti yang agan-agan tahu, hanya thread-thread old kaskus yang last postnya ada pada tanggal 1 September 2012 yang ikut terbawa ke new kaskus. Padahal ada banyak thread di forsex yang bagus, tapi gak ikut kebawa ke new kaskus karena last postnya sebelum 1 September

Nah, reboisasi ini bertujuan untuk mengembalikan thread-thread tersebut supaya bisa diakses lagi di new kaskus. Sehingga forsex tidak akan kekurangan materi diskusi yang berbobot & diskusinya bisa tetap berlanjut di new kaskus


Q: Bagaimana proses reboisasi?

A: 1. Thread khusus reboisasi dibuat (yang gak lain adalah thread ini)
2. Thread-thread forsex di old dilihat & diseleksi
3. Thread-thread yg dianggap pantas untuk direboisasi didaftarkan ke indeks thread reboisasi
4. Dirundingkan lagi, siapa member yang siap & mau jadi TS untuk thread yang bersangkutan
5. Proyek reboisasi thread dijalankan
6. TS yang sudah melakukan reboisasi thread segera melapor ke thread reboisasi sambil mencantumkan link threadnya, biar indeks threadnya nanti bisa direvisi


Q: Seperti apa format thread yang akan direboisasi?

A: 1. Thread yang direboisasi memakai judul yang sama dengan thread yang lama (dimodif dikit boleh, asal sesuai dengan topiknya & gak kepanjangan)
2. Thread memakai tag [REBOISASI] pada judulnya (nggak wajib, tapi bagusnya sih pake)
3. Postingan pertama dari thread hasil reinkarnasi (postingan #1) isinya artikel pengantar dari topik thread yg bersangkutan + link dari thread lama
4. Postingan berikutnya (#2 & seterusnya) berisi kompilasi komen-komen penting dari thread yg lama. Gak harus semua komen dicopas ke thread yg baru, yg penting komen-komennya informatif & bisa diskusi pada thread jadi semakin berbobot & mendalam

Contoh format dari thread reboisasi bisa dilihat di sini : Index Forsex

Q: Apa kriteria dari thread yang bisa direboisasi?

A: Sebenarnya gak ada kriteria khusus. Yang penting selama thread tersebut dianggap punya topik yang berbobot, komennya rame (rame tapi isinya gak didominasi oleh komen flaming & junk ala nice info dst.), topiknya banyak peminatnya, & topiknya gak bersifat provokatif ataupun berat sebelah, maka thread yang bersangkutan bisa jadi kandidat untuk direboisasi.


Q: Siapa saja yang boleh ikutan reboisasi?

A: Siapapun boleh ikut. Asal punya waktu luang banyak & bisa menjalankan proyek reboisasi sesuai dengan ketentuan di atas. Tapi disarankan member yang menjalankan proyek reboisasi adalah yang sering muncul di forsex & emang punya pengetahuan yang cukup mengenai topik dari thread yang akan direboisasi.

Q: Nah kalo gitu bole dong gw mau reboisasi thread 10 sekaligus?

A: Silahkan saja,mau reboisasi 20 . Tapi harus di ingat seperti di katakan di atas,sebaiknya thread yang mau di reborn itu sang calon TS baru memiliki pengetahuan akan bahasan Thread yang akan di reborn,biar kalau ada argumen kedepannya bisa memoderasi threadnya dengan baik tidak cuma lepas tanggung jawab.

Q: Terus kalo ada thread yang di reboisasi double gimana?

A: Nah untuk meminimalisir kan itu,di haruskan sebelum melakukan reboisasi,para pelaku reboisasi memosting dulu judul thread yang akan di reboisasi,nanti akan di update secara berkala thread thread mana yang sudah di reboisasi agar tidak terjadi pendobelan thread.

Q: Tau thread thread yang di reboisasi di mana?

A: Thread thread yang sekiranya perlu untuk di reboisasi akan di cantumkan di thread ini,akan tetapi apabila ada thread yang agan agan anggap menarik tapi belum di cantumkan di thread ini,di persilahkan untuk mereboisasi thread thread tersebut.Untuk lebih lengkapnya mengenai thread thread yang terjebak di old kaskus ,bisa melihat di index :Index Forsex


Hadiah GRP/BRP (Sesuai permintaan) +3 akan di berikan kepada mereka mereka yang mau membantu dan ikut serta dalam melaksanakan proyek reboisasi ini emoticon-Blue Guy Cendol (L)

GRP/BRP Donatur :
1.Mahasiswapetra
2.Ekspresi2nd
3.Shuma-gorath
4.Gudboyinside
5.Prety.Tobuhu
6.What_a_joke
7.panjihermawan
8.hastaantasena


Kalau ada hal-hal soal proyek reboisasi yang dianggap masih belum jelas, silakan ditanyakan di thread ini

Setiap Thread yang di buat wajib mencantumkan Link thread original dan Juragan yang membuatnya ya emoticon-Big Grin

Setelah di lakukan reboisasi thread,sekiranya thread baru yang sudah di reboisasi itu di laporkan ke thread indeks forsex :
Index Forsex

dan untuk format pelaporan di thread indeks untuk memudahkan pengindeksan,sekiranya di ikuti format seperti di bawah ini :

Format judul thread untuk indeks:

[judul thread;pake url] ~ [TS] [status;emoticon-Cek PM (S)]

Contoh :
[REBOISASI] Paganisme & Konspirasi~ mahasiswapetra ~ :

NB :
Emot emoticon-Cek PM (S) dikasih di belakang sebagai tanda bahwa threadnya udah direboisasi. Kalau belum ya link threadnya gak usah dikasih emot apa-apa, cukup nyantumin judul & (calon) TS-nya

credit FAQ :shuma-gorath
Diubah oleh mahasiswapetra 09-02-2013 03:29
nona212
nona212 memberi reputasi
1
11K
105
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sejarah & Xenology
Sejarah & Xenology
icon
6.5KThread10.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.