Entertainment
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
677
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50a11acc1dd719db36000092/istana-air-tamansari-keraton-yogyakarta
:cool: WELCOME TO MY HOT THREAD :cool: Istana Air Tamansari, Yogyakarta Lebih dari dua ratus tahun yang lalu, sebuah taman pada masa itu, yang merupakan masa yang penuh keindahan dan rahasia, berdiri sebagai lambang kejayaan Raja Mataram. Memang bukan asli arsitektur Jawa atau Nusantara. Namun keindahan ciptaan bangsa Potugis itu tetap bermakna dan menjadi simbol keajaiban budaya manusia. Tamansar
Lapor Hansip
12-11-2012 22:50

Istana Air Tamansari Keraton Yogyakarta

emoticon-CoolWELCOME TO MY HOT THREAD emoticon-Cool


Istana Air Tamansari, Yogyakarta



Lebih dari dua ratus tahun yang lalu, sebuah taman pada masa itu, yang merupakan masa yang penuh keindahan dan rahasia, berdiri sebagai lambang kejayaan Raja Mataram. Memang bukan asli arsitektur Jawa atau Nusantara. Namun keindahan ciptaan bangsa Potugis itu tetap bermakna dan menjadi simbol keajaiban budaya manusia.



Tamansari adalah taman kerajaan atau pesanggrahan Sultan Yogya dan keluarganya. Sebenarnya selain Taman Sari, Kesultanan Yogyakata memiliki beberapa pesanggrahan seperti Warungboto, Manukberi, Ambarbinangun dan Ambarukmo. Kesemuanya berfungsi sebagai tempat tetirah dan bersemadi Sultan beserta keluarga. Disamping komponen-komponen yang menunjukkan sebagai tempat peristirahatan, pesanggrahan-pesanggrahan tersebut selalu memiliki komponen pertahanan. Begitu juga hanya dengan Tamansari.


Letak Tamansari hanya sekitar 0,5 km sebelah selatan Kraton Yogyakarta. Arsitek bangunan ini adalah bangsa Portugis, sehingga selintas seolah-olah bangunan ini memiliki seni arsitektur Eropa yang sangat kuat, disamping makna-makna simbolik Jawa yang tetap dipertahankan. Namun jika kita amati, makna unsur bangunan Jawa lebih dominan di sini. Tamansari dibangun pada masa Sultan Hamengku Buwono I atau sekitar akhir abad XVII M. Tamansari bukan hanya sekedar taman kerajaan, namun bangunan ini merupakan sebuah kompleks yang terdiri dari kolam pemandian, kanal air, ruangan-ruangan khusus dan sebuah kolam yang besar (apabila kanal air terbuka).


Istana Air Tamansari Keraton Yogyakarta
Pintu Masuk


Quote:Bagian Sakral
Bagian sakral Tamansari ditunjukkan dengan sebuah bangunan yang agak menyendiri. Ruangan ini terdiri dari sebuah bangunan berfungsi sebagai tempat pertapaan Sultan dan keluarganya.



Quote:Bagian Kolam Pemandian
Bagian ini merupakan bagian yang digunakan untuk Sultan dan keluarganya bersenang-senang. Bagian ini terdiri dari dua buah kolam yang dipisahkan dengan bangunan bertingkat. Air kolam keluar dari pancuran berbentuk binatang yang khas. Bangunan kolam ini sangat unik dengan pot-pot besar didalamnya.


Istana Air Tamansari Keraton Yogyakarta

Istana Air Tamansari Keraton Yogyakarta




Quote:Bagian Pulau Kenanga
Bagian ini terdiri dari beberapa bangunan yaitu Pulau Kenanga atau Pulau Cemeti, Sumur Gemuling, dan lorong-lorong bawah tanah. Pulau Kenanga atau Pulau Cemeti adalah sebuah bangunan tinggi yang berfungsi sebagai tempat beristirahat, sekaligus sebagai tempat pengintaian. Bangunan inilah satu-satunya yang akan kelihatan apabila kanal air terbuka dan air mengenangi kawasan Pulau Kenanga ini. Disebutkan bahwa jika dilihat dari atas, bangunan seolah-olah sebuah bunga teratai di tengah kolam sangat besar.


Istana Air Tamansari Keraton Yogyakarta


Sumur Gemuling adalah sebuah bangunan melingkar yang berbentuk seperti sebuah sumur didalamnya terdapat ruangan-ruangan yang konon dahulu difungsikan sebagai tempat sholat.

Istana Air Tamansari Keraton Yogyakarta


Sementara itu lorong-lorong yang ada di kawasan ini dahulu konon berfungsi sebagai jalan rahasia yang menghubungkan Tamansari dengan Kraton Yogyakarta. Bahkan ada legenda yang menyebutkan bahwa lorong ini tembus ke pantai selatan dan merupakan jalan bagi Sultan Yogyakarta untuk bertemu dengan Nyai Roro Kidul yang konon menjadi istri bagi raja-raja Kasultanan Yogayakarta. Bagian ini memang merupakan bagian yang berfungsi sebagai tempat pertahanan atau perlindungan bagi keluarga Sultan apabila sewaktu-waktu ada serangan dari musuh.

Istana Air Tamansari Keraton Yogyakarta



Tamansari adalah sebuah tempat yang cukup menarik untuk dikunjungi. Selain letaknya yang tidak terlalu jauh dari Kraton Yogyakarta yang merupakan obyek wisata utama kota ini, Tamansari memiliki beberapa keistimewaan. Keistimewaan Tamansari antara lain terletak pada bangunannya sendiri yang relatif utuh dan terawat serta lingkungannya yang sangat mendukung keberadaannya sebagai obyek wisata. Di lingkungan Tamansari ini dapat dijumpai masjid Saka Tunggal yang memiliki satu buah tiang. Meskipun masjid ini dibangun pada abad XX. Disamping itu, kawasan Tamansari dengan kampung tamam-nya ini sangat terkenal dengan kerajinan batiknya. Kita dapat berbelanja maupun melihat secara langsung pembuatan batik-batik yang berupa lukisan maupun konveksi.

Istana Air Tamansari Keraton Yogyakarta


Kampung Tamansari ini sangat dikenal sehingga banyak mendapat kunjungan baik dari wisatawan mancanegara maupun wisata nusantara. Tidak jauh dari Tamansari, dapat dijumpai Pasar ngasem yang merupakan pasar tradisional dan pasar burung terbesar di Yogyakarta. Beberapa daya tarik pendukung inilah yang membuat Tamansari menjadi salah satu tujuan wisata Yogyakarta Kraton Yogyakarta.


INFORMASI LEBIH DETIL



Jika Merasa Thread ini berguna, silahkan memberikan donasi cendol seiikhlasnyaemoticon-Blue Guy Cendol (L)


Quote:Ternyata, Trit ini jadi Hot Thread Pertama Gue Gan emoticon-Matabelo


================================================================
========================================================
===============================================
=====================================
==========================
====================
============



Jangan lupa mampir kesini gan : emoticon-Cool
Quote:- LEVIS'S 505 & WRANGLER

-Les Privat Matematika & Kalkulus

-JAM TANGAN

-TOSHIBA SATELLITE A215-S7437

-AKSESORIS (KALUNG) KESEHATAN ASLI
Diubah oleh venom45
0
Tampilkan isi Thread
Masuk untuk memberikan balasan
the-lounge
The Lounge
41.5K Anggota • 906.3K Threads
Halaman 22 dari 35
Istana Air Tamansari Keraton Yogyakarta
19-11-2012 06:34
emoticon-Blue Guy Cendol (L)
0 0
0
Istana Air Tamansari Keraton Yogyakarta
19-11-2012 06:38
Ane kemarin ke Jogja tapi gak sempat mengunjungi ini emoticon-Frown Penasaran.... Kapan2 aja deh ke sana emoticon-Smilie
0 0
0
Istana Air Tamansari Keraton Yogyakarta
19-11-2012 06:43
Jogja memang selalu istimewa gan emoticon-Matabelo
0 0
0
Istana Air Tamansari Keraton Yogyakarta
19-11-2012 06:46
nice info,, nyimak dulu gan emoticon-Sundul Gan (S)
0 0
0
Istana Air Tamansari Keraton Yogyakarta
19-11-2012 07:06
kalau ke jogja bisa mampir kesana nih
0 0
0
Istana Air Tamansari Keraton Yogyakarta
19-11-2012 07:08
mantaft ,,bagus gan
0 0
0
Istana Air Tamansari Keraton Yogyakarta
19-11-2012 07:14
keren yaa buat foto2..hehe
0 0
0
Istana Air Tamansari Keraton Yogyakarta
19-11-2012 07:20
jadi kangen sama jogja emoticon-Kiss
0 0
0
Istana Air Tamansari Keraton Yogyakarta
19-11-2012 07:24
warisan budaya yg tak ternilai,, harus dirawat sebaik mungkkin
0 0
0
Istana Air Tamansari Keraton Yogyakarta
19-11-2012 07:25
target berikut nih kalau kembali ke jogja .....
0 0
0
Istana Air Tamansari Keraton Yogyakarta
19-11-2012 07:26
pintu masuknya aja gede bener gan...mantep dahemoticon-Matabelo
0 0
0
Istana Air Tamansari Keraton Yogyakarta
19-11-2012 07:27
ane udah sering ke jogja tp belum pernah kesini...emoticon-Sorry
0 0
0
Istana Air Tamansari Keraton Yogyakarta
19-11-2012 07:29
dulu ane n kakak2 ane kesana sebelum taman sari dipugar gan, malem-malem pula kesananya, harus jalan sama juru kunci nya kalo malem2 kesana.. angkernya tiada terkira.. tapi kenangan tak terlupakan tuh malem2 gelap gulita jalan di jalanan bawah tanah nya gitu, dengan penerangan lampu senter apa adanya.. Mana juru kuncinya selalu bilang "selalu diitung y orangnya, masih sama kaya semula atau ada yg nambah/ berkurang" wuuaaaseeeemmm tenan nih juru kunci kalo ngomong.. hahhaa.. seru abis lah pokoknya, ga akan terlupakan tuh jurit malam di taman sari bersama sang juru kunci.. emoticon-thumbsup
0 0
0
Istana Air Tamansari Keraton Yogyakarta
19-11-2012 07:30
emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo


Kreeen gan jadi pengn ke sana.....
Diubah oleh bagz.19
0 0
0
Istana Air Tamansari Keraton Yogyakarta
19-11-2012 07:30
itu kok kalo gak dicat kesannya malah serem ya gan..
kalo cuma dicat aja gapapa kan? yg penting gak ngerubah wujud asli bangunan. biar keliatan lebih menarik gitu..
0 0
0
Istana Air Tamansari Keraton Yogyakarta
19-11-2012 07:41
walaah seumur-umur ke yogya ane belum pernah ke tempat itu emoticon-Frown mungkin ane kurang informasi kali yak emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Istana Air Tamansari Keraton Yogyakarta
19-11-2012 07:44
wuiihh.. ky goa pintu masuknyaemoticon-Cendol (S)
0 0
0
Istana Air Tamansari Keraton Yogyakarta
19-11-2012 07:49
Keren keren gan tempat nya , kun0-kuno lagi gan emoticon-Matabelo

pantas aja hot thread gan emoticon-2 Jempol
0 0
0
Istana Air Tamansari Keraton Yogyakarta
19-11-2012 07:52
jadi kangen jogja... emoticon-Mewek
0 0
0
Istana Air Tamansari Keraton Yogyakarta
19-11-2012 07:55
waduh keren boneng emoticon-Matabelo jadi pengen ke situu
0 0
0
Halaman 22 dari 35
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia