News
Batal
KATEGORI
link has been copied
405
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/508ceb6b5a2acfb86f000012/rusuh-antarwarga-lokal-vs-bali-pecah-di-lampung-selatan
JakartaKerusuhan antar warga kembali terjadi. Kali ini bentrok terjadi di Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung. "Bentrok antar warga Bali Nuraga di Kecamatan Way Panji dengan Warga Desa Agom Kecamatan Sidomulyo," ujar salah seorang petugas Polsek Sidomulyo, Lampung ketika dikonfirmasi, Minggu (28/10/2012). Menurut petugas itu, kejadian tersebut bermula pada Sabtu malam kemarin ket
Lapor Hansip
28-10-2012 15:23

Rusuh Antarwarga Lokal vs Bali Pecah di Lampung Selatan

Quote:JakartaKerusuhan antar warga kembali terjadi. Kali ini bentrok terjadi di Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung.

"Bentrok antar warga Bali Nuraga di Kecamatan Way Panji dengan Warga Desa Agom Kecamatan Sidomulyo," ujar salah seorang petugas Polsek Sidomulyo, Lampung ketika dikonfirmasi, Minggu (28/10/2012).

Menurut petugas itu, kejadian tersebut bermula pada Sabtu malam kemarin ketika ada pemuda dari kedua desa tersebut terlibat saling senggol di jalan raya.

Menurut petugas itu, insiden itu bermula dari dua orang pemudi asal Desa Agom yang sedang mengendarai sepeda motor, mendapatkan gangguan dari pemuda asal Desa Balinuraga, sehingga terjatuh dan mengalami luka-luka.

"Sebenarnya sudah dilerai oleh aparat setempat pada Sabtu malam," terang si petugas.

Kemudian karena adanya isu itu, maka kembali ratusan pemuda dari Desa Agom dan desa-desa lainnya, menyerbu desa Bali Nuraga. "Saat ini masih dalam penanganan," ujar si petugas.

Insiden ini juga ramai diperbincangkaan di media sosial twitter. Beberapa pembaca detikcom juga menginformasikan mengenai insiden.



Korban Tewas di Lampung Selatan Jadi 14 Orang

LAMPUNG SELATAN, KOMPAS.com — Total korban meninggal dalam bentrokan warga dari Kampung Agom, Kecamatan Kalianda, dan Desa Balinuraga, Kecamatan Way Panji, Lampung Selatan, bertambah empat, menjadi 14 orang.

Kepala Polres Lampung Selatan AKBP Tatar Nugroho mengatakan, empat korban merupakan korban meninggal pada saat bentrokan hari Minggu (28/10/2012) lalu, sedangkan 10 korban merupakan korban meninggal pada saat bentrokan hari Senin (29/10/2012) kemarin. "Saat bentrok hari Minggu lalu, ada tiga korban meninggal dan satu kritis di RS Bandar Lampung. Senin kemarin, korban yang kritis tersebut juga meninggal dunia," papar Tatar.

Tatar menambahkan, empat korban merupakan massa dari pihak Kampung Agom, sedangkan 10 korban merupakan massa dari Kampung Balinuraga. Saat ini, beberapa korban jiwa masih diidentifikasi.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, pada bentrok di Desa Balinuraga, Way Panji, Lampung Selatan, Senin (29/10/2012), korban tewas berjumlah enam orang. Jumlah korban tewas ini bertambah sejak bentrok terjadi pada Minggu (28/10/2012), yakni tiga orang. Selain itu, tiga lainnya luka-luka dan 16 rumah terbakar.

Bentrok berawal dari dua gadis dari Desa Agom, yang sedang mengendarai sepeda motor, diganggu pemuda Desa Balinuraga sehingga terjatuh dan mengalami luka-luka. Bentrok terjadi Sabtu (27/10/2012) sekitar pukul 23.00. Massa dari Desa Agom menyerbu Desa Balinuraga dengan membawa senjata tajam. Massa tersebut ada yang membawa parang, pedang, golok, celurit, bahkan senjata senapan angin. Bentrok berlanjut hingga Minggu (28/10/2012) yang menewaskan tiga orang.

Bentrok susulan kembali terjadi Senin (29/10/2012) dan kembali memakan korban jiwa. Dihubungi secara terpisah, Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigadir Jenderal (Pol) Boy Rafli Amar mengungkapkan, saat ini sekitar 1.500 personel masih berjaga di sekitar lokasi.

sumber

video korbannya
[URL="http://news.detik..com/read/2012/10/28/145249/2074311/10/rusuh-antarwarga-pecah-di-lampung-selatan?9911012"]haduuuh gan, katanya sih akibat pelecehan seksual emoticon-Berduka (S)[/URL]
Diubah oleh 352
0
Tampilkan isi Thread
icon-close-thread
Thread sudah digembok
Halaman 19 dari 21
Rusuh Antarwarga Lokal vs Bali Pecah di Lampung Selatan
04-11-2012 17:28
Quote:Original Posted By saveinves


jiahhh maren rbut masalah lahan parkir, banyak orang yag ga berdosa jadi korban, rumah2 di bakarin, emang ini orang lampung kebanyakan idiot.

ane dari lahir sampe smp tinggal d lampung, disana juga masih ada nenek ane dan banyak sodara di daearah yang sekarang kondisinya lagi mencekam...

orang lampung asli emang senengnya ribut, temperamental tingkat akut, ada masalah yang harusnya bisa di musyawarahkan malah lebih milih perang.

makanya orang lampung aslinya ga maju2, pada pemalas, ada istilah juga cewnya yang cari duit suaminya leha2, kalah sama pendatang model orang bali, jawa, padang atau yang lain yang terkenal ulet.

sorry ya kepada orang lampung yang baca postingan ane, emang kenyataanya demikian, udah terlalu sering ane lihat orang lampung demen ribut.


Quote:Original Posted By saveinves


ente asli lampung?

ya itu ane kasian aja bro ma orang2 yang ga salah jadi korban, pake bakar2 rumah warga yang ga tau apa2.


Quote:Original Posted By saveinves


sama ma ane bro
ya hati2 aja ente disana, jgn suka bkin msalah ma org lampung asli, senggol dkit bacok emoticon-Ngakak

memang orang suku bali yang disana keras juga, cuman ga semuanya begitu, kebanyakan pemuda2nya, tapi orang bali disana2 rata2 ulet dan pada sukses.

cuman ga sukanya ane sampe bakar2 rumah2 warga yang ga bersalah, emang udah pada gila tuh orang lampung asli emoticon-Big Grin

intinya orang lampung ini masih ada dendam ma orang bali, makanya ada masalah yang bisa dibesar2kan pasti dicari2 ma mereka.


Quote:Original Posted By saveinves


itu mah namanya udah ga waras broo emoticon-Ngakak
ane udah puluhan tahun tinggal di lampung, jadi tau watak mereka aslinya seperti apa.

sekarang di bandung, betah disini emoticon-Kiss (S)


Quote:Original Posted By saveinves


justru itu, masalah sepele dibawa jadi besar, sampe bakar2 rumah warga yang ga tau apa2.

apa iya hal seperti itu masih ente maklumin?


Quote:Original Posted By saveinves


ya memang ga semua orang lampung seperti itu, cuman kebanyakan oknumnya memang, dulu waktu jaman ane smp juga kalo ada yang hajatan, kalo ada pemuda suku lain ada masalah ma orang lampung asli, bisa2 nanti didatengin minimal 2 truk tuh keesokan harinya, ngajak ribut emoticon-Big Grin



iya itu makanya yang sangat ane sayangkan, masalah yang harusnya bisa di musyawarahkan baik2 malah dijadikan sumber perang antar suku. Kasian memang para suku pendatang, semoga keluarga ane disana ga pernah ada masalah sama orang lampung asli.


Quote:Original Posted By saveinves


Wah ini kan baru keterangan dari pihak orang lampung asli, dari pihak suku bali udah ada belum?

ente tahu ga sebelumnya juga udah ribut masalah lahan parkir, itu rumah2 suku2 bali di bakar habis, padahal kebanyakan mereka ga tau apa2.

coba ente baca berita2 lagi tuh yang terbaru, dari pihak mana yang banyak menalan korban, baik nyawa maupun materil, itu tadi kan ada agan diatas yang update berita dari deket lokasi kejadian.

ane udah pernah tinggal disana lama bro, jadi tahu watak mereka seperti apa


Quote:Original Posted By ito2


jangan terlalu percaya sama media.. saya hafal betul tabiat penduduk asli lampung, walaupun masih ada yang baik. tapi rata2 begitu.
daerah Kalianda itu sampai 100th lg jg pasti gak maju2, soalnya msh byk penduduk aslinya. mereka beraninya di Kalianda doang. coba kalo di tanjung karang apa sukarame. apalagi di metro. asal tahu aja ya, orang2 pendatang (jawa, sunda, bali, palembang, dll) gak ada yang suka ama kelakuan mereka.


Quote:Original Posted By saveinves


ane orang jawa bro, lahir di lampung, udah puluhan tahun disana.
ya mudah2an ente orang2 lampung yang bijak dalam menghadapi setiap masalah, kasian kan orang2 yang ga tau apa2 jadi korban dan rumahnya dibakarin, itu hasil jerih payah mereka puluhan tahun.

orang jawa, sunda, padang, banten, etc, yang disana itu lebih dingin bro dalam menghadapi masalah, kadang malah ngalah kalo ada masalah dengan orang lampung asli dari pada jadi masalah besar, kalo orang bali kan emang keras juga orangnya, cuman sekeras2nya orang bali masih bisa di ajak musyawarah, belum pernah denger berita ane di bali orang2 suku aslinya membakar rumah2 suku minoritas, karena masalah sepele.

sebelumnya kan masalah lahan parkir jadi masalah besar, sekarang masalah ini, entah apalagi nanti. emoticon-Cape d... (S)



iya bener gan, yang pada sukses disana emang orang2 pendatang.


Quote:Original Posted By agoeyyy
emang kalo orang lampung asli kaya gitu sih......
senggol bacok(dengan syarat dan ketentuan yang berlaku emoticon-Ngakak )

lagian jugak bupati & gubernurnya kalo masalah kaya gini pada ngumpet semua....
tapi kalo urusan duit sih juara!!! emoticon-Mad (S)


Quote:Original Posted By saveinves

di lecehkannya seperti apa coba? belum ada keterangan dari pihak orang bali, jangan telan mentah2 berita dari media bung, saya sudah hidup lama disana, jadi tahu karakter orang lampung asli kebanyakan seperti apa, disini juga pada setuju dengan pendapat saya, coba baca komen2 agan2 yang laen yang pernah tinggal disana.

Kalo masalahnya cuma sekali sih ane juga masih memaklumin, ini udah berulang2 ko, sebelumnya juga masalah lahan parkir berapa banyak orang yang ga berdosa jadi korban?

berarti ente membenarkan dong, masalah yang harusnya bisa diselesaikan dengan jalan musyawarah, tapi ujung2nya membakar rumah2 warga emoticon-Cape d... (S)

dari keluarga saya juga udah pernah merasakan ada masalah dengan orang lampung, padahal mereka yang salah tapi tetep di belain habis2an (ora legowo), pake ngancem mau bunuh2 segala, untung pihak keluarga ane ngerti dan mengalah biar masalah tidak menjadi besar.



ada provokator memang, harusnya petinggi2 orang lampung kan menjadi penengah kalo ada masalah seperti ini, ko kesannya pada diem, kemaren masalah lahan parkir aja udah banyak korban, ini malah lebih2 lagi korbannya.


ini orang juga provokator, sok tau...

0 0
0
Rusuh Antarwarga Lokal vs Bali Pecah di Lampung Selatan
04-11-2012 17:29
miris liatnya,
negara absen dalam mewujudkan rasa toleransi dan ke-bhinekaan kembali

lebih sering terjadi konflik yang membesar dengan sedikit pemicu
0 0
0
Rusuh Antarwarga Lokal vs Bali Pecah di Lampung Selatan
04-11-2012 17:34
Quote:Original Posted By fenrill


gw tanya sama lo, lo tinggal dimana? dilamsel ga?
jangan bacot bialng orang barbar klo lo sendiri ga tw siapa yg babar disini
noh baca dulu syapa yg barbar

klo pendatang itu sopan masyarakat laen juga menghargai, tp klo pendatang nya aja songong ya pasti di benci orang


gw tinggal di Indonesia gan

lo tinggal di negara mana? negara hukum (katanya)? idup di taun 1600? idup di negara beradab ga? idup di negara hukum adat? hukum rimba?

terus dibenci berarti harus dibantai?

kata2 gw bukan buat 1 pihak, buat semua pihak yg akhir2 ini konflik macem gini bro, pake akal sehat dong..

peoples make mistake, so do us

anyway, haters gonna hate

Diubah oleh SKAndalkota
0 0
0
Rusuh Antarwarga Lokal vs Bali Pecah di Lampung Selatan
04-11-2012 17:34
potret kebodohan bangsa... kapan indonesia mau maju kalau begini terus emoticon-Cape d...
0 0
0
Rusuh Antarwarga Lokal vs Bali Pecah di Lampung Selatan
04-11-2012 17:36
kasih pedang satu satu
biar enak perangnya ,jangan pake bbatu ,ga efektif
ato kasi pestol satu satu biar adu titis
0 0
0
Rusuh Antarwarga Lokal vs Bali Pecah di Lampung Selatan
04-11-2012 17:38
Quote:Original Posted By baex.plastic
potret kebodohan bangsa... kapan indonesia mau maju kalau begini terus emoticon-Cape d...

lagak lu tong, muka bloon aja lu
0 0
0
Rusuh Antarwarga Lokal vs Bali Pecah di Lampung Selatan
04-11-2012 17:41
Quote:Original Posted By SKAndalkota


gw tinggal di Indonesia gan

lo tinggal di negara mana? negara hukum (katanya)? idup di taun 1600? idup di negara beradab ga? idup di negara hukum adat? hukum rimba?

terus dibenci berarti harus dibantai?

kata2 gw bukan buat 1 pihak, buat semua pihak yg akhir2 ini konflik macem gini bro, pake akal sehat dong..

peoples make mistake, so do us

anyway, haters gonna hate



ente ga baca tulisan di atas gan?
emang kapan ane bilang ngebantai itu bener?
semua pihak sama2 salah, klo ente bilang balinuraga dibantai, balinuraga juga bantai orang...

yg ane maksud disini jangan vonis tanpa tau masalah yg ada di tkp, dan ga usah menjelek2an suku
ane cuma menyampaikan fakkta di tkp, byar orang tw masalah nya apa dan ga ngejelek2in suku disini
yg jelek disini bukan suku nya atau agama nya tapi tabiat dan tingkah laku orang2 nya....
Diubah oleh fenrill
0 0
0
Rusuh Antarwarga Lokal vs Bali Pecah di Lampung Selatan
04-11-2012 18:09
Quote:Original Posted By fenrill


tambahan gan, klo misalkan cuma masalah ekonomi, alangkah bayaknya suku lampung yg lebih kaya gan...
ini masalah tabiat dan tingkah laku warga balinuraga yg suka buat masalah, orang bali luar lamsel ga usah jelek2in suku orang gan..
anda ga tw tingkah laku orang yg anda sebut saudara disini, lah orang bali lamsel aja ga ikut balinuraga perang ( karena mereka juga ngerti akar masalah nya dimana)
ga perlu bilang suku kami kejam, suku anda sama kejam nya juga, udah sy jelasin kan di atas syapa yg lebih dulu membantai...

jgn bentar2 disambung ke masalah agama gan, apa agan tw klo balinuraga nyerang kampung orang itu bakar2an juga?
mereka juga sama gan...


Saya asli Lamut. bukan lamsel. Keluarga besar saya membaur. kakak beradik saya nikah dgn lain suku. suku jawa , sunda, palembang, padang. daerah lain belum tentu mengenal pembauran budaya. kami sudah mengenal dari kecil. Jangan ajari kami tentang toleransi.. emoticon-Kiss
kami memang keras, jgn salahkan kami.. suku jawa timur, ambon, batak, palembang, maluku, sulawesi juga keras. Balinuraga yang berasal dari nusa penida juga keras. tanya saja orang bali.

Kami juga bukan suku miskin dan tidak berpendidikan.. sekaya apa sih kampung balinuraga? sampai mereka mengklaim kami pemalas dan miskin?
Budaya kerja tradisional lampung adalah perkebunan. kami tidak bersawah yang hanya mengelola 1 atau 2 hektar tanah. Suku asli lampung punya kebon kopi, lada, coklat yang berhektar2. Diantara orang lampung ada yang kaya dan miskin.
saya tidak berusaha mengkaitkan dgn agama. tapi cara mereka membudaya kan karakter beragama mereka yg kurang bertoleransi/bersinggungan dgn karakter budaya setempat juga jadi akar masalah. Mereka ekslusif tidak membaur, mereka merasa kebal senjata dan lebih digjaya. mereka semena2 merasa punya identitas kebalian. mereka membuat zona zona sabuk yg dikenal sbg desa adat tanpa memikirkan dampak psikologis masyarakat sekitar. mereka dikasih hati minta jantung! mereka membeli tanah sekitar secara urunan dan kuat terhadap identitasnya dengan tujuan memperluas desa adat bukan semata2 motif pribadi atau ekonomi.. makin menambah jurang perbedaan dan menebalkan kedaerahan. Tidak ada yg melarang mereka beragama hindu. membuat pura luhur/desa atau pura leluhur. tapi jgn terlalu heboh. kota kami bukan kota candi. Preman2 muda mereka adalah korban dari orang tua dan kepala adat bali sendiri. mereka merasa hidup di pulau bali. Kepala adat dan tokoh dibali serampangan menerapkan nilai2 hindu bali di lampung. semakin mereka mengumpul dan menyatu makin membuat mereka ekslusif hingga makin menjauhkan diri dari pembauran. dalam konteks inilah balinuraga gagal menjadi desa yg toleran seperti desa bali lainnya.
Jangan fitnah kami miskin dan tdk beradab. kami ada norma, Bukan kah di pulau bali sendiri Umat islam tidak boleh memotong sapi di pulau bali. kalian menetapkan norma. ijinkan kami menetap kan norma juga demi kebaikan bersama. jangan membuat desa adat nanti ada pecalang dan akan bentrok dgn masyarakat sekitar. buatlah pura leluhur kalian di dalam atau belakang rumah, agar kami juga nyaman berkunjung atau lewat sana. jgn pelihara babi sembarangan. karena sungai juga milik bersama dan kami berwudlu di situ
Diubah oleh r_sahril
0 0
0
Rusuh Antarwarga Lokal vs Bali Pecah di Lampung Selatan
04-11-2012 18:19
Quote:Original Posted By NSBM
kasih pedang satu satu
biar enak perangnya ,jangan pake bbatu ,ga efektif
ato kasi pestol satu satu biar adu titis


jadi age of empire dong gan!
sabar gan cuman JOKE

mencari-cari kesalahan orang lain emang gampang gan, tapi ga pernah ada gunanya
so daripada ribut disini, kalo emang niat bantu warga ya beri sumbangan, kalo ga suka ama salah satu warga, ya lapor ke polisi dulu lah, ntar kalo bukti nya lengkap tuh orang juga dipenjara
dan yang paling perlu diinget kalo merantau "dimana tanah dipijak, disana langit dijunjung"emoticon-I Love Indonesia (S) "karena nila setitik, rusak susu sebelanga" emoticon-I Love Indonesia (S)
0 0
0
Rusuh Antarwarga Lokal vs Bali Pecah di Lampung Selatan
04-11-2012 18:26
Quote:Original Posted By r_sahril


Saya asli Lamut. bukan lamsel. Keluarga besar saya membaur. kakak beradik saya nikah dgn lain suku. suku jawa , sunda, palembang, padang. daerah lain belum tentu mengenal pembauran budaya. kami sudah mengenal dari kecil. Jangan ajari kami tentang toleransi.. emoticon-Kiss
kami memang keras, jgn salahkan kami.. suku jawa timur, ambon, batak, palembang, maluku, sulawesi juga keras. Balinuraga yang berasal dari nusa penida juga keras. tanya saja orang bali.

Kami juga bukan suku miskin dan tidak berpendidikan.. sekaya apa sih kampung balinuraga? sampai mereka mengklaim kami pemalas dan miskin?
Budaya kerja tradisional lampung adalah perkebunan. kami tidak bersawah yang hanya mengelola 1 atau 2 hektar tanah. Suku asli lampung punya kebon kopi, lada, coklat yang berhektar2. Diantara orang lampung ada yang kaya dan miskin.
saya tidak berusaha mengkaitkan dgn agama. tapi cara mereka membudaya kan karakter beragama mereka yg kurang bertoleransi/bersinggungan dgn karakter budaya setempat juga jadi akar masalah. Mereka ekslusif tidak membaur, mereka merasa kebal senjata dan lebih digjaya. mereka semena2 merasa punya identitas kebalian. mereka membuat zona zona sabuk yg dikenal sbg desa adat tanpa memikirkan dampak psikologis masyarakat sekitar. mereka dikasih hati minta jantung! mereka membeli tanah sekitar secara urunan dan kuat terhadap identitasnya. makin menambah jurang perbedaan dan menebalkan kedaerahan. Tidak ada yg melarang mereka beragama hindu. membuat pura luhur/desa atau pura leluhur. tapi jgn terlalu heboh. kota kami bukan kota candi. Preman2 muda mereka adalah korban dari orang tua dan kepala adat bali sendiri. mereka merasa hidup di pulau bali. Kepala adat dan tokoh dibali serampangan menerapkan nilai2 hindu bali di lampung. semakin mereka mengumpul dan menyatu makin membuat mereka ekslusif hingga makin menjauhkan diri dari pembauran. dalam konteks inilah balinuraga gagal menjadi desa yg toleran seperti desa bali lainnya.
Jangan fitnah kami miskin dan tdk beradab. kami ada norma, Bukan kah di pulau bali sendiri Umat islam tidak boleh memotong sapi di pulau bali. kalian menetapkan norma. ijinkan kami menetap kan norma juga demi kebaikan bersama. jangan membuat desa adat nanti ada pecalang dan akan bentrok dgn masyarakat sekitar. buatlah pura leluhur kalian di dalam atau belakang rumah, agar kami juga nyaman berkunjung atau lewat sana. jgn pelihara babi sembarangan. karena sungai juga milik bersama dan kami berwudlu di situ


sy justru setuju dengan pendapat agan dr lampung utara...
cuma nambahin aja gan untuq yg baca dr daerah luar...

dr pada hujat2an mending membantu cari solusi, itu lah guna nya sharing disini....
Diubah oleh fenrill
0 0
0
Rusuh Antarwarga Lokal vs Bali Pecah di Lampung Selatan
04-11-2012 19:47
kalau boleh ane nambahin ini gan

Berikut Isi Kesepakatan Damai Dua Warga di Lampung Selatan


Quote:LAMPUNG- Hari ini menjadi momen bersejarah bagi warga Lampung Selatan. Dua warga yang bertikai dan mengakibatkan sejumlah orang menjadi korban, kini sepakat untuk melakukan perdamaian.

Inilah lima poin Maklumat dari Majelis Penyimbang Adat Lampung (MPAL) dan tokoh adapt Bali terkait konflik di desa Bali Nuraga yang diperoleh Okezone, Minggu (4/12/2012):

Bersepakat bahwa aksi massa dan tragedi Lampung Selatan bukan merupakan konflik SARA, namun disebabkan oleh adanya kepentingan sekelompok orang yang berusaha memecah belah persatuan warga Bali dan Lampung.
Bersepakat mengecam kejadian kerusuhan yang melibatkan warga Bali dan Lampung hingga menyebabkan hilangnya nyawa manusia, penganiayaan, penjarahan, serta pembakaran.
Bersepakat dalam beberapa hal untuk penyelesaian konflik yakni:
Menjadikan hukum sebagai panglima dalam proses penyelesaian kasus dan sebagai solusi bermartabat.
Mendorong pemerintah pusat, daerah, dan aparat keamanan untuk mengedepankan netralitas sehingga pemulihan kondisi warga yang menjadi korban.
Memberikan dorongan dan dukungan kepada Komnas HAM Serta lembaga-lembaga hukum lokal, nasional, dan internasional untuk mendorong terciptanya kedamaian.
Memprioritaskan tuntasnya proses rekonsiliasi dan perdamaian dengan melibatkan unsur-usur adat.
Mewaspadai adanya kasus-kasus lanjutan.
Bersepakat menolak pengusiran terhadap warga dari wilayah konflik dengan alas an apapun.
Bersepakat mengimbau kepada masyarakat adat di Lampung dan di Bali untuk mengedepankan prinsip kebersamaan dan persatuan demi terjaganya harmonisasi kehidupan.


Maklumat kesepakatan damai tersebut kemudian ditandatangi oleh pemuka adat Lampung dan Bali yang kemudian akan segera disosialisasikan esok.


SUMBER


ini yang diharapkan,
mudah-mudahan kedua belah pihak bisa menjalankan kesepakatan tersebut
0 0
0
Rusuh Antarwarga Lokal vs Bali Pecah di Lampung Selatan
04-11-2012 20:00
Kenapa ya negara kita sering banget rusuh antar etnis,
apakah sikap toleran sudah hilang di negeri ini
0 0
0
Rusuh Antarwarga Lokal vs Bali Pecah di Lampung Selatan
04-11-2012 23:05

ini isi perjanjian nya gan

perjanjian damai ampung selatan


1..kedua belah pihak sepakat menjaga keamanan,ketertiban,kerukunan,keharmonisan,kebersamaan dan perdamaian antar suku di lampung selatan

2.sepakat tidak mengulangi tindakan-tindakan anarkisme yang mengatasnamakan suku,agama,ras,dan antar golongan (SARA)

3.perselisihan atau pertikaian yang disebabkan permasalahan pribadi, kelompok, atau golongan agar diselesaikan secara langsung oleh orang tua, ketua kelompok, atau pimpinan golongan

4.apabilan proses tersebut tidak berjalan semestinya, akan diselesaikan secara musyawarah, mufakat, dan kekeluargaan oleh tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda, serta aparat pemerintah desa setempat

5.jika langkah itu tidak selesai, diserahkan ke pihak berwajib untuk di proses sesuai dengan ketentuan undang -undang yg berlaku

6.kedua belah pihak bersedia melakukan pembinaan apabila ditemukan warga yang melakukan tindakan yang berpotensi menimbukan permusuhan dan kerusuhan, dengan ancaman sanksi dikeluarkan dari wilayah kabupaten lampung selatan

7.sanksi pengusiran berlaku juga bagi seuruh suku termasuk suku lampung di wilayah kabupaten lampung selatan

8.kedua belah pihak berjanji tidak akan menuntut dan melakukan tindakan hukum atas akibat bentrokan 27-29 oktober 2012. aparat kepolisian menghentikan seluruh proses hukum terkait dengan bentrokan itu

9. warga suku bali, khususnya yang berada di desa balinuraga, kecamatan way panji, harus mampu hidup besosialisasidan hidup berdampingan dengan selurruh suku yg ada di kabupaten lampung selatan, terutama dengan masyarakat yang ada di perbatasan dengan desa balinuraga

10.kedua belah pihak berkewajiban mensosialisasikan isi perjanjian perdamaian ke lingkungan masing masing

perjanjian nya sudah dibuat, smoga dengan sanksi yg tertuang masing2 pihak mentaati nya...
mulai sekarang jangan lah saling menghujat, hidup lah berdampingan..
saling menghargai dan menjaga tingakah laku buat semua pihak

buat agan2 yg dr luar daerah dr pada iku terprovokasi mending bantu sebarin berita ini, byar masalah nya cepat selesai
0 0
0
Rusuh Antarwarga Lokal vs Bali Pecah di Lampung Selatan
04-11-2012 23:08
kok ane mulai berfikir kalo konflik horizontal di negara ini memang dipelihara emoticon-Bingung (S)

untuk mengalihkan dari konflik vertikal..... ups emoticon-Shutup

mudah2an ane salah emoticon-Ngacir
0 0
0
Rusuh Antarwarga Lokal vs Bali Pecah di Lampung Selatan
04-11-2012 23:14
Quote:Original Posted By Athei5me


1 pertanyaan buat lo !!!
- kenapa yg datang ke kampung bali masyarakat sipil bukan nya polisi ???
itu pun klo bener ada pelecehan, bisa jawab gak kenapa warga lamsel malah menyerang warga bali??kenapa tidak melaporkan kasus ini ke pihak yg berwajib??[/size][/I]


woy goblok anak tk ,lu kebanyakan nonton tivi ye ,lu kira polisi bisa dipercaya ye emoticon-Najis (S)
0 0
0
Rusuh Antarwarga Lokal vs Bali Pecah di Lampung Selatan
04-11-2012 23:16
Quote:Original Posted By auditore03


jadi age of empire dong gan!
sabar gan cuman JOKE

mencari-cari kesalahan orang lain emang gampang gan, tapi ga pernah ada gunanya
so daripada ribut disini, kalo emang niat bantu warga ya beri sumbangan, kalo ga suka ama salah satu warga, ya lapor ke polisi dulu lah, ntar kalo bukti nya lengkap tuh orang juga dipenjara
dan yang paling perlu diinget kalo merantau "dimana tanah dipijak, disana langit dijunjung"emoticon-I Love Indonesia (S) "karena nila setitik, rusak susu sebelanga" emoticon-I Love Indonesia (S)


lha koe? koe yo mung iso nyocot thok cokk ,ngaca dulu njing emoticon-Najis
0 0
0
Rusuh Antarwarga Lokal vs Bali Pecah di Lampung Selatan
04-11-2012 23:23
Quote:Original Posted By NSBM


woy goblok anak tk ,lu kebanyakan nonton tivi ye ,lu kira polisi bisa dipercaya ye emoticon-Najis (S)


Quote:Original Posted By NSBM


lha koe? koe yo mung iso nyocot thok cokk ,ngaca dulu njing emoticon-Najis


nyantai gan , masalahnya udah ada jalan keluarnya..
ga usah pake emosi..
0 0
0
Rusuh Antarwarga Lokal vs Bali Pecah di Lampung Selatan
04-11-2012 23:24
Quote:Original Posted By SKAndalkota
gw tinggal di Indonesia gan

lo tinggal di negara mana? negara hukum (katanya)? idup di taun 1600? idup di negara beradab ga? idup di negara hukum adat? hukum rimba?

terus dibenci berarti harus dibantai?

kata2 gw bukan buat 1 pihak, buat semua pihak yg akhir2 ini konflik macem gini bro, pake akal sehat dong..

peoples make mistake, so do us

anyway, haters gonna hate


ini memang negara hukum
tapi negara hukum yg goblokkkkkkkkkkkkk kayak elooooo njingggggg
0 0
0
Rusuh Antarwarga Lokal vs Bali Pecah di Lampung Selatan
05-11-2012 12:09
Buat2 agan asli lampung, saya bener2 minta maaf atas segala postingan saya yang menyinggung agan2 lampung sekalian.

saya bener2 khilaf, saat ini saya cuman menginginkan lampung damai lagi seperti dulu emoticon-I Love Indonesia (S)
0 0
0
Rusuh Antarwarga Lokal vs Bali Pecah di Lampung Selatan
05-11-2012 12:17
Quote:Original Posted By NSBM


woy goblok anak tk ,lu kebanyakan nonton tivi ye ,lu kira polisi bisa dipercaya ye emoticon-Najis (S)


lantas berarti lo dukung pembantaian hanya krn lo gak percaya sama hukum?? pikir dikit pke otak tod,polisi2 di lampung orang mana?? emang polisi di lampung pasti belain org bali?? bullshit tong. kata2 lo berbalik lagi ke elo tod !!!
0 0
0
Halaman 19 dari 21
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia